19 Tempat Wisata di Situbondo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Situbondo

Butuh Liburan yang Seru? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Situbondo, Jawa Timur. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Populer & Paling Hits yang Menarik Anda Jelajahi Saat Liburan.

Situbondo termasuk salah satu kawasan yang menyimpan segudang keindahan alam, sehingga Anda wajib memasukkannya dalam daftar kunjungan berikutnya. Lokasinya yang berada di daerah pesisir, tidak mengherankan jika Situbondo memiliki gugusan pantai cantik yang sayang dilewatkan. Selain wisata bahari, Anda bisa mengunjungi objek wisata lain, seperti bangunan bersejarah yang tidak kalah menarik.

Selagi menyusuri jalanan Kabupaten Situbondo, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi beberapa tempat menarik yang siap menghibur Anda. Berikut daftar tempat wisata populer di Situbondo yang menarik dikunjungi untuk liburan yang seru.

1. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Image Credit: Twitter.com @assyifaannas

Berbicara tentang Situbondo, maka hal pertama yang akan diingat adalah Pantai Pasir Putih yang sudah terkenal akan keindahanya. Objek wisata bahari satu ini bahkan sangat mudah ditemukan, karena lokasinya berada tepat di bahu jalan sehingga wisatawan bisa menyaksikan keindahannya secara langsung saat melaju di kawasan wisatanya.

Jangan berhenti menikmati keindahannya dari jauh saja, karena Anda bisa mendekat ke arah bibir pantainya. Berkat kejernihan air lautnya, Anda bisa menyaksikan langsung keindahan bawah lautnya yang masih terjaga dengan baik. Bagi wisatawan yang tertarik melihatnya lebih dekat, tidak ada salahnya menyewa perahu layar.

Lokasi: Pandansari, Pasir Putih, Kec. Bungatan, Kab. Situbondo.

2. Pantai Tamporah

Pantai Tamporah

Image Credit: Instagram.com @dwiernaisfianti

Wisata bahari yang tidak kalah populer dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah yaitu Pantai Tamporah. Sejak memasuki kawasan wisatanya, hamparan pasir putih yang berpadu dengan kejernihan air laut berhasil memanjakan mata. Tidak jauh dari tempat Anda berdiri, kemungkinan terlihat batu karang serta rumput laut yang bertebaran di sekitar bibir pantainya.

Sebagai destinasi wisata populer, pihak pengelola pun menambahkan sejumlah fasilitas demi menunjang kebutuhan wisatawan. Beberapa sarana dan prasarana yang disajikan seperti mushola, gazebo, toilet, serta tempat khusus untuk beristirahat sejenak. Wajar saja jika wisatawan merasa betah berada di kawasan wisatanya.

Lokasi: Tampora, Kalianget, Kec. Banyuglugur, Kab. Situbondo.

3. Pantai Bama Taman Nasional Baluran

Pantai Bama

Image Credit: Facebook.com @situbondoexcotic

Taman Nasional Baluran termasuk destinasi wisata alam yang sayang dilewatkan. Pasalnya wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang terjaga dengan sangat baik, serta menyaksikan berbagai hewan liar yang menyatu dengan alam. Tidak mengherankan jika destinasi wisata ini tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya.

Dari sekian banyak spot wisata menarik, Anda wajib mengunjungi Pantai Bama yang sudah terkenal akan keindahan alam tiada dua. Setibanya di kawasan pantainya, wisatawan disambut dengan hutan bakau yang menjadi habitat dari berbagai hewan liar. Anda juga bisa menyusuri kawasan hutannya dengan melewati jembatan sederhana.

Lokasi: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

4. Pantai Pathek

Pantai Pathek

Image Credit: Indonesiakaya.com

Pantai Pathek atau lebih familiar disebut Pantai Gelung merupakan salah satu wisata bahari di Kabupaten Situbondo yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Lokasinya yang berada tepat di jalur pantura, membuatnya mudah ditemukan dan kerap dijadikan sebagai tempat singgah sementara sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

BACA JUGA:  55 Tempat Wisata di Pulau Jawa yang Paling Terkenal

Ketika singgah di sana, sempatkan diri untuk mencicipi kuliner lezatnya yang menggoda selera. Selain dijadikan sebagai tempat singgah, wisata bahari satu ini dijadikan sebagai spot terbaik bagi para pemancing tradisional. Sehingga tidak perlu heran ketika mendapati beberapa pemancing tengah sibuk memancing di tengah teriknya sinar matahari Situbondo.

Lokasi: Jl. Pantai Pathek, Gelung Selatan, Gelung, Kec. Situbondo, Kab. Situbondo.

5. Pantai Bilik Situbondo

Pantai Bilik

Image Credit: Twitter.com @binselemsaugi

Bosan dengan wisata bahari biasa ? Sepertinya Anda akan tertarik mengunjungi Pantai Bilik Situbondo, karena pantainya bak memiliki gradasi warna berbeda yang terdiri dari warna abu abu, coklat muda, coklat tua, serta warna emas. Perpaduan warna melahirkan keindahan tiada tara, sehingga banyak wisatawan yang tertarik mengabadikannya.

Lokasi: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

6. Waduk Bajul Mati

Waduk Bajul Mati

Image Credit: Instagram.com @anggieamanda9

Memasuki musim liburan, Waduk Bajul Mati termasuk destinasi wisata yang cukup populer dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah. Termasuk wisata yang menarik dikunjungi, karena wisatawan dapat melihat pesona keindahan alam asri serta merasakan semilir angin yang membawa kesejukan di tengah teriknya sinar mentari.

Ketika memasuki kawasan wisatanya, Anda akan dibuat takjub tiada henti berkat keindahan alamnya. Bahkan keindahannya bak miniatur Raja Amat, karena hamparan lautnya dihiasi dengan gundukan perbukitan yang tersebar di beberapa titik. Meski keindahannya masih terpaut jauh dengan Raja Ampat, namun tidak ada salahnya menjadikan Waduk Bajul Mati sebagai tujuan wisata selanjutnya.

Lokasi: Baluran, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

7. Pantai Keperan

Pantai Keperan

Image Credit: Facebook.com @zacky.digoda

Berlibur ke Situbondo rasanya kurang lengkap sebelum singgah di Pantai Keperan. Pantai satu ini memiliki air laut yang begitu jernih, sedangkan aliran ombak yang cenderung tenang membuat wisatawan merasa betah berada disana. Wisatawan semakin enggan pulang dari Pantai Keperan, karena pepohonan di sekitar bibir pantainya membuat udara di sekitarnya terasa sejuk.

Lokasi: Desa Semiring, Kec. Manggaran, Kab. Situbondo.

8. Pantai Tangsi Situbondo

Pantai Tangsi Situbondo

Image Credit: Instagram.com @agungfirdaus

Pantai Tangsi Situbondo masuk dalam daftar destinasi wisata yang sayang dilewatkan begitu saja. Sebelum terkenal seperti sekarang, siapa yang menyangka bila kawasan wisatanya dulu merupakan bekas kilang minyak. Meski pernah difungsikan sebagai kilang minyak, kecantikan alam di sekitar pantainya masih sama hingga sekarang.

Lokasi: Tanjung Pecinan Utara, Kec. Mangaran, Kab. Situbondo.

9. Pantai Lempuyang Situbondo

Pantai Lempuyang Situbondo

Image Credit: Facebook.com @rayya.sirajatour

Ketika mendengar nama Lempuyang, kemungkinan besar Akan mengingatkan Anda pada stasiun kereta api yang berada di Yogyakarta. Sedangkan penggunaan nama Lempuyang di Situbondo, digunakan sebagai nama pantai cantik nan eksotis yang memiliki pasir putih lembut ketika menyentuh permukaan kulit.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

10. Pantai Banongan

Pantai Banongan

Image Credit: Twitter.com @kamerabudaya

Jika destinasi wisata bahari umumnya dihiasi dengan hutan mangrove, maka di Pantai Banongan akan disuguhkan dengan pepohonan kelapa yang tumbuh subur di sekitar bibir pantainya. Sedangkan hamparan pasir berwarna putih bersih tersebut, tampak menyatu indah dengan air lautnya yang jernih dan menyegarkan.

Lokasi: Waringin Anim Utara, Wringinanom, Kec. Asembagus, Kab. Situbondo.

11. Padang Rumput Sikasur

Image Credit: Facebook.com @pergiberwisata

Bagi Anda yang melewati jalur pendakian Gunung Argopuro, tentu sempat melihat Padang Rumput Sikasur. Sesuai pemberian namanya sendiri, dimana Anda disuguhkan dengan pemandangan cantik berupa hamparan rerumputan luas yang berhasil memanjakan mata bagi siapapun yang memandangnya.

Berada tidak jauh dari hamparan rerumputannya, terlihat sebuah danau eksotis yang berhasil menyihir wisatawan untuk mendekat kesana. Pasalnya danau yang diberi nama Danau Sitanjung ini diberkahi dengan air yang begitu jernih dan menyejukkan, sehingga banyak yang tertarik mengunjunginya untuk sekedar melepaskan penat.

Lokasi: Desa Baderan, Kec. Sumbermalang, Kab. Situbondo.

12. Pabrik Gula Olean

Pabrik Gula Olean

Image Credit: Facebook.com @sanusi.gede

Bosan mengunjungi wisata alam ? Tidak ada salahnya mengunjungi Pabrik Gula Olean yang berada di tanah Kabupaten Situbondo. Pabrik tua tersebut telah berdiri sejak 1864, dan hingga kini masih terus beroperasi untuk menghasilkan gula terbaik. Ketika sampai di kawasan wisatanya, Anda seakan diseret masuk ke masa lampau berkat gaya bangunannya yang khas.

Lokasi: Jl. Laksda Adi Sucipto, Olean, Kec. Situbondo, Kab. Situbondo.

13. Air Terjun Talempong

Air Terjun Talempong

Image Credit: Twitter.com @jalanwisata_id

Bagi wisatawan yang tertarik menikmati sajian alam indah dan cenderung tenang, tampaknya mengunjungi Air Terjun Talempong bisa menjadi keputusan tepat. Air terjun yang tidak seberapa tinggi tersebut, menumpahkan debit air yang cukup deras yang berhasil membuat suasana sekitarnya terasa sejuk dan menyegarkan dalam satu waktu.

Lokasi: Secang Barat, Kalisari, Kec. Banyuglugur, Kab. Situbondo.

14. Air Terjun Setancak

Air Terjun Setancak

Image Credit: Facebook.com @wpraden.masringgo

Air Terjun Setancak termasuk objek yang wajib dikunjungi ketika singgah di Kabupaten Situbondo. Di balik suguhan pesonanya yang begitu menawan, ternyata objek wisata ini sarat tentang kisah misteri. Berdasarkan penuturan dari masyarakat setempat, dulunya air terjun satu ini tidak ada hingga suatu saat muncullah air dari tanah yang mengalir deras hingga sekarang.

Lokasi: Desa Mojosari, Kec. Asembagus, Kab. Situbondo.

15. Kampung Kerapu

Kampung Kerapu

Image Credit: Instagram.com @wisatasitubondo

Kampung Kerapu wajib masuk dalam daftar kunjungan selanjutnya ketika bertandang ke Kabupaten Situbondo. Daya tarik utamanya terletak pada puluhan keramba Kerapu serta dermaga apung yang menghiasi kawasan wisatanya. Wisatawan juga bisa menyaksikan ikan lezat tersebut tampak berenang santai di bawah lautan dengan menyewa perahu wisata.

Selain melihatnya dari atas perahu, ternyata wisatawan juga diperbolehkan memancing berbagai jenis ikan yang memang sengaja dibudidayakan di dermaga tersebut. Sesuai dengan pemberian nama wisatanya, Kampung Kerapu dibuat dengan tujuan memperkenalkan sumber daya perairan sekaligus menjadi wilayah konservasi hayati.

BACA JUGA:  10 Taman di Malang yang Cocok untuk Refreshing

Lokasi: Gundil, Klatakan, Kec. Kendit, Kab. Situbondo.

16. Kampung Blekok

Kampung Blekok

Image Credit: Twitter.com @soloposdotcom

Kampung Blekok adalah objek wisata terbaik yang wajib dikunjungi bagi mereka yang membutuhkan suasana nyaman dan menenangkan. Sejak menginjakkan kaki di kawasan wisatanya, Anda disuguhkan dengan hamparan lautan lepas yang bersatu dengan kesegaran dedaunan hijau yang berasal dari hutan mangrove.

Hutan mangrove tidak hanya memberikan kesan sejuk atau mencegah terjadinya abrasi, namun juga dijadikan sebagai habitat asli dari beragam jenis burung air. Wisatawan yang beruntung, bisa melihat keindahan dari banyaknya Burung Blekok yang beterbangan mencari makan atau kembali ke sarang. Pemandangan tersebut tentunya tidak ditawarkan pada objek wisata lainnya.

Lokasi: Krojan Barat, Klatakan, Kec. Kendit, Kab. Situbondo.

17. Bekol Savannah

Bekol Savannah

Image Credit: Instagram.com @syafrinazar

Satu lagi destinasi wisata yang sayang dilewatkan ketika menginjakkan kaki di Taman Wisata Baluran adalah Bekol Savannah. Ketika memasuki kawasan wisatanya, Anda akan disambut dengan padang rumput yang begitu luas bak berada di tanah Afrika. Berkat kemiripannya, banyak pula yang menyebutnya sebagai miniatur Afrika yang dimiliki Jawa Timur.

Berada tidak jauh dari padang rumput terlihat beberapa hewan liar seperti kerbau liar, burung, serta rusa tampak bersantai di sana. Jika pada destinasi wisata lainnya lebih ramai dikunjungi ketika sore hari, justru Bekol Savannah lebih menarik dikunjungi saat pagi hari. Karena Anda bisa menyaksikan keindahan fajar tampak dari ufuk timur yang menyinari padang rumputnya.

Lokasi: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo.

18. Puncak Rengganis Argopuro

Puncak Rengganis Argopuro

Image Credit: Facebook.com @fathorrozy.simalakama

Situbondo tidak hanya memiliki destinasi wisata bahari semata, karena wisatawan juga bisa mengunjungi Puncak Rengganis Argopuro yang berada di atas ketinggian mencapai 3.088 mdpl. Sebelum dikelola menjadi destinasi wisata, ternyata dulunya kawasan tersebut merupakan bekas dari gunung berapi aktif.

Gunung cantik ini sebenarnya memiliki beberapa puncak, dimana Puncak Rengganis Argopuro adalah titik paling terkenal berkat keindahan alam yang disuguhkannya. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam dari atas ketinggian, karena disana terdapat situs peninggalan yang berasal dari zaman purbakala.

Lokasi: Desa Baderan, Kec. Sumbermalang, Kab. Situbondo.

19. Klenteng Poo Tong Biaw

Klenteng Poo Tong Biaw

Image Credit: Viva.co.id

Objek wisata yang tidak kalah menarik dikunjungi selanjutnya adalah Klenteng Poo Tong. Bukan sekedar bangunan peribadatan semata, karena daya tarik utamanya berada pada gaya arsitektur yang disematkan pada bangunannya. Ketika dilihat sekilas, kemungkinan bangunan satu ini tampak serupa dengan klenteng pada umumnya.

Namun kesan yang berbeda bisa didapatkan ketika masuk ke dalam kawasan klentengnya. Sebab di pintu masuknya, sudah terlihat beberapa benda khas agama Budha tampak tertata rapi seakan menyambut kedatangan para wisatawan. Alhasil orang yang hendak beribadah merasa senang ketika beribadah di tempat tersebut.

Lokasi: Besuki, Kec. Besuki, Kab. Situbondo.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Situbondo yang bisa Anda pilih untuk liburan yang berkesan. Ketika bertolak menuju Banyuwangi, wisatawan yang berada di jalur pantura tentu melewati Kabupaten Situbondo terlebih dahulu sebelum mengunjungi Banyuwangi. Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui bahwa daerah tersebut menyimpan segudang destinasi wisata menarik, padahal pesona yang ditawarkan dijamin ampuh menghilangkan rasa lelah.