27 Tempat Wisata di Malang

27 Tempat Wisata di Malang

Malang merupakan sebuah kota yang terdapat di provinsi Jawa Timur yang terkenal sebagai kota pelajar. Tak hanya sebagai kota pelajar dan juga kota pendidikan, Malang pun kerap dijuluki sebagai kota kuliner. Terdapat banyak sekali jajanan khas Malang yang bisa Anda beli disini. Rasanya pun sangat unik dan juga lezat, disertai tampilannya yang menggugah selera. Tak heran jika para warga dan juga wisatawan tak bosan-bosannya memilih Kota Malang sebagai destinasi liburan mereka.

Selain wisata kuliner, Malang juga terkenal akan tempat wisatanya yang banyak dan juga bagus. Bahkan sebagian masih belum terjamah manusia, yang membuat para penjelajah suka berdatangan untuk explore daerah-daerah tersebut. Namun, untuk Anda sebagai wisatawan tak perlu bersusah-susah untuk mengexplore seperti itu. Karena banyak sekali tempat-tempat wisata yang sudah tertata cantik untuk Anda kunjungi.

1. Pulau Sempu

Pulau Sempu

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Pegipegi.com

Tempat wisata yang pertama adalah Pulau Sempu, yang sangat terkenal sebagai surga wisata alam di Kota Malang. Bagi para wisatawan, hukumnya wajib untuk mengunjungi pulau ini. Meski indah, tempat ini memiliki medan yang cukup sulit untuk orang awam. Jika Anda berniat mengunjunginya, sebaiknya Anda menyewa jasa travelling agar lebih terjamin dan mengetahui spot-spot yang bagus.

Banyak spot yang bisa Anda kunjungi di pulau ini, seperti Segara Anakan. Anda dapat menjadikannya spot cantik untuk berfoto karena memang pemandangannya sangat indah dan asri. Pemandangan pantai dengan tebing di tepinya membuatnya semakin istimewa. Anda pun bisa bermalam di pantai tersebut dengan tenda sambil menikmati indahnya pantai pada malam hari.

2. Jawa Timur Park 1

Jawa Timur Park 1

Lokasi: Jl. Kartika No. 2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. – Image Credit by Balicarrentalonline.com

Tempat wisata lainnya yang sangat populer di Kota Pelajar ini adalah Jawa Timur Park 1, atau biasa disebut dengan Jatim Park 1. Tempat ini merupakan tempat hiburan yang sama dengan DUFAN yang memiliki banyak wahana yang menarik untuk di coba. Mulai dari bom-bom car hingga yang paling ekstrim pun ada di sini. Tak lupa juga rumah horor yang harus di coba jika mengunjungi tempat ini.

Tak hanya itu saja, Jatim Park 1 ini pun juga memiliki water pool yang mempunyai arus buatan untuk bermain. Terdapat pula bioskop 3D yang akan membuat film akan terasa lebih nyata. Untuk spot berfoto, Jatim Park 1 memiliki banyak sekali spot cantik yang membuat liburan bisa di abadikan dengan cantik.

3. Jawa Timur Park 2

Jawa Timur Park 2

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No. 9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. – Image Credit by Toplintas.com

Tempat wisata selanjutnya masih tentang Jawa Timur Park, kali ini adalah Jawa Timur Park 2. Konsep dari Jatim Park 2 ini berbeda dengan Jatim Park 1 yang mengusung wahana hiburan untuk pengunjung. Namun, di Jatim Park 2, Anda akan disuguhkan tempat yang lebih edukatif karena mengusung tema kebun binatang. Terdapat Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan juga Pohon Inn Hotel yang bisa Anda kunjungi.

Untuk datang berkunjung ke Museum Satwa, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000. Namun jika Anda ingin pergi ke area Batu Secret Zoo, Anda harus mengeluarkan biaya antara Rp 75.000 sampai Rp 105.000.

4. Jawa Timur Park 3

Jawa Timur Park 3

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No. 144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. – Image Credit by Mampoo.com

Tempat Wisata di Malang selanjutnya merupakan lanjutan dari rangkaian Jawa Timur Park, yaitu Jawa Timur Park 3. Tempat ini baru saja dibangun dengan mengusung konsep dinosaurus yang mengagumkan. Terdapat banyak wahana yang seru seperti, Dino Park, Fun Tech, Galeri Musik, 6D Cinema, Infinite World, XD, Jurassic Action, House of Zombie, Virtual Arena, Dino Bazaar, dan Sniper Zone.

Harga yang dipatok per wahana pun tidak terlalu mahal. Seperti Dino Park Rp 100.000, Funtech Rp 30.000 per 2 jam, Galeri Musik Rp 50.000, 6D Cinema Rp 20.000, Infinite World Rp 30.000, XD Rp 20.000, Jurassic Action Rp 25.000, House of Zombie Rp 20.000, Virtual Arena Rp 15.000 per permainan, Dino Bazaar Rp 5.000 per koin, dan Sniper zone Rp 5.000 per koin.

5. Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang

Lokasi: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Gapuranews.com

Tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Kota Malang adalah Alun-alun Kota Malang. Tempat ini berada di pusat kota, yang tentunya memiliki akses yang mudah. Terdapat beberapa tempat makan yang ada disekitarnya sehingga memudahkan Anda untuk mengisi perut ketika Anda merasa lapar.

Tak hanya tempat makan, terdapat juga banyak tempat belanja yang berjejer di dekat alun-alun. Terdapat juga Masjid untuk beribadah dan juga Toko buku Gramedia.

6. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Lokasi: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Pasberita.com

Tempat wisata berikutnya adalah Pantai Balekambang yang terletak di selatan Kota Malang. Berjarak 65 km dari pusat kota, pantai ini selalu ramai didatangi oleh wisatawan. Pasalnya, tempat ini mempunyai bentuk seperti Tanah Lot di Kota Bali. Tentu saja keindahan pantainya tak perlu diragukan lagi.

Tempat ini mempunyai ombak yang indah dengan suaranya yang sangat menenangkan. Anda dapat menikmati omba di sepanjang bibir pantai yang terbentang sepanjang 2 km tersebut.

7. Selecta

Selecta

Lokasi: Jl. Raya Selecta No. 1, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. – Image Credit by Bukaloka.com

Destinas wisata berikutnya adalah Selecta yang merupakan taman bunga yang sangat indah. Tak hanya taman bunga saja, pemandangan sepanjang jalan menuju Selecta pun sangat menawan. Tempat ini benar-nbenar cocok untuk Anda yang sedang ingin mengusir penat di kepala Anda. Karena Anda akan disuguhkan pemandangan khas Malang yang berpadu dengan udara yang sangat fresh.

Tak hanya pemandangan saja, terdapat pula wahana yang disediakan untuk pengujung. Seperti berkendara dengan kuda, sepeda angin, kolam renang, dan lain sebagainya. Hanya dikenakan biaya masuk kurang lebih Rp 17.000 Anda sudah dapat menikmati indahnya Selecta.

8. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No. 1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. – Image Credit by Gotravelly.com

Tempat wisata berikutnya adalah Batu Night Spectacular atau yang biasa disebut sebagai BNS. Buka pada malam hari, BNS mempunyai banyak lampu-lampu yang unik dan juga cantik. Anda dapat menjadikannya spot berfoto selfie karena bentuk lampunya yang lucu. Tak hanya itu saja, BNS juga mempunya berbagai wahana yang seru.

Terdapat juga tempat berbelanja oleh-oleh yang disediakan untuk Anda yang ingin memberi buah tangan kepada keluarga di rumah. Dengan tiket masuk Rp 20.000-Rp 30.000, Anda sudah dapat masuk ke BNS. Namun jika Anda ingin mencoba wahana, Anda harus membayar Rp 15.000 per wahana.

9. Agro Tawon Rimba Raya

Agro Tawon Rimba Raya

Lokasi: Jl. Indrokilo Selatan, Polaman, Bedali, Kec. Lawang, Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Merdeka.com

Tempat wisata selanjutnya adalah Agro Tawon Rimba Raya. Tempat ini merupakan wisata yang edukatif karena Anda akan diajak langsung ke peternakan lebah. Tak hanya itu, Anda pun bisa melihat dan ikut memanen madu langsung dari sarangnya. Setelah puas memanen, Anda juga bisa mencoba berbagai produk home made yang tedapat disana.

Produk-produk yang tersedia disana antara lain seperti jus jambu madu, es madu, dan berbagai produk lainnya yang berasal dari madu. Anda juga bisa mencoba terapi lebah yang akan mengangkat penyakit seperti stroke, kanker dan lainnya.

10. Pos Ketan Legenda

Pos Ketan Legenda

Lokasi: Jl. Kartini No. 6, Ngaglik, Sisir, Kec. Batu, Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Ksmtour.com

Tempat wisata berikutnya adalah tempat makan ketan yang sangat populer, yaitu Pos Ketan Legenda. Jika Anda berwisata ke Kota Malang, tak lengkap jika belum menjajal Pos Ketan yang sangat enak ini. Terletak di sebelah alun-alun Batu, pos ketan ini selalu full oleh pengunjung. Dengan hawa yang dingin, pos ketan yang hangat pastinya sangat cocok.

Pos ketan ini bisa Anda jadikan tongkrongan yang nyaman sehabis lelah berkeliling Kota Malang. Anda dapat bersantai menikmati indahnya malam hari Kota Batu, Malang yang berhiaskan lampu yang cantik.

11. Museum Kesehatan Jiwa

Museum Kesehatan Jiwa

Lokasi: RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat, Krajan Utara, Sumber Porong, Kec. Lawang, Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Destinasi wisata yang berikutnya adalah Museum Kesehatan Jiwa. Tempat ini merupakan tempat wisata yang edukatif baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Anda dapat menambah pengetahuan tentang kedokteran dan kesehatan jiwa. Di dalamnya terdapat alat-alat yang pernah digunakan di bidang kedokteran yang dipajang rapi.

Tempat ini telah dibuka sejak tahun 2009 silam. Dan alat-alat yang dipajang kurang lebih 700 jumlahnya. Hal ini dikarenakan tempatnya yang masih belum memungkinkan untuk memajang semua koleksi.

12. D’Topeng Museum

D'Topeng Museum

Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. – Image Credit by Surabayaadventure.com

Tempat wisata berikutnya adalah D’Topeng Museum. Meski namanya Museum Topeng, namun yang dipajang di tempat ini tidak melulu tentang topeng. Ada juga koleksi bersejarah seperti benda-benda dari masa Kerajaan Majapahit. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa museum ini mirip seperti Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma di Kota Bali.

Untuk menikmati segala koleksi kuno di museum ini, Anda hanya cukup membayar sebesar Rp 25.000. Jika Anda ingin sekaligus mengunjungi Museum Angkut, Anda cukup membayar sebesar Rp 60.000 hingga Rp 85.000.

13. Museum Angkut

Museum Angkut

Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. – Image Credit by Mldspot.com

Tempat wisata berikutnya adalah Museum Angkut yang terletak di wilayah Batu, Malang. Museum ini merupakan tempat yang paling pas untuk Anda yang hobi fotografi ataupun modelling. Terdapat banyak spot yang disediakan untuk berburu foto cantik nan unik. Karena museum ini memiliki koleksi angkutan dari seluruh dunia.

Jadi, jika Anda menganggap museum merupakan tempat yang membosankan, tidak dengan tempat yang satu ini. Tidak hanya tentang angkutan dari seluruh dunia, museum ini juga menyajikan mobil-mobil antik yang ditata rapi dengan background yang telah disesuaikan. Nah, untuk dapat menikmati banyak bacground dan koleksi antik tersebut, Anda harus membayar biaya masuk sebesar Rp 50.000 hingga Rp 75.000.

14. Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo

Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo

Lokasi: Jl. MT. Haryono XIII No. 450, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Ngalam.co

Destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo. Tempat ini dapat Anda jadikan destinasi terakhir saat Anda berlibur di Kota Malang. Anda dapat berbelanja berbagai kerajinan keramik khas Malang yang bisa dijadikan buah tangan. Soal kualitas, Anda tak perlu ragu lagi karena kerajinan yang terdapat disini sudah sangat terkenal.

Terletak di Jl MT Haryono XI, Anda dapat berbelanja oleh-oleh dengan puas. Pasalnya, terdapat berbagai macam kerajinan keramikseperti vas bunga, mug, hiasan rumah, dan lain sebagainya.

15. Inggil Museum Resto

Inggil Museum Resto

Lokasi: Jl. Gajahmada No. 4, Kiduldalem, Kec. Klojen, Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Satyawinnie.com

Selanjutnya, terdapat tempat wisata bernama Inggil Museum Resto yang juga gemar dikunjungi oleh wisatawan. Karena di tempat ini Anda akan melihat perpaduan antara museum dengan restoran. Jadi bagi Anda yang ingin ke tempat wisata sekaligus wisata kuliner, tempat ini sangat cocok untuk Anda.

Sembari makan, Anda dapat menikmati berbagai koleksi yang dipajang. Antara lain seperti mesin jahit kuno, uang kuno, jam weker kuno, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang suka aka benda-benda antik, Anda harus mengunjungi tempat keren satu ini.

16. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep

Lokasi: Desa Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Malangsurabaya.com

Tempat wisata yang menarik berikutnya ialah Pantai Ngliyep yang terletak di bagian selatan Kota Malang. Pantai eksotis ini berjarak kurang lebih 62 km dari pusat kota. Lokasi sekitar tempat wisata ini bisa dibilang masih tidak terjamah dan tentunya masih sangat indah.

Pantai ini dipenuhi pasir yang putih sehingga membuatnya sangat cantik. Tak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

17. Air Terjun Sumber Pitu

Air Terjun Sumber Pitu

Lokasi: Krajan, Duwet Krajan, Tumpang, Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Piknikasik.com

Berikutnya adalah Air Terjun Sumber Pitu yang sangat populer bagi para wisatawan. Hal tersebut dikarenakan tempat ini menyuguhkan keindahan 7 air terjun sekaligus yang begitu menawan.

Air terjun ini terletak di daerah Duwet Krajan kecamatan Tumpang di Kota Malang. Jika Anda mendatangi tempat ini, Anda akan melihat air terjun yang begitu eksotis yang berjatuhan dari atas tebing.

18. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot

Lokasi: Desa Pujiharjo, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Satu-indonesia.com

Objek Wisata di Malang selanjutnya adalah Pantai Sipelot. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terkenal sebagai pantai dengan ombak yang tinggi. Sehingga bagi para wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang. Tidak hanya itu, pantai ini pun tergolong salah satu pantai yang masih perawan alias masih tidak terjamah.

Karena itulah, pantai ini masih sangat alami dan mempesona dengan tampilan biru cerah yang menawan. Anda dapat menyaksikan pemandangan indah bak Maldives yang terpampang di pantai Sipelot ini.

19. Wisata Paralayang

Wisata Paralayang

Lokasi: Jl. Songgokerto, Kel. Songgokerto, Kota Batu, Jawa Timur. – Image Credit by Datawisata.com

Area wisata selanjutnya adalah Paralayang yang terletak di area Kota Malang, tepatnya di daerah Batu. Untuk sampai ke tempat ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota. Namun, pemadangan yang akan Anda lihat di tempat ini akan mengalahkan rasa lelah akan perjalanannya. Hal tersebut dikarenakan Anda akan melihat Kota Malang dan sekitarnya dari atas bukit.

Terdapat pula tempat tongkrongan dan cafe disekitar area bukit tersebut. Sehingga Anda dapat menikmati indahnya pemandangan dari atas bukit sambil menikmati makanan dan minuman Anda.

20. Omah Kayu

Omah Kayu

Lokasi: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. – Image Credit by Travelsafe-aca.com

Tempat wisata berikutnya ialah Omah Kayu, yang letaknya ada disamping Wisata Paralayang. Tempat ini berada di ujung bukit yang sama, namun Anda perlu berjalan sedikit lebih jauh untuk mendatangi Omah Kayu ini.

Untuk sekadar masuk dan melihat-lihat, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja. Namun, jika Anda ingin menginap, Anda harus membayar biaya sebesar Rp 300.000 per malamnya. Anda pun dapat mengambil beberapa foto selfie dengan background cantik dari area Omah Kayu ini.

21. Museum Malang Tempo Doeloe

Museum Malang Tempo Doeloe

Lokasi: Jl. Gajahmada, Kiduldalem, Kec. Klojen, Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Dolandolen.com

Selanjutnya, ada Museum Malang Tempo Doeloe yang merupakan tempat historicalnya Kota Malang. Disini, Anda dapat mengetahui seluk beluk Kota Malang dari zaman dahulu hingga sekarang.

Tak hanya itu, terdapat beberapa koleksi kuno khas Malang yang dipajang. Contohnya seperti prasasti, tembikar yang sangat kuno, dan lain sebagainya. Dengan biaya masuk sebesar Rp 5.000 (pelajar) dan Rp 15.000 (umum), Anda sudah dapat menikmati tempat yang penuh sejarah ini.

22. Wendit Waterpark

Wendit Waterpark

Lokasi: Jl. Raya Wendit Timur, Lowoksoro, Mangliawan, Kec. Pakis, Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Dolanyok.com

Tempat wisata keren berikutnya adalah Wendit Waterpark yang terletak di daerah Mangliawan, Pakis. Uniknya, di waterpark ini terdapat 2 jenis kolam, yaitu kolam buatan dan kolam telaga alami. Terdapat rumor yang mengatakan bahwa Anda akan menjadi panjang umur dan awet muda jika mandi di tempat telaga alami tersebut.

Sedangkan di kolam buatannya, Anda dapat menikmati berbagai wahana menarik yang disediakan. Antara lain seperti danau buatan, ember yang tumpah di atas kolam renang, papan seluncuran, dan lain sebagainya. Hanya dengan Rp 15.000, Anda dapat menikmati berbagai wahana dan fasilitas tersebut.

23. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari

Lokasi: Toyomarto Lawang, Bodean Putuk, Toyomarto, Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Indoinspector.blogspot.com

Tempat wisata yang selanjutnya adalah Kebun Teh Wonosari yang terletak di sekitar Kota Malang. Tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk piknik keluarga karena areanya yang begitu segar dan asri.

Tak hanya piknik, Anda pun dapat menikmati beberapa wahana yang disediakan seperti outbond, area berkemah, kolam air panas, dan lain-lain. Ada pun dapat menikmati udara yang segar bersama keluarga sambil melihat pengolahan teh secara langsung hingga mencicipi tehnya.

24. Museum Brawijaya

Museum Brawijaya

Lokasi: Jl. Ijen No. 25 A, Gading Kasri, Kec. Klojen, Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Pesona.travel

Destinasi Wisata di Malang berikutnya adalah sebuah museum yang bernama Brawijaya. Museum ini sangat terkenal karena menyimpan berbagai macam koleksi bersejarah dari zaman kolonial Belanda. Bahkan terdapat tank yang pernah digunakan saat tragedi 10 November 1945 di Kota Surabaya.

Ada juga gerbong maut yang legendaris yang dipajang di tempat ini. Maka dari itulah tempat ini merupakan kawasan edukatif untuk mengenal sejarah Indonesia lebih dalam.

25. Rafting Sungai Bango

Rafting Sungai Bango

Lokasi: Jl. Terusan Sulfat, Sawojajar, Blimbing, Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Nyero.id

Kota Malang juga menyuguhkan olahraga rafting di kawasan Sungai Bango yang begitu populer. Terletak di daerah Singosari, Anda dapat menikmati olahraga penuh adrenalin ini bersama keluarga maupun teman-teman.

Anda bisa mendapatkan pengalaman seru bersama keluarga atau teman untuk mengisi liburan Anda. Anda juga dapat menyewa jasa foto yang dapat merekam pengalaman rafting Anda di dalam sebuah foto.

26. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar

Lokasi: Tulungrejo, Bumiaji, Sumber Brantas, Kota Batu, Jawa Timur. – Image Credit by Amazingmalang.id

Pemandian Air Panas ini sangat digemari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. Pasalnya, udara yang dingin membuat mereka ingin menghangatkan diri di tempat pemandian air panas seperti ini. Terletak di daerah Cangar, wisata ini begitu populer dikalangan wisatawan.

Hal tersebut dikarenakan pemandangan hijau yang terpampang disekitarnya yang membuat mereka sangat rilex. Cukup dengan Rp 5.500, Anda dapat mengusir hawa dingin beserta pegal-pegal karena perjalanan yang cukup jaug ke tempat ini.

27. Toko Oen

Toko Oen

Lokasi: Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 5, Kauman, Kec. Klojen, Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Reresepan.com

Berikutnya adalah Toko Oen yang sangat terkenal akan kelezatan ice cream nya. Toko ini merupakan toko kuno yang sangat legendaris. Beridiri sejak tahun 1930, toko ini tetap berdiri kokoh dan ramai.

Anda dapat menjadikannya destinasi terakhir setelah puas menjelajah Kota Malang. Cukup Rp 20.000, Anda sudah bisa menikmati ice cream legendaris ala Toko Oen yang sangat lezat.