16 Tempat Wisata Favorit di Mojokerto

Tempat Wisata di Mojokerto

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Favorit di Mojokerto Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi Wisatawan.

Mojokerto terkenal akan situs purbakalanya yang penuh dengan nilai sejarah. Tak heran jika Mojokerto juga dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang sayang kalau dilewatkan. Bagi warga sekitar seperti Pasuruan, Malang, Surabaya tentu tak akan asing dengan tempat-tempat wisata yang ada di Mojokerto. Beberapa diantaranya memang sudah melegenda.

Seperti misalnya Situs Trowulan, ada juga Maha Vihara Mojopahit yang jadi sorotan di berbagai wilayah. Juga dengan Gunung Penanggungan yang cocok untuk mereka yang suka mendaki gunung dengan suasana tenang. Belum lagi bagi Anda yang ingin menikmati wisata sejarah, kunjungi museum Sanggar Gubug Wayang. Selengkapnya, Anda bisa menyimak referensi tempat wisata di Mojokerto berikut ini.

1. Fresh Green Trawas

Lokasi: Duyung,Fresh Green Trawas Buntal, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. - Image Credit by Travpackerindonesia.com

Lokasi: Duyung, Buntal, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Travpackerindonesia.com

Tempat wisata yang pertama adalah Fresh Green Trawas. Tempat wisata ini juga disebut dengan nama lain Wisata Mendem Duren. Agar bisa sampai di lokasi, Anda membutuhkan waktu sektar 3 jam dari pusat kota Mojokerto. Konsep wisata ini adalah agrowisata yang bahkan menjadi agenda menarik untuk dilakukan.

Bertempat di Dusun Bantal, Desa Duyung yang diresmikan sejak tahun 2012. Ada berbagai olahan buah durian di kawasan ini yang mana Anda bisa melakukan berbagai kegiatan asik lainnya.

2. PPLH Seloliman Trawas

PPLH Seloliman Trawas

Lokasi: Seloliman, RT.05/RW.03, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Nanikprasasti.com

Mojokerto memiliki PPLH atau yang merupakan kepanjangan dari Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup. Tempat wisata ini termasuk tempat wisata edukasi yang buka tiap jam 08.00 dan dijadikan sebagai lokasi penelitian tentang lingkungan hidup. Utamanya yang berhubungan dengan pengolahan sampah dan kegiatan lainnya.

PPLH berada di Desa Seloliman, Trawas Mojokerto. Nantinya di tempat ini Anda bisa menemukan fasilitas seperti outbound, restoran, penginapan hingga beberapa fasilitas pendukung lain.

3. Coban Canggu

Coban Canggu

Lokasi: Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Topwisata.info

Tempat wisata berupa coban ini memiliki aliran air yang begitu jernih dan tentu saja menjadi daya tarik utama. Apalagi bagi mereka yang ingin melepas penat dan menyegarkan pikiran, Coba Canggu adalah wisata tepat. ada ornamen dinding tebing yang unik. Anda bisa menikmati hawa sejuk pegunungan dan lingkungan asri yang bisa memberi efek menenangkan.

Lokasi Coban Canggu ini berada di Desa Padusan, Kecamatan pacet. Harga tiket masuk yang diberlakukan juga cukup terjangkau. Anda bisa menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan.

4. Air Terjun Surodadu

Air Terjun Surodadu

Lokasi: mligi, claket, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Kalla-pct.blogspot.com

Nama air terjun indah ini adalah Surodadu. Tingginya mencapai sekitar 15 meter dan terbilang baru serta menjadi pelengkap perjalanan wisata Anda di Mojokerto. Sebelum mencapai lokasi, Anda akan menemukan pemandangan alam yang begitu menyejukkan. Bahkan lokasi ini cocok untuk hunting foto.

Lokasi wisata air terjun berada di Dusun Mligi, Desa Claket. Setibanya di lokasi, Anda bisa melihat gemericik air yang lembut dan berada di antara batuan tersusun alami.

5. Pacet Mini Park Mojokerto

Pacet Mini Park Mojokerto

Lokasi: Jl. Raya Mojosari Pacet Km. 55, Warugunung,Patinam, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Topwisata.info

Menjadi sebuah taman rekreasi keluarga ini memberi sensasi liburan yang cukup seru. Anda juga bisa melihat pemandangan alam yang terasa asri dan sejuk. Tidak hanya berenang, Anda bisa melihat banyak wahana permainan seperti ATV, bumper boat hingga flying fox. Harga tiket yang dikenakan juga terjangkau.

Pacet Mini Park ini berada di Jalan Raya Mojosari Pacet Km 55. Banyak wisatawan yang datang berkunjung bahkan berasal dari luar kota.

6. Api Abadi Mojokerto

Api Abadi Mojokerto

Lokasi: Tempuran, Bekucuk, Kec. Soko, Kab. Mojokerto, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatamu.com

Ada satu lagi tempat wisata unik yang bisa Anda temukan di Mojokerto. Namanya adalah Api Abadi. Objek ini menarik dikunjungi karena memang berupa nyala api yang tidak pernah padam. Sumber api ini ditemukan di tahun 1993 yang konon dulu sudah menyala sejak di zaman Kerajaan Majapahit.

Untuk sampai di tempat ini, aksesnya cukup mudah karena jaraknya sekitar 3 km saja dari kota Mojokerto. Tepatnya berada di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran.

7. Patung Budha Tidur

Patung Budha Tidur

Lokasi: Jl. Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Dolenku.blogspot.com

Kalau selama ini Anda hanya mengetahui patung Budha tidur di Thailand atau Myanmar, maka tidak perlu jauh-jauh untuk berkunjung ke luar negeri. Anda bisa menemukan Patung Budha Tidur di Mojokerto. Ukurannya mencapai 22 meter untuk panjang dan 6 meter serta 4,5 meter untuk lebar dan tinggi. Patung dengan pose santai ini disebut sebagai terbesar ketiga di dunia.

Nantinya di lokasi wisata, Anda juga bisa melihat bangunan vihara dengan bentuk dan aroma yang begitu khas. Lokasinya berada di Jalan Raya Trowulan , Bejijong.

8. Joglo Park

Joglo Park

Lokasi: Jl. Pacet No.KM.3, Randegan, Warugunung, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Blog.benecka.com

Joglo Park memberi pemandangan alam yang asri dan pengalaman wisata yang begitu mengesankan. Sebab, Anda bisa menemukan paduan antara suasana alam yang sejuk dengan berbagai wahan permainan seru. Seolah menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin paket lengkap berlibur.

Di Joglo Park ini wisatawan bisa berenang atau sekadar duduk santai untuk menikmati keindahan alam. Bagi yang ingin seru-seruan saja, Anda bisa memanfaatkan wahana yang sudah disediakan. Lokasinya ada di Jalan Pacet Km 3, Warugunung.

9. Puncak Jengger

Puncak Jengger

Lokasi: Kec. Jatirejo, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Pecandualamnesia.blogspot.com

Salah satu lokasi yang cukup hits dan ada di Mojokerto saat ini adalah Puncak Jengger. Ada pemandangan yang alami dan instagrammable yang bisa Anda temukan. Juga dengan hamparan perbukitan yang hijau membuat siapa saja seolah betah berada di Puncak Jengger.

Lokasi wisata ini berada di Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatirejo. Puncak Jengger memiliki banyak spot foto yang cantik yang menanti Anda untuk mengabadikan momen liburan di sana.

10. Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo

Lokasi: Pecet, Kec. Pacet, Kab Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Travelingyuk.com

Tempat wisata di Mojokerto berikutnya adalah Air Terjun Watu Ondo yang merupakan air terjun kembar dengan aliran air cukup deras. Aliran air di kedua coban ini bertingkat dan memiliki karakter yang berbeda. Untuk yang pertama ketinggiannya mencapai sekitar 75 meter dan kedua memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Lokasinya berada di Desa Pacet, Kecamatan Pacet. Hanya saja untuk sampai di lokasi, Anda harus melewati jalan yang cukup ekstrem sehingga harus lebih berhati-hati.

11. Duyung Trawas Hill

Duyung Trawas Hill

Lokasi: Jl. Raya Duyung Trawas Hill, Buntal, Duyung, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Dakatour.com

Konsep wisata keluarga berikutnya adalah Duyung Trawas Hill. Tempat wisata ini menawarkan sensasi liburan yang seru dan menyenangkan. Objek wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Misalnya saja seperti area outbound, kolam renang, wahana permainan anak hingga mini zoo.

Lokasinya berada di Desa Duyung, Kecamatan Trawas. Ada panorama indah dan hawa yang sejuk yang bisa Anda dapatkan. Tak heran jika tempat ini memang cukup hits di berbagai media.

12. Petirtaan Jolotundo

Petirtaan Jolotundo

Lokasi: Biting, Seloliman, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Goodnewsfromindonesia.id

Jika Anda mendengar nama yang unik dari tempat wisata ini, memang pemandangan di sana juga berbeda. Ada kolam pemandian eksotis yang berada di kompleks Candi Jolotundo. Kolamnya diyakini sebagai tempat pemandian keluarga Kerajaan Majapahit yang sudah dibangun sejak tahun 997 masehi.

Petirtaan Jolotundo ini ada di Desa Seloliman, Trawas. Ada bebatuan candi yang berada di sekeliling mata air. Menurut keyakinan warga setempat, air ini memiliki khasiat tertentu.

13. Balai Pelestarian Purbakala

Balai Pelestarian Purbakala

Lokasi: Jl. Majapahit No. 141-143, Tegalor, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Wartaindo.news

Menawarkan wisata sejarah yang menarik, Balai Pelestarian Purbakala ini memiliki koleksi benda bersejarah yang ada di zaman purbakala. Wisata yang cocok untuk edukasi bagi siapa saja yang suka sejarah. Menurut ahli, bangunan ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang ada di abad 13.

Lokasinya berada di Jalan Mojopahit 141-143, Trowulan Kabupaten Mojokerto. Anda bisa menemukan situs peninggalan sejarah zaman purbakala yang berupa komplek bangunan kuno dengan batuan merah.

14. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan

Lokasi: Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Candi.web.id

Bagi mereka yang suka mendaki, Gunung Penanggungan sayang untuk dilewatkan. Sebab, ada pesona alam yang menakjubkan ketika sampai di puncak gunung ini. Ada beberapa situs bersejarah yang juga menjadi peninggalan dari zaman purbakala.

Lokasi Gunung Penanggungan berada di Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Gunung ini memang sudah tidak aktif dan memiliki ketinggian sekitar 1653 mdpl.

15. Air Terjun Grenjengan

Air Terjun Grenjengan

Lokasi: Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Tempatwisatadipulaujawa.blogspot.com

Namanya adalah air terjun grenjengan. Tempat wisata ini memiliki air yang jernih dan begitu segar. Anda bisa memanjakan tubuh dan pikiran untuk terasa lebih fresh. Banyak orang yang betah untuk menghabiskan hari libur di sini.

Lokasinya ada di kawasan hutan pinus. Anda bisa mendapatkan sensasi liburan yang luar biasa terutama untuk para petualang, tempat ini terasa cocok.

16. Wisata Pemandian Air Panas Padusan

Wisata Pemandian Air Panas Padusan

Lokasi: Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. – Image Credit by Wartapalaindonesia.com

Berendam air panas saat berlibur tentu menjadi aktivitas yang begitu menyenangkan. Anda bisa membuat tubuh lebih rileks dan menghilangkan penat. Bahkan dari warga setempat meyakini bawa wisata ini bisa mengobati berbagai macam penyakit kulit.

Lokasinya ada di Desa Padusan. Sumber air panas yang ada di pemandian ini berasal dari mata air alami Gunung Welirang. Bahkan pengunjung tidak hanya dari datang dari Mojokerto tetapi dari berbagai kota dan wilayah lainnya.