15 Tempat Wisata di Sampang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Sampang

Temukan Pilihan Tempat Wisata Terbaik di Sampang Madura, Jawa Timur. Objek Wisata Terbaru, Populer & Paling Hits Dikunjungi untuk Liburan dan Akhir Pekan yang Menyenangkan.

Pulau Madura memiliki empat wilayah kabupaten yang potensial dan sangat menarik, salah satunya Sampang. Daerah ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik anda kunjungi, mulai dari pantai, gunung, wisata religi, hingga sejarah. Tak hanya memiliki wisata yang menarik, Sampang juga menyimpan kekayaan flora dan fauna endemic yang cukup langka.

Berminat mengunjungi Sampang Madura? Berikut beberapa tempat wisata populer yang bisa Anda pilih saat berlibur bersama orang tercinta.

1. Pulau Mandangin

Pulau Mandangin

Image Credit: Twitter.com  @barbxiao98

Menurut cerita yang beredar pulau ini memiliki sejarah yang cukup kelam. Sebelum diubah menjadi destinasi wisata, Pulau Mandangin dipakai sebagai tempat pengasingan. Tempat ini dipakai untuk mengasingkan mereka yang terkena penyakit lepra yang cukup mematikan. Akan tetapi, kisah itu telah selesai dan keamanan pulau sangat terjamin.

Setelah direlokasi menjadi destinasi wisata, pulau ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Daya tarik yang membuat banyak orang ingin berkunjung, yaitu air laut yang berwarna biru dan sangat jernih. Kekayaan biota laut akan tampak dari permukaan karena airnya sangat bening. Selain itu, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut sehingga nyaman di kaki anda.

Lokasi pantai ini terpisah dari Pulau Madura, sehingga para wisatawan harus menempuh jalan yang cukup jauh. Anda harus menyeberang laut dari Pelabuhan Tangklok memakai kapal dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. perkiraan waktu ini saat kondisi cuaca bersahabat dan aman untuk melakukan penyeberangan.

Lokasi: Pulau Mandangin, Kec. Sampang, Kab. Sampang.

2. Pantai Camplong

Pantai Camplong

Image Credit: Detik.com

Bagi wisatawan yang ingin menjajal suasana makan malam romantis yang berbeda, maka pantai satu ini jadi pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, pengelola pantai telah menyediakan rumah makan yang menjorok ke perairan pantai. Dengan begitu, anda bisa menikmati makan malam yang lezat sambil melihat pemandangan sunset yang luar biasa.

Tak hanya makan malam romantis, anda juga bisa menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri. Bibir Pantai Camplong juga dihiasi pohon cemara yang sangat rimbun, sehingga memberikan suasana teduh untuk para wisatawan. Keindahan pantai satu ini bisa anda nikmati selama 24 jam non stop, sehingga membuat liburan anda terasa semakin berkesan.

Lokasi: Jl. Raya Camplong No.153, Sorogan, Kec. Camplong, Kab. Sampang.

3. Waduk Klampis

Waduk Klampis

Image Credit: Instagram.com @from_arya_with_love

Diklaim sebagai waduk satu satunya di Pulau Madura, Waduk Klampis menjadi jantung kehidupan masyarakat sekitar. Waduk ini difungsikan sebagai pemasok air ke rumah warga sekitar dan irigasi persawahan. Selain memiliki fungsi vital, waduk ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata dan tempat nongkrong oleh beberapa anak muda di Sampang.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bangkalan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata ini, yaitu di sore hari sembari menunggu matahari terbenam. Anda bisa sekadar duduk duduk di tepi waduk bersama teman atau memancing ikan di areal ini. Selain itu, para pengunjung juga bisa menyewa perahu yang telah disediakan masyarakat sekitar untuk berkeliling areal waduk.

Lokasi: Jl. Kh. Asyhary Sorogan, Dalbadung, Kramat, Kec. Kedungdung, Kab. Sampang.

4. Makam Ratu Ibu

Makam Ratu Ibu

Image Credit: Facebook.com @941salsabilafm

Ingin menjajal destinasi wisata yang berbeda? Anda bisa mencoba berkunjung ke Makam Ratu Ibu atau yang dikenal dengan Kuburan Madegan. Lokasi ini dipatenkan sebagai wisata sejarah dan sekaligus religi karena anda dapat berziarah ke tempat ini. Makam ini juga menyimpan cerita sejarah Kabupaten Sampang beserta orang orang yang dimakamkan di sini.

Makam yang beralih sebagai destinasi wisata ini dikhususkan para Bangsawan di Sampang. Selain itu, mereka yang dapat dimakamkan di sini telah memiliki jasa yang besar untuk kemajuan Sampang. Oleh sebab itu, kawasan ini masih dijaga untuk menghormati mereka yang telah beristirahat dalam damai di dalamnya.

Lokasi: Polagan, Kec. Sampang, Kab. Sampang.

5. Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan

Image Credit: Kompas.com

Destinasi wisata satu ini merupakan favorit masyarakat lokal, karena banyak keunikan yang disuguhkan. Liburan anda akan semakin berkesan karena lokasi satu ini merupakan air terjun yang dekat dengan bibir pantai. Oleh sebab itu, para pengunjung dapat merasakan dua jenis air di satu lokasi yang sama, yaitu air tawar dan asin.

Para pengunjung yang kali pertama datang akan dikecoh dengan adanya air terjun yang lebih pendek. Untuk melihat cucuran air yang lebih tinggi, anda harus menaiki anak tangga yang cukup panjang. Rasa lelah setelah menaiki tangga ini akan terbayar tuntas dengan keindahan yang disuguhkan secara langsung oleh alam.

Lokasi: Talabang, Ketapang Daya, Kec. Ketapang, Kab. Sampang.

6. Wisata Rimba Monyet Nepa

Wisata Rimba Monyet Nepa

Image Credit: Twitter.com @garasifm

Hutan satu ini menjadi habitat asli dari fauna endemik di kabupaten Sampang, yaitu monyet Nepa. Kawasan wisata yang memiliki luas sekitar 1 km persegi ini memiliki daya tarik yang sangat menarik. Anda akan disuguhi aktivitas untuk berinteraksi secara langsung dengan monyet Nepa. Sedangkan di destinasi lain anda hanya dapat kawanan monyet dari luar kandang.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Ngawi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tak hanya menyuguhkan habitat asli Monyet Nepa, lokasi wisata ini juga menyediakan perahu sampan untuk disewa. Perahu ini dapat dipakai untuk berkeliling areal wisata agar dapat melihat hutan mangrove secara lebih dekat. Akan tetapi, akses menuju lokasi ini masih belum terlalu baik karena kondisi jalannya yang belum diperbaiki.

Lokasi: Batioh, Kec. Banyuates, Kab. Sampang.

7. Gua lebar

Gua lebar

Image Credit: Ksmtour.com

Bencana alam jadi salah satu hal yang menyeramkan, tetapi fenomena satu ini justru jadi anugerah untuk Sampang. Pasalnya, ratusan lalu tanah di kabupaten ini ambles dan jadi lokasi yang menganga lebar sehingga dilabeli sebagai Gua Lebar. Kedalamannya sekitar 300 meter dan lebar mulut gua sekitar 200 meter.

Disarankan para pengunjung tidak berdiri terlalu dekat dengan pinggiran goa yang tampak dari atas. Sebaliknya, anda dapat melihat sekeliling goa dari depan atau bawah karena lebih aman. Yang tak kalah menarik, bagian depan goa juga memiliki beberapa spot foto menarik yaitu patung tradisional khas Pulau Madura.

Lokasi: Rong Tengah, Kec. Sampang, Kab. Sampang.

8. Bukit Masegit

Bukit Masegit

Image Credit: Instagram.com @jatimparadise

Diklaim sebagai destinasi wisata yang sangat populer di kalangan anak muda, karena cocok untuk para pecinta aktivitas pendakian. Daya tarik utamanya, yaitu anda bisa melihat keindahan Kabupaten Sampang dari ketinggian. Selain itu, anda juga akan disuguhi pemakaman yang ada tepat di atas bukit yang sangat eksotis.

Lokasi: Piaan, Temoran, Kec. Omben, Kab. Sampang.

9. Sumber Jokotole Omben

Sumber Jokotole Omben

Image Credit: Facebook.com @imha.rahmadanie

Hadir sebagai destinasi wisata bagi para pengunjung yang mencari lokasi untuk berenang, berendam, atau bermain air. Sumber air ini cocok untuk anda karena destinasi ini memiliki pemandian alami dengan air bersih serta jernih. Bagi anda yang tak ingin berenang, maka dapat duduk duduk di tepi area pemandian sambil berteduh di bawah pohon rindang.

Lokasi: Jl. Kyai H. Agus Salim, Batu Ngampar, Tambak, Kec. Omben, Kab. Sampang.

10. Pantai Nepa

Pantai Nepa

Image Credit: Twitter.com @yuk_berwisata

Destinasi wisata ini cukup terpencil karena lokasinya berada di dalam hutan Monyet Nepa. Liburan cerdas kali ini bisa anda lakukan dengan berkunjung ke hutan monyet sekaligus bermain air di pantai Nepa. Menariknya, lokasi ini menyuguhkan air laut yang jernih serta pasir pantai berwarna putih yang sangat bersih.

Destinasi wisata ini berada di dalam hutan, tetapi kontur jalannya sangat baik. Dengan begitu, para pengunjung bisa membawa kendaraan pribadi untuk sampai ke tempat ini. Yang tak kalah menarik, yaitu wisatawan yang datang tak perlu membayar tiket wisata tetapi hanya perlu membayar biaya parkir.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Bondowoso yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Batioh, Kec. Banyuates, Kab. Sampang.

11. Gua Macan

Gua Macan

Image Credit: Maduratourism.com

Destinasi wisata satu ini tergolong baru ditemukan dan hanya diketahui oleh beberapa warga sekitar. Oleh sebab itu, lokasi wisata ini belum dikenal oleh banyak orang sehingga jumlah wisatawan pun tergolong sedikit. Bagi para pecinta alam, anda bisa berkunjung ke Gua Macan ini untuk mengeksplor wisata alam tersebut lebih dalam.

Lokasi: Bira Temor, Kec. Sokobanah, Kab. Sampang.

12. Gunung Maddah

Gunung Maddah

Image Credit: Instagram.com @rozyil_59

Tak seperti gunung pada umumnya, perbukitan ini terletak di areal pertambangan bahan galian. Oleh sebab itu, konturnya pun seperti batuan kapur yang justru menghasilkan berbagai spot yang instagramable. Tak heran, destinasi wisata satu ini dikunjungi oleh banyak orang untuk berswafoto di beberapa spot uniknya.

Lokasi: Gunung Maddah, Kec. Sampang, Kab. Sampang.

13. Tambak Garam

Tambak Garam

Image Credit: Instagram.com @awesome.madura

Kekayaan alam Pulau Madura tentu sudah dikenal oleh banyak orang, salah satunya sebagai penghasil garam terbaik. Oleh sebab itu, tambak garam jadi salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tambak ini, yaitu saat musim kemarau agar gunungan garam mampu jadi spot unik sebagai latar foto yang menarik.

Lokasi: Apaan, Kec. Pangarengan, Kab. Sampang.

14. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh

Image Credit: Google Maps (Imam Fattah)

Bukan tanpa alasan, pantai satu ini diberi nama karena memiliki kisah sejarah di masa silam. Dahulu kala, dikisahkan bahwa Jokotole seorang sakti mandraguna membawa hantaran untuk meminang perempuan cantik. Namun, naas hantaran tersebut justru jatuh di area tersebut sehingga nama tersebut dilekatkan untuk menggambarkan pantai tersebut.

Sejak tahun 2017 silam, destinasi ini diresmikan sebagai wisata yang dilengkapi fasilitas memadai. Selain fasilitas lengkap, lokasi ini juga menyuguhkan berbagai spot menarik untuk para pengunjung. Selain itu, terdapat pula wisata kuliner yang tak boleh anda lewatkan.

Lokasi: Jl. Batulenger, Sokobenah, Kec. Ketapang, Kab. Sampang.

15. Masjid Agung Sampang

Masjid Agung Sampang

Image Credit: Facebook.com @mbah.gaek

Wisata religi menutup rekomendasi destinasi wisata yang wajib anda kunjungi selama ada di Kabupaten Sampang. Masjid Agung Sampang ini diklaim sebagai masjid terbesar dengan kapasitas jamaah hingga 10 ribu orang. Oleh sebab itu, banyak orang yang berkunjung ke tempat ini untuk menunaikan ibadah sholat.

Lokasi: Jl. Pahlawan I, Rw. III, Rong Tengah, Kec. Sampang, Kab. Sampang.

Melirik kabupaten Sampang sebagai destinasi yang sangat potensial karena tersedia berbagai tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam luar biasa. Anda bisa mengunjungi wisata alam, sejarah, hingga religi untuk mengisi waktu liburan dengan sangat berkesan. Yang menarik, beberapa di antaranya juga menyuguhkan spot foto yang instagenik.