16 Tempat Wisata Terbaik di Pasuruan

Tempat Wisata di Pasuruan

Inilah List Tempat Wisata di Pasuruan, Destinasi Terbaru & Lagi Hits.

Salah satu daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur dan terkenal dengan wisata religinya adalah Pasuruan. Letaknya di jalur utama pantai utara yang menghubungkan Provinsi Jawa Timur dan Pulau Bali. Tentu menjadi daerah dengan prospek ekonomi yang besar. Namun kali ini berbicara mengenai tempat-tempat wisata yang dimilikinya dan tak kalah indah dengan wilayah lain di Indonesia. Potensi wisata ini memang tak kalah indah dari bali karena tentu ada wisata khas yang bisa Anda temukan.

Beberapa diantaranya adalah Taman Safari Indonesia II, Pantai Penunggul, Petik Kurma Pasuruan hingga Air Terjun Coban Baung. Wisata alam hingga wisata religi bisa Anda temui di berbagai titik di Pasuruan ini. Tak ketinggalan dengan wisata budaya dan kulinernya.

Sebelum berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di Pasuruan, Anda bisa melihat manakah destinasi yang patut dikunjungi pertama kali dan bagaimana medan atau akses jalannya. Berikut ini daftar rekomendasi tempat wisata di Pasuruan tercinta.

1. Pantai Karang Hitam

Pantai Karang Hitam

Lokasi: Pasuruam, Kebun, Wates, Kec. Lekok, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Pantaikaranghitam.blogspot.com

Tempat wisata yang pertama datang dari Pantai Karang Hitam. Penamaan pantai ini diambil dari keindahan pantainya yang memukau terutama ketika matahari mulai tenggelam. Karang-karang yang ada di pantai ini akan berwarna hitam. Pasirnya berwarna coklat bersih dan tergolong unik. Anda bisa menemukan perahu-perahu berlayar dengan warna yang bervariasi.

Sayangnya memang belum ada sentuhan maksimal terhadap pantai ini. Perlu beberapa fasilitas yang membuat pengunjung nyaman. Lokasinya berada di Pasuruan, Kebun Wates, Lekok.

2. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar

Lokasi: Jl. Raya Ledug, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Sinyoureh.blogspot.com

Pasuruan juga memiliki curug atau air terjun yang cukup indah. Namanya adalah Air Terjun Gumandar. Perbedaannya adalah air terjun ini tidak memiliki aliran sungai sebagai sumber untuk bisa mengaliri air yang dijatuhkan dai tebing air terjun. Tetapi air terjun berasal dari resapan air yang masuk ke tanah.

Lokasi air terjun berada di Jalan Raya Ledug, Prigen. Anda bisa menemukan beberapa fasilitas seperti area parkir, musholla, MCK dan juga tempat istirahat.

3. Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung

Lokasi: Purwodadi, Kec. Purwodadi, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Alamasedy.com

Tempat wisata coban baung ini masuk sebagai kawasan TWA atau taman wisata air yang ada di lereng gunung baung. Ketinggiannya sekitar 100 meter dan membuat air terjunnya mampu membentuk butiran air seperti embun yang terbang mencapai 10 meter.

Lokasi air terjun ini berada di area sawah atau kebun, Purwodadi, Pasuruan. Tiket masuk yang dikenakan hanya Rp. 8000 saja per orang.

4. Pemandian Alam Banyu Biru

Pemandian Alam Banyu Biru

Lokasi: Jl. Raya Banyubiru Rt/Rw 02/02, Banyubiru Kidul, Sumber Rejo, Kec. Winongan, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Putratravel.net

Pemandian Alam Banyu Biru merupakan tempat wisata yang cukup populer di Pasuruan.  Tempat wisata ini merupakan pemandian yang bersumber dari mata air alami yang bisa digunakan sebagai tempat agar bisa melepas lelah sambil berenang. Tidak hanya itu saja, dukungan kondisi sekitar juga masih asri.

Lokasi wisata ini  berada di Jalan Raya Banyubiru, Sumber Rejo, Winongan. Konon, di kolam pada tempat wisata ini dikeramatkan dan tidak boleh ada seorang pun yang menyentuhnya dan dinamakan ikan sengkaring yang panjangnya mencapai satu meter.

5. Reco Kembar

Reco Kembar

Lokasi: Krajan, Cowek, Kec. Purwodadi, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Kimangkasacowekpurwodadi.wordpress.com

Salah satu lokasi wisata baru yang ada di Pasuruan adalah Reco Kembar. Tempat wisata ini memberi suasana segar dari sumber alami dan ditemani dengan pemandangan alam yang ciamik. Ada dua buah batu yang ajaib dan menjulang tinggi. Konon, batu ini merupakan bekas bukit yang dulu ditambang dan menyisakan dua batu tersebut.

Lokasinya ada di Dusun Krajan, Purwodadi. Letaknya berada di antara hutan belantara yang dikelilingi bukit hijau dan membuat aktivitas berendam Anda makin segar.

6. Hutan Mangrove Nguling

Hutan Mangrove Nguling

Lokasi: Penunggul, Kec. Nguling, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Wisataasyik1.wordpress.com

Wisata hutan mangrove juga terdengar menjadi tempat wisata yang keren. Anda bisa berkunjung dan memberi edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya mencintai lingkungan agar terjaga kelestariannya. Dengan keindahan yang diberikan, hutan ini menarik banyak wisatawan.

Bahkan ada juga pengunjung yang datang dari Malaysia, Jepang, Thailand hingga Australia. Lokasinya ada di Sawah dan Tambak, Penunggul, Nguling.

7. Sawahe Pak Budi

Sawahe Pak Budi

Lokasi: Sekar Mojo, Kec. Purwosari, Kec. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Travelspromo.com

Ada fasilitas yang cukup lengkap di tempat wisata ini. Namanya adalah Sawahe Pak Budi. Termasuk sebagai eduwisata, Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk berlibur bersama. Nama tempat wisata tersebut tak lain karena pemiliknya juga bernama Pak Budi. Wisata ini menghadirkan lokasi wisata alam yang mengedukasi untuk semua orang.

Ada fasilitas seperti area peternakan organik, pertanian organik hingga kids house. Lokasi tempat wisata ini ada di Sekar Mojo, Purwosari Pasuruan.

8. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati

Lokasi: Sumberdawesari, Kec. Grati, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Budayajawa.id

Hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja untuk perjalanan menuju lokasi dari Kota Pasuruan. Tempat wisata ini berlatar pegunungan Tengger dan menikmati sunset di Danau Ranu Grati juga tentu menyenangkan. Ada bisa mencoba beberapa kegiatan asik seperti sepeda air, naik perahu atau bahkan memancing.

Danau Ranu Grati berada di Desa Sumberdewasari, Desa Ranuklindungan. Dulunya ada cerita yang cukup mistis disini. Tetapi seiring berjalannya waktu, danau tersebut menjadi tempat wisata yang indah.

9. Wisata Bhakti Alam

Wisata Bhakti Alam

Lokasi: Jl. Bhakti Alam, Kemang, Ngembal, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Ngetripyuk.id

Objek wisata berikutnya memiliki ketinggian sekitar 500 mdpl dan jaraknya sekitar 30 km dari pusat Kota Pasuruan. Di kawasan wisata ini ada sekitar 15 jenis buah-buahan yang bisa dibudidayakan. Seperti durian, kelengkeng,, mangga dan jenis buah lainnya. Anda juga bisa membelinya dengan harga yang cukup murah.

Lokasi wisata di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur. Beberapa fasilitas yang bisa digunakan seperti outbound, ATV, musholla dan fasilitas lain yang bikin nyaman.

10. The Taman Dayu

The Taman Dayu

Lokasi: Jl. Raya Surabaya – Malang No.16, Kali Tengah, Karang Jati, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Peridiri.com

Taman Dayu Pandaan merupakan objek wisata edukasi yang hits untuk dikunjungi. Ada banyak fasilitas hiburan yang berbeda dan bisa Anda nikmati. Meski memang didominasi dengan outbound activity, ada The Pines Camping Ground, Golf Clubhouse, Golf Course hingga Driving Range.

The Taman Dayu berada di Jalan Raya Surabaya-Malang 16, Karang Jati, Pandaan. Tempat wisata ini menjadi pilihan bagi warga Pasuruan ataupun dari luar Pasuruan.

11. Wisata Tretes Prigen

Wisata Tretes Prigen

Lokasi: Tretes, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Agoda.com

Hanya dengan waktu 1 jam saja Anda bisa mengunjungi wisata Tretes Prigen dari pusat Kota Pasuruan. Ada destinasi wisata alam yang sejuk dan begitu menenangkan. Keindahan alam yang tersaji disini memiliki view pegunungan dan menjadi tempat favorit untuk bisa mengisi waktu liburan.

Spot wisata menarik juga bisa Anda dapatkan seperti kawasan wisata air terjun, hutan, taman satwa dan masih banyak lainnya. lokasinya berada di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

12. Bukit Flora

Bukit Flora

Lokasi: Jl. Raya Tutur, Krajan Satu, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Baraoutdoor.com

Sesuai namanya, Bukit Flora ini akan memberi Anda sebuah suguhan suasana alam yang menyejukkan. Agar bisa menambah keseruan, Anda bisa mencoba fasilitas outbound dan flying fox yang dirasa cukup menantang.

Lokasi tempat wisata ini ada di Desa Tutur, Kecamatan Tutur. Ada banyak keindahan bunga cantik yang bisa membuat potret yang Anda miliki menjadi manis.

13. Taman Gor Untung Suropati

Taman Gor Untung Suropati

Lokasi: Jl. Sultan Agung, Kec. Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatasia.com

Bagi mereka yang ingin berburu spot keren baik itu selfie atau wefie, Anda bisa memilih Taman Gor Untung Suropati. Di taman ini Anda bisa menemukan bangunan ikonik yakni menara jam gadang. Banyak warga yang menghabiskan waktu santai dan sekadar duduk bersama di area go.

Terutama di malam hari, Anda bisa menemukan banyak orang yang menjual kuliner khas. Juga dengan paduan lampu taman, suasana terasa hangat. Lokasinya berada di Purutrejo, Kecamatan Purworejo.

14. Saygon Night Park

Saygon Night Park

Lokasi: Sengon, Pucangsari, Kec. Purwosari, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Albahfie.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin menjelajahi Pasuruan di malam hari, ada suasana seru di Saygon Night Park. Banyak wahana permainan yang bisa Anda coba. Mulai dari simulasi penerbangan pesawat, wahana seru bombom car dan lain sebagainya.

Lokasi tempat wisata ini berada di Sengon, Purwosari. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 45 menit dari pusat Kota Pasuruan.

15. Kedawung Agro Selfie

Kedawung Agro Selfie

Lokasi: Jl. Kedawung Kulon No.KM, RW.1, Kec. Grati, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Mncupdate.com

KAS atau Kedawung Agro Selfie ini merupakan pabrik gula yang dikembangkan menjadi destinasi wisata agro dan spot fotografi. Kas juga menjadi jujugan rekreasi kekinian karena banyak spot yang menarik. Anda bisa mengeksplorasi emplasement PG kedawung.

KAS berada di Jalan Raya Banyubiru KM 1, Kajar Kuning. Destinasi wisata agro dan spot foto ini cukup ramai dikunjungi. Bahkan biasanya ada rombongan dari TK yang datang berkunjung.

16. Taman Pekuncen

Taman Pekuncen

Lokasi: Jl. Dokter Wahidin Sudiro Husodo, Pekuncen, Kec. Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur. – Image Credit by Zsbilqis.blogspot.com

Mau datang ke tempat yang sejuk dan penuh bunga serta wahana? Anda bisa memilih untuk datang ke Taman Pekuncen. Ada banyak fasilitas yang bisa Anda dapatkan seperti arena bermain anak dan suasana sore hari yang sejuk yang begitu membuat tenang.

Taman Pekuncen ini ada di Jalan Dokter Wahidin Sudirohusodo. Terutama di akhir pekan, banyak pengunjung yang datang dan bersantai. Bahkan beberapa kali ada kegiatan dari komunitas yang diselenggarakan disini.