Jawa Tengah

15 Tempat Wisata di Pemalang

15 Tempat Wisata di Pemalang

Pemalang mungkin terdengar sebagai salah satu daerah yang ada di Jawa Tengah, hanya itu. Tetapi siapa sangka bahwa Pemalang ini menawarkan tempat wisata yang indah. Ada surga tersembunyi di Pemalang dimana patut untuk dijelajahi bagai destinasi wisata dan juga wilayah geografisnya memang mendukung wisata alam yang indah.

Mulai dari pegunungan hingga pantai, Pemalang memiliki wisata alam ini. Liburan mewah dan menyenangkan kini tak perlu jauh-jauh lagi. Berikut daftar objek wisata menarik di Pemalang yang sayang jika dilewatkan saat berkunjung di daerah ini.

1. Pantai Blendung

Pantai Blendung

Lokasi: Blendung, Ulujami, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Masyog.com

Namanya adalah Pantai Blendung. Pantai ini memang terlihat alami dan sepi akan pengunjung. Belum banyak pengembangan dan juga fasilitas yang tersedia masih sedikit. Tetapi bagi yang suka menenangkan pikiran dan sekadar bermain di pinggir pantai sangat rekomendasi untuk mengunjungi Pantai Blendung.

Ada panorama yang indah terutama bagi mereka yang ingin menikmati wisata di sore hari. Pantai Blendung ini berada di Desa Blendung, kecamatan Ulujami. Objek wisata ini cukup ramai dikunjungi ketika akhir pekan atau hari libur.

2. Curug Bengkawah Pemalang

Curug Bengkawah Pemalang

Lokasi: Jl. Sikasur – Simpur, Karangmulyo, Sikasur, Kec. Belik, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Beritadunia.net

Tempat Wisata di Pemalang berikutnya adalah Curug Bengkawah Pemalang. Wisata ini memang belum banyak yang menjamah. Curug indah ini juga memiliki akses jalan yang cukup sulit untuk dijangkau. Tak heran jika curug tersebut sepi pengunjung meski keindahannya juga tak tertandingi.

Ada yang unik dari air terjun ini yakni terbelahnya air terjun menjadi dua karena terpisahkan oleh batu. Lokasi Curug Bengkawah Pemalang berada di Desa Sikasut, kecamatan Belik. Tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata akhir pekan bersama dengan keluarga.

3. Telaga Rengganis

Telaga Rengganis

Lokasi: Desa Gapura, Kec. Watukumpul, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Gapura.desakupemalang.id

Wisata di Pemalang berikutnya adalah Telaga Rengganis. Ada air yang jernih ditengah hutan pinus yang memberi nilai dan kesan tersendiri untuk wisatawan. Meski tak begitu besar tetapi background dari hutan pinus sering dijadikan sebagai spot foto.

Tentu suasana dan udaranya begitu sejuk serta membuat banyak wisatawan mampu menenangkan diri. Lokasi Telaga Rengganis ini berada di Desa Gapura, Kecamatan Watukumpul. Untuk mencpaai lokasi, wisatawan bisa bertanya pada warga sekitar karena lokasinya memang terkenal.

4. Telaga Silating Pemalang

Telaga Silating Pemalang

Lokasi: Jl. Sikasur Simpur, Sikasur, Belik, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatadipemalang.com

Nama yang unik ini sesuai dengan tempat wisata yang ditaawarkan. Telaga Silating dikelilingi oleh perbukitan dan juga persawahan warga yang ada di sektiar. Untuk saat ini telaga tersebut digunakan sebagai objek wisata yang lengkap dengan fasilitas dan juga ramai untuk dikunjungi.

Lokasi Telaga Silating ini berada di Desa Sikasus, Kecamatan Belik. Telaga yang indah dengan suasana asri dan masih sejuk. Cocok bagi wisatawan yang ingin merefresh pikiran.

5. Kebun Teh Semugih

Kebun Teh Semugih

Lokasi: Jl. Raya Moga – Pulosari, Simadu Barat, Banyumudal, Moga, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatadipemalang.com

Tak hanya di telaga silating saja yang sejuk namun mengunjungi kebun teh ini juga membuat siapa saja menjadi tenang dalam berpikir dan menghilangkan rasa penat. Namanya adalah Kebun Teh Semugih Pemalang.

Suasana alam dataran tinggi yang hijau dan udara segar serta hawa yang dingin bisa dinikmati disini. Kebun Teh Semugih ini berada di Desa Sidamulya kecamatan Moga. Wisatawan tak perlu lagi jauh-jauh ke Bogor jika memang ingin datang ke tempat wisata yang sejuk seperti kebun teh ini.

6. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove

Lokasi: Mojo II, Mojo, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Lindungihutan.com

Hutan mangrove ini memiliki luas sekitar 2350 ha. Ada pembagian 410 h yang berupa hamparan bakau dan juga 1940 h pertambakan. Tidak hanya hutan mangrove yang tujuan awalnya sebagai konservasi lahan saja.

Tetapi di tempat ini juga digunakan sebagai tempat wisata yang menarik untuk anak-anak sekolah sebagai bahan pengetahuan. Hutan Mangrove ini berlokasi di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami. Tempat yang indah untuk hunting foto terutama untuk anak muda.

7. Rainbow Rafting Sungai Comal

Rainbow Rafting Sungai Comal

Lokasi: Jl. Randudongkal – Moga, Kamulihan, Kecepit, Kec. Randudongkal, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Owrainbowrafting.blogspot.com

Berikutnya, rainbow rafting ini memiliki daya tarik besar untuk wisatawan. Sebab, sungai ini dulunya sempat ramai diperbincangkan karena jembatannya ambrol. Namun kali ini menjadi Objek Wisata di Pemalang yang menarik untuk mereka yang hobby rafting.

Sungai yang besar dengan pemandangan yang indah merupakan oaket lengkap untuk berlibur. Lokasi tempat wisata ini berada di jalan Raya Randudongkal-Moga Km 5 nomor 99 Desa Kecepit. Meski tergolong baru tetapi tempat wisata ini memang begitu ramai terhadap wisatawan baru.

8. Pantai Widuri

Pantai Widuri

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Widuri, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Sidoharjo.com

Pantai yang paling terkenal di Pemalang ini dikunjungi oleh wisatawan tiap harinya. Akses jalan yang mudah dan berdekatan dengan pusat kota serta pemandangan yang indah merupakan daya tarik utama dari pantai. Ada juga beberapa fasilitas pendukung yang tersedia.

Misalnya saja seperti lapangan tenis, kolam renang hingga panggung hiburan dan wahana permainan anak. Pantai widuri berada di Desa Widuri, Kabupaten Pemalang. Ada juga yang mengabarkan bahwa akan dibangun waterboom sebagai pemikat untuk para wisatawan.

9. Curug Sibedil

Curug Sibedil

Lokasi: Jl. Kyai Abdurrosyid, Karangbulu, Sima, Moga, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Kali ini beralih ke Curug Sibedil. Namanya lucu tetapi tempatnya begitu indah. Curug Sibedil ini memang memiliki nama dengan beberapa versi. Pertama penamaan sibedil ini diambil dari bebatuan yang ada di sekitar dan berbentuk mirip bedil atau senapan.

Sementara versi lainnya adalah sibedil diambil dari suara yang didengarkan warga setiap malam jumat kliwon. Curug Sibedil ini berada di Desa Sima, Kecamatan Moga. Keindahan dan lokasi sekitar memang cukup terjaga serta masih terasa begitu asri.

10. Mata Air Moga

Mata Air Moga

Lokasi: Jl. Raya Moga – Pulosari Gamprit, Banyumudal, Moga, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatadipemalang.com

Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi geografis dari Pemalang ini memang didominasi dengan pegunungan yang membuatnya makin banyak atau ramai dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini juga membuat Pemalang memiliki mata air moga.

Mata air yang sering dikenal dengan pemandian moga ini memang dikembangkan menjadi kolam renang. Mata air moga berada di Desa Banyumudal, Kecamatan Moga. Kejernihan air dan kesegarannya menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

11. Gunung Mendelem

Gunung Mendelem

Lokasi: Mendelem, Kec. Belik, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Ajibercerita.blogspot.com

Gunung Mendelem atau yang dikenal dengan Gunung Jimat ini diketahui masuk dalam kategori objek wisata yang berketinggian 1454 mdpl. Memang tak terlalu tinggi tetapi sering dijadikan sebagai medan pelatihan untuk pendaki pemula.

Lokasinya berada di Desa Mendelam, Kecamatan Belik. Gunung ini juga memiliki pemandangan indah terutama jika pendaki sudah sampai puncak. Beberapa menggunakan tempat ini sebagai camping di akhir pekan.

12. Desa Wisata Cikendung

Desa Wisata Cikendung

Lokasi: Cikendung, Pulosari, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Youtube.com (Planet Alam)

Bagi para wisatawan yang ingin melihat secara langsung seperti apa pementasan tari tradisional ini, maka Desa Wisata Cikendung merupakan jawabannya. Puncak dari tari tradisional ini adalah para penari yang kesurupan, tetapi musik dan tarian tetepa berjalan.

Mereka akan sadar setelah terkena pecutan atau cambuk dari pawang. Lokasi desa wisata ini berada di Desa Wisata Cikendung yang masuk Kecamatan Pulosari. Desa Wisata Cikendung memiliki banyak cerita termasuk tarian ini.

13. Kedung Bening Pemalang

Kedung Bening Pemalang

Lokasi: Desa Majalangu, Kec. Watukumpul, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Wartadesa.net

Kedung Bening memang masih tersembunyi dan sedikit orang yang berkunjung. Tetapi bukan berarti tempat ini tak spesial. Justru wisatawan bisa melihat bagaimana telaga kecil yang terbentuk secara alami karena erosi ini begitu indah.

Ada dua warna air di telaga yakni berwarna hijau ketika musim kemarau dan warna coklat saat musim hujan. Lokasinya ada di Perbatasan Desa Bodan dan Desa Majalangu. Wilayah tersebut masuk kecamatan Watukumpul dan Kabupaten Pemalang.

14. Kedung Mbulet Pemalang

Kedung Mbulet Pemalang

Lokasi: Dusun Sigenting, Kec. Walangsanga, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Kedung Mbulet ini menajdi tempat wisata yang tidak dikelola oleh pemerintah setempat tetaapi fasilitas disini ada dan disediakan dari swadaya masyarakat sekitar.

Pesona alam dari kedung mbulet ini cocok untuk mereka yang ingin menenangkan pikiran atau sekadar mandi dan merasakan kesegaran. Lokasi Kedung Mbulet ini berada di Dusun Sigenting, Walangsanga. Mengisi waktu kosong dengan berlibur ke tempat wisata ini memang recommended.

15. Goa Gunung Wangi

Goa Gunung Wangi

Lokasi: Desa Glandang, Kec. Bantarbolang, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Gotravelly.com

Meski namanya wangi, benarkah goa ini wangi atau harum? Menjadi objek wisata di Pemalang yang buka mulai dari jam 4 pagi hingga 6 malam. Gugusan goa gunung wangi ini terdiri dari 5 goa yaitu Goa Penganten, Goa Buyung, Goa Laren, Goa Bandung dan juga Goa Siluman.

Sementara ada cerita mistis juga yang ada di gugusan goa. Goa Gunung Wangi berada di Desa Glandang, Bantarbolang. Untuk masuk tempat wisata ini hanya membayar Rp. 5000 saja per orang.

Setidaknya dari 15 tempat wisata ini, siapa saja yang ada di daerah sekitar menjadi lebih mengenal apa saja yang tersaji dari Destinasi Wisata di Pemalang. Tempat-tempat indah yang bahkan beberapa diantaranya belum tersentuh sehingga masih begitu alami.