Jawa Barat

17 Tempat Wisata di Purwakarta

17 Tempat Wisata di Purwakarta

Purwakarta, Jawa Barat sekilas mungkin Anda kurang familiar dengan kota ini. Akan tetapi kota ini menawarkan jumlah destinasi wisata yang tidak kalah keren dari beberapa kota yang ada. Apalagi beberapa waktu belakangan ini kota ini menjadi salah satu daerah yang banyak di perbincangkan karena destinasi wisatanya. Berikut ini beberapa Tempat Wisata di Purwakarta yang bisa Anda kunjungi.

1. Kuya Maranggi Waterpark

Kuya Maranggi Waterpark

Lokasi: Jalur Cikampek – Padalarang, Cibungur, Kec. Bungursari, Kab Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Twitter @amazingpwk

Membahas mengenai destinasi wisata untuk kota Purwakarta kita mulai dari Kuya Maranggi Waterpark. Bisa di katakan setiap waterpark yang ada di setiap kota memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri. Termasuk dalam hal ini adalah yang terdapat di kota Puwakarta ini sendiri.

Nantinya Anda tidak perlu bingung memilih dan menentukan tempat atau destinasi wisata yang akan Anda kungjungi. Terutama jika Anda ingin melakukan liburan bersama dengan keluarga Anda nantinya. Tempat ini bisa jadi salah satu referensi yang wajib Anda kunjungi ketika ingin berleibur dengan keluarga ketika di kota ini nantinya.

2. Curug Cipurut

Curug Cipurut

Lokasi: Babakan, Purwakarta, Wanayasa, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Jatiluhuronline.com

Salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi ketika berada di kota ini adalah curug cipurut. Merupakan sebuah mata air terjun yang berada di Gunung Burangrang, memiliki suasana yagn masih asri. Terutama pada tempat ini masih di kelilingi dengan tumbuhan dan hutan yang masih terawat hingga saat ini.

Sisi positif dari tempat ini adalah warga sekitar yang ada pada tepat tersebut masih menjaga dan merawat dengan baik kondisi alamnya. Sehingga tidak usah kaget nantinya jika Anda akan mendapati beraneka tanaman masih mengelilingi tempat ini. Mengunjungi tempat ini paling tidak menjadi sarana Anda untuk sejenak menghilangkan segala masalah yang Anda alami terutama masalah pekerjaan.

3. Hidden Valley Hills

Hidden Valley Hills

Lokasi: Cibodas, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Hiddenvalleyhills.com

Tempat ini bisa di katakan merupakan destinasi wisata baru menginngat tempat ini baru saja rampung di bangun. Tempat ini memiliki anek fasilitas yang bisa Anda gunakan bersama keluarga. Seperti villa, skypool, serta resort dan yang tidak kalah penting adalah tempat ini memiliki pemandangan yang oke punya.

Mengingat hampir di setiap sudut tempat ini nantinya dapat Anda gunakan sebagai spot foto yang baik. Di jamin Anda tidak akan kecewa saat mempercayakan tempat ini sebagai tujuan untuk menghabiskan waktu Anda nantinya. Apalagi di dukung dengan pemandangan yang indah dan menari yang disediakan maupun yang ada di sekitar tempat ini.

4. Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri

Lokasi: Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Dakatour.com

Satu lagi yang baru dari tempat wisata yang baru saja di buka di kota Purwakarta. Bukit katumbiri atau biasa disebut dengan bukit pelangi telah resmi di buka pada 2018 lalu. Pada tempat ini menyajikan pemandangan dan hamparan hijau yang indah dan menarik.

Beberapa fasilitas yang ada di tempat ini juga turut mmenunjang keindahan dan kenyaman Anda. Beberapa fasilitas tersebut seperti gazebo, jembatan, bahkan rumah pohon juga ada untuk melengakapi kenyamanan Anda. Tak perlu banyak membayangkan segera kunjungi bersama keluarga Anda.

5. Urban Farming Center

Urban Farming Center

Lokasi: Benteng, Kec. Campaka, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @urbanfarmpwk

Urbang Farming Center merupakan salah satu hiburan yang menyenangkan. Di tempat wisata ini terdapat spot foto keren yang bernuansa Eropa. Begitu Anda memasuki pintu gerbang Urban Farming Center Anda akan dimanjakan dengan ornamen-ornamen berkebun yang cantik dan menggemaskan.

Pada tempat ini juga terdapat perkebunan serta nantinya Anda akan mendapatkan ilmu mengenai berkebun. Tentunya tempat ini akan sangat sayang untuk Anda lewatkan terutama jika Anda berkunjung ke kota ini. Jangan lupa berfoto ria yah kawan ketika mengunjungi tempat ini nantinya.

6. Curug Tilu

Curug Tilu

Lokasi: Ciririp, Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Youtube.com

Tepat wisata selanjutnya yang wajib ada kunjungi ketika berada di kota ini adalah Curug Tilu. Tempat ini menjadi salah destinasi yang sangat mengagumkan yang perlu Anda ketahui. Mengingat tempat ini masih sangat alami dan belum tersentuh dengan ulah tangan-tangan kurang bertanggung jawab.

Curug ini berada pada berada pada area pegunungan jadi selain pemandangan yang masih alami dan indah. Anda ketika mengunjungi tempat ini juga akan menikmati pemandangan yang membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Tentunya sangat di rekomendasikan nantinya Anda dapat mengunjungi tempat ini bersama keluarga Anda.

7. Cikao Park

Cikao Park

Lokasi: Jl. Raya Sukatani, Cisalada, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatakaka.com

Tempat ini menjadi salah satu Objek Wisata di Purwakarta yang saat ini tengah naik daun. Mengingat tempat ini selain memiliki desain dan konsep yang menarik serta masih alami membuat banyak orang tertarik berbondong-bondong ke tempat ini. Apalagi beberapa fasilitas yang ada pada tempat ini memiliki konsep edukasi.

Tentunya selain bermain dan berlibur Anda atau anak Anda nantinya mendapatkan sesuatu yang bermanfaat. Akan tetapi sedikit himbauan untuk tidak menuju ke tempat ini pada hari libur. Mengingat ramainya pengunjung yang selalu memadati tempat ini untuk berlibur.

8. Tanjakan Cinta

Tanjakan Cinta

Lokasi: Desa Wanawali, Kec. Cibatu, Keb. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Photographyec.blogspot.com

Bukan hanya Gunung Semeru yang memiliki Tanjakan Cinta, akan tetapi Purwakarta memiliki Tanjakan Cintanya sendiri. Tentunya tidak kalah keren dan menarik serta yang paling penting adalah biaya masuk ke tempat ini hanya sebesar 5000 rupiah. Tentunya tiket murah tersebut tidak sebanding dengan keindahan serta aneka kuliner nikmat yang disediakan di tempat tersebut.

Tentunya kuliner yang di sediakan pada tempat ini memiliki rasa yang nikmat. Serta juga murah dan sangat bersahabat dengan isi kantong kita. Perpaduan kedua hal tersebut membuat tempat ini sangat layak untuk Anda kunjungi.

9. Gunung Lembu

Gunung Lembu

Lokasi: Panyindangan, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Kaskus.co.id

Meskipun tidak terlalu tinggi namun gunung ini menjadi salah satu gunung yang banyak di rekomendasikan bagi Anda penghobi naik gunung. Meskipun tidak terlalu tinggi akan tetapi jalur dari tempat ini memiliki tingkat kesulitannya sendiri. Tentunya semua hal tersebut akan di bayar dengan lunas saat tiba di puncak.

Sangat di rekomendasikan Anda untuk menuju pucak untuk melihat matahari terbit ataupun tenggelam. Mengingat puncak gunung ini menjadi tempat yang sempurna untuk melihat tempat tersebut. Pada puncak gunung ini Anda bisa melihat keindahan pedesaan serta ladang hijau yang membentang luas di bawah.

10. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok

Lokasi: Cisarua, Tegal Waru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Gunung.id

Jangan kaget setelah membaca dan mengenatahui bahwa kota Purwakarta di kelilingi beberapa bukit dan gunung. Hal tersebut menjadi alasan mengapa kota ini memiliki udara yang masih sejuk dan menyenangkan. Salah satu dari gunung tersebut adalah Gunung Bongkok yang terdapat pada kota ini.

Memiliki ketinggian kurang dari 1000 mdpl membuat gunung ata dapat di juga masih di golong kan dalam bukit. Kelebihan dari tempat ini adalah Anda bisa menikmati pemandangan yang indah di setiap tempat yang ada di tempat ini. Apalagi masyarakat sekitar telah menjaga dan merawat tempat ini, jadi ketika Anda berkunjung ke tempa ini jangan kotori yah kawan.

11. Mata Air Cijanun

Mata Air Cijanun

Lokasi: Desa Cipendeuy, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Jika berada pada dataran tinggi maka dapat di pastikan tempat wisata yang ada pada tempat tersebut pastinya. Di dominasi dengan perbukitan, air terjun, serta sumber mata air, tentunya hal tersebut sanagt menyenangkan untuk Anda kunjungi. Air yang berasal langsung dari mata air alami membuat tempat ini memiliki air yang sangat segar.

Serta tidak kalah menarik adalah daerah sekitar tempat ini juga memiliki penmandangan yang tidak kalah menarik. Tentunya wajib Anda mengunjungi tempat ini jika saat ini Anda tengah berada di kota Purwakarta. Atau ingin menikmati sensasi mandi pagi di tempat ini tidaka ada salahnya Anda untuk mencoba.

12. Gunung Parang

Gunung Parang

Lokasi: Sukamulya, Tegal Waru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Kedaipena.com

Beberapa tempat yang bisa Anda jadikan refenrensi untuk mendaki yang berada pada kota Purwakarta. Kebanyakan memiliki ketinggian kurang dari 1000 mdpl, akan tetapi meskipun ketinggian nya tidak seberapa. Medan untuk menuju puncak tempat ini tidak bisa Anda anggap remeh.

Mengingat tempat ini memiliki tanjakan hampir 45 derajat tentunya hal tersebut akan sangat menguras tenaga Anda. Dengan kelandaian lahan tersebut pastinya akan terdapat beberapa tebing curam yang bisa Anda gunakan untuk traveling. Sudah kebayang bukan keseruan menikmati dan mengunjugi tempat ini.

13. Pasir Langlang

Pasir Langlang

Lokasi: Pusakamulya, Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Ksmtour.com

Tempat ini memiliki ciri khas yang bisa di katakan jarang di miliki pada tempat wisata lainnya. Pada tempat ini Anda akan menjumpai hutan pinus serta terdapat beberapa spot yang bisa Anda telusuri. Beberapa spot tersebut antara lain seperti Goa Jepang hingga Curug Pamonanan.

Semua spot tersebut lengkap dan komplit dalam satu tempat wisata yaitu Pasir Langlang Purwakarta. Meskipun di balik kisah indah dan ketenangan yang di sajikan pada tempat ini, tahukah Anda bahwa tempat ini menyimpan kisah kelam. Beberapa puluh tahun yang lalu ketika pada saat itu adalah masa pendudukan Jepang di negeri kita.

14. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa

Lokasi: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Dearvalent.com

Salah satu tempat wisata yang berada di kota Purwakarta yang berada di ketinggian. Pada tempat ini memiliki ketinggian 600 mdpl tentunya memiliki udara yang sejuk dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Tahukah Anda pada tempat ini juga terdapat makam dari RA. Suriawinata yang merupakan Bupati Kawarang ke-9.

Akan tempat tetapi tempat ini bukan tempat untuk berziarah saja yah kawan mengingat pada tempat ini. Terdapat aneka permainan air, serta beberapa fasilitas yang menunjang, dan yang tidak kalah penting adalah ditempat ini Anda dapat melakukan aktifitas memancing ikan yang telah di sediakan untuk Anda dan keluarga.

15. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan

Lokasi: Jalan Wanayasa-Bojong-Sawit Darangdan, Sindangpanon, Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Hargatiketmasuk.info

Tempat ini mejadi salah satu destinasi wisata yang sangat di rekomendasikan untuk Anda. Mengingat pada tempat ini selain memiliki spot foto terbaik Anda juga dapat menikmati dengan kombinasi perkebunan yang bisa Anda dapatkan. Tentunya tempat ini memiliki pesona yang khas perkebunan dataran tinggi.

Pada tempat ini juga telah di desain sedemikian rupa dengan jembatan bambu serta beberapa saung khas daerah Jawa Barat. Semua hal tersebut dapat Anda nikmati bersama dengan keluarga Anda ketika mengunjungi tempat ini. Jika Anda menginginkan lokasi yang tenang dan nyaman untuk menenangkan diri dari tekanan pekerjaan sehari-hari.

16. The Colorville at Alam Sari Wates

The Colorville at Alam Sari Wates

Lokasi: Sawit, Kec. Darangdan, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Thecolorville.com

Tempat ini menjadi salah satu Destinasi Wisata di Purwakarta yang sering kali banyak di perbicangkan. Serta yang penting untuk Anda ketahui tempat ini terdapat banyak fasilitas yang menunjang dan dapat Anda gunakan untuk menikmati. Beberapa fasilitas tersebut seperti flying fox, rumah pohon dan lain sebagainya yang dapat Anda gunakan di tempat ini.

Serta jika Anda mulai gerah tidak ada salahnya untuk mencoba dan berenang di tempat dengan kolam renang yang telah di sediakan. Tempat ini cocok untuk di kunjungi dengan keluarga Anda apalagi tempat ini juga sering di jadikan wisata outbond. Menarik bukan, sudah jangan di bayangkan segera kunjungi dan nikmati bersama keluarga Anda.

17. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur

Lokasi: Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. – Image Credit by Gunadventure.blogspot.com

Tahukah Anda bahwa waduk ini merupakan waduk terbesar yang ada di Indonesia. Tentunya menyebut nama waduk tidak dapat di lepaskan dengan aneka hiburan yang bersentuhan dengan air. Pada tempat ini memiliki pemandangan yang tidak kalah indah di tengah megahnya dan besarnya waduk.

Beberapa fasilitas juga telah di sediakan pada tempat ini berupa romah pohon, gubuk dan lain sebgainya. Agar pada pengunjung dapat menikmati keindahan waduk dengan tenang dan tidak kerepotan mencari tempat berteduh nantinya. Tentunya Anda juga di izinkan untuk melakukan kegiatan memancing di tempat ini yah kawan.