18 Tempat Wisata di Purbalingga

18 Tempat Wisata di Purbalingga

Purbalingga memiliki daya tarik yang kuat untuk dikunjungi para wisatawan, berbagai ragam wisata tersaji disini lengkap dengan berbagai fasilitasnya. Namun terlepas dari semua itu, kota ini memang kaya akan destinasi wisata yang menarik mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata buatannya. Tak heran jika Purbalingga memiliki ragam wisata yang lengkap, faktor lainnya yang mendukung hal tersebut adalah karena wilayahnya yang lengkap tempat wisatanya.

Perpaduan kota bersejarah, kekayaan budaya juga kekaya alamnya membuat kota ini sayang untuk dilewatkan oleh Anda yang gemar bertualang atau berwisata. Berikut ini berbagai Tempat Wisata di Purbalingga dan sekitarnya yang bisa menjadi destinasi wisata Anda saat mengunjungi Purbalingga. Beragam potensi wisata dengan berlibur ke Purbalingga dapat membuat waktu libur Anda menjadi lebih berwarna. Banyak tempat wisata yang wajib Anda kunjungi pada tempat ini. Karena lokasinya yang strategis, Purbalingga memiliki potensi yang sangat lengkap, mulai dari pantai hingga cagar budaya.

1. Puncak Sendaren

Puncak Sendaren

Lokasi: Jl. Ardi Lawet, Dusun I, Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Indolah.com

Begitu banyaknya destinasi wisata yang semakin menjamur saat ini, Purbalingga mencoba memperkenalkan salah satu destinasi wisata terbarunya. Bernama Puncak Sendaren, sebuah puncak dengan paduan pemandangan panorama alam yang begitu indah dan cocok untuk foto.

Dengan memiliki keunikan serta tempatnya yang sedikit berbeda dari wisata-wisata puncak yang ada adalah sebuah alasan mengapa Puncak Sendaren ramai sekali. Sengaja spot puncak Senderan didesain sedemikian rupa agar terlihat indah nan cantik ketika dijepret oleh kamera.

2. Puncak Sibarat

Puncak Sibarat

Lokasi: Bawahan, Rembang, Area Hutan, Gunungwuled, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @aam_riyanto

Puncak Sibarat ini berlokasi di Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Purbalingga puncak ini termasuk salah satu dataran tingggi yang cukup terjal. Untuk mencapai puncaknya, kurang lebih membutuhkan waktu 15 menit lamanya ketika sampai di atas, Anda akan disuguhkan pemandangan yang istimewa.

Puncak Sibarat menyuguhkan panorama yang sangat memikat hati cocok sekali buat Anda yang hunting foto saat matahari terbit. Di lokasi ini ada camping ground jembatan untuk selfie yang juga dilengkapi dengan menara 7 meter, serta rumah terbalik dan hutan pinus.

3. Puncak Batur Purbalingga

Puncak Batur Purbalingga

Lokasi: Desa Wisata Panusupan, Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @wonderfulpurbalingga

Puncak Batur Purbalingga adalah salah satu wisata yang populer di Kabupaten Purbalingga yang memiliki ketinggian yang lumayan. Sesampai disana Anda dapat melihat pemandangan yang sangat cantik, udara Batur sangatlah bersih dan sejuk.

Puncak Batur bersebelahan dengan gunung Sumbul, yang bisa Anda lihat dengan jelas ketika berada di Puncak Batur. Ada hal unik yang dapat kalian lakukan setelah puas di puncak, yaitu mencoret sebuah kayu yang ditancapkan di puncak batur.

4. Puncak Igir Wringin

Puncak Igir Wringin

Lokasi: Desa wisata, Bantarbarang, Rajawana, Karangmoncol, Dusun II, Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @toroshun_15

Igir Wringin Merupakan Puncak tertinggi di kawasan wisata Gunung Wringin desa Panusupan, Rembang, Purbalingga yang baru tereksplore. Wisata ini mulai ramai di kalangan anak muda beberapa pekan ini, betapa tidak keindahannya yang mempesona dapat membuat semua kalangan ingin melihatnya dan menikmatinya.

Anda juga tak perlu khawatir karena rasa lelah dan keringat yang bercucuran akan dibayar dengan pemandangan yang menakjubkan dari atas bukit ini. Karena di puncak Igir Wringin kita bisa melihat keindahan pesona kecantikan yang tiada tara di puncak Igir Wringin.

5. Bukit Mertelu

Bukit Mertelu

Lokasi: Sangkanayu, Mrebet, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @gitapradnya

Wisata alam Bukit Mertelu yang ada di Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet, Purbalingga menjadi salah satu destinasi wisata baru yang memiliki spot yang bagus. Pemandangan di bukit Mertelu dapat dilihat 360 derajat atau dapat melihat sisi selatan, barat, utara dan timur yang sangat eksotis.

Bahkan Kota Purwokerto, Kota Purbalingga hingga Gunung Slamet dapat terlihat pemandangan yang sangat indah dari sini saat cuaca cerah. Selain itu kita bisa melepas kepenatan dan lelahnya aktifitas saat berada di Bukit Mertelu Purbalingga.

6. Puncak Telkom Pratin

Puncak Telkom Pratin

Lokasi: Pejagan 1, Kutabawa, Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Tamtamimainsebentar.blogspot.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga terus berbenah untuk meningkatkan daya tarik wisata di daerahnya sehingga lebih maju. Salah satu yang akan dikembangkan, antara lain Puncak Gunung Lompong yang berada di lereng Gunung Slamet Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja.

Puncak Lompong akan kita kembangkan sebagai salah satu obyek wisata alam, edukasi dan wisata keluarga, kawasan yang juga disebut sebagai Puncak Telkom. Menariknya ditempat ini kita bisa melihat matahari tenggelam atau bisa juga melihat matahari terbit tanpa terhalang.

7. Desa Wisata Gunungwuled

Desa Wisata Gunungwuled

Lokasi: Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisbangga.com

Desa Gunungwuled yang ada di Kecamatan Rembang kabupaten Purbalingga ternyata memiliki banyak potensi wisata yang belum terekspos. Namun desa yang berbatasan dengan hutan dan pegunungan, menyimpan beragam potensi keindahan alam yang bisa dikembangkan sebagai tujuan wisata.

Akses menuju Desa Gunungwuled memang belum “istimewa”, bila dibandingkan jalan menuju lokasi wisata lain di Kabupaten Purbalingga. Desa Gunungwuled sebenarnya memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata, sebab banyak objek wisata alam yang layak dijadikan wisata.

8. Lampion Tengah Sawah

Lampion Tengah Sawah

Lokasi: Tanyatan, Gunungwuled, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @dwijuni.26

Lampion tengah sawah ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Gunungwuled Purbalingga yang membuat spot untuk foto jadi cantik. Lampion Tengah Sawah ini memiliki panjang sekitar 80 meter dengan hiasan lampu warna-warni, lampion ini berada di tengah-tengah sawah. Dekorasi berupa jalan di tengah, lalu di kanan dan kiri ada tiang-tiang dari kayu yang masing-masing di kasih satu lampion.

Lampion Tengah Sawah ini cocok untuk dikunjungi di akhir pekan bersama keluarga, bercengkrama melepas lelah, menghilangkan kejenuhan aktifitas. Lokasi Lampion Tengah Sawah tepatnya berada di Dusun Bawahan, Desa wisata Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

9. Bendungan Slinga

Bendungan Slinga

Lokasi: Dusun III, Slinga, Kaligondang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Purbalingganews.net

Bendungan Slinga merupakan infrastruktur jaringan irigasi yang sangat penting untuk mengaliri lahan pertanian di beberapa wilayah di Kabupaten Purbalingga. Bendungan Slinga juga menjadi sarana penting dalam mengurangi dampak banjir yang diakibatkan meluapnya sungai klawing saat musim hujan.

Bendungan Slinga berada di Desa Slinga Kecamatan Kaligondang, Purbalingga dari Kodim 0702 Purbalingga ke arah utara kurang lebih 4 km. Ditempat ini kita bisa melihat keindahan destinasi wisata yang indaah di Bendungan Slinga.

10. Serang Highland

Serang Highland

Lokasi: Krajan, Serang, Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Ksmtour.com

Di beri nama Serang Highland karena wisata yang satu ini terletak di hutan dimana lokasinya berada di atas lokasi pusat Desa Wisata Serang ‘Rest Area Lembah Asri. Berlokasi di Desa Wisata Serang, Karangreja, Purbalingga dimana lokasi ini sangat sering dikunjungi oleh wisatawan karena memang menarik keindahannya.

Lokasi Wisata Serang Highland berlokasi di Desa Serang, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia. Di Serang Highland ini Anda selain bisa mendapatkan pemandangan alam Anda juga bisa berkemah dan bermain billiard disini.

11. Jembatan Cinta Pring Wulung

Jembatan Cinta Pring Wulung

Lokasi: Dusun Tipar, RT.03/RW.04, Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @rizkybenggolo

Objek Wisata di Purbalingga seolah tak ada habisnya dan semakin berkembang ada saja objek wisata baru yang tereksplorasi. Bahkan tidak sedikit objek wisata tersebut adalah hasil dari ciptaan tangan orang-orang yang kreatif.

Objek wisata jembatan di Purbalingga ini dinamakan Jembatan Cinta Pring Wulung karena memiliki bentuk yang menyerupai hati (love) dan terbuat dari bambu pring wulung. Jembatan yang berada ada di tengah-tengah persawahan ini menjadi tempat wajib untuk berfoto jika Anda sedang berada di Desa Panusupan.

12. Agrowisata Lembah Asri

Agrowisata Lembah Asri

Lokasi: Krajan, Serang, Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Pesona.travel

Mengusung konsep agrowisata, Anda bisa menjelajahi serunya memetik buah stroberi menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga.Selain mencoba memetik stroberi langsung dari kebunnya, Anda juga bisa memanen tanaman lain seperti sayur-sayuran yaang tumbuh subur.

Anda bisa mengunjungi perkebunan kubis, sawi, kentang, wortel, cabai, daun bawang, dan masih banyak lagi yang tumbuh di agrowisata Lembah Asri. Agrowisata di Lembah Asri ini juga menawarkan wisata Agro Kids yang khusus untuk rombongan anak maupun grup keluarga.

13. Gunung Slamet

Gunung Slamet

Lokasi: Gunungsari, Pulosari, Kab. Pemalang, Jawa Tengah – Image Credit by Republika.co.id

Posisi Gunung Slamet berada di antara 5 kabupaten di Provinisi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Pemalang. Gunung Slamet termasuk salah satu destinasi pendakian yang cukup populer di kalangan para pendaki untuk memburu keindahan wisata alam.

Posisi Gunung Slamet berada di antara 5 kabupaten di Provinisi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Pemalang. Jika kita mendaki sampai di puncak Gunung Slamet kita akan disuguhkan dengan panorama keindahannya di atas gunung yang indah ini.

14. Bukit Kelir

Bukit Kelir

Lokasi: Siwarak, Karangreja, Dusun II, Siwarak, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @riskakn30

Libur akhir tahun rasanya tidak lengkap jika tidak dimanfaatkan untuk traveling dan akhir pekan identik dengan destinasi yang ramai dengan pengunjung. Namun ada satu spot seru di Provinsi ini yang bernama Lereng Kelir yang dipastikan tidak akan seramai destinasi wisata lainnya. Lereng Kelir berada di Desa Brangkol, Kecamatan Jambu, Ambarawa wisata Lereng Kelir ini masih tergolong baru dan bisa dijamin di akhir tahun mendatang tidak begitu banyak wisatawan yang memadati Lereng ini. Kita bisa menghabiskan waktu bersam dengan keluarga di akhir pekan dan tempat ini bisaa dijadikan refensi liburan wisata alam.

15. Watu Geong

Watu Geong

Lokasi: Gunung Welud, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatapurbalinggauhuy.blogspot.com

Wisata Bukit Watu Geong di Rembang Purbalingga Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Dusun Pasedahan, Desa karangbawang. Ketika Anda mengunjungi tempat ini Anda dapat menikmati panorama indah pada tempat ini.

Jalanan menuju Watu Geong hanya berupa jalan setapak dan sebagian penuh semak belukar dan cocok bagi yang suka berpetualang. Rasa lelah untuk mencapai puncak Watu Geong segera sirna seketika sampai di puncak dan melihat keindahan alam yang di disajikan di puncak Watu Geong.

16. Curug Nini

Curug Nini

Lokasi: Desa Cipaku, Kec. Mrebet, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisbangga.com

Purbalingga merupakan salah satu kota kecil di Jawa Tengah yang selama ini disebut sebagai Negeri Seribu Curug. Bukan tanpa alasan, ternyata hal tersebut memang didasarkan pada kenyataan. Di Purbalingga, banyak sekali destinasi wisata berupa air terjun cantik yang bisa menjadi alternatif liburan seperti curug nini.

Bertempat di dataran rendah membuat tempat ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter saja. Uniknya, di bawah air terjun ada kolam yang cukup lebar dengan air yang sangat jernih, Anda bisa mandi dan berenang sepuas hati. Bisa dibilang, karena memiliki daya tarik yang istimewa dan akses sudah baik, air terjun satu ini cukup banyak dikunjungi saat musim liburan tiba.

17. Curug Tempuran

Curug Tempuran

Lokasi: Jl. Raya Binangun No.18, Pengalusan, Mrebet, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @suryo_mulyo6

Wisata Curug Tempuran di Bojongsari Purbalingga Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari. Wisata Curug Tempuran di Bojongsari Purbalingga adalah tempat wisata alam favorit bagi warga sekitar Purbalingga.

Jika Anda bosan dengan tempat wisata yang sering Anda kunjungi, tidak ada salahnya untuk mencoba destinasi wisata curug Tempuran ini. Karena lokasi di Curug Tempuran ini menawarkan sejuta pesona keindahan alamnya untuk menghilangkan kepenatan.

18. Curug Ciputut

Curug Ciputut

Lokasi: Talagening, Bobotsari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. – Image Credit by Bagi-in.com

Curug Ciputut ini merupakan tempat wisata air terjun yang ada di Purbalingga, jika Anda yang memiliki jiwa petualang Anda bisa berwisata menjelajahi keindahannya. Selain pemandangannya yang begitu indah, untuk menuju ke lokasi ini dibutuhkan kesiapan diri karena medannya yang sulit.

Namun sesampainya menuju lokasi ini bisa terbayarkan dengan keindahan panorama yang sangat luar biasa keindahannya yang ada di Curug Ciputut ini. Dan sesampainya di lokasi ini rasa lelah kita akan terbayarkan karena keindahan Destinasi Wisata di Purbalingga ini.