Jawa Timur

17 Tempat Wisata di Probolinggo

Tempat Wisata di Probolinggo

Salah satu hal yang mengingatkan kita pada Probolinggo adalah sebuah tempat wisata bernama BJBR. Banyak para pengunjung yang datang dari berbagai kota dan wilayah untuk mengetahui bagaimana keindahan malam hari di BJBR. Tak sedikit juga yang hunting foto dengan suasana gemerlap lampu indah di BJBR. Namun, tahukah anda bahwa tidak hanya BJBR yang bisa anda kunjungi sebagai tempat wisata keren di Probolinggo?

Ada wisata kuliner yang begitu khas, ada juga tempat-tempat wisata religi yang bisa anda kunjungi. Meski siang hari terasa cukup terik, anda tak perlu khawatir karena tempat-tempat wisata ini juga memberi sensasi dan hawa sejuk yang membuat betah. Yuk cari tahu apa saja tempat wisata di Probolinggo yang menarik banyak wisatawan.

1. Bukit Bentar

Bukit Bentar

Lokasi: Jl. Raya Panglima Sudirman, Area Sawah, Curahsawo, Kec. Gending, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Fidatransport.blogspot.com

Disebut juga dengan bukit selfie, bukit ini seringkali dimanfaatkan sebagai spot foto yang keren. Ada hamparan suasana desa yang ada di Probolinggo dan terlihat dari spot ini. Hanya saja untuk bisa menikmati pemandangan cantik tersebut memang membutuhkan perjuangan karena ada jalur tracking yang menantang.

Bukit Bentar ini berada di Jalan Panglima Sudirman, Desa Curahsawo. Tepatnya masuk di kecamatan Gending. Anda bisa melihat matahari yang terbenam di bekalang bukit dengan pancaran cahaya yang berwarna kuning.

2. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Lokasi: Sapih, Branggah, Kec. Lumbang, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Hoteldanwisata.com

Menjadi air terjun tertinggi kedua yang ada di Pulau Jawa menjadikan air terjun Madakaripura primadona di Probolinggo. Ketinggiannya mencapai 200 m dan ada di kawasan lereng Gunung Bromo. Air terjun ini ada di ujung lembah yang sempit dan berbentuk ceruk serta dikelilingi tebing curam.

Lokasinya ada di Branggah, Sapih. Bahkan beberapa orang menyebutnya sebagai air terjun abadi karena air yang dialirkan cukup melimpah. Debitnya juga tidak pernah berkurang.

3. Danau Ronggojalu

Danau Ronggojalu

Lokasi: Banjarsawah, Kec. Tegalsiwalan, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. -Image Credit by Ksmtour.com

Fungsi dari Danau Ronggojalu adalah sebagai sumber air bersih warga sekitar. Letaknya uga tidak terlalu jauh dari pusat kota. Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah sekitar 30 menit. Tidak hanya keindahan danau yang cukup alami, anda juga bisa melihat fasilitas kolam yang bisa dijadikan tempat untuk berenang.

Berlokasi di Kecamatan Tegalsiwalan, kabupaten Probolinggo. Danau Ronggojalu ini cocok untuk mereka yang ingin berlibur dengan suasana menenangkan.

4. Patung Kuda Cipta Wilaha

Patung Kuda Cipta Wilaha

Lokasi: Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Beejaybakauresort.tumblr.com

Tempat wisata berikutnya adalah tak jauh dari BJBR. Tempat ini terbilang spot foto keren karena ada patung kuda cipta wilaha. Patung kuda terbesar kedua di dunia ini memang memberi pemandangan unik. Anda bisa menaikinya dan berfoto dengan latar pantai utara dan juga hutan bakau yang eksotis.

Lokasinya berada di kawasan wisata BJBR, Mayangan. Banyak wisatawan yang datang dan mengabadikan momen liburan di patung kuda ini

5. Wisata TWSL

Wisata TWSL

Lokasi: Jl. Basuki Rahmad, Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Newstime007.wordpress.com

Apa itu wisata TWSL? Tempat wisata yang satu ini adalah Taman Wisata Study Lingkungan Probolinggo. Anda bisa menikmati wisata alam dan juga mengenalkan bagaimana lingkungan sehat kepada anak. Wisatawan bisa melihat beragam jenis flora dan fauna yang beragam.

Lokasinya ada di Joboan, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan. Ada beberapa spot foto seperti patung yang berbentuk binatang hingga lingkungan yang memang begitu unik untuk dipotret.

6. Gili Ketapang

Gili Ketapang

Lokasi: Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by

Objek wisata berikutnya juga tidak kalah indah. Kondisi alam di kawasan Gili Ketapang memang tak perlu diragukan lagi. Di tempat ini anda bisa melakukan banyak kegiatan seperti kegiatan snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang cukup eksotis.

Gili Ketapang berada di kecamatan Sumberasih, Kabupaten Purbalingga. Anda bisa melakukan camping dan menjelajahi area sekitar menggunakan perahu.

7. Pantai Duta

Pantai Duta

Lokasi: Gilin, Randutatah, Kec. Paiton, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Rimbakita.com

Kali ini beralih ke wisata pantai yang dimiliki Probolinggo. Ada pemandangan sunset yang indah dan terlihat di bagian paling timur Probolinggo. Namanya adalah pantai duta. Tempat ini awalnya memang dipromosikan sebagai mangrove center oleh pemerintah setempat. Keindahan pantai bermula dari beberapa postingan yang ada di sosial media kemudian menjadi viral.

Pantai Duta berada di Randutatah, Kecamatan Paiiton. Bahkan terkadang ada ubur-ubur yang bisa kamu temukan ketika musim pancaroba di tiap tahun.

8. Pelabuhan Tanjung Tembaga

Pelabuhan Tanjung Tembaga

Lokasi: Jl. Tanjung Tembaga Barat, Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Google Maps (Bambang Supriadi)

Suasana pantai dengan begitu sejuk dan menyenangkan bisa anda dapatkan di Pelabuhan Tanjung Tembaga II. Di sini nanti anda bisa meliaht keindahan Gili Ketapang yang ada di seberangnya. Jika beruntung, anda bisa melihat sunset di sore hari.

Pelabuhan Tanjung Tembaga ini berada di Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Anda bsia nongkrong, memancing hingga menyaksikan pembuatan kapal dan menjelajahi hutan mangrove.

9. Taman Maramis

Taman Maramis

Lokasi: Jl. A.A. Maramis No.11, Kanigaran, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Luthfia057.wordpress.com

Yang tidak kalah dengan taman lainnya. Taman Maramis ini bisa anda kunjungi saat liburan. Ada arena bermain anak dan beberapa fasilitas pendukung yang bisa menjadikan liburan makin nyaman. Momen santai di Taman Maramis tentu akan berkesan.

Lokasi taman berada di Jalan A.A Maramis 11, Kanigaran. Taman ini juga sering dimanfaatkan untuk jogging atau menghabiskan waktu sore bersama anggota keluarga lain.

10. Benteng Mayangan

Benteng Mayangan

Lokasi: Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Festivaljalanjalan.com

Benteng mayangan merupakan objek wisata alternatif yang bisa anda kunjungi di Probolinggo. Merupakan bangunan bersejarah peninggalan Inggris dan Belanda serta menjadi saksi dari perjuangan rakyat Probolinggo. Bahkan uniknya, di sekitar Benteng ada kedai kopi yang memiliki spot foto unik.

Benteng Mayangan ini berada di Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Anda bisa menikmati banyak spot keren untuk berfoto selama liburan.

11. Kolam Renang Banyuangga

Kolam Renang Banyuangga

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk, Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Holidayvillapuncak.wordpress.com

Bagi yang ingin menikmati liburan dengan bermain air, anda bisa memilih kolam renang Banyuangga. Bahkan kolam renang ini menjadi yang pertama di Kota Probolinggo. Ada kolam renang anak-anak dan dewasa yang cocok untuk wisata keluarga.

Lokasinya berada di Jalan Hayam Wuruk, Mangunharjo. Kondisi kolam renang yang bersih menjadi salah satu alasan kenapa banyak wisatawan yang datang.

12. Museum Probolinggo

Museum Probolinggo

Lokasi: Jl. Suroyo No.25, Tisnonegaran, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Kekunaan.blogspot.com

Sebagai ikon wisata di Kota Probolinggo, museum ini menyimpan banyak koleksi benda bersejarah yang beragam. Anda bisa mendapat banyak manfaat karena banyaknya wawasan tentang sejarah da budaya di Kota Probolinggo ini. Lokasinya juga tidak terlalu sulit untuk ditemukan.

Berada di Jalan Suroyo, Tisnonegaran, Kanigaran. Anda bisa menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga dan anak-anak karena cocok sebagai tempat wisata edukasi.

13. Kebun Teh Tiris

Kebun Teh Tiris

Lokasi: Pasi, Gelang, Sumberbaru, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Travel.detik.com

Tahukah anda bahwa Tiris ini merupakan salah satu kabupaten dengan penghasil destinasi unggulan? Seperti kebun teh tiris yang juga disebut dengan Kebun Teh Andung Biru. Kebun teh menjadi objek wisata yang menawarkan suasana hijau khas perkebunan teh.

Kebun teh berada di Kecamatan Tiris. Para pengunjung bisa menikmati aroma daun teh yang segar dengan panorama perbukitan hijau yang ada di sekitarnya. Anda juga bisa memetik dan melihat proses pembuatan teh.

14. Pantai Bentar

Pantai Bentar

Lokasi: Jalur Pantura Mayangan, Karang Anyar, Curahsawo, Kec. Gending, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Piknikdong.com

Khususnya warga Jawa Timur yang berada tak jauh dari Probolinggo sepertinya tak asing mendengar nama pantai ini. Hanya berjarak 10 km dari pusat kota Probolinggo, anda bisa mencapai lokasi wisata ini dengan waktu sekitar 25 menit saja. Banyak spot cantik yang bisa anda potret.

Pantai Bentar ini berada di kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Jika beruntung, anda bisa melihat hiu tutul selama 3 hingga 4 bulan.

15. Wisata BJBR

Wisata BJBR

Lokasi: Pelabuhan PPP Mayangan, Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Transprobolinggo.com

Inilah yang juga jadi primadona tempat wisata di Probolinggo. Namanya adalah wisata BJBR yang selain menjadi objek wisata favorit, anda juga bisa menemukan pemandangan yang tak kalah indahnya. Tempat ini juga tak jauh dari kota yang memiliki beragam fasilitas lain.

Wisata BJBR berada di Pelabuhan PPP Mayangan, Kota Probolinggo. Anda bisa menemukan spot foto seperti lorong seribu payung, globe BJBR hingga ikon love.

16. Alun-Alun Probolinggo

Alun-Alun Probolinggo

Lokasi: Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Granitprihara.com

Bersantai menikmati waktu libur dengan keluarga bisa anda lakukan di alun-alun Probolinggo. Terutama bagi mereka yang tak memiliki banyak waktu luang dalam melakukan perjalanan. Alun-alun Probolinggo ini memiliki udara yang sejuk.

Jika anda ingin berkunjung di malam hari, anda bisa menemukan kuliner khas dari tempat ini. Lokasinya berada di Jalan KH. Mas Mansyur,, Mangunharjo.

17. Air Terjun Umbulan

Air Terjun Umbulan

Lokasi: Pantai, Kec. Sukapura, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Air terjun umbulan mungkin tidak seindah air terjun Madakaripura. Tetapi, anda bisa menemukan suasana sejuk di tempat ini. Lokasinya juga tidak jauh dari Madakaripura. Ada suasana yang begitu menenangkan jika anda berkunjung ke tempat wisata tersebut. Jangan lupa untuk menyiapkan kondisi tubuh yang fit terlebih dahulu.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Lokasinya juga sekitar 500 meter dari kantor Kecamatan Sukapura.