20 Tempat Wisata di Madura Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Madura

Temukan Tempat Wisata Favorit di Pulau Madura, Jawa Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Populer dan Terhits yang Wajib Anda Eksplor Saat Musim Liburan.

Berwisata bisa menjadi salah satu upaya untuk menghilangkan penat dan stress. Di Madura sendiri terdapat keindahan alam yang begitu mempesona, dengan sentuhan tangan masyarakat yang kreatif membuat berbagai objek wisata tersebut menjadi lebih kekinian.

Madura terkenal dengan budaya yang begitu kental, mulai dari makanan khasnya yang begitu kaya citarasa seperti soto madura dan sate madura, hingga senjata khasnya yaitu celurit yang dikenal seantero Indonesia. Tak hanya itu saja, ternyata Madura juga menyimpan banyak tempat menarik yang patut untuk Anda kunjungi selama liburan. Berikut daftar tempat wisata di Madura yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning

Image Credit: Instagram.com @antiri92

Meski ukuran dari Pulau Madura tidak lebih besar dari Pulau Dewata Bali, namun kawasan ini dikelilingi cukup banyak pantai yang begitu menawan yang tidak kalah indah dari Bali. Salah satu wisata pantai yang sangat populer yaitu Pantai Siring Kemuning. Pantai ini berada di kawasan Bangkalan, dan menawarkan pemandangan eksotis yang begitu romantis.

Karena keindahannya tersebut, Pantai Siring Kemuning banyak dikunjungi oleh pasangan muda mudi di waktu sore. Pemilihan waktu di sore hari dilatarbelakangi oleh pemandangan dari matahari terbenam di pantai ini nampak begitu elok dan memukau. Selain pesona alamnya, daya tarik dari objek wisata ini terletak pada aneka sajian kulinernya yang begitu khas di tepi pantai.

Lokasi: Macajah, Kec. Tanjungbumi, Kab. Bangkalan.

2. Pantai Sambilangan

Pantai Sambilangan

Image Credit: Twitter.com @syamlan7

Masih berbicara mengenai wisata bahari, Madura juga memiliki pantai lainnya yang tidak kalah cantik yaitu Pantai Sambilangan. Pantai ini juga berada di kawasan Bangkalan, yang masih begitu asri. Untuk menuju pantai tersebut Anda membutuhkan waktu sekitar 40 menit dari pusat kota, atau setelah melewati kurang lebih 7 kilometer perjalanan.

Sesampainya di Pantai Sambilangan, Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang begitu indah. Lengkap dengan pasir putih nan lembut, laut biru dengan ombak sedang, semilir angin sejuk yang menerpa wajah, dan pepohonan hijau yang berada di sekitar kawasan pantai. Berbagai aktivitas pantai bisa Anda lakukan dengan tenang di sini, karena tidak begitu ramai pengunjung.

Lokasi: Desa Sambilangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

3. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng

Image Credit: Portalwisata.co.id

Pantai Slopeng merupakan primadona yang banyak dikunjungi ketika musim liburan tiba. Pantai ini berada di kawasan Sumenep, dan menjadi salah satu ikon yang begitu populer untuk masyarakat setempat. Destinasi yang berjarak kurang lebih 21 kilometer dari pusat kota ini memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga cocok dijadikan tempat liburan keluarga.

Anda bisa mengajak putra putri Anda untuk bermain air di Pantai Slopeng, dan merasakan debur ombak yang begitu tenang. Meski begitu, Anda tetap harus selalu waspada ketika bermain di alam bersama dengan anak anak. Selain itu pantai satu ini juga memiliki garis pantai yang cukup panjang yaitu sekitar 6 km, sehingga anak anak bisa puas berlarian di pasir.

BACA JUGA:  15 Minuman & Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Jl. Raya Ambunten No.34 Ambunten, Trebung Ghetteng, Kec. Dasuk, Kab. Sumenep.

4. Gili Labak

Gili Labak

Image Credit: Ksmtour.com

Wisata bahari lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Madura yaitu Gili Labak. Keindahan dari pantai satu ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi liburan favorit di Madura, baik untuk wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Madura sendiri. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda perlu menyeberang melalui Pelabuhan Kalianget.

Dari Pelabuhan Kalianget Anda akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit, baru bisa mencapai lokasi Gili Labak. Sesampainya di pantai Anda akan melihat bahwa objek wisata tersebut hanya seluas lapangan sepak bola. Meski demikian, hal itu tidak melunturkan keindahan luar biasa yang dimiliki oleh Gili Labak.

Lokasi: Desa Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

5. Pantai Rongkang

Image Credit: Instagram.com @mas.indraena

Pantai Rongkang tidak kalah menawan dari pantai lainnya yang ada di daerah Madura, sehingga patut untuk Anda masukkan daftar kunjungan ketika berada di pulau garam tersebut. Pantai satu ini terletak di kawasan Bangkalan, dan memiliki keunikannya tersendiri. Keindahan dari Pantai Rongkang tersebut tidak bisa Anda dapatkan di wilayah pantai lain.

Salah satu yang bisa Anda nikmati di Pantai Rongkang yaitu di sini Anda bisa melihat dengan cukup jelas Jembatan Suramadu. Apabila Anda berkunjung di malam hari, maka Anda akan melihat Jembatan Suramadu yang dihiasi dengan kerlap kerlip lampu jalanan. Kilauan lampu tersebut tertata dengan rapi sehingga menampilkan satu objek yang begitu mempesona.

Lokasi: Kejawan, Kwanyar Barat, Kec. Kwanyar, Kab. Bangkalan.

6. Pantai Lombang

Pantai Lombang

Image Credit: Ariechicarito.blogspot.com

Masih dengan wisata bahari, ada satu lagi pantai yang cocok untuk dijadikan tujuan liburan bersama keluarga maupun orang tercinta yaitu Pantai Lombang. Pantai Lombang ini berlokasi di sebelah timur Kota Sumenep yaitu sekitar 25 kilometer dari pusat kota, dan bisa Anda jangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Selama di perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan hijau menyegarkan di kanan dan kiri jalan. Selain itu banyak papan penunjuk arah di jalan tersebut, sehingga akan lebih mudah untuk menemukan lokasi Pantai Lombang. Daya tarik dari pantai ini sendiri terletak pada pasir pantainya yang begitu putih bersih dengan tekstur pantai yang landai.

Lokasi: Lombang, Kec. Batang Batang, Kab. Sumenep.

7. Pantai Nepa

Pantai Nepa

Image Credit: Facebook.com @nur munawwir

Pantai Nepa adalah objek wisata yang berupa pantai dan hutan, sehingga kawasan ini banyak disebut dengan nama Pantai dan Hutan Nepa. Destinasi ini berada di kawasan Sampang, dan memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga banyak ditemukan pengunjung yang berenang di sini. Puas bermain air, Anda bisa menjelajah hutan yang rindang dan sejuk.

Lokasi: Batioh, Kec. Banyuates, Kab. Sampang.

BACA JUGA:  40 Tempat Wisata di Malang Terbaru & Terhits Dikunjungi

8. Kebun Bunga Matahari

Kebun Bunga Matahari Pamekasan

Image Credit: Wikimedia.org

Beralih dari pantai, Madura juga memiliki ladang bunga matahari yang begitu menawan. Destinasi ini berada di daerah Pamekasan dan menjadi salah satu objek wisata populer kekinian yang begitu hits. Di sini Anda bisa berfoto ria di tengah tengah padang bunga berwarna kuning yang begitu cantik dan cerah, sehingga menghasilkan foto yang sangat instagramable.

Lokasi: Desa Montok, Kec. Larangan, Kab. Pamekasan.

9. Kolam Renang Goa Pote

Kolam Renang Goa Pote

Image Credit: Medcom.id

Apabila Anda ingin merasakan pengalaman berenang dengan sensasi yang berbeda, maka Kolam Renang Goa Pote bisa menjadi pilihan. Tempat kolam renang ini memang tidak biasa, yaitu di tengah tengah alam bebas tepatnya di tengah perbukitan tambang galian C. Untuk kolamnya sendiri cukup luas, sehingga Anda bisa bebas leluasa berenang di sana.

Lokasi: Jaddih, Jakan, Parseh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan.

10. Bukit Tinggi Daramista

Bukit Tinggi Daramista

Image Credit: Sewadrone.id

Jika Anda mengharapkan objek wisata yang menawarkan tempat estetik untuk berfoto ria, maka Bukit Tinggi Daramista adalah jawabannya. Destinasi ini berada di daerah Sumenep, dan bak di negeri dongeng, di sini Anda bisa menemukan banyak objek foto nan cantik yang bisa Anda abadikan. Mulai dari objek sarang burung buatan hingga bangunan berbentuk love bisa Anda temukan.

Lokasi: Billa Tompok, Daramesta, Kec. Lenteng, Kab. Sumenep.

11. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu

Image Credit: Facebook.com @indonesiatravelina

Berkunjung ke Madura tentu tidak tepat rasanya bila Anda melewati jembatan satu ini. Jembatan Suramadu memang menjadi ikon bagi daerah Madura, dimana jembatan yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura ini telah menjadi urat nadi bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Jembatan ini akan sangat indah apabila Anda melihatnya di malam hari.

Lokasi: Sukolilo Barat, Kec. Labang, Kab. Bangkalan.

12. Gunung Jaddih

Bukit Jaddih, Madura

Image Credit: Flickr.com @bagus herlambang

Gunung Jaddih adalah salah satu objek wisata yang cukup unik dan masih tergolong baru di Madura. Destinasi ini menyuguhkan lahan tambang batu gamping yang memiliki pesona alam yang sangat indah, dimana jaraknya sendiri hanya berkisar 10 kilometer dari pusat kota Bangkalan. Setelah dikembang sebagai tempat wisata, tempat ini mampu menggaet banyak pelancong.

Lokasi: Jakan, Parseh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan.

13. Bukit Kapur Arosbaya

Bukit Kapur Arosbaya

Image Credit: Pegipegi.com

Satu lagi wisata alam yang menawarkan pemandangan bukit gapur, yaitu Bukit Kapur Arosbaya yang terletak di kawasan Bangkalan. Berbeda dengan bukit kapur yang pada umumnya berwarna putih, Bukit Arosbaya ini memiliki warna cokelat kemerahan. Pahatan demi pahanan yang terkuir di Bukit Arosbaya ini memberikan ilusi menakjubkan yang tidak boleh dilewatkan.

Lokasi: Plalangan Madura, Makam Air Mata, Buduran, Kec. Arosbaya, Kab. Bangkalan.

14. Puncak Ratu

Puncak Ratu

Image Credit: Instagram.com @exploremadura

Berkunjung ke Puncak Ratu akan membawa memori Anda ke objek wisata Kalibiru di Yogyakarta. Tidak jauh berbeda dengan Kalibiru tersebut, Puncak Ratu berada di ketinggian dan menawarkan Anda bentang pemandangan yang sangat menawan. Di sini Anda bisa melihat indahnya pohon sengon yang berjejer memenuhi Puncak Ratu tersebut.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Jember yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Puncak Ratu, Kongsi, Tebul Barat, Kec. Pegantenan, Kab. Pamekasan.

15. Selamat Pagi Madura

Edu Wisata Selamat Pagi Madura

Image Credit: Tempatwisata.pro

Selamat Pagi Madura menawarkan paket wisata lengkap yang tidak bisa Anda dapatkan di destinasi lainnya. Di sini Anda bisa menikmati kolam renang lengkap dengan permainan ala ala waterpark. Ada juga area bukit cinta yang memiliki spot foto romantis, lalu tidak ketinggalan spot foto kekinian lainnya juga turut dihadirkan di sana. Seperti ilustrasi 3D, nanas raksana, dan lainnya.

Lokasi: Jl. Lawangan Daya, Barat Satu, Sentol, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan.

16. Wisata Kota Tua Kalianget

Wisata Kota Tua Kalianget

Image Credit: Facebook.com @fadelabuaufa

Kota Tua Kalianget adalah tempat wisata yang menawarkan nilai historis di Madura. Anda yang menyukai wisata sejarah tentu tidak boleh melewatkan destinasi ini ketika liburan di Madura. Kota satu ini berada di bagian timur kota Sumenep, dan telah dibangun sejak masa VOC Belanda. Di sini Anda bisa menemukan banyak peninggalan bersejarah pada zaman Belanda.

Lokasi: Jl. Raya Kalianget, Kalianget Timur, Kec. Kalianget, Kab. Sumenep.

17. Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep

Image Credit: Twitter.com @suaramasjid

Masjid Agung Sumenep menjadi salah satu wisata religi yang bisa Anda datangi ketika berada di Madura. Masjid tersebut saat ini bahkan menjadi ikon wisata dari daerah Madura, dan berada tepat di depan alun alun kota Sumenep. Masjid unik ini telah berdiri sejak tahun 1779, dan merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia serta menyimpan sejarah panjang bangsa.

Lokasi: Dalem Anyar, Bangselok, Kec. Kotasumenep, Kab. Sumenep.

18. Api Tak Kunjung Padam

Api Tak Kunjung Padam

Image Credit: Facebook.com @mangajana tambunan

Di Madura terdapat objek wisata yang begitu unik, hingga membuat para wisatawan datang berbondong bondong untuk melihatnya. Destinasi ini yaitu Api Tak Kunjung Padam yang ada di daerah Pamekasan. Di sini Anda akan dibuat takjub dengan api yang muncul dari tanah dengan sangat mudah. Caranya juga cukup sederhana, Anda hanya perlu mengorek sedikit tanah dan menyulut korek.

Lokasi: Asemanis Satu, Larangan Tokol, Kec. Tlanakan, Kab. Pamekasan.

19. Bukit Lampion Beramah

Bukit Lampion Beramah

Image Credit: Berwisata.id

Ada lagi destinasi wisata dengan banyak spot foto instagramable di Madura yaitu Bukit Lampion Beramah. Objek wisata ini berlokasi di kawasan Bangkalan, dan menjadi salah satu tempat wisata hits yang populer di kalangan anak anak muda Madura. Di sini Anda bisa berpose cantik di ayunan sarang burung, rumah pohon, atau pijakan kayu berbentuk love.

Lokasi: Tengginah, Daleman, Kec. Galis, Kab. Bangkalan.

20. Museum Keraton Sumenep

Museum Keraton Sumenep

Image Credit: Twitter.com @visitsumenep

Terakhir ada wisata museum yang bisa Anda kunjungi apabila Anda ingin berlibur sekaligus menambah banyak wawasan. Di museum ini Anda bisa menemukan berbagai peninggalan sejarah dari abad ke 18, naskah kuno, keramik dari Dinasti Ming, dan lain sebagainya. Selain itu ada juga Al Qur’an dengan ukuran 4×3 meter dan berat 500 kilogram yang ikut dipamerkan.

Lokasi: Jl. Dr. Sutomo No.6, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kec. Kota Sumenep, Kab. Sumenep.

Dalam beberapa tahun terakhir, daerah Madura terus melakukan pengembangan terhadap potensi wisata yang dimilikinya. Oleh karena itu saat ini terdapat cukup banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur di pulau garam tersebut. Mulai dari wisata kekinian dengan spot foto instagramable, hingga wisata museum bisa Anda temukan di Madura.