35 Tempat Wisata di Mojokerto Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata di Mojokerto

Inilah Daftar Tempat Wisata Favorit di Mojokerto, Jawa Timur. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Mojokerto terkenal akan situs purbakalanya yang penuh dengan nilai sejarah. Tak heran jika Mojokerto juga dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang sayang kalau dilewatkan. Bagi warga sekitar seperti Pasuruan, Malang, Surabaya tentu tak akan asing dengan tempat-tempat wisata yang ada di Mojokerto. Beberapa diantaranya memang sudah melegenda.

Seperti misalnya Situs Trowulan, ada juga Maha Vihara Mojopahit yang jadi sorotan di berbagai wilayah. Juga dengan Gunung Penanggungan yang cocok untuk mereka yang suka mendaki gunung dengan suasana tenang. Belum lagi bagi Anda yang ingin menikmati wisata sejarah, kunjungi museum Sanggar Gubug Wayang. Selengkapnya, Anda bisa menyimak referensi tempat wisata di Mojokerto berikut ini.

1. Fresh Green Trawas

Lokasi: Duyung,Fresh Green Trawas Buntal, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. - Image Credit by Travpackerindonesia.com

Image Credit: Travpackerindonesia.com

Tempat wisata yang pertama adalah Fresh Green Trawas. Tempat wisata ini juga disebut dengan nama lain Wisata Mendem Duren. Agar bisa sampai di lokasi, Anda membutuhkan waktu sektar 3 jam dari pusat kota Mojokerto. Konsep wisata ini adalah agrowisata yang bahkan menjadi agenda menarik untuk dilakukan.

Bertempat di Dusun Bantal, Desa Duyung yang diresmikan sejak tahun 2012. Ada berbagai olahan buah durian di kawasan ini yang mana Anda bisa melakukan berbagai kegiatan asik lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Duyung, Buntal, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

2. Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu

Image Credit: Instagram.com @ikrommustofa

Ketika melihatnya sekilas, kemungkinan wisatawan tidak akan menyangka bahwa bangunan yang berada di depan matanya adalah salah satu situs bersejarah bernama Candi Bajang Ratu. Hal ini dikarenakan bentuknya yang tidak menyerupai candi pada umumnya. Dibandingkan dengan bentuk candi, situs bersejarah ini memiliki bentuk bangunan lebih mirip dengan gapura.

Pembangunannya sendiri memiliki tujuan sebagai tempat penghormatan Prabu Jayanegara. Penjelasan terkait tujuan pembangunannya sendiri dapat ditemukan pada bagian kaki gapura relief Sri Tanjung. Di tempat itu pula, Anda bisa melihat gapura dengan atap cukup besar yang terbuat dari batu bata merah. Gaya arsitekturnya yang unik berhasil menjadi daya tarik utamanya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Tikus No.9, Pelem, Temon, Kec. Trowulan, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

3. PPLH Seloliman Trawas

PPLH Seloliman Trawas

Image Credit: Nanikprasasti.com

Mojokerto memiliki PPLH atau yang merupakan kepanjangan dari Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup. Tempat wisata ini termasuk tempat wisata edukasi yang buka tiap jam 08.00 dan dijadikan sebagai lokasi penelitian tentang lingkungan hidup. Utamanya yang berhubungan dengan pengolahan sampah dan kegiatan lainnya.

PPLH berada di Desa Seloliman, Trawas Mojokerto. Nantinya di tempat ini Anda bisa menemukan fasilitas seperti outbound, restoran, penginapan hingga beberapa fasilitas pendukung lain.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Seloliman, RT.05/RW.03, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

4. Candi Tikus

Candi Tikus

Image Credit: Instagram.com @_tanto17

Candi Tikus termasuk destinasi wisata bersejarah yang hingga kini tetap populer dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Sebelum dialihfungsikan sebagai destinasi wisata, dulunya lokasi tersebut merupakan lokasi pemandian khusus bagi raja. Masyarakat sekitar juga mempercayai bahwa Candi Tikus merupakan tempat pemujaan agama Hindu.

Ketika berjalan jalan di sekitar kawasan wisatanya, Anda bisa menemukan sisa reruntuhan bangunan yang menyerupai puncak Mahameru. Daya tarik utama lain dari Candi Tikus bisa ditemukan di sebuah taman yang berada di kawasan wisatanya. Taman yang berhiaskan aneka tanaman hijau dan rumput segar tersebut seakan memberikan angin sejuk tersendiri.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Trowulan, Jatirejo, Temon, Kec. Trowulan, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

5. Coban Canggu

Coban Canggu

Image Credit: Topwisata.info

Tempat wisata berupa coban ini memiliki aliran air yang begitu jernih dan tentu saja menjadi daya tarik utama. Apalagi bagi mereka yang ingin melepas penat dan menyegarkan pikiran, Coba Canggu adalah wisata tepat. ada ornamen dinding tebing yang unik. Anda bisa menikmati hawa sejuk pegunungan dan lingkungan asri yang bisa memberi efek menenangkan.

Lokasi Coban Canggu ini berada di Desa Padusan, Kecamatan pacet. Harga tiket masuk yang diberlakukan juga cukup terjangkau. Anda bisa menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

6. Candi Brahu

Candi Brahu

Image Credit: Instagram.com @galih_sipit

Candi Brahu tercatat sebagai candi tertua yang ada di Mojokerto. Candi yang memiliki tinggi sekitar 27 meter ini diperkirakan sudah dibangun pada masa pemerintahan Raja Empu Sendok. Selama mengunjungi situs bersejarah tersebut, Anda bisa menemukan jejak dari dua kerajaan besar yang ada di Jawa yaitu Kahuripan dan Majapahit.

Ketika menapakkan kaki di kawasan wisata, jangan heran jika menemukan sesajen menghiasi pintu candinya. Sesajen tersebut dengan sengaja diletakkan disana oleh masyarakat sekitar. Kehadiran beberapa sesajen yang menghiasi pintu candi, semakin memberikan kesan mistis dan menegangkan sejak memasuki kawasan wisatanya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Brahu No.73, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

7. Air Terjun Surodadu

Air Terjun Surodadu

Image Credit: Kalla-pct.blogspot.com

Nama air terjun indah ini adalah Surodadu. Tingginya mencapai sekitar 15 meter dan terbilang baru serta menjadi pelengkap perjalanan wisata Anda di Mojokerto. Sebelum mencapai lokasi, Anda akan menemukan pemandangan alam yang begitu menyejukkan. Bahkan lokasi ini cocok untuk hunting foto.

Lokasi wisata air terjun berada di Dusun Mligi, Desa Claket. Setibanya di lokasi, Anda bisa melihat gemericik air yang lembut dan berada di antara batuan tersusun alami.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mligi, Claket, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

8. Museum Trowulan

Museum Trowulan

Image Credit: Google Maps (I made Bayu Sastra Wiguna)

Museum Trowulan tampaknya wajib masuk ke dalam daftar wisata yang tidak boleh lupa dikunjungi ketika berlibur ke Mojokerto. Museum satu ini menyimpan berbagai prasasti bersejarah dari Kerajaan Majapahit. Setidaknya Anda bisa menyaksikan langsung koleksinya yang mencapai 80 ribu prasasti secara langsung di Museum Trowulan.

BACA JUGA:  12 Minuman & Makanan Khas Lamongan yang Wajib Anda Coba
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pendopo Agung, Ngelinguk, Trowulan, Kec. Trowulan, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

9. Pacet Mini Park Mojokerto

Pacet Mini Park Mojokerto

Image Credit: Topwisata.info

Menjadi sebuah taman rekreasi keluarga ini memberi sensasi liburan yang cukup seru. Anda juga bisa melihat pemandangan alam yang terasa asri dan sejuk. Tidak hanya berenang, Anda bisa melihat banyak wahana permainan seperti ATV, bumper boat hingga flying fox. Harga tiket yang dikenakan juga terjangkau.

Pacet Mini Park ini berada di Jalan Raya Mojosari Pacet Km 55. Banyak wisatawan yang datang berkunjung bahkan berasal dari luar kota.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Mojosari Pacet Km. 55, Warugunung,Patinam, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

10. Makam Troloyo

Makam Troloyo

Image Credit: Google Maps (Muhammad Janissary)

Puas menjelajahi destinasi wisata bersejarah, kini saatnya mengunjungi Makam Troloyo. Destinasi wisata religi dan budaya ini diceritakan sebagai tempat peristirahatan terakhir kakek Sunan Ampel yang bernama Syekh Sayyid Muhammad Jumadil. Beliau sendiri dikenal sebagai sosok yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam.

Masih di lokasi wisata yang sama, Anda bisa menemukan makam tokoh penting lainnya. Tempat peristirahatan tersebut merupakan makam Syekh Abdul Qodir Jailani Sini, Syekh Maulana Ibrahim, serta Syekh Maulana Skah. Selain dijadikan sebagai lokasi ziarah, tidak jarang pula lokasi wisata ini dijadikan sebagai tempat melangsungkan upacara budaya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kedaton, Sentonorejo, Kec. Trowulan, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

11. Api Abadi Mojokerto

Api Abadi Mojokerto

Image Credit: Wisatamu.com

Ada satu lagi tempat wisata unik yang bisa Anda temukan di Mojokerto. Namanya adalah Api Abadi. Objek ini menarik dikunjungi karena memang berupa nyala api yang tidak pernah padam. Sumber api ini ditemukan di tahun 1993 yang konon dulu sudah menyala sejak di zaman Kerajaan Majapahit.

Untuk sampai di tempat ini, aksesnya cukup mudah karena jaraknya sekitar 3 km saja dari kota Mojokerto. Tepatnya berada di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tempuran, Bekucuk, Kec. Soko, Kab. Mojokerto, Jawa Tengah.

12. Kolam Segaran

Kolam Segaran

Image Credit: Instagram.com @herry_hetris

Kolam Segaran merupakan bukti nyata dari kejayaan Kerajaan Majapahit di masa lalu. Kolamnya yang begitu luas, dibuat dari tumpukan batu bata yang hingga kini masih terjaga kekokohannya. Sebelum terkenal seperti sekarang, ternyata kolam ini sempat tertutupi oleh tanah. Namun saat ini Kolam Segaran sudah muncul kembali di permukaan dengan pesona yang tiada duanya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Unggaran, Trowulan, Kec. Trowulan, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

13. Patung Budha Tidur

Patung Budha Tidur

Image Credit: Dolenku.blogspot.com

Kalau selama ini Anda hanya mengetahui patung Budha tidur di Thailand atau Myanmar, maka tidak perlu jauh-jauh untuk berkunjung ke luar negeri. Anda bisa menemukan Patung Budha Tidur di Mojokerto. Ukurannya mencapai 22 meter untuk panjang dan 6 meter serta 4,5 meter untuk lebar dan tinggi. Patung dengan pose santai ini disebut sebagai terbesar ketiga di dunia.

Nantinya di lokasi wisata, Anda juga bisa melihat bangunan vihara dengan bentuk dan aroma yang begitu khas. Lokasinya berada di Jalan Raya Trowulan , Bejijong.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

14. Situs Reco Lanang

Situs Reco Lanang

Image Credit: Google Maps (Prasetyo Hadi)

Situs Reco Lanang diperkirakan sebagai arca Dwarapala kepercayaan agama Hindu. Ketika berada disana, Anda bisa melihat sebuah patung yang tampak berdiri kokoh dan dikelilingi oleh pagar pembatas. Selain mempelajari sejarahnya, pengunjung diperbolehkan mengabadikan momen berlibur kesana sebagai kenang kenangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Reco Lanang, Kec. Trawas, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

15. Joglo Park

Joglo Park

Image Credit: Blog.benecka.com

Joglo Park memberi pemandangan alam yang asri dan pengalaman wisata yang begitu mengesankan. Sebab, Anda bisa menemukan paduan antara suasana alam yang sejuk dengan berbagai wahan permainan seru. Seolah menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin paket lengkap berlibur.

Di Joglo Park ini wisatawan bisa berenang atau sekadar duduk santai untuk menikmati keindahan alam. Bagi yang ingin seru-seruan saja, Anda bisa memanfaatkan wahana yang sudah disediakan. Lokasinya ada di Jalan Pacet Km 3, Warugunung.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pacet No.KM.3, Randegan, Warugunung, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

16. OBECH Rafting Pacet

OBECH Rafting Pacet

Image Credit: Google Maps (cony permadi)

Mojokerto tidak hanya dikenal dengan destinasi wisata sejarahnya semata, sebab disini juga terkenal dengan wisata arung jeramnya yang berhasil menarik perhatian. Sesampainya di lokasi wisata, pesona keindahan yang disuguhkan oleh pepohonan rindang nan asri tampak menyejukkan mata. Di sela sela suara alam, terdengar suara gemericik air sungainya yang menyegarkan.

Puas bermain basah basahan hingga puas, masih banyak cara menikmati acara berlibur kesana. Sebab pihak pengelola telah menyediakan berbagai permainan seru mulai dari mancakrida, paintball, hingga area khusus berkemah sudah tersedia. Tidak perlu takut isi dompet terkuras seketika, karena pihak pengelola menyediakan paket berlibur hemat sebagai penawaran menarik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cangar – Pacet No.1, Sumberam, Sajen, Kec. Pacet, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

17. Puncak Jengger

Puncak Jengger

Image Credit: Pecandualamnesia.blogspot.com

Salah satu lokasi yang cukup hits dan ada di Mojokerto saat ini adalah Puncak Jengger. Ada pemandangan yang alami dan instagrammable yang bisa Anda temukan. Juga dengan hamparan perbukitan yang hijau membuat siapa saja seolah betah berada di Puncak Jengger.

BACA JUGA:  15 Minuman & Makanan Khas Mojokerto yang Wajib Anda Coba

Lokasi wisata ini berada di Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatirejo. Puncak Jengger memiliki banyak spot foto yang cantik yang menanti Anda untuk mengabadikan momen liburan di sana.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Puncak Jengger, Kec. Jatirejo, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

18. Kampung Majapahit

Kampung Majapahit

Image Credit: Instagram.com @faustinaratri

Kampung Majapahit masuk dalam daftar kunjungan yang tidak boleh dilupakan. Tidak hanya kental dengan nilai sejarah dan budayanya semata, namun wisatawan seakan dibawa ke masa lalu dimana Kerajaan Majapahit masih berjaya. Beruntungnya akses menuju lokasi wisata tidak terlalu sulit, sehingga Anda bisa berkunjung menggunakan kendaraan pribadi.

Sejak memasuki kawasan wisata, terlihat reruntuhan bangunan hingga tembok kuno yang sudah berusia puluhan tahun lalu. Sisa reruntuhan tersebut kemudian dibangun kembali oleh pemerintah setempat, dan kini terdaftar sebagai salah satu cagar alam yang wajib dijaga. Masih di tempat yang sama, Anda bisa menyaksikan pengrajin batik dengan lihai menggambar di atas kain.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Maha Vihara Majapahit, Bejijong, Kec. Trowulan, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

19. Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo

Image Credit: Travelingyuk.com

Tempat wisata di Mojokerto berikutnya adalah Air Terjun Watu Ondo yang merupakan air terjun kembar dengan aliran air cukup deras. Aliran air di kedua coban ini bertingkat dan memiliki karakter yang berbeda. Untuk yang pertama ketinggiannya mencapai sekitar 75 meter dan kedua memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Lokasinya berada di Desa Pacet, Kecamatan Pacet. Hanya saja untuk sampai di lokasi, Anda harus melewati jalan yang cukup ekstrem sehingga harus lebih berhati-hati.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pecet, Kec. Pacet, Kab Mojokerto, Jawa Timur.

20. Candi Kedaton (Sumur Upas)

Candi Kedaton (Sumur Upas)

Image Credit: Google Maps (Gustav Subagio)

Berlokasi tidak jauh dari Pendopo Majapahit, wisatawan dapat melihat destinasi wisata sejarah lain yang wajib untuk disinggahi. Destinasi wisata tersebut bernama Candi Kedaton, yang dikenal cerita mistisnya dan hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Menurut cerita tersebut, dulunya lokasi tersebut digunakan sebagai tempat latihan khusus bagi ksatria kerajaan.

Selain dijadikan sebagai lokasi berlatih giat, ternyata situs bersejarah ini juga terkenal akan sumur beracunnya. Kandungan racun berbahaya tersebut dipercaya dapat merusak sistem saraf. Karena tidak digunakan demi kebutuhan manusia, dulunya air sumurnya kerap digunakan sebagai air untuk merendam pusaka berharga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pendopo Agung, Sidodadi, Trowulan, Kec. Trowulan, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

21. Duyung Trawas Hill

Duyung Trawas Hill

Image Credit: Dakatour.com

Konsep wisata keluarga berikutnya adalah Duyung Trawas Hill. Tempat wisata ini menawarkan sensasi liburan yang seru dan menyenangkan. Objek wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Misalnya saja seperti area outbound, kolam renang, wahana permainan anak hingga mini zoo.

Lokasinya berada di Desa Duyung, Kecamatan Trawas. Ada panorama indah dan hawa yang sejuk yang bisa Anda dapatkan. Tak heran jika tempat ini memang cukup hits di berbagai media.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Duyung Trawas Hill, Buntal, Duyung, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

22. Candi Kesiman

Candi Kesiman

Image Credit: Instagram.com @nikofatkuria

Candi Kesiman termasuk wisata sejarah yang cukup menarik dikunjungi. Bukan sembarang candi, pasalnya situs bersejarah ini dikenal dengan legenda air suci (amerta) yang dipercaya dapat memberikan kehidupan abadi. Selain dikenal dengan cerita legendanya, siapa sangka dulunya lokasi tersebut dijadikan sebagai tempat bersemedi atau lokasi melakukan ritual khusus.

Lokasinya sendiri masuk di kawasan Pegunungan Pacet. Alhasil wisatawan bisa menikmati udara sejuk nan segar menerpa permukaan kulit sejak memasuki kawasan wisatanya. Pesona keindahan yang dicurahkan dari lereng berbukit, berhasil memanjakan indra penglihatan. Sudah pernahkah Anda mengunjungi Candi Kesiman ?

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi, Trece, Kesimantengah, Kec. Pacet, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

23. Petirtaan Jolotundo

Petirtaan Jolotundo

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Jika Anda mendengar nama yang unik dari tempat wisata ini, memang pemandangan di sana juga berbeda. Ada kolam pemandian eksotis yang berada di kompleks Candi Jolotundo. Kolamnya diyakini sebagai tempat pemandian keluarga Kerajaan Majapahit yang sudah dibangun sejak tahun 997 masehi.

Petirtaan Jolotundo ini ada di Desa Seloliman, Trawas. Ada bebatuan candi yang berada di sekeliling mata air. Menurut keyakinan warga setempat, air ini memiliki khasiat tertentu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Biting, Seloliman, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

24. Candi Jolotundo

Candi Jolotundo

Image Credit: Instagram.com @novy_vero

Selama mengunjungi Candi Jolotundo, wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan arsitektur khas zaman kerajaan dahulu. Namun wisatawan juga tertarik merasakan kesegaran air yang melegenda. Berdasarkan cerita legenda tersebut, air yang berada di situs bersejarah ini dulunya kerap digunakan sebagai tempat pemandian para raja dan ratu.

Uniknya kompleks candi yang menjadi satu dengan pemandian ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang berhasil memberikan kesan nyaman. Bahkan air di dalam pemandian tersebut tidak pernah terlihat kering meski memasuki musim kemarau. Puas bermain air, pengunjung juga bisa menikmati suasana tenang di sekitar wisata dengan cara duduk di gazebo atau pendopo.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Candi Jolotundo, Kec. Trawas, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

25. Balai Pelestarian Purbakala

Balai Pelestarian Purbakala

Image Credit: Wartaindo.news

Menawarkan wisata sejarah yang menarik, Balai Pelestarian Purbakala ini memiliki koleksi benda bersejarah yang ada di zaman purbakala. Wisata yang cocok untuk edukasi bagi siapa saja yang suka sejarah. Menurut ahli, bangunan ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang ada di abad 13.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Gresik Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasinya berada di Jalan Mojopahit 141-143, Trowulan Kabupaten Mojokerto. Anda bisa menemukan situs peninggalan sejarah zaman purbakala yang berupa komplek bangunan kuno dengan batuan merah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Majapahit No. 141-143, Tegalor, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

26. Candi Jedong

Candi Jedong

Image Credit: Instagram.com @ivhanmaulana

Candi Jedong mungkin tidak terlalu populer seperti destinasi wisata sejarah lain yang ada di Mojokerto, namun bukan berarti kawasan wisatanya tidak menarik dikunjungi. Situs peninggalan satu ini terdiri dari dua gapura tua dengan lokasi terpisah. Menurut catatan sejarah, situs bersejarah ini diperkirakan telah dibangun ribuan tahun lalu.

Tidak hanya mempelajari sejarah hingga arsitektur bangunanya semata, disni pengunjung juga dimanjakan dengan suasana asri nan menenangkan. Dengan duduk santai di sekitar wisatanya, dijamin rasa lelah selama di perjalanan akan luntur seketika. Uniknya pengunjung dapat masuk ke kawasan wisatanya tanpa dipungut biaya sedikitpun alias gratis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wotanmas Jedong, Jenong Kulon, Lolawang, Kec. Ngoro, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

27. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan

Image Credit: Candi.web.id

Bagi mereka yang suka mendaki, Gunung Penanggungan sayang untuk dilewatkan. Sebab, ada pesona alam yang menakjubkan ketika sampai di puncak gunung ini. Ada beberapa situs bersejarah yang juga menjadi peninggalan dari zaman purbakala.

Lokasi Gunung Penanggungan berada di Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Gunung ini memang sudah tidak aktif dan memiliki ketinggian sekitar 1653 mdpl.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Penanggungan, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

28. Candi Bangkal

Candi Bangkal

Image Credit: Instagram.com @didiartca

Tidak jauh dari Candi Jedong, jangan lupa mampir sejenak di Candi Bangkal terlebih dahulu. Situs peninggalan sejarah yang hingga kini berdiri dengan kokohnya berhasil menarik perhatian. Candi Bangkal sendiri tampak dikelilingi dengan persawahan serta taman cantik yang menambah daya tarik tersendiri ketika melihatnya.

Layaknya candi pada umumnya, Candi Bangkal juga dilengkapi dengan sejumlah ukiran yang menceritakan kisah masa lampau. Selain difungsikan sebagai destinasi wisata, ternyata Candi Bangkal juga kerap dimanfaatkan sebagai lokasi menjalankan ritual tertentu. Bahkan masyarakat sekitar masih melestarikan tradisi untuk mengadakan sedekah bumi di sekitar lokasi Candi Bangkal.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bangkal, Candiharjo, Kec. Ngoro, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

29. Air Terjun Grenjengan

Air Terjun Grenjengan

Image Credit: Tempatwisatadipulaujawa.blogspot.com

Namanya adalah air terjun grenjengan. Tempat wisata ini memiliki air yang jernih dan begitu segar. Anda bisa memanjakan tubuh dan pikiran untuk terasa lebih fresh. Banyak orang yang betah untuk menghabiskan hari libur di sini.

Lokasinya ada di kawasan hutan pinus. Anda bisa mendapatkan sensasi liburan yang luar biasa terutama untuk para petualang, tempat ini terasa cocok.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

30. Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang

Image Credit: Google Maps (Robby Aryanto)

Candi Wringin Lawang atau dikenal akrab dengan Gapura Jatipasar ini tidak kalah menarik dikunjungi. Uniknya Anda tidak akan menemukan ukiran apapun di sekeliling bangunannya. Sebab situs peninggalan satu ini dulunya dibangun dengan tujuan sebagai gerbang masuk menuju Keraton Majapahit. Sehingga tidak perlu heran jika tidak menemukan satupun pahatan pada dindingnya.

Namun sebagian masyarakat mempercayai bahwa Candi Wringin Lawang merupakan pintu masuk menuju kediaman Patih Gajah Mada. Pernyataan tersebut diperkuat dengan kehadiran arca Ganesha cukup besar yang berada tepat di jalan masuk menuju kawasan candinya. Jika tertarik melihatnya lebih dekat, silahkan datang berkunjung ke Mojokerto dalam waktu dekat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jatipasar, Kec. Trowulan, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

31. Wisata Pemandian Air Panas Padusan

Wisata Pemandian Air Panas Padusan

Image Credit: Wartapalaindonesia.com

Berendam air panas saat berlibur tentu menjadi aktivitas yang begitu menyenangkan. Anda bisa membuat tubuh lebih rileks dan menghilangkan penat. Bahkan dari warga setempat meyakini bawa wisata ini bisa mengobati berbagai macam penyakit kulit.

Lokasinya ada di Desa Padusan. Sumber air panas yang ada di pemandian ini berasal dari mata air alami Gunung Welirang. Bahkan pengunjung tidak hanya dari datang dari Mojokerto tetapi dari berbagai kota dan wilayah lainnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

32. Museum Sanggar Gubug Wayang

Museum Sanggar Gubug Wayang

Image Credit: Google Maps (Wahyu Rizky)

Hanya dengan mendengar namanya, Anda bisa menebak bahwa Museum Sanggar Gubug Wayang merupakan rumah penyimpanan ribuan koleksi wayang dari dalam negeri. Bahkan di tempat ini pula, Anda bisa melihat berbagai karakter wayang yang diambil dari beberapa tokoh penting di dunia. Dijamin pengunjung tidak akan pernah bosan mengunjunginya.

Di tempat ini pula wisatawan dibuat takjub dengan koleksi aneka jenis wayang tampak terawat dengan baik. Mulai dari wayang golek, wayang potehi, dan berbagai jenis wayang lainnya bisa ditemukan disini. Selain wayang, Anda menemukan sejumlah koleksi benda antik mulai dari kuda lumping hingga gamelan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. R.A Kartini, Mergelo, Kauman, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

33. Air terjun Dlundung

Air terjun Dlundung

Image Credit: Google Maps (fajar hengki wijaya)

Jika rindu dengan suasana alam menenangkan dilengkapi dengan deburan air yang turun dari atas ketinggian, maka berkunjung ke Air terjun Dlundung adalah pilihan tepat. Sejak memasuki kawasan wisata, pengunjung dibuat takjub dengan rindangnya pepohonan serta hutan lebat yang menghiasi lereng gunung Welirang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wisata Dlundung, Ketapanrame, Kec. Trawas, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

34. Bumi Perkemahan Dlundung

Bumi Perkemahan Dlundung

Image Credit: Google Maps (mas lewong)

Bumi Perkemahan Dlundung adalah destinasi wisata yang sangat cocok bagi para pecinta alam dan petualangan outdoor. Sesuai dengan namanya, disini wisatawan diberikan kesempatan membangun tenda penginapan untuk menikmati suasana di sekitar kawasan wisatanya. Udara sejuk berkat adanya pepohonan rindang berhasil membuat wisatawan betah berada disana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kemiloko, Trawas, Kec. Trawas, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

35. Air Terjun Watu Lumpang

Air Terjun Watu Lumpang

Image Credit: Instagram.com @happyswandika

Jika Anda merindukan suasana sejuk dan menenangkan, tentu saja berkunjung ke Air Terjun Watu Lumpang adalah pilihan tepat. Air yang turun dari ketinggian 10 hingga 15 meter ini, berhasil membuat siapapun jatuh hati sejak pertama kali melihatnya. Selain menikmati setiap momen berlibur disana, jangan lupa mengambil foto kenang kenangan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Air Terjun Watu Lumpang, Kec. Pacet, Kota Mojokerto, Jawa Timur.