Jawa Timur

18 Tempat Wisata di Ponorogo

18 Tempat Wisata di Ponorogo

Apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar nama Ponorogo? Ada sebagian orang yang langsung mengingat Reog Ponorogo. Memang tak bisa dipungkiri bahwa Ponorogo terkenal dengan kota Repg karena inilah keseian asli disana. Bahkan kesenian tradisional itu juga mendunian dan menjadi ikon kota Ponorogo.

Tidak hanya tentang kesenian saja tetapi juga Tempat Wisata di Ponorogo lebih menarik hati banyak wisatawan untuk berkunjung menyaksikan keindahan alamnya.

1. Gunung Bayangkaki Ponorogo

Gunung Bayangkaki Ponorogo

Lokasi: Mlokolegi, Temon, Kec. Sawoo, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Maspamujionline.blogspot.com

Mendengar nama Gunung Bayangkaki memang terdegnar unik. Wisata gunung ini cukup ramai dikunjungi baik hari biasa ataupun pada saat liburan. Tempat wisata yang tergolong indah serta memberikan kita pengalaman yang berbeda untuk mendaki.

Ada keindahan alam khas Ponorogo yang terpancar dari puncak gunung bayangkaki ini. Letak gunung berada di Desa Temon, Kecamatan Sawoo. Mereka yang ingin mengunjungi atau mendaki gunung sebaiknya menyiapkan fisik yang kuat dan sehat serta perlengkapan lainnya.

2. Tanah Goyang Pudak

Tanah Goyang Pudak

Lokasi: Ngelo, Pudak Wetan, Pudak, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Nasrulriski.blogspot.com

Tak hanya keindahan wisata yang ditawarkan tetapi dari namanya yang lucu, tempat wisata yang ada di Ponorogo ini menarik perhatian. Tanah goyan adalah lembah hijau dan indah yang berada di Ponorogo. Asal muasalnya dinamai demikian karena beberapa bagian tanah di sektiar lembah terasa bergerak ketika diinjak.

Konon, keberadaan lembah ini berawal dari kisah seekor naga yang berusaha membuat telaga tetapi gagal karena mendengar suara ayam berkokok dan menunjukkan fajar akan segera tiba. Alamat Tanah Goyang Pudak ini ada di Pudak Wetan, Pudak. Keindahan tempat wisata di sekitar Tanah Goyang Pudak ini sering dijadikan spot foto.

3. Air Terjun Widodaren

Air Terjun Widodaren

Lokasi: Desa Bulu Lor, Kec. Jambon, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Imaghoter.pw

Air Terjun Widodaren ini terlihat begitu asri dan alami. Sebaiknya ketika ingin datang memilih pada musim penghujan. Karena ketika kemarau, debit airnya sangat kecil dan kurang menarik. Namun, pada saat musim hujan juga harus lebih berhati-hati.

Kecantikan tempat wisata ini ditambah dengan adanya tumbuhan hijau di sektiar air terjun. Lokasi air terjun berada di Desa Bulu Lor, Kecamatan Jambon. Tempat-tempat wisata ini membuat banyak wisatawan asing juga tertarik untuk datang.

4. Gunung Bedes

Gunung Bedes

Lokasi: Ngadirojo, Sooko, Wates, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Asliponorogo.com

Dalam bahasa jawa, bedes artinya kera atau monyet. Gunung ini tidak berapi dan tidak terlalu besar atau tinggi. Lebih tepatnya adalah sebuah batu yang besar menjulang itnggi dan memiliki ketinggian tidak lebih dari 200 m.

Gunung bedes merupakan bagian dari gunung-gunung kecil yang saling berjajar dengan Gunung Tengah dan Gunung Poleng. Gunung ni memiliki puncak dengan luas 10 meter persegi. Lokasinya berada di Ngadirojo, Sooko. Ada hamparan sawah, sungai mengalir dan juga rimbunan hutan hijau yang terlihat dari puncak gunung bedes.

5. Bukit Teletubbies Ponorogo

Bukit Teletubbies Ponorogo

Lokasi: Pandak, Balong, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by 470115057.blogspot.com

Bukit Teletubbies adalah salah satu objek wisata alam yang berupa gunung dengan pesona wisata yang tak bisa dielak keindahannya. Bukit yang disebut dengan Bukit Teletubbies karena mirip dengan serial kartun Teletubbies.

Tak jarang wisatawan singgah di bukit ini dan melakukan hunting. Lokasi dari Bukit Teletubbies ada di Desa Pandak, Kecamatan Balong. Bukit ini juga membuat siapa saja yang datang mampu menikmati keindahan alam yang ada di sekitarnya.

6. Gunung Beruk

Gunung Beruk

Lokasi: Karang Patihan, Balong, Hutan Negara, Jambon, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Ksmtour.com

Masih dengan wisata gunung, kali ini ada Gunung Beruk yang memiliki latar belakang pesona luar biasa. Ada juga gunung bangkong yang terletak disampingnya. Berkat pengelolaan dari karang taruna desa Karang Patihan, gunung tersebut terbilang ramai dan menjadi perbincangan banyak orang.

Semula ada rumah pohon kecil diatas bukit bangkong. Ada pengunjung yang memotret dan membagikannya di media sosial kemudian menjadi viral. Lokasi tempat wisata tersebut ada di Desa Karang Patihan, Balong, Hutan Negara. Gunung Beruk seperti halnya gunung lainnya tetapi memiliki keindahan alam yang patut dieksplor.

7. Goa Lowo Sampung

Goa Lowo Sampung

Lokasi: Boworejo, Sampung, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Keindahanponorogo.blogspot.com

Goa memang identik dengan tempat yang gelap dan menyeramkan. Tetapi tempat ini juga menyita banyak perhatian karena penasaran dengan isi di dalamnya. Seperti yang ada di Goa Lowo Sampung di Ponorogo.

Goa Lowo memiliki suasana yang tenang dan juga kesejukan yang khas. Letaknya berada di daerah Dusun Boworejo Kecamatan Sampung Ponorogo. Goa ini dinamakan Goa Lowo karena memang banyak kelelawar di dalam goa.

8. Hutan Wisata Kucur

Hutan Wisata Kucur

Lokasi: Desa Binting, Kec. Badegan, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Sportourism.id

Mau berwisata di tempat yang asri dan sejuk? Ada di Hutan Wisata Kucur, tempat wisata yang sering juga disebut Taman Wisata Kucur. Ada sumber air atau kucur yang membentang dan begitu khas. Mereka yang ingin menikmati sejuknya berada di antara pepohonan jati yang rindang, hutan wisata kucur sangatlah rekomen.

Lokasinya berada di Kecamatan Badegan. Jaraknya sekitar 20 km dari kota Ponorogo. Wisatawan yang datang bisa menikmati suasana sejuk dan segar untuk membuat pikiran kembali fresh.

9. Taman Wisata Ngembag Ponorogo

Taman Wisata Ngembag Ponorogo

Lokasi: Jl. Halim Perdana Kusuma, Ronowijayan, Kec. Siman, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Ponorogo.go.id

Berbeda halnya jika wisatawan ingin sekadar berjalan santi di pagi hari dan suasana yang menyejukkan pikiran dan hati. Taman Wisata Ngembag merupakan taman yang memiliki sumebr air dan juga ada taman bermain untuk anak-anak. Selain itu, taman ini juga menyediakan kolam renang unutk anak-anak. Tak heran jika cocok untuk tempat bersantai dengan si kecil.

Lokasi wisata ini ada di Taman Wisata Ngembag yang dekat dengan kota. Jaraknya sekitar 3 km saja. Tepatnya, lokasi wisata ini ada di Kecamtan Siman, Ponorogo.

10. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel

Lokasi: Kec. Ngebel, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Wikipedia.org

Mungkin sebagian orang telah mendengar nama tempat wisata ini. Tetapi untuk keindahna yang dimilikinya tak bisa diremehkan begitu saja. Telaga ini memang terkenal serta menarik utnuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Ada banyak potret yang bisa diambil khususnya para pecinta fotografi akan begitu menyukai Telaga Ngebel ini.

Lokasi Telaga Ngebel berada di Kecamatan Ngebel, Ponorogo. Beberapa wisatawan datang ketika sore hari dan menikmati suasana senja yang memukau. Untuk mengaksesnya memang tak begitu sulit, jangan lupa membawa bekal ketika mengunjungi tempat ini.

11. Bukit Pare

Bukit Pare

Lokasi: Slorok, Cepoko, Ngrayun, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Instagram @jelajahponorogo

Bukit Pare memiliki panorama yang mempesona. Ada bukit yang terbentang luas dan disukai oleh anak-anak muda. Kalau wisatawan berkunjung, mereka tak akan lupa untuk berfoto dan berselfie. Bahkan beberapa juga menyukai piknik di Bukit Pare ini dengan menggelar tikar dan makanan.

Tempat wisata Bukit Pare ini berada di Desa Cepoko, Kecamatan Ngrayun Ponorogo. Bukit yang memesona untuk piknik dan menciptakan quality time bersama keluarga. Cocok sebagai tempat rekreasi bersama si kecil.

12. Kolam Renang Tirto Joyo

Kolam Renang Tirto Joyo

Lokasi: Banyudono, Kec. Ponorogo, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Pinterest @peki_ais

Jika sudah menikmati beberap destinasi wisata alam, kali ini datang dari Kolam Renang Tirto Joyo. Kolam renang ini buka mulai jam 07.00 hingga 17.00 WIB. Memang secara keseluruhan tempat ini sudah baik hanya saja kurang satu fasilitas yang bisa diperbaiki lagi yakni tempat bilas yang kurang banyak.

Lokasi kolam renang berada di Banyudono, Kecamatan Ponorogo. Menurut pengelola tempat ini memang akan mendapat pembenahan yang tentunya memanjakan wisatawan. Kolam renang yang bersih dan suasana sejuk disekitarnya membuat siapa saja menyukai Objek Wisata di Ponorogo ini.

13. Kintamani Waterpark

Kintamani Waterpark

Lokasi: Jl. Ki Ageng Kutu No. 9, Desa Siman, Kec. Ponorogo, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Facebook (Kintamani Waterpark Ponorogo)

Masih soal tempat wisata air, namanya adalah Kintamani Waterpark. Tempat wisata keluarga ini menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung karena memiliki luas lahan kira-kira 1.8 hektar. Ada banyak pengunjung terutama ketika akhir pekan.

Lokasinya berada di Jalan Ki Ageng Kutu 9 Siman. Lokasinya tak begitu sulit untuk dikunjungi. Sebaiknya berkunjung di pagi hari jika pada akhir pekan karena banyaknya pengunjung yang datang juga.

14. Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo

Lokasi: Mbonromo, Kare, Kab. Madiun, Jawa Timur. – Image Credit by Ksmtour.com

Hutan pinus nongko ijo ini adalah objek wisata yang ramai dan sering dijadikan sebagai tempat berfoto. Ada beberapa yang melakukan foto prewed di tempat ini. Suasana yang sangat rindang serta menyejukkan pikiran bagi mereka yang penat akan keseharian.

Lokasinya berada di Dusun Mbonromo, Desa Kare. Pohon pinus ini ditanam mulai tahun 1981 yang ada di hutan lindung dengan petak 28 RPH atau Resort Pengelolaan Hutan. Tempat yang sejuk dan indah untuk berwisata.

15. Bukit Batu Kapur

Bukit Batu Kapur

Lokasi: Hutan Negara, Sampung, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Astinsoekanto.com

Wisata yang cukup hits ini tak asing lagi di banyak wisatawan. Namanya adalah tempat wisata bukit batu kapur. Paling favorit untuk dijadikan spot foto anak muda. Dulunya merupakan gunung kapur yang digali terus menerus dan timbul kesan lubang cantik.

Letaknya berada di Hutan Negara, Sampung. Ada beberapa wisatawan yang terlihat melakukan foto prewedding disini. Suasananya juga berbeda dibanding tempat wisata lain.

16. Air Terjun Sunggah

Air Terjun Sunggah

Lokasi: Desa Selur, Kec. Ngrayun, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Infowisataseru.com

Dengan ketinggian sekitar 50 meter, air terjun sungah ini mengalirkan air yang cukup jernih dan membuat suara gemuruh yang menenangkan. Terutama ketika musim penghujan, air terjun bisa mengalir begitu deras dan menakjubkan.

Meski disarankan datang ketika musim hujan tetapi pengunjung harus tetap berhati-hati. Lokasi air terjun ini ada di Dukuh Sambi, Desa Selur. Layaknya air terjun lainnya, ada pepohonan di sektiar air terjun yang menambah kesan asri dan dingin.

17. Gunung Gajah

Gunung Gajah

Lokasi: Ngemplak, Munggu, Bungkal, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Ratjoen.in

Gunung Gajah merupakan gunung yang memiliki banyak spot menarik. Ada hutan belantara yang hijau dan suhu udara yang begitu segar. Selain itu, awan yang beterbangan dengan rendah menjadikan tempat ini terlihat begitu eksotis.

Alamatnya berada di Munggu, Bungkal. Tempat wisata yang menawarkan keindahan di sepanjang rute atau jalur terbaik. Cocok sebagai tempat wisata untuk menghabiskan akhir pekan.

18. Gita Waterpark

Gita Waterpark

Lokasi: Jl. Gambiran No. 99, Krajan, Pulung, Kec. Ponorogo, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. – Image Credit by Gitawaterpark.wordpress.com

Wahana wisata air di Gita Waterpark adalah kolam bertingkat. Ada kolam yang khusus untuk anak-anak ada juga yang khusus untuk orang dewasa. Wisatawan bisa menggunakan fasiltias seluncuran yang membaut liburan makin seru. Ada tema alam di Gita Waterpark dengan nuansa pegunungan dan juga pedesaan.

Gita Waterpark ada di Dusun Krajan, Desa Pulung. Jaraknya kurang lebih 18 km dari pusat kota. Panorama alam di tempat wisata ini terbilang asri dan begitu sejuk. Wisatawan yang datang bersama si kecil juga tetap merasa nyaman dan aman di tempat wisata ini.

Temukan Destinasi Wisata di Ponorogo terbaik yang ada. Ada berbagai jenis wisata seperti gunung, air terjun, kolam renang hingga goa dengan penuh keunikan dan ciri khas. Ponorog mewakili keindahan Indonesia yang masuk di Provinsi Jawa Timur.