Jawa Timur

17 Tempat Wisata di Lamongan

17 Tempat Wisata di Lamongan

Lamongan merupakan salah satu kota yang memiliki garis pantai yang ada pada Provinsi Jawa Timur. Memiliki daerah pesisir membuat tempat ini memiliki hawa yang panas namun tentunya memiliki beberapa destinasi wisata yang sanngat di rekomendasikan untuk Anda. Meskipun kota ini memang lebih terkenal dengan kulinernya akan tetapi beberapa tempat wisatanya tidak kalah menarik. Beberapa Tempat Wisata di Lamongan seperti beberapa tempat di bawah ini.

1. Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat

Lokasi: Drajat, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Ombonejagad.com

Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi ketika berada di kota ini adalah Makam Sunan Drajat. Merupakan salah satu tokoh yagn menyebarkan Agama Islam terutama pada Pulau Jawa. Menjadikan beliau salah satu tokoh yang sangat di hormati bahkan hingga beberapa ratus tahun setelah beliau wafat.

Setiap waktunya tempat ini hampir tidak pernah sepi dari para peziarah dari hampir segala penjuru Pulau Jawa. Di tempat ini juga masih terdapat beberapa peninggalan beliau yang masih terawat hingga saat ini. Mengunjungi tempat ini selain berziarah Anda juga dapat menambah ilmu mengenai pelajaran beliau dalam menyebarkan Islam.

2. Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Jihanbrr.wordpress.com

Tempat wisata ini menjadi salah satu simbol pariwisata yang terdapat pada kota ini. Seperti halnya namanya tempat ini berdiri di sekitar pantai sehingga nantinya ketika Anda ingin mencari tempat ini. Anda dapat dengan mudah mengunjungi tempat ini mengingat aksesnya cukup mudah di jangkau.

Jangan kaget nantinya jika Anda mengunjungi tempat ini ketika bertepatan dengan perayaan hari besar umat Islam. Karena biasanya tempat ini akan jadi lautan manusia yang memadati tempat ini. Sebaiknya tempat ini menjadi tujuan utama saat Anda mengunjungi kota ini terutama jika Anda beragama Islam.

3. Goa Maharani

Goa Maharani

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Maharanizoo.com

Lamongan memiliki jenis tanah kering dengan kandung kapur yang tinggih terdapat di dalamnya. Tetunya jenis tanah pada daerah tersebut sering kali menciptakan goa ketika terkena air, tentunya hal tersebut merupakan proses alam. Dengan waktu terbentuknya mencapai puluhan hingga ratusan tahun.

Begitu pula pada Goa Maharani ini, tempat ini di percaya sebagai salah satu tempat penyebaran Islam pada waktu itu. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat singgah dan berkumpul para wali songo semasa menyebarkan Islam. Pada ruangan dalam goa ini juga menjadi tempat ritual menjalankan ibadah.

4. Goa Maharani Zoo

Goa Maharani Zoo

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatajatim.info

Untuk lokasi dari tempat ini cukup berdekatan dengan Wisata Bahari Lamongan hanya berseberangan saja. Pada tempat ini terdapat beberapa hewan serta aneka falitas bermain yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga Anda. Jangan khawatir ketika kelaparan sewaktu mengunjungi tempat ini karena terdapat beberapa tempat makan.

Nantinya Anda bisa menikmati sajian khas daerah yang bisa Anda rasakan. Sedikit himbauan ketikan mengunjungi tempat ini mengingat beberapa makanan yang terdapat pada daerah ini umunya bercita rasa pedas. Jadi akan lebih baik untuk menanyakan terlebih dahulu makanan tersebut dari pada Anda harus tersiksa.

5. Monumen Van der Wijck

Monumen Van der Wijck

Lokasi: Jl. Tuban-Gresik, Brondong, Sedayulawas, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by JejakPiknik.com

Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke kota ini adalah monumen Van der Wijck. Sekilas nama ini memang tidak asing karena sempat di angkat menjadi salah satu cerita film layar lebar. Namun hal tersebut memang nyata adanya karena film tersebut diangkat dari kisah nyata.

Monumen tersebut di bangun untuk mengenang kejadian yang berlangsung pada tahun 1336. Meskipun sudah berlalu beberapa ratus tahun yang lalu namun kenangan tersebut masih membekas. Apalagi kisah ini telah di jadikan alur dalam sebuah tayangan layar lebar.

6. Makam Sunan Sendang Duwur

Makam Sunan Sendang Duwur

Lokasi: Sendang Duwur, Sendangduwur, Lamongan, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Muafatin.blogspot.com

Tentunya penyebar Islam pada negeri ini bukan hanya melalui para wali 9 yah kawan. Masih banyak lagi para penyebar Islam baik yang sudah di kenal secara umum atau pun belum terlalu di kenal. Salah satunya penyebar tersebut adalah Sunan Sendang Nduwur yang juga terdapat pada kota ini.

Alkisah konon Sunan Sendang Nduwur di percaya memindahkan Masjid Sendang Nduwur ke dataran tinggi dalam waktu semalam saja. Carita tersebut di percaya secara turun mmenurun hingga saat ini. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari ke shaleh an beiau sebagai seorang ulama yah kawan.

7. Waduk Gondang

Waduk Gondang

Lokasi: Kec. Sugio, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Lindungihutan.com

Kota Lamongan tergolong dalam kota yang berada pada dataran tinggi, hal tersebut membuat tempat ini memiliki udara yang cukup panas. Jika Anda ingin mengunjungi tempat yang sejuk di kota ini tetap ada kok kawan. Tempat tersebut adalah Waduk Gondang yang merupakan tempat rekreasi yang bisa Anda kunjungi.

Di sekitar tempat ini banyak di tumbuhi pepohonan yang rindang serta waduk yang cukup luas ini. Bisa Anda gunakan melakukan beberapa aktifitas mulai dari foto ria ataupun Anda juga melakukan aktifitas memancing di tempat ini. Apalagi ketika bulan ramadhan tiba tempat ini mejadi salah satu tempat yang banyak di kunjungi.

8. Pantai Brondong

Pantai Brondong

Lokasi: Kentong, Labuhan, Brondong, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Tempatwisataindonesia.id

Sedikit informasi untuk Anda bahwa pada sekitar lokasi wisata WBL juga terdapat beberapa tempat lokasi lainnya. Salah satu lokasi wisata yagn berdekatan dengan lokasi wisata tersebut adalah Pantai Brondong. Buang jauh-jauh imajinasi liar Anda yang menganggap bahwa pantai ini penuh dengan biji atau brondong jagung.

Tempat ini memiliki pemandangan yang cukup indah serta angin laut yang bertiup cukup kencang sebagai karakteristiknya. Di sini ketika sore hari banyak sekali penjual yang menjajahkan makanan atau pun bahan makanan. Berupa ikan segar hasil tangkapan segar yang akan di tawarkan kepada Anda.

9. Makam Dewi Sekardadu

Makam Dewi Sekardadu

Lokasi: Desa Gondang, Kec. Sugio, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Lamonganoke.wordpress.com

Meskipun Objek Wisata di Lamongan yang satu ini memiliki nama makam pada kata depannya bukan berarti tempat ini merupakan wisata mistis yah kawan. Tempat ini menjadi salah satu tempat sejuk yang ada pada kota Lamongan. Karena hampir setiap sudut yang ada pada tempat ini di kelilingi tumbuhan hijau serta pepohonan yang rindang.

Nantinya di tempat ini Anda tetap harus menjaga norma kesopanan yang berlaku. Serta jika Anda ingin menikmati sajian makanan khas sekitar Anda dapat sekedar berjalan-jalan mengelilingi tempat ini. Nantinya Anda akan menemukan warung yagn menyajikan aneka makanan khas daerah tersebut.

10. Alun-alun Kota Lamongan

Alun-alun Kota Lamongan

Lokasi: Jl. Lamongrejo, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Lamongantourism.com

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi ketika Anda berada di kota ini adalah Alun-alun Kota Lamongan. Jangan pesimis dulu yah kawan mengingat tempat ini telah mengalami banyak perubahan dan renovasi. Saat ini alun-alun kota Lamongan terlihat indah dengan berbagai macam pohon serta tumbuhan yang mengeilingi dan menghiasi tempat ini.

Tempat ini menjadi salah satu tempat wajib ketika Anda berkunjung ke kota ini. Karena salah satu faktor terpenting yang membuat Anda wajib dan harus mengunjugi tempat ini adalah cukup banyaknya penjual makanan yang berjajar di tempat ini. Nantinya Anda dapat memilih satu per satu makanan tersebut seusai dengan keinginan Anda.

11. Museum Sunan Drajat

Museum Sunan Drajat

Lokasi: Drajat, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Tempatwisataunik.com

Tempat berikutnya yang tidak kalah penting untuk Anda kunjungi ketika berada di kota Lamongan adalah Museum Sunan Drajat. Sesuai dengan namanya museum ini memiliki koleksi kitab dan barang-barang pribadi miliki kanjeng sunan. Hal tersebut menjadi salah satu sejarah sekaligus pemahaman bagi generasi selanjutnya.

Sekaligus menjadi salah satu masukan mengenai penyebaran Islam pada Pulau Jawa kala itu. Disini juga terdapat banyak cerita serta metode yang beliau gunakan kala untuk guna menarik peminat untuk memeluk agama Islam. Karena metode beliau dan para wai 9 lainnya terkenal halus dalam menyebarkan agama kala itu.

12. Pemandian Air Panas Brumbung

Pemandian Air Panas Brumbung

Lokasi: Sidodadi, Kranji, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Trepelin.com

Di kota Lamongan juga terdapat sebuah tempat wisata yang dimana ketika Anda mengunjungi nya menjadi tempat relaksasi terbaik. Tempat ini merupakan pemandian air panas yang bisa Anda nikmati baik seorang diri ataupun bersama keluarga. Tentunya kisah dari tempat ini sendiri memiliki sejarah yang masih berhubungan dengan Sunan Drajat.

Di karenakan tempat ini di percaya sebagai tempat menyendiri atau bertapa Sunan Drajat kala itu. Jika Anda mengunjungi tempat ini pastinya akan paham mengapa kanjeng sunan kala itu memilih tempat ini. Apalagi suasana tenang serta damai membuat Anda dapat lebih menikmati berendam air panas di tempat ini.

13. Tlogo Sadang

Tlogo Sadang

Lokasi: Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Merupakan tempat unik dan menarik yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke kota ini. Tempat ini merupakan telaga yang di kelilingi batuan kapur yang tinggi dan menjulang yang berada pada setiap sisinya. Tempat ini merupakan sisa tempat penggalian batuan kapur yang tercipta sedemikian rupa hingga membentuk tempat yang indah.

Barisan batuan kapur yang menjulang di tinggi di belakang tempat ini terlihat seperti gedung purba. Yang di bangun menjulang dan tinggi dengan potongan-potongan di hampir segala sisi yang ada pada bagian dari batuan yang menjulang tersebut.

14. Masjid Agung Lamongan

Masjid Agung Lamongan

Lokasi: Jl. Kyai H. Hasyim Ashari No. 16, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Suaranasional.com

Tempat yang tidak kalah menarik yang bisa Anda kunjungi ketika berada di kota ini adalah Masjid Agung Lamongan. Akan tetapi akan lebih baik untuk mengunjungi tempat ini malam hari. Sembari menikmati aneka kuliner yang ada dan di jajakan di sekitar area pada tempat ini.

Apalagi penerangan di malam hari dengan dukungan aneka lampu dengan berbagai warna yang ada di tempat ini. Terutama pada malam hari Anda akan mendapati banyak lampu indah memainkan cahaya pada masjid ini.

15. Gondang Outbound

Gondang Outbound

Lokasi: Juwet, Deketagung, Sugio, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Zahracateringlamongan.com

Salah satu tempat menarik yang wajib adna kunjungi ketika berada di kota ini salah satunya adalah Gondang Outbound. Yang menjadi icon menarik pada tempat ini ada pesawat terbang yang tidak lagi di gunakan berada di tempat ini. Di kelilingi dengan hutan buatan yang ada di setiap sisinya.

Membuat tempat ini menjadi tempat sejuk dan rindang yang wajib Anda kunjungi. Terutama suhu udara kota ini yang cukup hangat karena berada pada wilayah pesisir pantai. Serta tanah pada daerah ini memiliki kandungan kapur.

16. Pantai Kodok

Pantai Kodok

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Booking.com

Destinasi Wisata di Lamongan ini menjadi tempat selanjuntya yang bisa Anda kunjungi kala malam hari. Karena pada kondisi gelap ini Anda akan menikmati keindahan dari setiap lampu. Dengan berbagai warna menghiasi di setiap sudut pada tempat ini.

Di tambah lagi suara deburan ombak yang selalu datang menghiasi seperti alunan musik. Di antara kindahan malam yang bisa Anda nikmati dan rasakan pada tempat ini nantinya.

17. Pantai Kutang

Pantai Kutang

Lokasi: Kentong, Labuhan, Brondong, Kab. Lamongan, Jawa Timur. – Image Credit by Instagram @revan_de_

Tempat terakhir yang tidak kalah indah untuk menutup beberapa wisata yang ada pada kota ini adalah Pantai Kutang yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Terutama ketika Anda mengunjungi kota ini pada sore hari untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam.

Beberapa fasilitas telah di lengkapi di pantai ini untuk nantinya Anda dapat lebih menikmati tempat ini. Pada tempat ini juga terdapat beberapa penjual makanan daerah sekitar yang bisa Anda nikmati. Sembari nantinya menikmati keindahan tempat ini bersama pasangan Anda.