Jawa Timur

16 Tempat Wisata di Magetan

Tempat Wisata di Magetan

Letak suatu wilayah seringkali mempengaruhi bagaimana kondisi geografis dan keindahan alam yang ditawarkan. Sama seperti Magetan yang berada di kaki Gunung Lawu menjadikannya sebagai wilayah dengan pemandangan alam khas pegunungan. Tidak hanya dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan kulit saja tetapi juga ada potensi wisata yang cukup besar dan beragam. Nantinya di Kabupaten Magetan ini Anda bisa menjelajahi ragam destinasi yang membuat momen liburan makin seru.

Spot indah untuk pemotretan juga banyak yang bisa memanjakan para wisatawan yang hobby foto. Magetan merupakan bagian dari Jawa Timur yang menawarkan berbagai titik wisata andalan. Berikut ini referensi tempat-temapt wisata ketika berkunjung ke Magetan. Siap untuk berlibur?

1. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan

Lokasi: lereng Gunung Lawu, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Wikipedia.org

Wisata populer yang ada di Magetan salah satunya adalah Telaga Sarangan. Telaga ini memiliki udara sekitar yang sejuk dengan pemandangan alam yang indah. Sebagai salah satu ikon wisata yang ada di Magetan, Anda bisa menemukan banyak fasilitas yang cukup lengkap untuk para pengunjung.

Anda bisa berkeliling telaga menggunakan perahu, naik kuda atau hanya sekadar jalan-jalan. Bisa juga menikmati kuliner khas setempat yang ada di Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan.

2. Kampung Pinus

Kampung Pinus

Lokasi: Jl. Raya Sarangan No.KM.0,5, Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Astridseptaviani.wordpress.com

Konsep liburan keluarga dan penuh edukasi bisa Anda temukan di Kampung Pinus. Di kawasan ini, Anda bisa menikmati keindahan dan juga kesejukan alam yang dilengkapi dengan berbagai aktivitas menyenangkan. Misalnya saja seperti bermain ATV, paint ball hingga flying fox.

Lokasi kampung pinus ini ada di Jalan Ngroto Sarangan, Kecamatan Plaosan. Konsep wisata di tempat ini memang benar-benar didesain khusus untuk seluruh keluarga.

3. Taman Genilangit

Taman Genilangit

Lokasi: Genilangit, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Pesona.travel

Jika dalam bahasa Jawa, Geni artinya api. Tetapi konsep wisata ini tidak menakutkan, ya! Taman Genilangit ini merupakan destinasi wisata yang hits di Magetan. Tempat wisata yang bisa Anda manfaatkan untuk narsis di beberapa spot foto. Misalnya saja di ayunan terbang, sepeda terbang hingga spot kupu-kupu.

Taman Genilangit ini berada di Desa Genilangit Kecamatan Poncol. Ada spot yang cukup ekstrem yakni spot perahu di bibir jurang.

4. Puntok Geneng

Puntok Geneng

Lokasi: Kopen, Gonggang, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Tripjalanjalan.com

Tempat wisata yang satu ini dibuka sejak akhir bulan April 2017. Menjadi salah satu spot wisata hits yang menarik untuk dijelajahi ketika liburan serta berada di ketinggian. Puntok Geneng sendiri memiliki pemandangan yang indah yang memang khas pegunungan asri dan sejuk.

Menda yang cukup terjal mungkin menjadi tantangan tersendiri tetapi sangat sepadan dengan view alam perbukitan. Lokasinya ada di Desa Gonggang, Kecamatan Poncol.

5. Bukit Sekitran

Bukit Sekitran

Lokasi: Janggan, RT. 12/05, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Youtube.com (Ais Media)

Ada panorama alam yang khas perbukitan dengan landscape yang cukup menawan. Terutama jika dilihat dari atas ketinggian bukit Sekitran ini. Ada beberapa spot foto keren yang bisa Anda jadikan background foto. Seperti bulan sabit, ornamen bertuliskan i love you dan lain sebagainya.

Bukit Sekitran ini cukup populer karena tempatnya yang kekinian dan menarik muda-mudi untuk datang. Lokasinya ada di Jalan Bendungan Gonggang. Tepatnya di Desa Janggan.

6. Ujung Kulon Janggan

Ujung Kulon Janggan

Lokasi: Kaki Gunung Lawu, Janggan, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Topwisata.info

Tempat wisata di Magetan berikutnya adalah Ujung Kulon Janggan yang cukup mempesona. Ada view Gunung Lawu yang juga diselimuti suasana sejuk serta memanjakan mata. Destinasi wisata ini juga murah dengan beberapa spot foto cantik.

Ada jasa foto yang bisa jadi pilihan menarik. Anda bisa berlibur dengan hasil potret yang menawan. Lokasinya di Desa Janggan, Kecamatan Poncol.

7. Sumber Sejok

Sumber Sejok

Lokasi: Ngablak, Krajan, Kec. Parang, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Infomagetan.com

Berbeda dengan tempat wisata kali ini. Namanya adalah sumber sejok yang akan memnajakan Anda dengan suasana sejuk dan kesegaran yang alami. Ada tebing di sekelilingnya dan juga kedalaman air di sekitar hingga 3 meter.

Anda bisa berenang dengan menikmati suasana alam dan bersantai. Lokasinya berada di Ngablak, Desa Krajan. Kesejukan alami di tempat ini bisa melepas rasa penat dan lelah.

8. Air Terjun Tirtasari

Air Terjun Tirtasari

Lokasi: Sampe, Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Pesona.travel

Menjadi tempat wisata favorit berikutnya, Air Terjun Tirtasari ini memang menjadi tempat wisata wajib untuk dikunjungi. Ketinggiannya sekitar 50 meter dan terlihat begitu indah. Ada juga lingkungan alam yang asri dan sejuk yang bisa membuat Anda melepas penat. Juga dengan fasilitas yang disediakan cukup lengkap.

Tempat wisata ini berada di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan. Ada tangga di kedua sisi air terjun yang bisa memudahkan Anda untuk menjelajahi keindahan air terjun.

9. Desa Wisata Wonomulyo

Desa Wisata Wonomulyo

Lokasi: Wonomulyo, Genilangit, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Ririnnofita.blogspot.com

Desa Wisata Wonomulyo berada di ketinggian sekitar 1300 mdpl. Letaknya memang dikelilingi dengan pegunungan dan membuat panorama alam di sekitarnya begitu indah. Nantinya Anda bisa menjelajahi beberapa spot wisata yang keren seperti air terjun pongangan, bukit wonomulyo hingga goa nggolangu.

Desa wisata ini berada di Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit. Tepatnya berada di antara gunung argo cupu di sebelah utara dan gunung kendil yang ada di sebelah timur.

10. Green Garden

Green Garden

Lokasi: Menggolo, Truneng, Kec. Sukomoro, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Ozhaocta.blogspot.com

Destinasi wisata alam dan edukasi yang satu ini sayang untuk dilewatkan. Anda bisa berlibur bersama teman dan keluarga. Ada banyak buah dan bunga yang juga menyediakan bibit bunga matahari serta bisa ditanam di rumah. Harga tiketnya juga murah meriah dimana Anda akan diajak untuk menikmati liburan dengan cara yang lebih menyenangkan.

Lokasinya ada di Desa Truneng, Kecamatan Sukomoro. Waktu terbaik untuk liburan di tempat ini adalah di pagi atau sore hari agar tidak terlalu panas. Juga karena suasana yang lebih pas dan terasa tenang.

11. Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park

Lokasi: Jl. Raya Sarangan, Cemorosewu No.Km. 5, Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Pesona.travel

Namanya adalah Mojosemi Forest Park yang merupakan wisata di sebelah selatan Telaga Sarangan. Destinasi ini menawarkan sensasi liburan seru dan lengkap. Apalagi dengan lingkungan alam yang masih cukup asri Anda akan menikmati pemandangan luar biasa menakjubkan.

Mojosemi ini berada di Jalan Raya Telaga Sarangan, Kecamatan Plaosan. Ada beberapa wahana seperti flying fox, high rope, adventure, lawu tour dan lain sebagainya. Siapkan budget lebih jika ingin menikmati beberapa wahana yang disediakan di lokasi wisata.

12. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Lokasi: Setalngan, Plumpung, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Wego.co.id

Dibuka di tahun 2018, air terjun Bidadari ini tersembunyi di Magetan tetapi bisa Anda jelajahi. Ada akan menemukan sensasi liburan yang seru bersama dengan teman-teman. Ketinggiannya mencapai 10 meter dengan aliran air di tempat wisata ini mengikuti tebing bebatuan.

Tempat yang sangat cocok untuk Anda yang ingin mendinginkan hati dan kepala. Lokasinya ada di Desa Plumpung, Kecamatan Plaosan.

13. Air Terjun Pundak Kiwo

Air Terjun Pundak Kiwo

Lokasi: Kawil, Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Andriantw1964.wordpress.com

Masih dengan destinasi wisata air terjun, Anda bisa mengunjungi tempat tersebut di sebelah kiri Gunung Lawu. Air terjun ini mengajak siapa saja yang datang untuk menikmati kesejukan alam pegunungan yang masih alami. Ketinggian airnya adalah 45 meter dan segarnya air pegunungan memang menjadi daya tarik utama.

Wisata ini cocok untuk para pecinta alam yang suka dengan liburan dan juga konsep petualangan. Lokasinya berada di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan.

14. Taman Ria Maospati

Taman Ria Maospati

Lokasi: Jl. Maospati, Klagen Gambiran, Bakung, Kec. Maospati, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Tripjalanjalan.com

Tempat wisata murah meriah berikutnya adalah Taman Ria Maospati. Tempat ini menawarkan fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari arena bermain, mini zoo hingga kolam renang. Udara di sekitar pun juga asri.

Taman Ria Maospati berada di Desa Pandean, Kecamatan Maospati. Anda bisa berlama-lama menikmati suasana santai di tempat ini dan mengunjungi mini zoo yang tersedia.

15. Dam Jati

Dam Jati

Lokasi: Godangan, Goranggareng, Kec. Nguntoronadi, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatadanbudaya.magetan.go.id

Tempat swafoto unik di Magetan berikutnya adalah Dam Jati. Dam atau bendungan ini dibangun di zaman BelAnda yang dikembangkan menjadi spot wisata kekinian. Dindingnya dicat warna-warni dan terlihat makin meriah. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati suasana di sekitar lokasi wisata serta menghabiskan waktu untuk berfoto.

Dam Jati berada di Goranggareng, Nguntoronadi. Anda bisa menemukan tempat wisata unik di sini dengan banyaknya spot foto terbaik.

16. Kedung Ngancar

Kedung Ngancar

Lokasi: Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur. – Image Credit by Travelingyuk.com

Kedung Ngancar merupakan tempat wisata di Magetan yang memiliki aliran air membentuk kolam. Ada nuansa kehijauan yang bisa membuat lelah Anda menjadi hilang. Juga dengan suasana alam pedesaan yang didukung dengan lingkungan masih asri.

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Tapen, Kecamatan Lambeyan. Tentukan pose terbaik dan ambil potret dengan pemandangan alam yang masih alami. Lokasi wisata ini juga tidak terlalu sulit untuk diakses. Anda bisa mengikuti petunjuk selama di perjalanan atau bertanya pada warga setempat yang tidak asing mendengar nama Kedung Ngancar.