Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Menarik di Purwakarta, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Paling Hits untuk Membuat Liburan lebih Berkesan.

Purwakarta, Jawa Barat sekilas mungkin Anda kurang familiar dengan kota ini. Akan tetapi kota ini menawarkan jumlah destinasi wisata yang tidak kalah keren dari beberapa kota yang ada. Apalagi beberapa waktu belakangan ini kota ini menjadi salah satu daerah yang banyak di perbincangkan karena destinasi wisatanya. Berikut ini beberapa Tempat Wisata di Purwakarta yang bisa Anda kunjungi.

1. Kuya Maranggi Waterpark

Kuya Maranggi Waterpark
Image Credit: Twitter @amazingpwk

Membahas mengenai destinasi wisata untuk kota Purwakarta kita mulai dari Kuya Maranggi Waterpark. Bisa di katakan setiap waterpark yang ada di setiap kota memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri. Termasuk dalam hal ini adalah yang terdapat di kota Puwakarta ini sendiri.

Nantinya Anda tidak perlu bingung memilih dan menentukan tempat atau destinasi wisata yang akan Anda kungjungi. Terutama jika Anda ingin melakukan liburan bersama dengan keluarga Anda nantinya. Tempat ini bisa jadi salah satu referensi yang wajib Anda kunjungi ketika ingin berleibur dengan keluarga ketika di kota ini nantinya.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jalur Cikampek – Padalarang, Cibungur, Kec. Bungursari, Kab Purwakarta, Jawa Barat.

2. Kampung Tajur

Kampung Tajur
Image Credit: Google Maps (Auliya Naimah)

Pedesaan dengan nuansa asri terjaga, merupakan tempat ideal untuk melepaskan penat dari bisingnya area perkotaan. Jika Anda berniat melepaskan penat dan ingin merasakan hidup damai, sepertinya mengunjungi Kampung Tajir di Purwakarta bisa menjadi solusinya. Sejak memasuki kawasan wisatanya, udara segar dan pepohonan rindang tampak menyapa.

Sesekali Anda bisa mendengar suara kicauan burung berhasil memberikan kesan nyaman. Kekayaan alam inilah yang membuat destinasi wisata satu ini selalu menarik dikunjungi, terutama jika hari libur panjang tiba. Selama berada disana, pengunjung bisa menggoreskan kesan dan pengalaman menarik untuk dikenang sepanjang masa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasanggrahan, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

3. Curug Cipurut

Curug Cipurut
Image Credit: Jatiluhuronline.com

Salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi ketika berada di kota ini adalah curug cipurut. Merupakan sebuah mata air terjun yang berada di Gunung Burangrang, memiliki suasana yagn masih asri. Terutama pada tempat ini masih di kelilingi dengan tumbuhan dan hutan yang masih terawat hingga saat ini.

Sisi positif dari tempat ini adalah warga sekitar yang ada pada tepat tersebut masih menjaga dan merawat dengan baik kondisi alamnya. Sehingga tidak usah kaget nantinya jika Anda akan mendapati beraneka tanaman masih mengelilingi tempat ini. Mengunjungi tempat ini paling tidak menjadi sarana Anda untuk sejenak menghilangkan segala masalah yang Anda alami terutama masalah pekerjaan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Subang, Jawa Barat.

4. Desa Sejuta Batu

Desa Sejuta Batu
Image Credit: Google Maps (Panggah Suroyo)

Walaupun diberi nama Desa Sejuta Batu, bukan berarti kawasan wisatanya dipenuhi dengan bebatuan semata. Justru destinasi wisata ini menghadirkan pesona alam asri yang cocok sebagai sarana rekreasi, kuliner, sekaligus edukasi secara bersamaan. Dijuluki sebagai wisata komplit, dimana pengunjung bisa mendapatkan sejuta pengalaman ketika berkunjung kesana.

Lalu darimana nama unsur sejuta batu didapatkan ? Ketika memasuki kawasan wisatanya, Anda bisa melihat aneka macam batuan alam tampak menyatu indah dengan pepohonan rindang di setiap mata memandang. Mulai dari batuan berukuran besar hingga kecil serta memiliki bentuk bervariasi bisa ditemukan disana.

Anda tidak akan pernah bosan mengunjunginya, karena segudang aktivitas seru bisa dilakukan. Mulai dari mencoba wahana permainan penguji adrenalin seperti flying fox, panjat tebing, hingga offroad bisa ditemukan disini. Masih di tempat yang sama, pengunjung bisa mencoba memancing atau bermalam dengan membangun tenda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cipeundeuy, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

5. Hidden Valley Hills

Hidden Valley Hills
Image Credit: Hiddenvalleyhills.com

Tempat ini bisa di katakan merupakan destinasi wisata baru menginngat tempat ini baru saja rampung di bangun. Tempat ini memiliki anek fasilitas yang bisa Anda gunakan bersama keluarga. Seperti villa, skypool, serta resort dan yang tidak kalah penting adalah tempat ini memiliki pemandangan yang oke punya.

Mengingat hampir di setiap sudut tempat ini nantinya dapat Anda gunakan sebagai spot foto yang baik. Di jamin Anda tidak akan kecewa saat mempercayakan tempat ini sebagai tujuan untuk menghabiskan waktu Anda nantinya. Apalagi di dukung dengan pemandangan yang indah dan menari yang disediakan maupun yang ada di sekitar tempat ini.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibodas, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

6. Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga
Image Credit: Google Maps (Ivan Rochendi)

Ketika mendengar kata taman, umumnya Anda akan membayangkan sepetak tanah yang dihiasi rerumputan hijau dan bunga bermekaran sebagai primadonanya. Namun sedikit berbeda dengan Taman Air Mancur Sri Baduga, yang justru menonjolkan keindahan air mancur indah berkat lampu penerangan berwarna warni.

Setiap air mancurnya mengeluarkan warna berbeda yang berhasil memanjakan mata. Lokasi air mancurnya sendiri dikelilingi oleh danau yang tidak kalah indah. Menjelang malam tiba, lokasi wisata semakin ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Selain duduk manis menikmati keindahan air mancurnya, jangan lupa mengabadikan kecantikannya sebagai bukti pernah mengunjunginya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. K.K Singawinata No.73, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

7. Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri
Image Credit: Dakatour.com

Satu lagi yang baru dari tempat wisata yang baru saja di buka di kota Purwakarta. Bukit katumbiri atau biasa disebut dengan bukit pelangi telah resmi di buka pada 2018 lalu. Pada tempat ini menyajikan pemandangan dan hamparan hijau yang indah dan menarik.

Beberapa fasilitas yang ada di tempat ini juga turut mmenunjang keindahan dan kenyaman Anda. Beberapa fasilitas tersebut seperti gazebo, jembatan, bahkan rumah pohon juga ada untuk melengakapi kenyamanan Anda. Tak perlu banyak membayangkan segera kunjungi bersama keluarga Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Katumbiri, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

8. Saung Manglid

Saung Manglid
Image Credit: Google Maps (Jodi Ambony)

Berkunjung ke suatu daerah tentu belum afdol jika belum mencicipi kelezatan kuliner khasnya, begitu pula ketika berkunjung ke Purwakarta. Jika Anda mencari tempat makan yang menyajikan pesona keindahan dalam, maka berkunjung ke Saung Manglid adalah keputusan tepat. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, membuatnya menarik dijadikan tempat singgah.

Mengusung konsep ruang terbuka, sehingga para tamu bisa menikmati sajian kuliner yang dipesan sambil memandang goresan alam di setiap mata memandang. Anda bisa merasakan bak berada di rumah sendiri, sebab ornamen di setiap sudut Saung Manglid terbuat dari kayu yang menambah kesan nyaman. Menyantap kuliner lezat sambil memandang alam adalah pengalaman menarik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parakanceuri, Pusakamulya, Kiarapedes, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab.Purwakarta, Jawa Barat.

9. Urban Farming Center

Urban Farming Center
Image Credit: Instagram @urbanfarmpwk

Urbang Farming Center merupakan salah satu hiburan yang menyenangkan. Di tempat wisata ini terdapat spot foto keren yang bernuansa Eropa. Begitu Anda memasuki pintu gerbang Urban Farming Center Anda akan dimanjakan dengan ornamen-ornamen berkebun yang cantik dan menggemaskan.

Pada tempat ini juga terdapat perkebunan serta nantinya Anda akan mendapatkan ilmu mengenai berkebun. Tentunya tempat ini akan sangat sayang untuk Anda lewatkan terutama jika Anda berkunjung ke kota ini. Jangan lupa berfoto ria yah kawan ketika mengunjungi tempat ini nantinya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Benteng, Kec. Campaka, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

10. Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World
Image Credit: Google Maps (Tambang Raras)

Jatiluhur Water World adalah destinasi wisata ideal dikunjungi bersama dengan keluarga ataupun sahabat tercinta. Setibanya di lokasi wisata, Anda akan dibuat takjub dengan adanya 4 kolam renang dengan ukuran berbeda. Keempat kolam tersebut dikhususkan untuk area berenang santai, kolam khusus anak, serta kolam bagi orang dewasa.

Pihak pengelola melengkapi area kolam renang dengan sejumlah wahana permainan air seru yang tidak boleh dilewatkan. Selagi asyik menikmati keseruan mencoba berbagai wahana airnya, pemandangan alam di sekitarnya berhasil memanjakan mata. Hanya dengan mengunjunginya, dijamin rasa lelah dan suntuk akan luntur seketika.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jatimekar, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

11. Curug Tilu

Curug Tilu
Image Credit: Youtube.com

Tepat wisata selanjutnya yang wajib ada kunjungi ketika berada di kota ini adalah Curug Tilu. Tempat ini menjadi salah destinasi yang sangat mengagumkan yang perlu Anda ketahui. Mengingat tempat ini masih sangat alami dan belum tersentuh dengan ulah tangan-tangan kurang bertanggung jawab.

Curug ini berada pada berada pada area pegunungan jadi selain pemandangan yang masih alami dan indah. Anda ketika mengunjungi tempat ini juga akan menikmati pemandangan yang membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Tentunya sangat di rekomendasikan nantinya Anda dapat mengunjungi tempat ini bersama keluarga Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ciririp, Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

12. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan
Image Credit: Google Maps (Mega Sahara)

Jika Anda mencari destinasi wisata kece dan kekinian, tentu saja Giri Tirta Kahuripan wajib masuk dalam daftar kunjungan. Selama berada disana, wisatawan akan dimanjakan dengan pelayanan memuaskan dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Mulai dari restoran yang menyajikan kuliner lezat, fasilitas hotel, hingga sejumlah wahana outbond tersedia disini.

Sedangkan lokasinya sendiri yang berada di atas ketinggian 500 mdpl, berhasil menyihir wisatawan yang datang. Sebab di setiap mata memandang, terlihat hamparan lautan hijau dari rindangnya dedaunan berhasil menyejukkan indra penglihatan. Sensasi bak berada di negeri atas awan dengan suasana alam sejuk siap menggoreskan kenangan tak terlupa.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Wanayasa RW No, RT.04/RW.13, Taringgul Tonggoh, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

13. Cikao Park

Cikao Park
Image Credit: Wisatakaka.com

Tempat ini menjadi salah satu Objek Wisata di Purwakarta yang saat ini tengah naik daun. Mengingat tempat ini selain memiliki desain dan konsep yang menarik serta masih alami membuat banyak orang tertarik berbondong-bondong ke tempat ini. Apalagi beberapa fasilitas yang ada pada tempat ini memiliki konsep edukasi.

Tentunya selain bermain dan berlibur Anda atau anak Anda nantinya mendapatkan sesuatu yang bermanfaat. Akan tetapi sedikit himbauan untuk tidak menuju ke tempat ini pada hari libur. Mengingat ramainya pengunjung yang selalu memadati tempat ini untuk berlibur.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sukatani, Cisalada, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

14. Tebing Boyer

Tebing Boyer
Image Credit: Google Maps (Una Setiawan)

Tebing Boyer masuk dalam deretan destinasi alam yang tersembunyi, sehingga tidak banyak yang mengetahui lokasinya berada. Di balik sulitnya medan yang harus dilewati, keindahan alamnya berhasil membuat rasa lelah selama perjalanan luntur seketika. Hembusan angin sejuk dan menyegarkan yang berpadu dengan keindahan alam, dijamin tak akan pernah terlupa.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Talun, Desa, Tajursindang, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

15. Tanjakan Cinta

Tanjakan Cinta
Image Credit: Photographyec.blogspot.com

Bukan hanya Gunung Semeru yang memiliki Tanjakan Cinta, akan tetapi Purwakarta memiliki Tanjakan Cintanya sendiri. Tentunya tidak kalah keren dan menarik serta yang paling penting adalah biaya masuk ke tempat ini hanya sebesar 5000 rupiah. Tentunya tiket murah tersebut tidak sebanding dengan keindahan serta aneka kuliner nikmat yang disediakan di tempat tersebut.

Tentunya kuliner yang di sediakan pada tempat ini memiliki rasa yang nikmat. Serta juga murah dan sangat bersahabat dengan isi kantong kita. Perpaduan kedua hal tersebut membuat tempat ini sangat layak untuk Anda kunjungi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Wanawali, Kec. Cibatu, Keb. Purwakarta, Jawa Barat.

16. Parang Gombong

Parang Gombong
Image Credit: Google Maps (Dede Diaz Abdurahman)

Tidak berada jauh dari pusat kota Purwakarta, Anda bisa menemukan destinasi wisata yang menyuguhkan pesona alam indah bernama Parang Gombong. Tempat ini kerap dijadikan sebagai lokasi berkemah bagi mereka yang rindu dengan nuansa alam. Menginap disana akan memberikan pengalaman tak terlupa seumur hidup Anda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kutamanah, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

17. Gunung Lembu

Gunung Lembu
Image Credit: Kaskus.co.id

Meskipun tidak terlalu tinggi namun gunung ini menjadi salah satu gunung yang banyak di rekomendasikan bagi Anda penghobi naik gunung. Meskipun tidak terlalu tinggi akan tetapi jalur dari tempat ini memiliki tingkat kesulitannya sendiri. Tentunya semua hal tersebut akan di bayar dengan lunas saat tiba di puncak.

Sangat di rekomendasikan Anda untuk menuju pucak untuk melihat matahari terbit ataupun tenggelam. Mengingat puncak gunung ini menjadi tempat yang sempurna untuk melihat tempat tersebut. Pada puncak gunung ini Anda bisa melihat keindahan pedesaan serta ladang hijau yang membentang luas di bawah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Panyindangan, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

18. Wanakula Camp

Wanakula Camp
Image Credit: Google Maps (ToBry SKy)

Pernahkah Anda membayangkan keseruan berkemah bersama dengan keluarga tersayang ? Anda bisa mewujudkannya ketika berkunjung ke Wanakula Camp. Lokasinya yang berada di atas ketinggian 700 mdpl berhasil menghadirkan udara sejuk. Sedangkan rindangnya pepohonan dan persawahan, menambah keindahan alam sekitarnya.

Wisatawan bisa merasakan kesan nyaman bak berlibur ke rumah nenek yang ada di kampung. Sebab di area tersebut, Anda bisa melakukan sejumlah aktivitas khas perkemahan bak berada di dalam hutan. Mulai dari bermain air terjun, menikmati musik akustik sambil mengitari api unggun, hingga panen hasil kebun bisa dilakukan.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

19. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok
Image Credit: Gunung.id

Jangan kaget setelah membaca dan mengenatahui bahwa kota Purwakarta di kelilingi beberapa bukit dan gunung. Hal tersebut menjadi alasan mengapa kota ini memiliki udara yang masih sejuk dan menyenangkan. Salah satu dari gunung tersebut adalah Gunung Bongkok yang terdapat pada kota ini.

Memiliki ketinggian kurang dari 1000 mdpl membuat gunung ata dapat di juga masih di golong kan dalam bukit. Kelebihan dari tempat ini adalah Anda bisa menikmati pemandangan yang indah di setiap tempat yang ada di tempat ini. Apalagi masyarakat sekitar telah menjaga dan merawat tempat ini, jadi ketika Anda berkunjung ke tempa ini jangan kotori yah kawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cisarua, Tegal Waru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

20. Sungai Cidomas

Sungai Cidomas
Image Credit: Google Maps (Saepulloh S)

Sungai Cidomas memang tidak terlalu populer seperti destinasi wisata di Purwakarta lainnya. Namun sekalinya sampai di lokasi wisatanya, maka sejak saat itu pula Anda dibuat jatuh hati kepadanya. Berendam di aliran sungainya yang jernih, selalu berhasil melunturkan rasa lelah dari hiruk pikuk perkotaan yang begitu bising.

Suguhkan air yang begitu jernih dan memanjakan mata, berhasil menyihir wisatawan untuk datang berkunjung di kemudian hari. Sedangkan kesejukan udara sekitarnya, didapatkan dari banyaknya pepohonan yang tampak mengelilingi kawasan wisatanya. Belum ramai dikunjungi wisatawan, sehingga bisa dibayangkan betapa nikmatnya bersantai di sana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parakan Garokgek, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

21. Mata Air Cijanun

Mata Air Cijanun
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Jika berada pada dataran tinggi maka dapat di pastikan tempat wisata yang ada pada tempat tersebut pastinya. Di dominasi dengan perbukitan, air terjun, serta sumber mata air, tentunya hal tersebut sanagt menyenangkan untuk Anda kunjungi. Air yang berasal langsung dari mata air alami membuat tempat ini memiliki air yang sangat segar.

Serta tidak kalah menarik adalah daerah sekitar tempat ini juga memiliki penmandangan yang tidak kalah menarik. Tentunya wajib Anda mengunjungi tempat ini jika saat ini Anda tengah berada di kota Purwakarta. Atau ingin menikmati sensasi mandi pagi di tempat ini tidaka ada salahnya Anda untuk mencoba.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Cipendeuy, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

22. Bale Indung Rahayu

Bale Indung Rahayu
Image Credit: Google Maps (ade setiawan)

Bale Indung Rahayu adalah tempat yang cocok bagi mereka yang ingin belajar sejarah, sekaligus menikmati hari liburnya dengan cara unik. Di museum populer ini, wisatawan akan diajak mempelajari proses kelahiran manusia baru serta peran penting ibu ketika merawat sang buah hatinya. Semua informasi tersebut disajikan dalam sentuhan budaya yang justru semakin menarik dilihat.

Selain mempelajari proses kelahiran manusia baru, di tempat ini pula pengunjung dapat menyaksikan perjalanan sang anak untuk tumbuh dan berkembang. Mulai dari permainan yang disukainya, pola hidup, kebutuhan hidup, hingga kematian tersajikan lengkap. Berkunjung ke Bale Indung Rahayu, pandangan terhadap hidup terbuka lebar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gg. Tj. II No.10, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

23. Gunung Parang

Gunung Parang
Image Credit: Kedaipena.com

Beberapa tempat yang bisa Anda jadikan refenrensi untuk mendaki yang berada pada kota Purwakarta. Kebanyakan memiliki ketinggian kurang dari 1000 mdpl, akan tetapi meskipun ketinggian nya tidak seberapa. Medan untuk menuju puncak tempat ini tidak bisa Anda anggap remeh.

Mengingat tempat ini memiliki tanjakan hampir 45 derajat tentunya hal tersebut akan sangat menguras tenaga Anda. Dengan kelandaian lahan tersebut pastinya akan terdapat beberapa tebing curam yang bisa Anda gunakan untuk traveling. Sudah kebayang bukan keseruan menikmati dan mengunjugi tempat ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukamulya, Tegal Waru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

24. Bale Panyawangan Diorama

Bale Panyawangan Diorama
Image Credit: Google Maps (Dien Muhammad Raharjo)

Siapa yang bilang wisata sejarah tidak menarik dikunjungi ? Kemungkinan Anda akan berubah pikiran jika sudah pernah mengunjungi Bale Panyawangan Diorama. Disini pengunjung diajak untuk mempelajari sejarah dengan cara berbeda. Disinilah wisatawan bisa melihat keindahan alam sekaligus belajar sejarah.

Menyusuri jejak sejarah mulai dari zaman purbakala hingga masa kini dengan kemasan apik, membuatnya acara belajar sejarah menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Sedangkan di sisi lain, Adna bisa mengetahui sejarah hingga asal usul Purwakarta dengan lengkap. Sudahkah Anda mengunjungi Bale Panyawangan Diorama ?

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

25. Pasir Langlang

Pasir Langlang
Image Credit: Ksmtour.com

Tempat ini memiliki ciri khas yang bisa di katakan jarang di miliki pada tempat wisata lainnya. Pada tempat ini Anda akan menjumpai hutan pinus serta terdapat beberapa spot yang bisa Anda telusuri. Beberapa spot tersebut antara lain seperti Goa Jepang hingga Curug Pamonanan.

Semua spot tersebut lengkap dan komplit dalam satu tempat wisata yaitu Pasir Langlang Purwakarta. Meskipun di balik kisah indah dan ketenangan yang di sajikan pada tempat ini, tahukah Anda bahwa tempat ini menyimpan kisah kelam. Beberapa puluh tahun yang lalu ketika pada saat itu adalah masa pendudukan Jepang di negeri kita.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pusakamulya, Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

26. Galeri Wayang

Galeri Wayang
Image Credit: Google Maps (Erpan Maulana)

Selain menyimpan segudang wisata alam memukau, Purwakarta juga memiliki Galeri Wayang yang tidak kalah menarik dikunjungi. Meski museum identik dengan barang antik dan kuno, nyatanya kesan tersebut berbanding terbalik ketika mengunjungi Galeri Wayang. Sebab bangunan museumnya menggunakan gaya modern sesuai selera milenial.

Seperti namanya, disini pengunjung bisa melihat koleksi wayang yang didukung dengan pencahayaan dramatis sebagai pelengkapnya. Uniknya museum ini tidak hanya memamerkan wayang khas Jawa Barat semata. Namun ada beberapa wayang khas dari daerah lainnya yang tidak kalah indah untuk dipandang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

27. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa
Image Credit: Dearvalent.com

Salah satu tempat wisata yang berada di kota Purwakarta yang berada di ketinggian. Pada tempat ini memiliki ketinggian 600 mdpl tentunya memiliki udara yang sejuk dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Tahukah Anda pada tempat ini juga terdapat makam dari RA. Suriawinata yang merupakan Bupati Kawarang ke-9.

Akan tempat tetapi tempat ini bukan tempat untuk berziarah saja yah kawan mengingat pada tempat ini. Terdapat aneka permainan air, serta beberapa fasilitas yang menunjang, dan yang tidak kalah penting adalah ditempat ini Anda dapat melakukan aktifitas memancing ikan yang telah di sediakan untuk Anda dan keluarga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

28. Curug Suhada

Curug Suhada
Image Credit: Google Maps (Catur Prihatiningsih)

Curug selalu bisa menghibur jiwa yang lelah dengan hiruk pikuk perkotaan, begitu pula dengan Curug Suhada. Lokasinya berdekatan dengan destinasi wisata air lainnya, sehingga tidak terlalu sulit menemukannya. Curug satu ini menyuguhkan air yang jatuh dari atas ketinggian 7 meter, lalu mendarat di atas batuan besar yang berhasil menciptakan keindahan.

Sedangkan rindangnya pepohonan di sekitar air terjunnya, seakan menambah kesan asri dan menyegarkan dalam satu waktu. Selain menikmati suasana sekitar, jangan lupa mengabadikan momen berlibur sebagai bentuk kenang kenangan. Anda juga diperbolehkan berenang santai sambil menikmati suasana sekitar hingga puas.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sindanglaya, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

29. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan
Image Credit: Hargatiketmasuk.info

Tempat ini mejadi salah satu destinasi wisata yang sangat di rekomendasikan untuk Anda. Mengingat pada tempat ini selain memiliki spot foto terbaik Anda juga dapat menikmati dengan kombinasi perkebunan yang bisa Anda dapatkan. Tentunya tempat ini memiliki pesona yang khas perkebunan dataran tinggi.

Pada tempat ini juga telah di desain sedemikian rupa dengan jembatan bambu serta beberapa saung khas daerah Jawa Barat. Semua hal tersebut dapat Anda nikmati bersama dengan keluarga Anda ketika mengunjungi tempat ini. Jika Anda menginginkan lokasi yang tenang dan nyaman untuk menenangkan diri dari tekanan pekerjaan sehari-hari.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jalan Wanayasa-Bojong-Sawit Darangdan, Sindangpanon, Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

30. Curug Cisomang

Curug Cisomang
Image Credit: Instagram.com @red_one_127

Tidak kalah indah seperti Curug Suhada, kali ini Curug Cisomang yang siap memanjakan mata. Lokasinya berada tepat di bawah jembatan perbatasan Kecamatan Darangdan dan Bandung bagian Barat ini cukup populer dikunjungi meski lokasinya cukup tersembunyi. Hanya saja, wisatawan harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk melihat keindahannya.

Perjuangan selama perjalanan menuju Curug Cisomang akan terbayarkan lunas ketika sudah sampai di lokasi wisatanya. Deruan air yang menghujam bumi berhasil menjadi melodi indah yang selama ini dirindukan. Sedangkan pepohonan rindang di setia mata memandang, akan menjadi pelengkap kecantikan dari Curug Cisomang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Depok, Kec. Darangdan, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

31. The Colorville at Alam Sari Wates

The Colorville at Alam Sari Wates
Image Credit: Thecolorville.com

Tempat ini menjadi salah satu Destinasi Wisata di Purwakarta yang sering kali banyak di perbicangkan. Serta yang penting untuk Anda ketahui tempat ini terdapat banyak fasilitas yang menunjang dan dapat Anda gunakan untuk menikmati. Beberapa fasilitas tersebut seperti flying fox, rumah pohon dan lain sebagainya yang dapat Anda gunakan di tempat ini.

Serta jika Anda mulai gerah tidak ada salahnya untuk mencoba dan berenang di tempat dengan kolam renang yang telah di sediakan. Tempat ini cocok untuk di kunjungi dengan keluarga Anda apalagi tempat ini juga sering di jadikan wisata outbond. Menarik bukan, sudah jangan di bayangkan segera kunjungi dan nikmati bersama keluarga Anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sawit, Kec. Darangdan, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

32. Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta

Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta
Image Credit: Google Maps (Gee Gee)

Bertandang ke Purwakarta, jangan lupa sempatkan singgah di Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta. Tidak hanya menyuguhkan arsitektur stasiun khas bangunan kolonial, namun disini Anda bisa menemukan bangkai kereta api dengan desain instagrammable. Sejumlah kereta api tersebut bisa menjadi latar belakang ciamik untuk menghasilkan jepretan memukau.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

33. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur
Image Credit: Gunadventure.blogspot.com

Tahukah Anda bahwa waduk ini merupakan waduk terbesar yang ada di Indonesia. Tentunya menyebut nama waduk tidak dapat di lepaskan dengan aneka hiburan yang bersentuhan dengan air. Pada tempat ini memiliki pemandangan yang tidak kalah indah di tengah megahnya dan besarnya waduk.

Beberapa fasilitas juga telah di sediakan pada tempat ini berupa romah pohon, gubuk dan lain sebgainya. Agar pada pengunjung dapat menikmati keindahan waduk dengan tenang dan tidak kerepotan mencari tempat berteduh nantinya. Tentunya Anda juga di izinkan untuk melakukan kegiatan memancing di tempat ini yah kawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Waduk Jatiluhur, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

34. Green Valley Waterpark

Green Valley Waterpark
Image Credit: Google Maps (Green Valley Waterpark)

Bosan dengan destinasi wisata biasa ? Cobalah untuk mengunjungi Green Valley Waterpark sebagai alternatifnya. Bukan waterpark biasa, sebab pihak pengelola telah melengkapinya dengan sejumlah wahana permainan seru. Jika tidak ingin bermain basah basahan, tampaknya bersantai di Lazy River menjadi pilihan tepat.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ipik Gandamanah No.41, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

35. Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta
Image Credit: Google Maps (Rita Purnamasari)

Ketika pertama kali mengunjungi Taman Batu Purwakarta, kemungkinan destinasi wisata ini akan mengingatkan Anda dengan Pantai Tanjung Tinggi yang ada di Belitung. Sebab pesona alamnya tidak kalah jauh berbeda atau bahkan hampir serupa. Perbedaan keduanya terletak pada lokasi wisatanya, dimana Taman Batu Purwakarta berada di gugusan Gunung Burangrang.

Sejak pertama kali dibuka, destinasi yang menawarkan pesona alam asri dan memukau ini mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat lokal. Bahkan kecantikannya kini telah tersohor ke seluruh penjuru tanah air. Sehingga tidak perlu heran jika kawasan wisatanya tidak pernah sepi dikunjungi. Suguhkan air jernih yang dihiasi batuan alam raksasa menjadi daya tarik utamanya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cipeundeuy, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.