15 Tempat Wisata di Rangkasbitung Lebak Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Rangkasbitung Lebak

Jika Berencana Liburan ke Lebak, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Rangkasbitung, Paser (Banten). Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi.

Menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga atau orang tersayang memang momen yang sangat berharga. Untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga Anda bisa mengunjungi Kabupaten Rangkasbitung Lebak yang memiliki wisata tersembunyi yang mempesona.

Mendengar nama Rangkasbitung mungkin masih sangat asing bagi beberapa orang. Rangkasbitung sendiri adalah ibukota dari Kabupaten Lebak yang berada di Provinsi Banten. Meskipun masih terdengar asing, namun Rangkasbitung Lebak memiliki sejuta pesona serta keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bahkan banyak sekali surga tersembunyi dan spot spot yang menarik di wilayah tersebut. Yuk intip 15 tempat wisata di Rangkasbitung Lebak yang terhits dan populer berikut.

1. Curug Sata

Curug Sata

Image Credit: Wisatalengkap.com

Jika Anda ingin berwisata di tempat yang masih asri, maka Curug Sata bisa menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Air terjun Curug Sata adalah air terjun yang masih sangat alami dan belum banyak ditemukan sampah. Tak hanya air terjunnya yang indah, kawasan ini memiliki suasana yang masih sejuk karena di kelilingi oleh hutan hijau yang rindang.

Perpaduan keindahan alam seperti ini tentu bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda untuk bersantai dan melepas penat.

Lokasi: Cimanyangray, Kec. Gunung kencana, Kab. Lebak.

2. Gua Maria Bukit Kanada

Image Credit: Ndereksangdewimaria.blogspot.com

Berada jauh dari keramaian kota, Gua Maria Kanada menyediakan tempat beribadah yang teduh dan hening. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk dijadikan orang orang yang ingin mencari suasana yang tenang. Goa ini biasanya digunakan untuk melakukan peribadatan agama Khatolik di berbagai daerah, sehingga Anda akan melihat banyak sekali pengunjung yang berziarah dan berdoa di goa tersebut.

Gua Maria ini terbuka selama 24 jam dan selalu ramai dikunjungi di akhir pekan bersama dengan keluarga baik muda maupun lansia. Selain bertujuan ziarah dan berdoa, destinasi wisata religi ini juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menepi dari keramaian kota atau sekedar ingin bersantai. Pasalnya banyak sekali gazebo yang ada di lokasi tersebut ditambah rimbunya daun pohon yang lebat.

Lokasi: Jatimulya, Kec. Rangkasbitung, Kab. Lebak.

3. Pantai Karang Bokor

Pantai Karang Bokor

Image Credit: Dispar.lebakkab.go.id

Pantai Karang Bokor adalah salah satu pantai di Kabupaten Lebak yang memiliki panorama alam yang sangat luar biasa indah. Saat tiba di pantai ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang biru dan ombak yang menderu. Ditambah akan ada karang besar yang berdiri kokoh di tengah laut. Karang ini juga menjadi ikon pantai Karang Bokor sehingga banyak wisatawan yang ingin menyaksikan karang besar tersebut.

Saat air laut sedang pasang tinggi, biasanya karang tersebut akan terhempas oleh ombak sehingga akan menimbulkan suara yang menggelegar. Momen seperti inilah yang sangat dinanti oleh para wisatawan, karena bisa menyaksikan secara dahsyat ombak di Pantai Karang Bokor. Para wisatawan yang berkunjung akan memiliki pengalaman yang berbeda dan ingin kembali lagi ke Pantai Karang Bokor ini.

BACA JUGA:  26 Minuman & Makanan Khas Tangerang yang Populer

Lokasi: Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

4. Pantai Pasir Putih Sawarna

Pantai Pasir Putih Sawarna

Image Credit: Sawarna.net

Pantai yang terkenal karena memiliki ombak yang unik adalah Pantai Pasir Putih Berwarna. Di bagian pesisir pantai ini Anda akan melihat bentangan pasir putih yang sangat memukau. Tekstur pasir putih ini memang sangat halus dan lembut sehingga akan memberikan sensasi dingin saat bersentuhan dengan kaki anda.

Namun semakin ke pesisir pantai maka pasirnya akan berubah menjadi lebih keras dan warnanya menjadi kehitaman.

Lokasi: Jl. Raya Sawarna Bayah No.Km. 12 No.1, Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

5. Agrowisata Kebun Teh Cikuya

Agrowisata Kebun Teh Cikuya

Image Credit: Satubanten.com

Memiliki luas area kebun sekitar 12 hektar, area kebun teh Cikuya memiliki keindahan alam yang rapi dan suasana khas pegunungan yang sangat sejuk. Keindahan kebun teh ini memang tidak jauh berbeda dengan kebun teh lainnya.

Namun jika menaiki kawasan kebun teh ini, maka Anda akan menyaksikan keindahan pantai di kawasan Lebak Selatan yang sangat mempesona. Anda juga bisa berkunjung ke pengolahan pabrik teh untuk meihat proses pengolahan daun teh.

Lokasi: Hegarmanah, Kec. Cibeber, Kab. Lebak.

6. Curug Kanteh

Curug Kanteh

Image Credit: Brisik.id

Objek wisata air tejun yang ada di Lebak dan wajib dikunjungi adalah Curug Kanteh. Dimana area curug ini memiliki lokasi yang masih sangat sulit dijangkau karena Anda harus melewati tengah hutan. Medan yang berat ini akan terbayar jika Anda sudah sampai di kawasan air terjun yang memiliki pemandangan alam yang alami dan asri.

Air terjun di Curuh kenteh ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter sehingga memiliki daya tarik yang dapat memanjakan mata pengunjung.

Lokasi: Cikatomas, Kec. Cilograng, Kec. Lebak.

7. Curug Cihear

Curug Cihear

Image Credit: Topmedia.co.id

Selain Curug Kanteh, di kawasan Rengkasbitung juga terdapat Curug Cihear yang berada di pedalaman. Tak heran jika ingin menuju ke lokasi ini, Anda akan melewati medan yang sulit dan membutuhkan perjuangan. Anda harus melewati jalanan yang berbatu dan membuat Anda merasa lelah. Namun jika Anda sudah sampai di area air terjun maka rasa lelah akan terbayarkan.

Pasalnya air terjun ini memiliki pesona yang berbeda dengan curug lain di Kabupaten Rengkasbitung Lebak. Curug Cihear memiliki tinggi kurang lebih 28 meter dan lebar 6 meter sehingga mampu melepaskan penat dan rasa lelah karena berjalan. Lokasi curug ini sebenarnya ada di Gunung Leutik atau berada di kawasan Gunung Halimun Salak. Tak heran jika air terjun ini memiliki suasana yang masih asri dan air yang sangat sejuk.

Lokasi: Lebaksitu, Kec. Lebakgedong, Kab. Lebak.

BACA JUGA:  10 Taman di Tangerang yang Cocok untuk Refreshing

8. Wisata Air Panas Senang hati

Wisata Air Panas Senang hati

Image Credit: Bantennews.co.id

Jika Anda bosan untuk berkunjung ke tempat yang sejuk atau dingin, maka Anda juga bisa mengunjungi wisata air panas yang ada di Kabupaten Lebak ini. Wisata Air Panas Senanghati memang belum banyak dikenal oleh para wisatawan luar wilayah Lebak.

Meskipun begitu Anda wajib untuk mengunjungi tempat wisata ini yang memiliki sumber air panas dari Citando. Rasa panas yang akan membuat tubuh dan pikiran Anda semakin rileks.

Lokasi: Jl. Raya Rangkasbitung-Bogor Km. 37, Jl. Nasional 1, RW.1, Kec. Cipanas, Kab. Lebak.

9. Situ Palayangan

Situ Palayangan

Image Credit: Ihategreenjello.com

Tempat wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan jika mengunjungi Kabupaten Rangkasbitung Lebak adalah Situ Palayangan. Wisata berupa danau ini sangat populer di kalangan masyarakat lokal karena memiliki keindahan alam yang sangat indah di sekitar danau. Untuk menuju ke lokasi wisata ini Anda harus melakukan perjalanan kurang lebih selama dua kilometer saja.

Anda juga bisa berkunjung ke Suku Baduy yang merupakan suku khas dari Provinsi Banten ini. Situ Palayangan sendiri memiliki fungsi untuk irigasi persawahan di daerah sekitar. Anda bisa bersantai sejenak sambil menikmati danau yang tenang bersama dengan orang tersayang. Selain itu di seberang danau terdapat pulau kecil yang sangat menawan jika dilihat dari seberang danau.

Lokasi: Pelayangan, Marga Jaya, Kec. Cimarga, Kab. Lebak.

10. Gua Seribu Candi

Gua Seribu Candi

Image Credit: Ihategreenjello.com

Tempat wisata Gua Seribu Candi dijamin akan membuat Anda memperoleh pengalaman treveller yang luar biasa. Obyek yang berada di Sawarna ini memiliki bentuk gua slagtit yang begitu indah dan unik. Slagtit di guan ini memang terlihat unik dan sekilas mirip dengan stupa di Candi Borobudur. Saat Anda memasuki area gua maka Anda akan bisa merasakan sensasi dingin dari tetesan air yang jatuh dari bagian atas gua.

Anda bisa berjalan menyusuri gua sejauh 50 meter dari mulut gua Seribu Candi. Sebab semakin ke dalam maka gua akan semakin menyempit dan bisa membahayakan bagi pengunjung. Namun Anda pasti akan langsung terpesona dengan stalagmite yang berbentuk secara alami dari tetesan air di dalam gua sejak ribuan tahun yang lalu. Para wisatawan akan merasa puas jika sudah menyaksikan keindahan tersembunyi dari Gua Seribu Candi ini.

Lokasi: Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

11. Situs Cibedug

Situs Cibedug

Image Credit: Ahmadsamantho.wordpress.com

Tak hanya wisata alamnya yang sangat cantik, Kabupaten Rengkasbitung Lebak ini juga memiliki wisata sejarah. Objek wisata situs Cibedug adalah kampung yang terkenal dengan sisa peninggalan zaman megalatik.

Peninggalan ini berbentuk seperti punden berundak dan menhir pada sebuah kompleks. Setidaknya ada sembilan teras dari susunan yang memiliki bentuk lonjong seperti menhir.

Lokasi: Citorek Barat, Kec. Cibeber, Kab. Lebak.

12. Wisata Kampung Baduy

Wisata Kampung Baduy

Image Credit: Travel.kompas.com

Suku Baduy merupakan sebuah suku yang hidup secara terisolir dari ramainya dunia luar. Anda bisa berkunjung ke Wisata Kampung Baduy yang terisolir tersebut dan mempelajari budaya yang dimilikinya. Banyak sekali wisatawan yang ingin datang berkunjung ke kampung ini. Suku ini masih memegang teguh adat dan budaya hingga hari ini dan tidak terpengaruh dengan budaya dari luar.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Cilegon Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika Anda berkunjung ke kampung ini, Anda akan melihat bangunan rumah Suku Baduy yang khas dan berbeda dari rumah pada umumnya. Selain itu jangan heran jika Anda tidak akan menemukan aliran listrik di kampung ini. Namun Anda akan merasakan interaksi yang berbeda dengan masyarakat Baduy asli dan belajar lebih banyak bagaimana kehidupan suku tersebut. Apabila Anda berkunjung maka Anda harus mematuhi aturan dan menjauhi pantangan.

Lokasi: Desa Kanekes, Kec. Leuwidamar, Kab. Lebak.

13. Curug Kumpay

Image Credit: Redaksi24.com

Tempat wisata di Rengkasbitung ini memiliki cerita misterius yang membuat para wisatawan semakin penasaran. Agar Anda tidak tersesat, Anda harus menggunakan jasa pemandu wisata untuk sampai dengan selamat di curug tersebut. Lokasi curug ini tidak hanya tersembunyi tapi juga sangat sakral pada saat saat tertentu. Pasalnya loksi Curug Kumpay seringkali dijadikan sebagai lokasi ritual.

Untuk sampai di lokasi, maka Anda harus menemukan turunan berbatu yang sangat curam. Selama perjalanan Anda akan bisa menyaksikan hamparan bukit hijau dan sawah yang terbentang sangat luas. Curug yang memiliki tinggi kurang lebih 20 meter ini memang akan membuat siapa saja lupa dengan rute perjalanan yang sangat melelahkan. Selain memiliki air terjun yang sangat segar, curug ini juga masih terjaga kebersihannya.

Lokasi: Desa Maraya, Kec. Sajira, Kab. Lebak.

14. Wisata Seni Batik Khas Lebak

Wisata Seni Batik Khas Lebak

Image Credit: Ihategreenjello.com

Kerajinan khas Indonesia yang sudah diakui hingga mancanegara adalah batik. Tak hanya wilayah jawa saja yang memiliki ciri khas batik, namun Lebak pun memiliki corak batik yang berbeda. Jika Anda ingin memiliki pengalaman liburan yang mengesankan, Anda bisa berkunjung ke Wisata Seni Batik Khas Lebak.

Di wisata seni ini Anda akan mengetahui 12 jenis motif dari batik khas Lebak yang unik dan proses pembuatan batik yang membutuhkan waktu tidak sebentar.

Lokasi: Desa Bojongleles, Kec. Cibadak, Kab. Lebak.

15. Pantai Goa Langir Sawarna

Image Credit: Ksmtour.com

Lokasi pantai yang berada kurang lebih 2 kilometer dari keramaian ini memang merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur. Saat tiba di Pantai Goa Langir Sawarna maka Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih yang membentang.

Terdapat pula gerbang sederhana yang akan menyambut Anda di pintu masuk pantai ini. Angin yang sejuk dipadu dengan birunya laut akan menjadi perpaduan yang sangat indah.

Lokasi: Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Rengkasbitung, Kabupaten Lebak yang mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung. Anda bisa mencoba beberapa wisata alam seperti curug atau pantai yang memiliki panorama yang luar biasa indah. Selain itu liburan Anda juga akan berbeda jika Anda berkunjung ke Suku Baduy atau Wisata Seni Batik. Yuk segera agendakan liburan Anda ke Kabupaten Rengkasbitung Lebak.