14 Tempat Wisata di Pangandaran

14 Tempat Wisata di Pangandaran

Para pekerja yang memiliki jam kerja/kantor dan dituntut selalu lembur memiliki kerentanan terhadap stress yang lebih besar. Hal ini yang juga harus diwaspadai oleh siapa saja. Sebab rasa stress yang muncul dan tak segera diatasi tentu memungkinkan produktivitas kita jadi menurun. Beberapa yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara mengatur waktu agar memiliki me time berkulitas. Liburan adalah salah satu jawabannya.

Jika berlibur dirasa bisa menghabiskan waktu dan budget, ada beberapa Tempat Wisata di Pangandaran menarik yang bisa diandalkan ketika membutuhkan waktu santai bersama keluarga atau kerabat.

1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Lokasi: Desa Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Hoteldanwisata.com

Seperti yang sering terdengar, Pantai Pangandaran seolah menjadi ikon wisata di Pangandaran. Tujuan yang menjadi primadona untuk siapa saja. Satu dari sekian banyak tempat wisata yang popular di Jawa Barat. Disini nanti wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam. Bisa juga berenang serta menikmati taman laut.

Ada beberapa dukungan infrastruktur dan fasilitas public yang lengkap seperti area tempat parker, bioskop dan lain sebagainya. Pantai Pangandaran ini berada di Kabupaten Pangandaran. Tepatnya berada di Desa Pananjung yang telah memiliki jalanan beraspal dan lokasi yang mudah diakses.

2. Cukang Taneuh

Cukang Taneuh

Lokasi: Jl. Raya Cijulang – Green Canyon, Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Dakatour.com

Cukang Taneuh merupakan tempat wisata yang mirip dengan Green Canyon di Amerika. Keindahan yang ditawarkan juga membuat siapa saja yang melihat akan takjub. Ada banyak wisatawan yang datang untuk memotret keindahannya dan hunting foto. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah Body Rafting.

Aktivitas ini memang terjangkau dengan harga Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000. Cukang Taneuh ini berada di Desa Kertajaya, Cijulang. Untuk sampai di lokasi harus menempuh perjalanan sekitar 130 km dari Ciamis atau 31 km dari Pangandaran.

3. Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik Luhur

Lokasi: Desa Kertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Mediapangandaran.com

Tempat wisata pantai memang selalu menyenangkan untuk dikunjungi. Pantai ini merupakan perpaduan antara alam pegunungan dengan panorama pantai yang indah. Dari sebuah bukit, wisatawan bisa menyaksikan indahnya samudera Indonesia dengan gelombang laut selatan yang menghempas karang. Ada perpaduan antara pemandangan alam pegunungan dengan pemandangan laut yang indah.

Nama ini juga diambil dari latar belakang pantai. Nama Keusik yang berarti pasir dan Luhur berarti tinggi. Lokasi Pantai Keusik Luhur ini berada di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak. Jaraknya sekitar 45 km dari Pangandaran.

4. Goa Sumur Mudal

Goa Sumur Mudal

Lokasi: Desa Pananjung, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Situsbudaya.id

Goa yang merupakan bagian dari cagar alam ini memiliki keunikan tersendiri. Ada stalaktit dan stalakmit yang bentuknya bermacam-macam. Misalnya saja seperti bentuk tenggorokan kita dimana ada stalaktit disana. Goa ini juga memiliki sebuah cekungan yang mirip dengan sumur. Dulunya sumur tersebut adalah mata air untuk warga setempat.

Goa Sumur berada di kawasan cagar alam Pangandaran. Tepatnya berada di desa Pananjung yang masuk Kabupaten Pangandaran. Tempat yang tak begitu sulit untuk dijangkau.

5. Pangandaran Waterpark

Pangandaran Waterpark

Lokasi: Putrapinggan, Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Cyberspaceandtime.com

Pangandaran Waterpark ini merupakan tempat wisata yang paling enak untuk dikunjungi. Terutama bersama dengan keluarga dan orang tersayang. Meski masih terbilang baru tetapi tempat ini memang menarik untuk dikunjungi. Fasilitas yang disajikan seperti luncuran, waterboom dan lain sebagainya.

Wisatawan bisa menikmati petualangan seru seperti highrope dan yang lainnya. Ada juga ATV yang bisa digunakan. Tempat wisata Pangandaran Waterpark berada di pinggiran Pantai Lembah Putri. Wisatawan harus menemupuh jarak sekitar 5 km dari pintu wisata Pangandaran yang ada di kecamatan Kalipucang.

6. Citumang Pangandaran

Citumang Pangandaran

Lokasi: Bojong, Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Pergidulu.com

Objek wisata ini memiliki daya tarik khusus seperti Sungai Citumang yang mengalir dan membelah hutan jati. Airnya begitu bening kebiruan. Tepian sungai juga memiliki ornament batu-batu padas yang mana relungnya juga dihiasi relief alam serta peredaran sungai yang menembus ke dalam goa.

Keheningan alam di tempat wisata ini membuat siapa saja merasa tenang. Ada suara gemericik air sungai, siapa saja bisa mandi dan menjelajah kondisi alam yang memukau disini. Citumang Pangandara berada di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis. Jalan menuju lokasi juga tidak lebih dari 15 km jika ditempuh dari Pangandaran ke arah barat.

7. Desa Selasari Pangandaran

Desa Selasari Pangandaran

Lokasi: Selasari, Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Mypangandaran.com

Desa wisata Selasari ini akan membawa siapa saja dalam keseruan dan keindahan yang memukau. Desa wisata yang diberi potensi luar biasa karena ada wisata tirta, wisata gua dan wisata masakan atau kuliner jika mengunjungi desa ini. Ada wisata tirta seperti body rafting dan river tubing.

Ada juga beberapa yang melakukan kegiatan berenang dan bermain air era rafting. Desa Selasari Pangandaran ini berada di kecamatan Parigi. Tepatnya dengan perjalanan dari Pantai Pangandaran ke arah barat yang memakan waktu 30 menit.

8. Wisata Cagar Alam Pananjung

Wisata Cagar Alam Pananjung

Lokasi: Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Indonesia.travel

Tak lengkap jika tak mengunjungi Objek Wisata di Pangandaran ini. Namanya adalah Taman Wisata Cagar Alam Pananjung atau TWA. Objek yang memiliki keadaan topografi sebagian besar landai serta beberapa tempat memiliki tonjolan bukit kapur yang juga terjal.

Tempat ini merupakan hutan sekunder yang berusia 50 hingga 60 tahun dengan jenis umum seperti laban, kisegel dan masih banyak lagi. TWA ini berada di Desa Pangandaran, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran. Tempat yang asri untuk berlibur menenangkan diri.

9. Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini

Lokasi: Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Pegipegi.com

Tak akan asing mendengar tempat wisata Pantai Karang Nini. Pantai ini tersembunyi dibalik bukit yang dikelilingi dengan hutan yang rimbun. Memang pantai ini juga sudah masuk ke dalam daerah hutan Negara yang dikelola oleh Perum Perhutani.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan yaitu memandang birunya samudera dari atas bukit, menikmati pemandangan dengan bersantai serta memotret spot foto yang indah. Pantai Karang Nini berlokasi di Desa Emplak Kecamatan Kalipucang. Jika dari kota Ciamis maka bisa ditempuh dengan jarak sekitar 80 km. Sementara dari Pangandaran sekitar 10 km atau 20 menit.

10. Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang

Lokasi: Sandingtaman, Panjalu, Kab. Ciamis, Jawa Barat. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Curug Tujuh ini memiliki tujuh air terjun yang tersebar dan tidak berjauhan letaknya. Curug 4 hingga 5 letaknya berdampingan dan hanya terpisah tidak lebih dari 2 meter jaraknya. Hal ini menjadikannya terlihat begitu indah. Setiap curug memiliki nama yaitu curug satu, dua, tiga, curug cibolang, curug cimantaja, curug cileutik dan curug cibuluh.

Dari 7 curug ini mengalirkan air ke sungai Cibolang dan juga Cimantaja. Curug Tujuh Cibolang berjarak sekitar tidak lebih dari 35 km arah utara kota Ciamis atau 5 km dari kecamatan Panjalu. Wisatawan bisa mencapainya dari arah barat Kecamatan Panjalu atau kota Bandung.

11. Pantai Madasari

Pantai Madasari

Lokasi: Jl. Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Mypangandaran.com

Masih berupa wisata pantai, tempat ini memiliki fasilitas yang belum lengkap. Tetapi hal tersebut tentu tak jadi masalah karena keindahannya patut untuk disaksikan secara langsung. Ada ombak yang besar dan teluk yang indah yang melengkapi harmoni Pantai Madasari. Ada batu ditengah laut yang membuat siapa saja berdecak kagum.

Ada juga pulau-pulau kecil dan hijaunya daratan. Pantai Madasari berada di desa Masawah Kecamatan Cimerak. Jaraknya kurang lebih 20 km dari Green Canyon ke arah selatan.

12. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu

Lokasi: Ciliang, Karangbenda, Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Detik.com

Pantai Batu Hiu merupakan pantai yang memiliki tebing cukup terjal. Ada pemandangan lepas kea rah Samudra Hindia. Pantai ini juga memiliki panorama alam yang indah. Dimana dari atas bukit kecil ada pohon-pohon Pandang Wong. Dinamakan Pantai Batu Hiu karena da batu yang terlihat di laut dan menyerupai sirip hiu.

Pantai ini berjarak sekitar 14 km dari Pangandaran tepatnya ada di Desa Ciliang Kecamatan Parigi. Tidak lebih dari 14 km dari Pangandaran ke arah selatan. Pantai Batu Hiu menjadi tempat wisata recommend.

13.  Saung Muara Pangandaran

Saung Muara Pangandaran

Lokasi: Kondangjajar, Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Tempat wisata ini memang menajdi tujuan wisata favorit warga local yang bernama Saung Muara. Lokasinya bisa ditempuh melalui pintu masuk objek wisata Pangandaran dari Pamugaran masuk kearah kanan dan menyusuri jalan sekitar 1 km.

Disini nanti para wisatawan bisa menikmati matahari terbenam yang secara penuh dan mampu melakukan aktivitas memancing atau berkemah. Saung Muara Pangandaran ini berada di ujung dari jalan Pamugaran. Ada panorama alam yang masih begitu asri dan dikelilingi oleh tumbuhan mangrove serta pandan.

14. Santirah River Tubing

Santirah River Tubing

Lokasi: Selasari, Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. – Image Credit by Janggalaadventure.com

Bagi mereka yang menyukai wisata air bisa memilih Santirah River Tubing. Wisatawan bisa menikmati tempat wisata ini dengan berarung jeram tetapi menggunakan ban besar. Ada penyedia jasa yang mengenakan tarif dengan pemandu sebesar RP. 50.000 sampai Rp. 100.000.

Santirah River Tubing ini berada di Desa Selasari yang membuat siapa saja makin betak. Durasi untuk arung jeram tidak lebih dari 2 hingga 3 jam.

Nikmati berbagai keseruan yang ditawarkan oleh beberapa Destinasi Wisata di Pangandaran ini. Tak heran jika banyak wisatawan yang jatuh cinta karena tempatnya memang mempesona. Saatnya untuk mengembangkan dan menjaga bagaimana keasrian yang dimilikinya.