25 Tempat Wisata di Pekalongan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata di Pekalongan

Temukan Tempat Wisata Terbaik di Pekalongan, Jawa Tengah. Objek Wisata Kekinian, Terbaru & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Ada yang unik dari nama Pekalongan. Nama salah satu Kabupaten di Jawa Tengah ini berasal dari nama bahasa Jawa Kalong yang artinya adalah kelelawar. Sementara ada cerita legenda yang mana zaman dulu seorang bernama Raden Bahu yang merupakan abdi dalem Sultan Agung mendapat perintah. Ia mendapat perintah Sultan Agung untuk membangun daerah di Sebelah Barat Kabupaten Kendal. Ia melakukan ritual tapa ngalong atau tapa seperti kelelawar. Disinilah awal mula muncul nama Pekalongan yang sekarang terkenal akan tempat wisata indah yang dimilikinya.

Kota Pekalongan sendiri merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan kota tujuan wisata lain. Misalnya seperti Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Brebes, Kabupaten Wonosobo hingga Kabupaten Batang. Lokasi ini dilewati oleh jalur pantai utara pulau Jawa yang juga memuat akses menuju pekalongan menjadi mudah dijangkau.

Ada banyak tempat wisata bahkan tempat-tempat budaya yang sayang kalau dilewatkan begitu saja. Mulai dari wisata alam pantai pasir kencana Pekalongan hingga wisata pantai Slamaran. Mau tahu daftar tempat wisata di Pekalongan keren lainnya? Yuk simak berikut ini!

1. Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan

Image Credit: Cintapekalongan.com

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu penghasil batik unggulan adalah di Pekalongan. Tak heran jika ada museum yang didirikan untuk mengenal berbagai macam koleksi batik khas Pekalongan dan corak batiknya pun hanya bisa ditemui di museum ini. Selain berlibur, anda bisa menambah wawasan mengenai kebudayaan Indonesia ini.

Alamat Museum Batik Pekalongan berada di Jalan Jetayu 1 Kota Pekalongan. Bagi para pengunjung museum biasanya menjadikan tempat ini sebagai daftar wisata wajib dikunjungi. Ada unsur edukasi menarik yang dimilikinya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jatayu, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

2. Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto

Image Credit: Google Maps (Kristinus Aris Prabowo)

Lingkungan pantai tergolong masih bersih dan tertata rapi, sehingga cukup sedap dipandang mata. Hamparan pasir putih serta air laut berwarna biru menjadi pemandangan yang sangat indah. Di sekeliling pantai tumbuh pohon-pohon cemara yang rindang, alhasil suasana sejuk membuat Anda betah berada disini. Selain itu Anda akan terlindungi dari panasnya terik matahari saat siang.

Anda bisa duduk di bawah deretan pohon cemara sambil menikmati eloknya laut lepas. Ombaknya cenderung tenang jadi Anda bisa bermain air di tepi pantai tanpa takut gelombang besar. Bila berkunjung di pagi hari Anda dapat menyaksikan sunrise yang menawan. Sedangkan pada sore hari di Pantai Wonokerto waktu sunset menjadi momen yang ditunggu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wonokerto Kulon, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

3. Pantai Depok

Pantai Depok Pekalongan

Image Credit: Gotravelly.com

Pantai dengan ombak yang landai ini cocok untuk mereka yang ingin berenang atau sekadar bermain air saat liburan. Tempat wisata keluarga di Pekalongan memang tak hanya satu dua tetapi Pantai Depok Pekalongan tentu menjadi yang utama. Ada panorama alam yang indah yang ditawarkan untuk memanjakan mata kita.

Letak pantai berada di Desa Depok, Kecamatan Siwalan Pekalongan. Nama pantai ini juga tidak hanya ada di Pekalongan sebenarnya. Tetapi ada juga di Yogyakarta namun tentu ada pemandangan yang berbeda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Depok, Kec. Siwalan, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

4. Kedung Si Pingit Petungkriyono

Kedung Si Pingit Petungkriyono

Image Credit: Google Maps (S.K.A)

Bagi pecinta wisata air mungkin destinasi alam ini patut dimasukkan ke dalam list liburan. Anda akan dimanjakan dengan view tebing yang memesona, serta sumber mata air yang sangat jernih. Kolamnya berwarna biru kehijauan dan terasa sangat menyegarkan. Keunikan tersebut membuat para wisatawan tergoda untuk menyelami kedalamannya.

Kedung Si Pingit mempunyai kedalaman sekitar 5-7 meter, sedangkan saat musim kemarau mencapai 3,5 meter. Kendati demikian Anda tak perlu khawatir sebab pihak pengelola wisata menyediakan pelampung, khusus wisatawan yang tidak bisa berenang. Suasana alam yang sunyi mendukung agenda liburan untuk melepas jenuh dari hiruk pikuk perkotaan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Doro – Pekalongan, Kayupuring, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

5. Curug Bajing

Curug Bajing Pekalongan

Image Credit: Cintapekalongan.com

Curug dengan ketinggian 1300 mdpl ini ternyata tak kalah indah dengan curug muncar. Ada hawa sejuk dan cenderung dingin cocok untuk merefresh segala kepenatan yang anda rasakan. Curug Bajing berketinggian air terjun kurang lebih 70 meter dan aliran airnya juga cukup deras. Untuk bisa menuju lokasi ini, anda harus berjalan kaki sekitar 15 menit dari tempat parkir.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Wonosobo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasinya berada di Desa Telogo Parkis, Kecamatan Petungkriyono. Lokasi yang juga agak jauh dari pemukiman penduduk serta masih begitu alami. Pastikan kondisi tubuh prima sebelum melakukan perjalanan menuju lokasi wisata ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Telogopakis, Kec. Petungkriyono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

6. Wisata Linggo Asri

Wisata Linggo Asri

Image Credit: Instagram.com @wisata_linggoasri

Objek wisata ini berada di kaki Gunung Dieng, dengan ketinggian kurang lebih 700 mdpl. Alhasil pemandangan alam yang disuguhkan sangat indah dan udara sekitarnya sejuk. Lokasi wisatanya pun lumayan strategis sebab terletak di jalur antara Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Banjarnegara. Karena jalurnya mudah dijangkau sehingga kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk menuju Wisata Linggo Asri Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Pekalongan. Sepanjang jalan Anda akan disuguhi dengan pemandangan pohon-pohon pinus. Begitu tiba Anda dihadapkan dengan Taman Bunga Celosia yang merupakan spot favorit pengunjung. Deretan bunga warna-warni yang cantik sangat instagenic untuk latar foto.

Linggo Asri juga memiliki kebun binatang mini dengan satwa yang cukup beragam. Setidaknya ada 300 fauna yang hidup dan dipelihara oleh petugas setempat. Anda bisa menaiki wahana gajah untuk berkeliling di sekitar kawasan wisata. Ada pula wahana paintball untuk bermain tembak-menembak ala prajurit militer, bisa jadi opsi untuk seru-seruan bersama teman.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yosorejo, Linggoasri, Kec. Kajen, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

7. Pantai Slamaran

pantai slamaran

Image Credit: Cintapekalongan.com

Nama Pantai Slamaran juga tidak akan asing hampir seluruh warga Pekalongan. Lokasinya juga tak jauh dari pantai kencana. Disini nanti anda bisa mendapatkan pemandangan alam dengan laut lepas dan beberapa pepohonan yang menambah kesan romantis.

Letak dari Pantai Slamaran ini dipisahkan oleh sebuah pelabuhan dengan pantai Pasir Kencana. Lebih baik anda berkunjung ke pantai Pasir Kencana terlebih dahulu kemudian melanjutkannya ke pantai Slamaran.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krapyak Lor, Kec. Pekalongan, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

8. Masjid Agung Al-Jami

Masjid Agung Al-Jami

Image Credit: Google Maps (Makinul Amin)

Masjid peninggalan sejarah ini menjadi simbol islami dari warga Pakalongan. Letaknya berada di alun-alun kota Pekalongan, sehingga mudah ditempuh dari berbagai arah. Dulunya masjid ini dibangun oleh Raden Arjo Wirijo Tumenggung Adinegoro pada tahun 1852 M. Kemudian direnovasi pada Januari 1933 M, puncak masjid ditinggikan 27 meter dan ada 99 anak tangga berputar.

Tempat peribadatan ini mempunyai arsitektur Jawa-Arab, dengan kubah yang berbentuk joglo. Apabila dilihat dari kejauhan puncak atap bangunan utama masjid berbentuk limasan tumpang. Sedangkan gapura di bagian tengah masjid memiliki bentuk segi empat dengan menara dan kubah kecil. Masjid ini menjadi pusat kegiatan agama Islam bagi masyarakat sekitar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. KH. Wahid Hasyim No.35, RW.6, Kauman, Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

9. Curug Muncar

Curug Muncar Pekalongan

Image Credit: Siangku.blogspot.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Pekalongan memiliki Curug Muncar. Wisata ini dirasa masih begitu asri dan alami. lokasinya berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl dan memberi udara sejuk khas seperti di pegunungan. Sayangnya untuk sampai lokasi memang membutuhkan perjuangan sedikit lebih keras karena melewati lembah.

Alamat Curug Muncar ini berada di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriono. Tepatnya berlokasi di hutan milik dari perhutani dan membuat perjalanan cukup berat karena kondisi licin terutama saat musim hujan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Curugmuncar, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

10. Wisata Bahari PPNP

Wisata Bahari PPNP

Image Credit: Instagram.com @adonis_lobe

Berkendara sebentar dari jantung kota menuju arah utara, maka Anda akan menemukan tempat wisata edukatif ini. Setelah melewati gerbang masuk terdapat arena bermain anak yang cukup luas. Anda bisa mengajak si kecil bermain perosotan, ayunan, hingga jungkat-jungkit. Tak perlu takut kepanasan karena area bermain dikelilingi oleh pepohonan rimbun.

Selain taman bermain, ajaklah si buah hati berkunjung ke wahana sea world mini. Bangunan tiga lantai ini memperkenalakan pengunjung dengan beragam koleksi ikan. Anda akan terpukau saat melihat ikan-ikan yang berenang seperti berada di dalam laut. Di lantai dua terdapat miniatur kapal berserta alat tangkap ikan, sedangak di lantai 3 berupa gardu pandang langsung ke arah laut.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. W.R. Supratman, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

11. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Image Credit: Pantainesia.com

Ini dia pantai yang berdekatan dengan pantai Slamaran. Tempat liburan yang ada di Pekalongan ini memang menjadi destinasi favorit. Untuk bisa menjangkau pantai juga tidak begitu sulit karena letaknya tak jauh dari pusat kota Pekalongan. Jaraknya sekitar 4 km dari Jantung Kota. Tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang indah tetapi ada akuarium besar yang berisi berbagai macam biota laut yang menarik.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Brebes Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi pantai berada di Jalan Pantai Kecamatan Wonokerto. Ada pelabuhan dan pelelangan ikan yang mana jika anda ingin membawa oleh-oleh ikan laut segar maka bisa membelinya di pelelangan tersebut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Panjang  Wetan, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

12. Pantai Krematorium

Pantai Krematorium

Image Credit: Instagram.com @rofficet5692

Konon pantai ini digunakan untuk tempat pembuangan hasil pembakaran proses kremasi. Meskipun cerita yang beredar terdengar menyeramkan, namun keindahan objek wisata ini tidak bisa ditolak. Hamparan pasir putih dan ombak yang tenang menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan mampu menyedot perhatian para wisatawan dari luar kota Pekalongan.

Anda bisa bermain di atas pasir yang lembut, sembari merasakan riak kecil dari ombak di pinggir pantai. Pada bibir pantai akan terlihat sejumlah karung pasir bertumpuk yang berfungsi sebagai tanggul. Di sisi barat terdapat ayunan kayu yang menjadi spot favorit untuk berfoto. Duduk santai sembari menunggu sunset adalah aktivitas andalan di sekitar pantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kandang Panjang, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

13. Desa Wisata Lolong

Desa Wisata Lolong

Image Credit: Deganmurah.wordpress.com

Tempat wisata yang satu ini seolah memberi kebahagiaan bagi para pecinta durian. Sebab, di Desa Wisata Lolong ini terkenal akan buah durian dengan kualitas unggulan. Bagi para pecinta durian juga pasti menginginkan makan buah durian langsung di tempatnya. Tak heran jika banyak keluarga yang datang dan menikmati liburan di sini.

Lokasi Desa Wisata Lolong ini berada di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar. Ada wisata adventure seperti river stubing yang ada di sungai Sengkarang. Tertarik untuk mengunjunginya?

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lolong, Kec. Karanganyar, Kab Pakalongan, Jawa Tengah.

14. Black Canyon

Black Canyon

Image Credit: Google Maps (Muhammad Ilham Sholahudin)

Untuk mencapai kawasan wisata ini Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 1,,5 jam dari pusat kota. Melaju kea rah selatan sampai menemukan gapura selamat datang di ekowisata Petungkriyono. Lanjutkan perjalanan kurang lebih 5 kilometer hingga menjumpai Desa Kayu Puring. Disanalah Anda akan dibawa menuju surga tersembunyi dari daftar wisata kota Pekalongan.

Wisatawan diajak untuk menikmati keindahan Sungai Welo yang memesona. Warnanya hijau kebiruan dan dikelilingi oleh pohon-pohon rindang di pinggir sungai. Arus sungai yang deras dimanfaatkan sebagai aktivitas river tubing dan body rafting. Anda boleh mencoba olahraga ekstrim ini untuk menguji adrenalin, serta ditemani oleh instruktur ahli.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kayupuring, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

15. Gunung Regojembangan

Gunung Regojembangan Pekalongan

Image Credit: Ihategreenjello.com

Untuk para pendaki gunung, jika anda berkunjung ke Pekalongan maka tak lengkap rasanya jika tidak datang ke Gunung Regojembangan. Gunung ini memang menjadi destinasi favorit bagi para pendaki setempat atau dari luar wilayah Pekalongan sekalipun. Ada panorama alam yang indah dan sayang untuk dilewatkan.

Lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan. Gunung Regojembangan memiliki ketinggian 2.117 mdpl. Jangan lupa untuk menyiapkan kondisi fisik yang prima sebelum mendaki.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gumelem, Kec, Petungkriono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

16. Curug Madu Doro

Curug Madu Doro

Image Credit: Instagram.com @johansaputro

Lokasi curug tidak jauh dari jantung kota sekitar 40 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Untuk tiba di kawasan wisata ini Anda butuh sedikit perjuangan, melalui jalan setapak di Terowongan Gudel. Kemudian menuruni beberapa anak tangga yang kanan dan kirinya ada beberapa spot cantik. Salah satunya replika perahu yang menghadap ke arah curug.

Setibanya di area curug Anda akan terhipnotis dengan bentuk fisik dari destinasi alam ini. Ukuran air terjun tidak terlalu tinggi tetapi memiliki dinding tebing batu yang lumayan lebar. Di bawahnya terdapat kolam tampung yang jernih, Anda bisa berenang sepuasnya disini. Jika perut lapar tinggal pergi ke warung-warung penjaja makanan sebelum menuju ke curug.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lemahbang Lor, Lemah Abang, Kec. Doro, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

17. Watu Ireng

Watu Ireng

Image Credit: Deganmurah.wordpress.com

Bagi yang suka dan penasaran dengan hal-hal mistis maka anda bisa datang ke Watu Ireng. Tempat wisata ini berjarak dari kota Pekalogan cukup dekat. Watu Ireng sendiri memiliki arti batu hitam dalam bahasa Indonesia. Di lokasi wisata, batu besar itu diperkirakan memiliki rongga dan tidak ada yang tahu asal mula batu tersebut.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Purworejo yang Wajib Anda Bawa Pulang

Letak Watu Ireng berada di Desa Lambur, kecamatan Kendang Serang. Meski tergolong wisata mistis tetapi ternyata ketika datang ke tempat ini tidak semenakutkan yang anda bayangkan. Justru ada pepohonan dan hamparan hijau yang sejuk.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lambur,Kec. Kandang serang, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

18. Telaga Mangunan

Telaga Mangunan

Image Credit: Instagram.com @11khanif

Telaga ini berada di bawah kaki pegunungan Kendeng dan ketinggian 2.000 mdpl. Berkat letaknya tersebut membuat destinasi ini punya panorama alam yang menajubkan. Kawasan telaga dikelilingi tebing gunung dan pohon-pohon yang menjulang tinggi. Suasananya cukup mencekam namun sangat damai, cocok bagi Anda yang ingin refreshing pikiran.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mangunan Tlogo, Kec. Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah.

19. Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan Pekalongan

Image Credit: Ksmtour.com

Ingin menghabiskan liburan di tempat yang tak terlalu jauh? Anda bisa mengunjungi bukit Pawuluhan yang memiliki pemandangan khas pegunungan. Agar bisa menuju puncak bukit, anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Sampai di atas nanti disuguhkan dengan pemandangan yang menarik untuk dijadikan spot foto.

Lokasi bukit berada di Desa Gembong, Kecamatan Kendang serang. Ada spot foto menarik di atas bukit yang bisa anda potret. Bagi para traveller, tempat ini seolah menjadi tempat wisata yang wajib.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gembong, Kec. Kandang serang, Kab. Pekalongan, Jawa tengah.

20. Curug Lawe

Curug Lawe

Image Credit: Instagram.com @mdaniyalk

Perjalanan menuju Curug Lawe memakan waktu hingga 2 jam dari jantung kota Pekalongan. Begitu tiba Anda langsung disuguhi hamparan hutan yang masih asri, serta suasana lingkungan yang tenang. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 10 meter, dengan aliran yang tidak begitu deras. Selain itu, ada spot wisata pohon pinus dan areal hammock yang bisa Anda nikmati.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Cakrawati, Songowedi, Songgodadi, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

21. Mangrove Park

mangrove park

Image Credit: Blog.darmawisataindonesia.co.id

Tak banyak daerah yang mengandalkan mangrove park sebagai tempat wisata. Tetapi di Pekalongan, mangrove park ini memang dikembangkan menjadi tempat wisata yang menarik. Dulunya merupakan tambak udang yang dikelola oleh dinas pertanian kota kemudian ditanami oleh pohon bakau.

Lokasinya berada di Kelurahan Kandang Panjang, Kabupaten Pekalongan. Tujuan penanaman pohon bakau sendiri dimaksudkan untuk mencegah abrasi air di kawasan setempat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kandang Panjang, Kec. pemalang, Kab. Pekalongan, Jawa tengah.

22. Pantai Slamaran

Pantai Slamaran

Image Credit: Google Maps (Abdul Aziz Ahwan)

Objek wisata ini mempunyai luas sekitar 3,5 hektar dan garis pantai yang memesona. Pemandangan sekitarnya begitu elok dipandang, dengan pepohonan yang rindang. Bentuk pantai landai dengan tembok beton memanjang dan tumpukan batu. Fungsinya untuk menahan gempuran gelombang laut, yang sebenarnya relatif lebih tenang daripada laut selatan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krapyak Lor, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

23. Curug Bidadari Jolotigi

Curug Bidadari Jolotigi

Image Credit: Cintapekalongan.com

Salah satu yang sedang ngetren di kalangan anak muda adalah Curug Bidadari Jotoligi. Curug ini juga memiliki sebutan curug batu dinding kolam lima. Sebab di sekitaran air terjun ada lima aliran air yang hampir menyerupai kolam renang.

Letak dari curug ini ada di Desa Purbo Jotoligo, Kecamatan Talun. Anda bisa melihat banyaknya foto tempat wisata tersebut di sosial media.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purbo Jolotigo, Kec. Talun, Kab. Pekalongan, Jawa tengah.

24. Argowisata Kebun Teh Pagaliran

Agrowisata Kebun Teh Pagaliran Pekalongan

Image Credit: Greenwisatapekalongan.blogspot.com

Pekalongan juga memiliki argowisata kebun teh dengan hawa sejuk dan begitu asri. Kebun teh ini juga masuk ke dalam wilayah Kabupaten Batang. Tetapi dekat dengan Pekalongan yang jaraknya sekitar 40 km.

Letak Argowsata berada di perbukitan Dieng Jawa Tengah. Tepatnya berada di Desa Pagilaran Kecamatan Blado, Batang. Ada suasana asri yang akan memanjakan para pengunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kateleng, Kec. Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah.

25. Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

puncak hanoman gunung kendalisodo

Image Credit: Majalahjejak.id

Mereka yang hobby mendaki gunung, spot mendaki keren lainnya ada di puncak Hanoman dari Gunung Kendalisodo. Gunung ini memiliki ketinggian 1697 mdpl yang mana dengan ketinggian ini cocok untuk para pendaki pemula.

Alamatnya berada di Kecamatan Petungkriyo Pekalongan Jawa Tengah. Untuk yang sudah benar-benar jago dalam mendaki gunung juga bisa menikmati pemandangan di atas dengan mudah. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan karena keindahan Puncak Hanoman harusnya menjadi perhatian bersama.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tlogohendro, Kec. Petungkriyo, Kab. Pekalongan. Jawa Tengah.