15 Tempat Wisata di Purwodadi Grobogan yang Paling Hits

Tempat Wisata Purwodadi Grobogan

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Purwodadi Grobogan, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Pas Dijadikan Tujuan Liburan.

Ketika berbicara tentang destinasi wisata yang ada di Grobogan, tentunya Anda langsung mengenali beberapa tujuan yang terkenal, seperti Bledug Kuwu dan Waduk Kedung Ombo yang begitu ikonik. Grobogan juga dikenal karena keindahan alamnya dengan berbagai macam air terjun dan sungai yang memesona.

Selain objek wisata tersebut, daerah yang berada di Purwodadi ini juga memiliki ragam wisata menarik lainnya. Mulai dari wisata alam yang indah, wisata edukasi, dan hiburan dengan konsep kekinian anak muda milenial. Yuk simak lebih lanjut 15 tempat wisata populer yang ada di Purwodadi, Grobogan.

1. Air Terjun Widuri

Air Terjun Widuri

Image Credit: Doelbaca.wordpress.com

Jika Anda menyukai alam bebas dan petualangan, wisata air terjun Widuri menjadi solusi liburan menarik. Letaknya yang cukup tersembunyi, membuat suasana yang masih sangat sejuk dan asri. Debit air yang ada tidak terlalu deras, sehingga membuat suara gemericik air yang begitu menenangkan. Aliran air yang jernih juga akan menggoda siapa pun yang berkunjung untuk menikmati kesegaran alaminya dan berfoto dengan latar air terjun.

Objek wisata indah ini berlokasi di Desa Batur Kecamatan Tawangharjo Purwodadi. Untuk sampai di lokasi, jarak yang ditempuh dari Kota kurang lebih sekitar 21 kilometer. Tak cuma dikenal akan keindahannya, ada juga cerita yang menarik dalam Air Terjun Widuri. Masyarakat lokal menyebutkan bahwa tempat ini adalah lokasi pertemuan antara Jaka Tarub dan Dewi Nawang Wulan.

Karena ada dewi yang datang ke air terjun ini, maka dari itu diberi nama Widuri yang berasal dari kata Widodaren atau bidadari dalam Bahasa Indonesia. Dengan adanya mitos yang berkembang, membuat banyak sekali pengunjung yang datang ke lokasi untuk mengetahui pesonanya. Selain itu, pemandian ini dipercaya oleh warga dapat menyembuhkan penyakit kulit jika mandi dan berendam.

Lokasi: Widuri, Kemaduhbatur, Kec. Tawangharjo, Kab. Grobogan.

2. Gulingan Jungle Park

Gulingan Jungle Park

Image Credit: Instagram.com @dayat5525

Karena letak geografis dari Grobogan adalah lembah yang diapit oleh pegunungan kapur, membuat Kabupaten Grobogan dikenal dengan wisata alamnya. Salah satu yang terkenal dan populer bagi pengunjung adalah Gulingan Jungle Park. Terletak di dataran tinggi, membuat suasananya sangat sejuk dengan udara yang masih bebas polusi. Anda akan dimanjakan dengan panorama yang sangat menakjubkan.

Selain air terjun yang eksotis dan indah, di kawasan wisata ini juga terdapat fasilitas lainnya yang bisa Anda gunakan. Yakni camping ground, rumah pohon, taman bunga, agro wisata dan arena untuk outbond. Tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya saja, Anda juga bisa memilih berbagai fasilitas lengkap yang sangat cocok buat acara rekreasi bersama teman, keluarga dan komunitas.

BACA JUGA:  7 Makanan Khas Karanganyar yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Sedayu, Kec. Grobogan, Kab. Grobogan.

3. Bukit Pandang Jatipohon

Bukit Pandang Jatipohon

Image Credit: Rentalmobilpurwodadi.com

Salah satu bukit wisata Grobogan yang memiliki pemandangan eksotis dengan udara sejuk khas pegunungan adalah Bukit Pandang Jatipohon. Terletak di Lemahabang, Sumber Jatipohon, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, bisa ditempuh hanya 20 menit menggunakan kendaraan bermotor. Cukup dekat dengan pusat Kota Purwodadi sehingga memudahkan akses bagi para wisatawan yang berkunjung.

Selain menawarkan pemandangan dari atas bukit lamping, Anda juga bisa melihat Kota Purwodadi sejauh mata memandang. Anda bisa berswafoto dengan latar belakang panorama yang indah dan menawan seperti berada di atas awan. Momen liburan Anda akan semakin menyenangkan dengan beberapa fasilitas yang tersedia seperti kolam renang, taman bermain, gardu pandang, kolam pemancingan dan area camping.

Lokasi: Lemahabang, Sumber Jatipohon, Kec. Grobogan, Kab. Grobogan.

4. White Canyon (Tugulasi)

White Canyon (Tugulasi)

Image Credit: Wisata.bukaaja.site

Tebing Tugulasi atau yang kerennya disebut dengan White Canyon berada di Desa Mrisi, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Destinasi ini menjadi tempat yang populer bagi para wisatawan yang gemar akan fotografi untuk mengabadikan keindahan lokasi. Memiliki spot sunrise dan sunset yang memukau, membuat kaum muda banyak yang datang hanya untuk sekedar berswafoto dan mengambil gambar.

Untuk harga tiket masuk wisata White Canyon tidak dipungut biaya, karena memang lokasi ini merupakan tempat untuk penambangan baru yang masih aktif. Apabila Anda datang kesini pada siang hari, Anda akan dihadapkan dengan debu dari aktivitas penambangan di lokasi tersebut. Maka dari itu yang bisa Anda lakukan di sini adalah mengambil foto yang banyak baik pemandangan maupun potret yang memukau.

Lokasi: Mrisi, Kec. Tanggungharjo, Kab. Grobogan.

5. Sendang Keongan

Sendang Keongan

Image Credit: Sendang-keongan.business.site

Objek Wisata Sendang Keongan yang terletak di tepi hutan Pegunungan Kendeng Utara menyajikan keindahan alam yang memesona. Karena lokasi wilayahnya 90% adalah perbukitan, tak heran jika lokasi ini kaya akan nuansa mistisnya.

Terlepas dari kesan mistisnya, Sendang Keongan menjadi salah satu tujuan wisata yang hits untuk dikunjungi ketika liburan. Baik bersama keluarga, teman, maupun komunitas.

Lokasi: Penganten, Kec. Klambu, Kab. Grobogan.

6. Kedung Kempul

Kedung Kempul

Image Credit: Instagram.com @yuan_aji

Destinasi yang paling hits selanjutnya adalah Kedung Kempul. Tempat ini merupakan aliran air yang berbentuk seperti anak tangga. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri yang disuguhkan. Derasnya aliran yang mengalir membuat pengunjung betah menghabiskan waktunya di sini.

Tak jarang banyak dari mereka yang berdatangan secara berkelompok untuk menikmati potensi wisata yang dikenal mulai tahun 2015 silam.

Lokasi: Sedayu, Kec. Grobogan, Kab. Grobogan.

7. Kalibiru Grobogan

Kalibiru Grobogan

Image Credit: Ihategreenjello.com

Jika Kalibiru yang ada di Jogja berupa wisata bukit yang menawan, berbeda halnya dengan Kalibiru yang ada di Grobogan. Wisata yang terletak di Desa Pandanharum, Kecamatan Gabung, Kabupaten Grobogan Jawa Tengah ini menyajikan pesona keindahan sendang bernuansa biru yang begitu eksotis. Keindahan airnya bisa memberikan sensasi yang berbeda jika menghabiskan liburan di tempat ini.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Magelang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Wisata Kalibiru merupakan sebuah telaga atau sendang yang berisi air jernih. Masyarakat setempat sering menyebutnya kali atau sungai pada tempat ini, karena bentuknya memanjang mirip sungai. Dinamakan air kali biru karena warnanya berbeda dengan sungai pada umumnya, yakni berwarna biru langit. Dengan kedalaman air sekitar dua hingga tiga meter saja, Anda bisa bermain dan berenang sepuasnya untuk merasakan kesegaran alami dari airnya.

Lokasi: Juron, Pandanharum, Kec. Gabus, Kab. Grobogan.

8. Master Park Purwodadi

Master Park Purwodadi

Image Credit: Tempatwisatadaerah.com

Destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Master Park Purwodadi. Resmi dibuka pada bulan April 2016 lalu, Master Waterpark menghadirkan konsep liburan yang seru dengan fasilitas dan wahana permainan yang lengkap. Dengan luas lahan sekitar 4 hektar, wisata ini berada dalam satu kawasan dengan restoran, bioskop 3D dan permainan simulasi pesawat. Tersedia juga kolam untuk balita, anak dan kolam dewasa.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Kuripan, Kec. Purwodadi, Kab. Grobogan.

9. Kedung Tlawah

Kedung Tlawah

Image Credit: Wisata.bukaaja.site

Kedung Tlawah berada dalam satu aliran yang sama dengan Kedung Kempul. Jarak antara kedua lokasi wisata tersebut hanyalah 2,5 meter saja. Jika ingin melihat derasnya aliran air dengan bebatuan bertangga, Anda bisa menuju Kedung Kempul. Sedangkan jika Anda memilih menikmati aliran air yang biasa dengan kolam luas, Kedung Tlawah jawabannya. Kolam yang ada di Kedung Tlawah cukup luas dengan kedalaman dua hingga tiga meter.

Lokasi: Sedayu, Kec. Grobogan, Kab. Grobogan.

10. Desa Wisata Banjarejo

Desa Wisata Banjarejo

Image Credit: Kompasiana.com

Secara sekilas Desa Wisata Banjarejo Grobogan, Jawa Tengah, berpenampilan seperti desa pada umumnya. Hamparan sawah yang luas di kanan dan kiri desa, menjadi pemandangan yang cenderung biasa saja. Namun, namanya begitu ramai diperbincangkan pasalnya di desa ini telah ditemukan fosil binatang yang diperkirakan berasal dari jutaan tahun yang lalu. Terdapat banyak sekali patahan tulang hewan purbakala dari 15 jenis hewan.

Desa ini menggabungkan konsep wisata alam dan edukasi yang menarik. Hasil dari penemuan fosil di Desa Banjarejo disimpan di museum mini yang bernama Rumah fosil. Jadi wisatawan bisa melihat ratusan temuan fosil hewan purba seperti kepala kerbau, kerang, gading gajah, tengkorak buaya, dll . Ada juga benda peninggalan zaman megalitikum dan Kerajaan Medang Kamulan pada masa lalu. Menariknya lagi, di desa Banjarejo ada spot Taman Ganesha Tidur.

Lokasi: Ngrunut, Banjarejo, Kec. Gabus, Kab. Grobogan.

11. Puncak Pelangi Gunung Ulo

Puncak Pelangi Gunung Ulo

Image Credit: Tempatwisatadaerah.com

Destinasi wisata bukit yang hits selanjutnya di Grobogan adalah Puncak Pelangi Gunung Ulo. Wisata ini menjadi tempat yang menarik bagi penggemar petualangan. Pasalnya, segala suguhan alam tersedia di tempat ini. Tentunya sangat pas sekali apabila puncak ini menjadi tempat untuk merelaksasikan diri, terutama untuk Anda yang setiap harinya hanya sibuk dengan suasana perkotaan

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Pati yang Wajib Anda Bawa Pulang

Maka dari itu, tak ada salahnya jika sesekali melepaskan penat atau bosan dengan menjelajah alam hingga ke Puncak Pelangi Gunung Ulo. Bukan hanya menyuguhkan panorama alam yang indah saja, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang lumayan lengkap seperti spot foto, hammock, peralatan safety untuk climbing, dan camping ground.

Lokasi: Blimbing, Dokoro, Kec. Wirosari, Kab. Grobogan.

12. Taman Wisata Pungkruk

Taman Wisata Pungkruk

Image Credit: Facebook.com @taman pungkruk gunung wulan kedungjati

Salah satu tempat wisata alam di Grobogan yang sesuai untuk acara piknik di waktu senggang adalah Taman Wisata Pungkruk. Di lokasi ini kamu akan disuguhkan dan dimanjakan dengan panorama alam yang begitu sejuk dan asri dan enak dipandang. Lokasi ini juga sangat cocok untuk acara outbond. Selain itu, ada juga beberapa spot yang cocok untuk berfoto dengan latar yang menakjubkan.

Lokasi: Kedungjati, Kec. Kedungjati, Kab. Grobogan.

13. Wisata Alam Cindelaras

Image Credit: Wisata-grobogan.com

Tempat wisata yang berada di kawasan hutan pohon kayu putih ini, menawarkan sensasi liburan yang keren dan asyik. Dengan ragam fasilitas di dalamnya, Anda tidak akan bosan saat berlibur ke tempat ini. Selain camping ground yang tersedia, di kawasan Wisata Alam Cindelaras juga terdapat spot berswafoto yang instagramable, wahana permainan seperti treetop dan foodcourt untuk membuat liburan makin lengkap.

Lokasi: Bandungharjo, Kec. Toroh, Kab. Grobogan.

14. Water N Snow Gubug

Water N Snow Gubug

Image Credit: Kursusrenangsemarangmurvita.blogspot.com

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Water N Snow Gubug. Berada di lokasi yang cukup strategis, tempat ini bisa menjadi destinasi yang sangat seru di akhir pekan. Terdapat empat kolam renang yang tersedia, yakni kolam renang dewasa dan anak dengan ketinggian yang berbeda. Tidak hanya itu saja, wahana permainan seperti area salju menjadi salah satu lokasi favorit yang banyak diminati.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.44, Pilang Kidul, Gubug, Kec. Gubug, Kab. Grobogan.

15. De Bale Cingkrong

De Bale Cingkrong

Image Credit: Radarkudus.jawapos.com

Destinasi wisata terbaru ini berada di belakang Balai Desa Cingkrong yang memanfaatkan lahan kosong untuk pembuatan kolam. Jika sebelumnya digunakan untuk kolam pemancingan saja, saat ini terdapat beberapa fasilitas menarik seperti rakit dan bebek kayuh yang bisa digunakan untuk berkeliling di sekitar kolam. Selain itu juga ada tempat untuk belajar membatik dan area outbond.

Lokasi: Jl. Desa Cingkrong, Krajan, Cingkrong, Kec. Purwodadi, Kab. Grobogan.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang paling populer di Purwodadi Grobogan yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari wisata alam yang indah, wisata edukasi dengan hiburan yang menarik, hingga wisata alam dengan konsep yang hits bisa ditemukan di kota tersebut. Dengan keindahan alam yang ada, membuat banyak spot foto yang bisa Anda ambil saat berkunjung di wisata Grobogan Jawa Tengah.