Jawa Barat

17 Tempat Wisata di Majalengka

17 Tempat Wisata di Majalengka

Sebuah Kabupaten yang ada di bagian timur Jawa Barat bernama Majalengka memberi sejuta pesona yang berbeda. Sebab, ternyata potensi wisata yang dimilikinya cukup menarik hati. Wilayah Majalengka sendiri memiliki perpaduan dataran rendah di bagian utara dan juga wilayah perbukitan yang ada di bagian tengahnya ini membuat Majalengka memiliki banyak destinasi wisata. Selain Bandung dan Bogor, wisatawan bisa datang ke Majalengka untuk liburan hemat dan menyenangkan.

1. Kebun Teh Cipasung

Kebun Teh Cipasung

Lokasi: Cipasung, Lemahsugih, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Piknikasik.com

Destinasi wisata yang pertama adalah Kebun Teh Cipasung. Karena Majalengka berada di dataran tinggi tentu hal ini membuat perkebunan teh menjadi destinasi wisata utama yang dimilikinya. Meski mungkin pemandangan yang ada tak jauh berbeda dengan lainnya tetapi tetap saja Kebun Teh Cipasung ini memiliki daya tarik karena kesegarannya.

Hamparan kebun teh yang luas memberi suguhan pemandangan yang indah dengan udaranya yang sejuk. Kebun Teh Cipasung berada di Lemahsugih, Cipasung. Wisatawan yang datang hanya membayar Rp. 3000 saja dengan akses yang mudah dan tempat yang indah.

2. Wisata Paralayang Gunung Panten

Wisata Paralayang Gunung Panten

Lokasi: Sidamukti, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Lensa.news

Berbeda dengan destinasi yang satu ini. Mereka yang ingin memacu adrenalin tinggi tentu akan sangat menyukai wisata paralayang Gunung Panten. Menjadi destinasi yang paling terkenal di Majalengka tak heran jika disini juga sudah pernah digunakan sebagai kejuaraan Nasional Paralyang dan kejuaraan Gantolle Nasional.

Ada pemandangan luar biasa yang terlihat indah di sore hari. Bagi para wisatawan atau mereka yang pemula juga tak perlu khawatir. Karena di tempat ini ada pemandu yang mengarahkan dan menemani terbang bebas. Letak Wisata Paralayang Gunung Panten ini berada di Sidamukti, Munjul. Tepatnya berada di kecamatan Majalengka dengan HTM sektiar Rp. 450.000.

3. Air Terjun Cibali

Air Terjun Cibali

Lokasi: Desa Cikondang, Kec. Cingambul, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Untuk sampai di lokasi wisata ini memang membutuhkan perjalanan cukup panjang. Tetapi soal keindahan dan pesonanya tak perlu diragukan lagi. Air Terjun Cibali ini melewati persawahan hijau dimana pemandangannya juga sangat menakjubkan.

Nuansa alam yang dimilikinya masih begitu bersih dan segar sehingga siapa saja yang datang mampu membuat pikiran lebih fresh. Tempat yang tepat untuk melepas penat dan melupakan hiruk pikuk perkotaan. Letak dari Air Terjun Cibali ini berada di Desa Cikondang Kecamatan Cingambul. Seperti yang disebutkan bahwa untuk sampai di tempat ini harus melewati perjalanan menguras tenaga sehingga membutuhkan fisik yang kuat.

4. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai

Lokasi: Bantaragung, Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Detik.com

Mendaki gunung sekarang ini makin populer. Aktivitas yang cukup memacu adrenalin tetapi harus berhati-hati. Tempat Wisata di Majalengka seperti Gunung Ciremai bisa menjadi referensi berlibur. Ketinggian gunung ini berkisar 3.078 mdpl dengan adanya tiga jalur pendakian yang sudah populer.

Ada Jalur Palutungan, Jalur Linggarjati dan Jalur Apuy. Jika pendaki ingin jalur paling favorit bisa memilih jalur Apuy karena tak terlalu sulit. Letak Gunung Ciremai adalah di 3 wilayah yaitu Majalengka, Cirebon dan Kuningan. Tepatnya berada di Bantaragung Sindangwangi dengan harga tiket masuk sekitar Rp. 6000 saja.

5. Bukit Panyaweuyan Argapura

Bukit Panyaweuyan Argapura

Lokasi: Tejamulya, Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Blog.reservasi.com

Setelah berlibur ke gunung, wisatawan bisa mengunjungi Bukit Panyaweuyan Argapura yang merupakan destinasi wisata favorit untuk para pecinta fotografi. Pemandangan datarannya memang paling menarik dan biasanya fotografer sendiri yang telah mendatangi tempat tersebut akan memilih datang pagi buta agar bisa melihat sunrise dan bukit yang berselimut kabut.

Dari bukit ini, pengunjung akan disuguhi adanya pemandangan gunung yang berdekatan dengan Kabupaten Majalengka. Letak dari Bukit Panyaweuyan Argapura ini berada di Tejamulya, Argapura. Tepatnya berada di Kabupaten Majalengka dengan pesona keindahan yang indah terutama saat pagi hari.

6. Air Terjun Cilutung

Air Terjun Cilutung

Lokasi: Talagakulon, Talaga, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Triptrus.com

Masih seputar tempat wisata berupa air terjun, kali ini air terjun Cilutung menjadi pilihan tepat untuk para pengunjung atau wisatawan yang berasal dari lokal atau luar wilayah Majalengka. kondisinya masih begitu alami dan tidak tercemar limbah industri. Airnya yang bersih dan segar merupakan daya tarik utama untuk merefresh lagi rasa penat dalam tubuh.

Dengan nuansa pedesaan yang nyaman dan tenang tentu akan membuat wisatawan betah atau berlama-lama. Letak dari Air Terjun Cilutung ini ada di Talagakulon, Talaga. Masuk di Kabupaten Majalengka dengan medan yang tak begitu sulit dan wisatawan bisa bertanya pada warga sekitar untuk menunjukkan jalan menuju lokasi.

7. Jembar Waterpark

Jembar Waterpark

Lokasi: Ranji Wetan, Kasokandel, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Cucugunawan.com

Tidak hanya wisata alam daan juga pegunungan alami tetapi Majalengka juga memiliki tempat rekreasi yang disukai anak-anak yakni waterpark. Namanya adalah Jembar Waterpark yang terbilang unik karena terdapat patung hewan dinosaurus zaman purba.

Hal menarik lainnya adalah konsep atau nuansa desa yang digunakan membuat kita makin betah berlama-lama. Jembar Waterpark ini berada di Desa Ranjiwetan. Buka dari hari Senin hingga Sabtu dengan tiket seharga Rp. 20.000 sementara hari Minggu atau libur Rp. 25.000.

8. Telaga Nila

Telaga Nila

Lokasi: Lengkong Kulon, Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Ayo-hunting.blogspot.com

Berlibur memang tak harus datang ke tempat keramaian seperti wisata kolam renang yang terkadang ramai. Bagaimana dengan menenangkan diri di sebuah telaga? Wisatawan bisa mengunjungi Telaga Nila yang menjadi tempat wisata menarik di Majalengka. Air dari telaga ini masih begitu bersih dan jernih.

Telaga yang bisa memantulkan bayangan pepohonan yang ada di sekitar telaga dan berwarna biru kehijauan ketika terkena sinar matahari. Letak Telaga Nila berada di kaki gunung Ciremai dengan udara dan suasana yang begitu segar. Seringkali disebut sebagai surga yang tersembunyi karena masih begitu terjaga dan minim pengunjung.

8. Kolam Renang Balong Sang Raja

Kolam Renang Balong Sang Raja

Lokasi: Cigasong, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Mediamajalengka.com

Nama yang unik dari tempat wisata ini cukup menarik perhatian. Karena kolam ini dulunya digunakan sebagai pemandian dari para pejabat pemerintah kerajaan Belanda. Ada mata air akar yang mengalir ke kolam yang menjadikannya begitu jernih dan segar.

Lokasinya mungkin terkesan kuno karena berusia ratusan tahun tetapi tempatnya sangat menarik karena dilengkapi area outbond. Letak dari Kolam Renang Balong Sang Raja ini berada di Kelurahan Cigasong. Ada beberapa tanda peninggalan zaman Belanda lainnya seperti Tuga dan beberapa pohon besar yang membuatnya makin terlihat cantik.

9. Gunung Batu Tilu

Gunung Batu Tilu

Lokasi: Girimukti, Kasokandel, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Tempatwisata.co

Wisata yang berasal dari sebuah legenda ini cukup tersohor. Konon, Gunung Batu Tilu adalah seekor naga besar yang kepalanya berada di Gunung Ciremai. Sementara ekornya memanjang hingga Gunung Batu Tilu. Tempat ini juga berupa kumpulan tiga bukit dengan keindahan dan juga keunikan yang berbeda.

Bukit ini berupa puncak Sukmana dan puncak Gunung Tilu kemudian satu puncak lagi belum diketahui namanya. Gunung Batu Tilu ini berada di Desa Jatimulya Kecamatan Kasokandel. Wisatawan yang datang bisa menemukan 2 sungai besar yang melintas dan adanya hutan lindung dengna pohon jati serta pohon pinus.

10. Bendungan Raksasa Rentang

Bendungan Raksasa Rentang

Lokasi: Jatitujuh, Pilangsari, Panongan, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Pikiran-rakyat.com

Tempat ini memang bukan tempat rekreasi yang mewah tetapi sangat cocok untuk mereka yang tak punya banyak waktu untuk perjalanan. Menjadi bendungan yang terbesar dan ada di bagian utara Majalengka dengan menampung beberapa sungai di Jawa Barat.

Ada sungai Cimanuk, Ciatarum dan beberapa sungai kecil lain. Tempat wisata ini berada di Jatitujuh, Pilangsari, Panongan. Bendungan Raksasa Rentang ini masuk dalam Kabupaten Majalengka yang ramai dikunjungi warga untuk arena jogging atau jalan-jalan.

11. Agro Batu Luhur

Agro Batu Luhur

Lokasi: Padabeunghar, Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Andromedocahyo.blogspot.com

Majalengka memiliki tempat wisata baru dan masih terus dikembangkan. Adanya bebatuan tinggi disini menjadi salah satu daya tarik utama dan suasana yang sejuk. Namanya adalah Agro Batu Luhur. Pembangunan juga masih terus dilakukan dan dikembangkan seperti adanya kegiatan rohani, edukasi tanam dan juga hewan.

Banyak juga wahana permainan yang sudah tersedia seperti flying fox dan rute terpanjang yang ada di wilayah III Cirebon. Letak Agro Batu Luhur ini berada di Padabeunghar, Pasawahan. Destinasi wisata ini masuk dalam Kabupaten Kuningan yang juga menyediakan lokasi perkemahan.

12. Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya

Lokasi: Kampung Apuy, Argamukti, Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @adiryanans

Dengan ketinggian kurang lebih 73 meter, Curug Muara Jaya menawarkan panorama alam yang begitu sejuk. Airnya sangat deras sehingga untuk bermain-main air disini harus lebih hati-hati. Beberapa wisatawan yang datang juga memanfaatkan waktu untuk berfoto di tempat yang indah ini.

Curug Muara Jaya berada di lereng Gunung Ciremai dengan suasana menenangkan. Alamatnya adalah di Kampung Apuy, Argamukti dengan tarif Rp. 4000.

13. Situ Sangiang

Situ Sangiang

Lokasi: Sangiang, Banjaran, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Cariinfoyuk.com

Situ Sangiang juga disebut dengan Telaga Sangiang. Tempat ini merupakan Objek Wisata di Majalengka yang menjadi tempat ziarah makam juga. Tepatnya adalah makam keramat Pucuk Ulum atau Sunan Parung.

Lokasinya sangat asri dan rimbun karena ada hutan lebat yang mengelilinginya. Namun, hutan ini sudah menjadi ladang milik dari para penduduk sekitar. Letak dari Situ Sangiang ini berada di Sangiang Banjaran Kabupaten Majalengka. Tarif untuk masuk ke tempat wisata ini sekitar Rp. 3000 saja.

14. Curug Tonjong

Curug Tonjong

Lokasi: Teja, Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatalogi.com

Wisata air terjun yang dulu pernah ditutup karena suatu masalah akhirnya bisa dikunjungi lagi. Namanya adalah Curug Tonjong. Curug ini bagian dari sungai Cikadongdong yang berketinggian sekitar kurang lebih 4 meter. Panorama curug tersebut berada di antara celah bebatuan dengan rimba pepohonan yang indah.

Ada jembatan bambu yang membantu wisatawan untuk menuju bagian hulu curug. Tempat wisata ini berada di Teja, Rajagaluh. Masuk sebagai Kabupaten Majalengka dengan tarif masuk sektiar Rp. 15.000 saja.

15. Bukit Alam Hejo

Bukit Alam Hejo

Lokasi: Pasirayu, Sindang, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Infomajalengka.files.wordpress.com

Berikutnya, Bukit Alam Hejo yang menjadi destinasi wisata berupa taman bermain. Wisatawan juga bisa menemukan kondisi alam segar dengan wisata kuliner yang lezat. Taman wisata ini memiliki kolam renang untuk segala usia, saung dan aneka permainan seru seperti flying fox, motor ATV dan masih banyak lagi.

Lokasi Bukit Alam Hejo ini berada di bawah kaki gunung Cireami. Tepatnya masuk di Desa Pasirayu, Sindang dengan tarif masuk Rp. 5000 untuk hari Senin sampai Sabtu dan akhir pekan atau hari libur Rp. 10.000.

16. Lemah Putih

Lemah Putih

Lokasi: Lemah Putih, Lemahsugih, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Xplora.id

Wisata Lemah Putih ini membuat wisatawan merasa begitu segar. Sebab, ada pemandangan alam Majalengka yang terlihat dari atas ketinggian. Tak hanya itu saja ada juga suguhan Taman Dinosaurus, Kafe, Aneka Hiburan dan Kolam Renang.

Tempat yang satu ini juga menjadi destinasi favort bagi mereka yang suka dengan fotografi. Letak Lemah Putih berada di Lemahsugih Kabupaten Majalengka. Tempat yang cocok untuk yang ingin melihat sunset dengan matahari berbalut awan indah.

17. Cadas Gantung

Cadas Gantung

Lokasi: Mirat, Kec. Leuwimunding, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Pikiran-rakyat.com

Cadas Gantung memiliki lokasi yang tepat dengan pesona keindahan alam Gunung Kromong dan kawasan Leuwimuding, Palasah. Agar bisa mencapai Cadas Gantung akan terasa lebih mudah kalau menggunakan kendaraan roda dua. Butuh tubuh yang prima agar tak kelelahan atau tumbang dijalan.

Cadas Gantung ini berada di Mirat, Leuwimunding. Tarif yang dikenakan adalah Rp. 3000 dengan kondisi alam yang penuh bebatuan serta menggantung di tepi jurang. Harus menggunakan persiapan yang lengkap.

Berbagai Destinasi Wisata di Majalengka ini tentu membuktikan bahwa masih banyak potensi wisata yang bisa digali. Bukan hanya Bandung atau Bogor namun juga Majalengka dengan keragaman yang dimilikinya. Siapkan liburan sebaik mungkin, eksplor wisata yang ada di Majalengka ini.