40 Tempat Wisata di Semarang Terbaru & Terhits Dikunjungi

27 Tempat Wisata di Semarang

Temukan Tempat Wisata Favorit di Semarang, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Selain bisa merefreshing otak, liburan juga bisa meningkatkan pengetahuan tentang tempat-tempat wisata di Indonesia. Jika Anda merupakan warga Indonesia yang berdomisili di Jawa Tengah, tentunya sudah tidak akan asing lagi mendengar kota Semarang. Salah satu kota tua di Indonesia yang banyak menjadi saksi sejarah bangsa ini. Sekarang seiring dengan perkembangan zaman telah berubah dan menjadi salah satu kota metropolitan yang ada di negara kita.

Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah dan menduduki peringkat atas yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Alasan utamanya kota ini memiliki tempat wisata yang menarik dengan destinasi keindahannya. Tak hanya wisata alam saja tetapi juga ada banyak objek wisata yang bertemakan sejarah. Selain itu kota yang satu ini juga memiliki segudang tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan liburan bersama keluarga ataupun sahabat.

1. Jembatan Harapan

Jembatan Harapan

 Image Credit: Anekatempatwisata.com

TMJTI atau memiliki kepanjangan dari Taman Mini Jawa Tengah Indah tempat ini berada di Berupa Gazebo yang dihubungkan dengan jembatan yang bisa Anda lalui dengan berjalan kaki sembari menikmati keindahan. Serta terdapat juga beberapa jajanan ataupun kuliner yang dapat Anda nikmati bersama.

Pastinya jajanan atau kuliner yang di sediakan pada tempat ini murah dan sangat bersahabat dengan kantong Anda. Atau Anda bisa juga menikmati makanan tersebut sembari melihat pemandangan dari tempat ini. Perlu Anda ketahui bahwa memiliki nama Jembatan Harapan bukan berarti tempat tersebut dapat mengabulkan harapan yah kawan.

Lokasi: Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah.

2. Hutan Pinus

Hutan Pinus

Image Credit: Beritagar.id

Wisata Hutan Pinus ini berada di sekitar kota Semarang akan tetapi tempat ini tidak seperti Hutan Pinus biasa. Karena terdapat beberapa hiasan dan fasilitas yang melengkapi sekaligus memperindah tempat tersebut. Seperti kererta gantung serta hiasan payung warna-warni yang ada pada setiap tempat.

Beberapa hiasan tersebut semakin memperindah dan membuat Anda betah berlama-lama di tempat tersebut. Apalagi suasana nyaman yang mendukung Anda untuk menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga. Akan lebih baik jika nantinya Anda dapat menghabiskan waktu bersama pasangan Anda.

Lokasi: Sokowolu, Tajuk, Getasan, Semarang, Jawa Tengah.

3. Lembah Kalipancur

Lembah Kalipancur

Image Credit: Travelspromo.com

Tempat Wisata di Semarang ini bisa dikatakan tempat wisata yang mulai tenar atau hits. Mengingat tempat ini merupakan tempat wisata yang memiliki konsep pedesaan. Dengan berbagai macam kelengkapan hiburan yang telah di sediakan untuk menambah kenyamanan Anda. Beberapa fasilitas tersebut seperti kolam renang, kandang rusa, sepeda air dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk bagian yang paling penting dari tempat wisata ini adalah nantinya Anda akan mendapatkan kuliner. Beberapa kuliner yang di sediakan di tempat tersebut kebanyakan terbuat dari dengan bahan utama ikan air tawar. Tempat yang enak dan nyaman tentunya dengan kuliner yang nikmat menyertainya.

Lokasi: Jl. Raya Kalipancur, Manyaran, Kec. Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah.

4. Waduk Diponegoro

Waduk Diponegoro

Image Credit: Seputarsemarang.com

Jangan heran ketika membaca nama waduk yang masuk dalam kategori wisata. Bukan mengenai permainan air, memancing atau hal lain sebagainya akan tetapi merupakan sebuah wisata pendidikan. Cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga dan anak Anda mengingat wisata yang satu ini memiliki konsep pendidikan.

Apalagi letak dari tempat ini cukup dekat dengan Stadion Universitas Diponegoro. Pemandangan yang cukup apik namun sederhana membuat Anda nyaman untuk sekedar berjalan-jalan pada tempat ini.

Lokasi: Bulusan, Kec. Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

5. Hutan Penggaron

Hutan Penggaron

Image Credit: Masvay.com

Meskipun menyandang nama hutan akan tetapi tempat ini bukan merupakan hutan liar yang sebenarnya. Melainkan sebuah tempat wisata yang menggunakan konsep hutan sebagai daya tarik wisatanya. Tempat yang rindang dan sejuk serta dipenuhi dengan pohon pinus ini menjadi salah satu spot yang baik untuk Anda berfoto ria nantinya.

Sebenarnya tempat ini merupakan spot untuk outbond maupun beberapa pelatihan yang menggunakan tema alam. Seperti SAR, pecinta alam, hingga pramuka sering melakukan kegiatan dan pelatihan di tempat tersebut. Jangan kaget ketika di beberapa waktu tertentu Anda akan mendapati beberapa tenda yang berdiri di tempat ini.

Lokasi: Desa Susukan, Siroto, Kec. Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah.

6. Masjid Kapal Semarang

Masjid Kapal Semarang

Image Credit: Gotravelly.com

Masjid Kapal Semarang berada di Kecamatan Ngaliyan, Semarang. Bentuknya menyerupai kapal yang memiliki warna coklat kekuningan. Anda akan disuguhkan pemandangan pedagang kaki lima rambutan dan durian di depan masjid ini saat sampai di lokasi.

Untuk masuk ke dalamnya harga tiket hanya Rp 3.000 saja. Masjid ini mempunyai 4 lantai dengan fungsi yang berbeda-beda. Lantai pertama untuk acara pertemuan, lantai kedua dan ketiga untuk menjalankan kewajiban ibadah, dan lantai terakhir untuk melihat pemandangan sekitar dari atas.

Lokasi: Jl. Kyai Padak, Podorejo, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang.

7. Taman Bunga Bandungan

Taman Bunga Bandungan

Image Credit: Republika.co.id

Taman Bunga Bandungan terletak di Desa Jetis, Kabupaten Semarang.Tak hanya satu jenis bunga saja yang bisa Anda temui disini, namun ada beberapa. Diantaranya ada bunga Melati Putih, beberapa jenis Anggrek, bahkan Rafflesia Arnoldi.

Harga tiket masuknya relatif murah hanya Rp 5.000 sudah bisa menikmati keindahan alam sekitar taman. Fasilitas yang nantinya Anda dapatkan adalah toilet, mushola, dan tempat makan. Jika Anda  ingin memiliki bunga-bunga itu, harga satu ikatnya hanya kisaran Rp 5.000- 30.000 saja.

Lokasi: Jl. Ke Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Kec. Bandungan, Kota Semarang.

8. Wisata Kampung Krisan Clapar

Wisata Kampung Krisan Clapar

Image Credit: Jalanwisata.id

Wisata satu ini terletak di Bandungan, Kabupaten Semarang. Sebenarnya wisata Kampung Krisan Clapar merupakan sebuah lahan perkebunan bunga krisan yang penanamannya ada di 180 greenhouse. Anda hanya perlu menyiapkan uang Rp 10.000 untuk bisa masuk ke dalamnya

Anda akan mendapat fasilitas berupa tempat parkir, air minum, gardu pandang dan pemandu yang akan menjelaskan secara detailnya. Tak hanya bunga krisan yang bermekaran saja yang bisa Anda nikmati, tetapi juga dengan bagaimana tahapan menanam bunga secara terperinci.

Lokasi: Jl. Kendalisodo Bandungan, Candi, Kec. Bandungan, Kota Semarang.

9. Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening

Image Credit: Dakatour.com

Objek wisata alam Rawa Pening terletak di Jalan Lingkar Selatan km 3, Semarang. Destinasi yang disajikan adalah pemandangan Gunung Merbabu dan Unggaran dari sebrang Rawa Pening.

Harga tiket masuknya sebesar Rp 5.000/orang. Terdapat penyewaan perahu yang cukup murah untuk membawa Anda berkeliling danau. Ada pula wahana-wahana yang bisa Anda coba seperti : perahu karet, Becak kecil, ATV, dll yang memakan biaya sekitar Rp 15.000-30.000 saja.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Solo Paling Hits

10. Pantai Maron

Pantai Maron

Image Credit: Gofakta.com

Pantai yang satu ini di penuhi dengan tumbuhan mangrove di setiap sisinya yang memiliki maksud untuk menahan abrasi air laut. Akan tetapi pengelola berhasil menyulap tempat ini dengan baik dan cantik untuk dapat Anda fungsikan sebagai tempat berlibur nantinya. Beberapa hiasan atau fasilitas yang melengkapi tempat ini adalah jembatan bambu serta terdapat beberapa gazebo di setiap sudutnya.

Nantinya Anda dapat mengelilingi hutan mangrove tersebut dari atas sembari menikmati hembusan angin laut. Apa lagi dengan fasilitas tersebut menjadikan temapt ini salah satu tempat untuk berfoto ria. Kunjungi tempat ini bersama teman dan sahabat Anda untuk menambah keceriaan suasana.

Lokasi: Tugurejo, Tugu, Semarang, Jawa Tengah.

11. Pantai Baruna

Pantai Baruna

Image Credit: Eljohnnews.com

Tenang, pantai yang satu ini tidak ada hutan mangrovenya kok. Melainkan sebuah pinggiran laut yang langsung mengarah ke laut lepas serta kondisi ini didukung dengan pemandangan kontras yang dipenuhi ilalang dan pepohonan rindang. Terdapat beberapa penjual makan ringan yang ada di tempat ini.

Tentunya hal tersebut akan semakin membuat Anda nyaman sewaktu menghabiskan waktu berlibur ataupun bersantai. Sembari menimati desiran angin laut yang sejuk dan membuat hati Anda tenang untuk sedikit melupakan beban sehari-hari. Akan tetapi karakteristik ombak laut selatan yang besar sebaiknya tidak Anda gunakan untuk berenang.

Lokasi: Pelabuhan Mas, Tanjung, Bringin, Tanjung Mas, Semarang Utara, Jawa Tengah.

12. Waduk Jatibarang

Waduk Jatibarang

Image Credit: Jejakpiknik.com

Waduk ini selain memiliki pemandangan yang indah apa lagi ketika sore hari. Bisa dikatakan waduk ini masih baru karena selesai pembangunan dari tempat ini pada tahun 2014. Terdapat beberapa kapal atau speedboat yang ada di temapt ini yang bisa Anda sewa untuk sekedar mengelilingi danau.

Atau Anda juga bisa melakukan kegiatan memancing di danau tersebut bagi Anda yang menyukai kegiatan tersebut. Fenomena indah tersebut yang paling bagus bisa Anda nikmati kala matahari tenggelam. Suasana indah dan sejuk bisa membuat Anda betah atau sekedar berjalan kaki mengitari keindahan danau.

Lokasi: Jl. Jatibarang, Kedungpane, Mijen, Semarang, Jawa Tengah.

13. Tirto Argo Siwarak

Tirto Argo Siwarak

Image Credit: Travelspromo.com

Objek Wisata di Semarang ini adalah kolam renang yang memiliki pemandangan yang cukup indah. Kolam renang ini diisi melalui sumber mata air alami mengingat pada daerah sekitar kolam ini terdapat banyak sumber mata air. Berendam dengan air langsung dari sumber mata air selain bersih tentunya pemandangan dari daerah tersebut cukup indah.

Tahukah Anda bahwa tempat ini di bangun sejak tahun 1968 silam dan terus berkembang hingga saat ini. Perkembangan tersebut hingga saat ini semakin baik dengan perlangkapan sejumlah fasilitas yang bisa Anda nikmati. Berendam bersama keluarga Anda tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu liburan.

Lokasi: Jl. Tirto Argo, RT.04/RW.08, Blanten, Nyatnyono, Kec. Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.

14. Lawang Sewu

Lawang Sewu

Image Credit: Heritage.kai.id

Gedung era kolonial ini lebih identik menjadi salah satu tempat wisata misteri. Mengingat gaya dari bangunan tersebut masih memiliki gaya kolonial dan masih bertahan sampai saat ini. Akan tetapi diluar dari semua cerita tersebut gedung ini memiliki gaya dan arsitektur yang menarik yang bisa Anda kunjungi.

Jika ditarik garis lurus gedung ini menjadi saksi sejarah kekejaman era kolonial. Mengingat terdapat penjara bawah tanah dimana tempat ini di peruntukkan untuk masyarakat kala itu yang menentang para penjajah. Akan tetapi kesan negatif yang melekat tersebut tidak menyurutkan para pengunjung yang ingin datang ke tempat ini.

Lokasi: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah.

15. Kampoeng Rawa

Kampoeng Rawa

Image Credit: Malangsemarang.com

Kampoeng Rawa merupakan sebuah destinasi menarik yang menyuguhkan pemandangan kampung mengapung di atas Danau Rawa Pening. Wisata ini berada di Kelurahan Ambarawa, Semarang.

Untuk bisa melihat keindahannya, Anda akan dikenai biaya masuk Rp 90.000 untuk hari biasa dan Rp 100.000 untuk weekend. Dengan harga yang murah Anda bisa menikmati fasilitasnya seperti rumah makan apung, wahana permainan, dll.

Lokasi: Jl. Sarbini Km 03, Ambarawa, Ke c.Waduk Rawapening, Kota Semarang.

16. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa

Image Credit: Hamidanwar.blogspot.com

Berlokasikan di Kelurahan Pajang, Semarang. Dengan tarif harga Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk orang dewasa, sudah bisa membuat Anda melihat komponen-komponen yang pernah digunakan untuk perang pada jaman dahulu.

Anda bisa melihat sejarah perang Ambarawa dengan adanya relief-relief yang ada di sana. Bermacam-macam kelengkapan alat perang dan seragamnya akan menyambut Anda di dalam objek wisata ini.

Lokasi: Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Kec. Ambarawa, Kota Semarang.

17. Benteng Pendem

Benteng Pendem

Image Credit: Adeutomo.com

Tempat wisata ini berada di Lodoyong, Semarang. Ciri khas wisata ini tentu saja menyajikan destinasi tempat bersejarah kuno. Terdapat bangunan kokoh yang menjadi saksi pertempuran disana. Tidak ada biaya masuk, kecuali parkir yaitu Rp 5.000.

Beberapa spot foto yang menarik disana bisa menjadi daya tarik sendiri untuk Anda. Anda juga bisa mengetahui tentang sejarah lama saat berada di benteng ini.

Lokasi: Bugisari, Lodoyong, Kec. Ambarawa, Kota Semarang.

18. Gua Maria Kerep Ambarawa

Gua Maria Kerep Ambarawa

Image Credit: Sintiaastarina.com

Wisata ini merupakan destinasi religi agama khatolik. Terletak di Kerep, Ambarawa, Semarang. Tiket masuk hanya Rp 2000. Ada banyak patung-patung menggambarkan kehidupan yesus disana. Tempat ini juga biasa digunakan untuk beribadah umat katolik.

Terdapat mata air yang keluar dari gua dan dipercaya sebagai air keberkahan. Anda bisa langsung mencicipinya di tempat. Pemandangannya pun tak kalah indah dengan tempat wisata lain.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.81, Kerep, Panjang, Kec. Ambarawa, Kota Semarang.

19. Museum Kereta Ambarawa

Museum Kereta Ambarawa

Image Credit: Ksmtour.com

Jika Anda berkunjung ke tempat ini Anda dapat melihat dan mengetahui koleksi aneka jenis kereta api yang di gunakan di negara kita. Beberapa jenis dari kereta api tersebut peninggalan dari era kolonial yaitu kereta uap. Total dari koleksi kereta yang ada pada museum ini terdapat 21 lokomotif.

Tahukah Anda beberapa lokomotif tersebut telah beriusia ratusan tahun dan masih dapat di fungsikan. Beberapa kereta tersebut bisa Anda gunakan untuk berkeliling menikmati pemandangan pada daerah tersebut. Mengingat pada daerah tersebut di kelilingi perbukitan dan pegunungan yang indah bisa Anda nikmati.

Lokasi: Jl. Panjang Kidul No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.

20. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong

Image Credit: Swa.co.id

Klenteng ini merupakan peninggalan budaya bangsa Tiongkok yang di bangun pada 1724. Tempat berdirinya klenteng ini di percaya tempat laksamana muslim Tiongkok menginjakkan kaki pertama kali di Indonesia. Untuk memperingati hal tersebut maka mereka mendirikan klenteng diatas daerah untuk mengingat leluhur mereka.

BACA JUGA:  24 Minuman & Makanan Khas Magelang yang Wajib Anda Coba

Luas dari daerah ini memiliki luas 3,8 hektar tentunya juga memiliki pemandangan yang indah dan suasana yang nyaman. Tempat ini sangat cocok jika Anda memiliki hobby fotografi mengingat pemndangan yang ada di tempat tersebut. Jika penasaran langsung saja kunjungi untuk langsung dapat menikmati keindahan tempat tersebut.

Lokasi: Jl. Simongan No. 129, Bongsari, Kec. Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah.

21. Kota Lama

Kota Lama

Image Credit: Weekendescape.co.id

Kota Semarang menjadi saksi bisu sejarah panjang mengenai kisah dari bangsa Indonesia. Hal ini bisa Anda dapati dengan banyaknya bangunan-bangunan megah dan memiliki arsiektur khas era kolonial. Tempat ini sering kali di jadikan untuk mengambil gambar syuting untuk beberapa film yang sudah di kenal.

Anda bisa datang kesini untuk menikmati dan menelusuri keindahan tempat tersebut. Merasakan sensasi kembali ke masa lalu di dukung dengan suasana arsitektur bangunan yang sangat mendukung. Tentunya hal ini juga dapat Anda jadikan spot foto yang menarik.

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No. 22, Tanjung Mas, Semarang Utara, Jawa Tengah.

22. Kompleks Pecinan

Kompleks Pecinan

Image Credit: 1001wisata.com

Datangnya bangsa etnis Cina yang menetap di Indonesia tidak bisa di lepaskan dari era penjajahan. Yaitu ketika kapal dagang Eropa yang singgah ke banyak dermaga atau pelabuhan yang ada di nusantara. Dengan membawa beberapa etnis Cina serta masih banyak faktor dan alasan lainnya hingga mereka bisa ada di negara kita saat ini.

Mereka yang menetap dan tinggal di negara kita mendirikan sebuah kampung atau pemukiman. Seperti halnya pada Kompleks Pecinan yang ada di kota Semarang ini, desain bangunan dan suasan pada daerah tersebut sangat khas seperti negara asal mereka. Beberapa hal tersebut masih terawat dengan baik hingga saat ini.

Lokasi: Kauman, Kec. Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah.

23. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk

Image Credit: Tripadvisor.com

Satu lagi peninggalan era kolonial yang turut mewarnai keragaman etnis yang ada di kota Semarang. Gereja Blenduk merupakan peninggalan bangsa Belanda yang telah di bangun pada pertengahan abad ke-17. Keaslian dari arsitektur bangunan gereja tersebut masih bertahan dan terjaga hingga saat ini.

Bisa dikatakan umur dari gereja ini menjadi gereja tertua di kota ini, dengan menggunakan gaya bangunan Neo Klasik. Seperti halnya kebanyakan bangunan bangsa Eropa kala itu. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat yang sangat bagus untuk background ketika Anda menginginkan konsep foto yang berkelas.

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No. 32, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah.

24. Jembatan Biru Ambarawa

Jembatan Biru Ambarawa

Image Credit: Eksapedia.com

Lokasinya terdapat di Desa Asinan, Semarang. Tidak ada tiket masuk alias gratis. Tetapi disana terdapat beberapa spot foto yang dibandrol dengan harga terjangkau.

Di jembatan ini bisa menyaksikan pemandangan sunset dan sunrise Rawa Pening. Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar Danau.

Lokasi: Sumurup, Asinan Bawen, Kec. Tuntang, Kota Semarang.

25. Goa Rong View

Goa Rong View

Image Credit: Jejakpiknik.com

Terletak di Desa Tlogo, Semarang yang menyajikan pemandangan indah dari atas bukit. Harga tiketnya  Rp 10.000 dengan biaya parkir Rp 2.000. Anda sudah dapat menggunakan semua fasilitas yang tersedia.

Ada juga fasilitas area bermain serta gazebo untuk menikmati sunset dari atas awan. Tak hanya itu, beberapa spot foto sudah tersaji untuk bisa Anda gunakan.

Lokasi: Jl. Lerak Lopait, Lopait, Delik, Kec. Tuntang, Kota Semarang.

26. Masjid Agung Ungaran

Masjid Agung Ungaran

Image Credit: Semarang.kompas.com

Masjid ini terletak di Jalan Diponegoro, Semarang. Menyajikan arsitek bangunan yang menarik. Bisa Anda gunakan untuk beribadah dengan nyaman. Terdapat mimbar unik dari kayu bertuliskan syahadat dan surat alfatihah.

Masjid ini memiliki bentuk seperti segi delapan,dengan 2 lantai yang bisa menyajikan pemandangan Gunung Ungaran. Terdapat pula sebuah mihrab yang bertuliskan kaligrafi.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Putotan, Sidomulyo, Kec. Ungaran Timur, Kota Semarang.

27. Taman Djamoe Indonesia

Taman Djamoe Indonesia

Image Credit: Travelingika.com

Letaknya ada di Kelurahan Bergas Kidul, Semarang. Menyajikan destinasi tentang beranekaragam jamu. Harga tiket masuknya Rp 15.000 dengan fasilitas spot foto menarik dan mushola.

Anda juga bisa melihat pemandangan indah di area wisata tersebut. Terdapat pula banyaknya tempat sampah memudahkan pengunjung untuk membuang sampah.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.81, Kerep, Panjang, Kec. Ambarawa, Kec. Semarang.

28. Tugu Muda

Tugu Muda

Image Credit: Semarangwingkorolls.net

Tempat ini merupakan icon dari kota tersebut, ada beberapa versi dari beberapa sumber pula. Mengenai arti dari bangunan tersebut, ada mengatakan bahwa icon tersebut sebagai simbol kota Semarang merupakan kota para pelajar. Sedangkan untuk versi yang lainnya mengatakan bahwa hal tersebut untuk mengenang era perjuangan kala itu.

Karena pada zaman itu di kota ini terdapat tentara pelajar yang anggotanya berisikan para pelajar. Untuk ikut berjuang dalam merebut kemerdekaan kala itu, bangunan yang indah serta desain yang mnarik. Membuat tempat ini menjadi tempat berkumpul anak muda dan juga tempat foto yang baik untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Jl. Yudistira No. 5, Pendrikan Kidul, Kec. Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah.

29. Taman Tabanas

Taman Tabanas

Image Credit: Tempatwisataindonesia.id

Taman Tabanas merupakan sebuah taman yang terletak pada dataran tinggi kota Semarang. Tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi ketika malam hari, karena pada kondisi gelap tersebut. Anda bisa melihat indahnya kota Semarang di kala malam hari dengan aneka lampu yang ada.

Dengan hawa udara sejuk dan angin yang bertiup lembut membuat Anda betah mengunjungi dan memandangi indahnya kota. Jika Anda malas dengan keramaian mungkin tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Agar nantinya kunjungan Anda ke kota ini selalu terkenang di hati Anda.

Lokasi: Jl. Setia Budi No. 12, Ngesrep, Kec. Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

30. Kampung Tematik Jawa

Kampung Tematik Jawa

Image Credit: Brilio.net

Merupakan tempat bagi Anda dan anak Anda untuk lebih mengenal dan mengetahui sejarah maupun tradisi jawa. Di landasi keprihatinan akan semakin lunturnya tradisi dan adat istiadat jawa saat ini. Maka di bentuklah kampung ini mengingatkan kembali akan penting nya mempertahankan tradisi dan budaya leluhur kita.

Tempat ini berada di kelurahan Sukorejo kota Semarang Anda bisa menemui masyarakat setempat yang sampai saat ini. Berpegang teguh dan merawat tradisi Jawa yang telah di turunkah oleh nenek moyang kepada para generasi selanjuntya. Memegang tradisi dan budaya bangsa bukan berati kita kuno atau ketinggalan zaman yah kawan.

Lokasi: Jl. Kanfer Utara, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Batang Terbaru & Terhits Dikunjungi

31. Kampung Batik

Kampung Batik

Image Credit: Bocahtravelling.wordpress.com

Batik merupakan baju dengan seni lukis yang ada di dalamnya dan batik juga telah di akui oleh Dunia. Dalam hal ini adalah Unesco yang mengakui bahwa hal tersebut menang warisan dan budaya milik kita. Di tempat ini Anda bisa belajar dan menambah pengetahuan Anda mengenai cara membuat batik nantinya.

Sedangkan untuk bagian yang paling berkesan dan keren dari temapt ini adalah ada sebuah lukisan yang memiliki panjang 46 meter. Dengan bertemakan batik yang melukiskan dan menceritakan tersbentuknya kota Semarang. Anda juga dapat memilih aneka oleh-oleh mulai dari baju, tas, dan lain sebgainya yang bertemakan batik tentunya.

Lokasi: Jl. Batik No. 698A, Rejomulyo, Kec. Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah.

32. Semarang Gallery

Semarang Gallery

Image Credit: Indoartnow.com

Didirikan pada tahun 2007 di mana pendirinya telah merubah konsep sebuah bangunan tua yang ada di Semarang. Untuk menjadikannya sebuah gallery seni yang menarik dan di beri nama Semarang gallery. Di terdapat berbagai macam kumpulan karya seni yang menarik khususnya sebuah karya yang lahir oleh tanga-tangan seniman Indonesia.

Selain itu pembangunan yang dilakukan dari perombakan gedung tua namun tidak terlalu merubah konsep aslinya. Membuat tempat ini memiliki kesan tersendiri yang bisa Anda nikmati dan kunjungi nantinya. Bagi Anda yang menyukai karya seni atau Anda sendiri seorang seniman tepat ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda.

Lokasi: Jl. Taman Srigunting No. 5-6, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah.

33. Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang

Image Credit: Myimage.id

Lokasinya berada di Ungaran Barat, Semarang. Menyuguhkan suasana yang sejuk dan asri. Jika Anda ingin liburan di Air Terjun Semirang, disarankan menggunakan kendaraan roda dua mengingat jalannya yang curam dan licin.

Harga tiket masuk per orangnya hanya sekitar Rp 5.000 saja dan parkir Rp 2.000. Anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam dengan pohon-pohon besar yang menjulang tinggi. Tak hanya itu, air yang dingin dan murni bisa Anda rasakan saat berada di air terjun ini.

Lokasi: Gogik, Kec. Ungaran Barat, Kota Semarang.

34. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove

Image Credit: Asiawisata.com

Berbeda dengan konsep wisata hutan mangrove lainnya tempat yang satu ini lebih memiliki konsep mangrove tapak. Yaitu Anda dapat melangkahkan kaki langsung pada tanah tanap harus terhalang skat jembatan bambu. Namun ke tempat ini sangat tidak di rekomendasikan di kala musim hujan.

Mengingat lengketnya lumpur bakau ketika terkena air akan membuat Anda susah untuk melangkahkan kaki. Di sekitar tempat ini juga terdapat tambak tentunya juga turut di kelilingi oleh tanaman bakau di sekiatarnya. Anda juga bisa mencoba memancing di tempat ini tentunya dengan mendapat izin terlebih dahulu.

Lokasi: Tugurejo, Kec. Tugu, Semarang, Jawa Tengah.

35. Goa Kreo

Goa Kreo

Image Credit: Duniaindra.com

Goa ini asli bentukan dari gejala alam yang membendung sungai Kreo, konon gua ini di tunggu oleh para kera. Mengingat pada tempat ini terdapat sebuah patung kera dan Anda juga dapat menemui dan menjumpai kera yang ada di tempat tersebut. Pada tempat ini juga dapat menjadi salah satu alternatif sppot foto yang sempurna untuk Anda.

Serta terdapat juga beberapa warung makan yang menyediakan menu makanan khas yang bisa Anda temui. Setelah menghabiskan waktu menjelajah goa ini tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas yang disediakan. Untuk mengusir lelah sembari mengusir perut yang telah kosong.

Lokasi: Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kec. Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah.

36. Pantai Marina

Pantai Marina

Image Credit: Semarangwingkorolls.net

Untuk pantai yang satu ini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga Anda. Mulai dari menggunakan perahu yang telah disediakan oleh para penduduk. Menancing atau pun bermain air, akan tetapi tempat ini sangat di rekomendasikan untuk Anda yang memiliki hobby memancing.

Terumbu karang yang masing terawat dengan baik apa lagi pantai ini langsung mengarah ke samudra. Membuatnya banyak memiliki ikan-ikan baik yang berukuran kecil hingga sedang yang ingin Anda nikmati sensasi tarikannya. Berlibur bersama keluarga Anda menuju tempat ini tentunya akan sangat mengasikkan.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Tawang Sari, Semarang, Jawa Tengah.

37. Brown Canyon

Brown Canyon

Image Credit: Camerawisata.com

Tidak hanya Amerika yang patut berbangga dengan keindahan alam yang di miliki oeh negaranya. Mengingat negara tersebut memiliki batuan khas bentukan alam yaitu Grand Canyon. Akan tetapi Semarang juga memiliki jenis batuan tersebut loh kawan yaitu Brown Canyon.

Sebuah bukit yang terdiri dari batuan cadas sepanjang mata memandang memiliki pesona dan keindahannya yang khas. Tentunya mengunjungi temapt ini tidak akan menarik tanpa melakukan foto ria yang bisa Anda lakukan. Mengingat di tempat ini banyak terdapat spot yang indah dan menarik yang bisa Anda temui.

Lokasi: Rowosari, Kec. Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

38. Kebun Durian Semarang

Kebun Durian Semarang

Image Credit: Elievanoorfitriana.wordpress.com

Bisa dikatakan dari semua tempat di atas mungkin tempat ini merupakan Destinasi Wisata di Semarang terbaik. Mengingat di tempat ini Anda bisa menikmati dan memetik buah durian yang ada dan telah disediakan. Nantinya dengan berkunjung ke tempat ini Anda akan di beri arahan dan pelajaran mengenai cara menanam dan merawat buah durian.

Ada berbagai jenis buah durian yang di tawarkan dan bisa Anda nikmati nantinya. Setelah berkeliling kota Semarang berkunjung ke tempat ini untuk melepas lelah bisa di katakan sangat menyenangkan. Namun hal ini tidak akan menyenangkan jika Anda kurang menyukai bahkan membenci buah berduri ini.

Lokasi: Jl. Mr. Koesbiono Tjondro Wibowo, Kec. Gunung Pakis, Pakintelan, Semarang, Jawa Tengah.

39. Bukit Gombel

Bukit Gombel

Image Credit: Hantupedia.com

Untuk nama dari tempat ini tidak sedikit orang yang menghubungkan dengan nama makhluk halus yang ada di negara kita. Maklum kepercayaan terhadap hal tersebut pada bangsa kita bisa di katakan sangat kental terutama bagi orang Jawa. Terlepas dari hal tersebut tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah untuk Anda kunjungi.

Anda bisa melihat lekukan tanah khas dataran tinggi sejauh mata memandang serta susunan rumah-rumah penduduk dan rumput hijau yang mengelilinya. Indah dan hawanya masih sejuk membuat tempat ini salah satu destinasi foto ria yang bisa Anda kunjungi. Terutama bersama pasangan atau teman Anda nantinya.

Lokasi: Ngesrep, Kec. Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

40. Flower Farm Setiya Aji

Flower Farm Setiya Aji

Image Credit: Blog.misteraladin.com

Tempat terakhir yang tidak kalah indah yang bisa Anda kunjungi ketika berada di kota Semarang adalah Flower Farm Setiya Aji. Berada di dataran tinggi serta memiliki udara yang sejuk dan pastinya terdapat banyak bunga dengan berbagai macam jenis. Berbagai bunga dengan jenis dan warna yang ada di tempat ini sangat mendukung untuk mendapatkan konsep foto terbaik.

Aka tetapi ingat jangan terlalu berlebihan untuk mengungkapkan ekpresi ketika Anda berfoto. Agar nantinya tidak merusak keindahan dari bunga-bunga tersebut hanya karena sebuah foto. Lakukan lah dengan sesusai tanpa merusak dan mengganggu norma kesopanan.

Lokasi: Jl. Kendalisodo, Piyato, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Itulah 40 rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berada di kota Semarang. Destinasi yang ada dapat membuat Anda menyegarkan pikiran dan mata Anda. Anda bisa mengajak orang-orang terdekat untuk menemani momen-momen liburan itu. Sebab, akan lebih menyenangkan jika Anda berlibur rame-rame daripada sendirian.