Jawa Tengah

15 Tempat Wisata di Sragen

15 Tempat Wisata di Sragen

Sragen merupakan salah satu kota atau kabupaten yang ada di Jawa Timur. Tempat ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri sama seperti wilayah lainnya. Baik dari kebudayaan ataupun dari kondisi geografis yang mempengaruhi tempat wisata disana.

Sragen juga terkenal dengan adanya wisata alam seperti pantai dan air terjun. Ada juga wisata ramah anak yang membuat liburan tak perlu lagi jauh-jauh ke kota atau daerah lain. Penasaran? Berikut daftar Objek Wisata di Sragen yang wajib dikunjungi.

1. Ganesha Technopark

Ganesha Technopark

Lokasi: Jl. Dr. Sutomo No. 5, Sine, Kec. Sragen, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Lpplbuanaasri.com

Untuk tempat wisata yang pertama adalah Ganesha Technopark. Tempat wisata yang ada di Sragen ini sengaja dibuat agar bisa memudahkan akses ke lembaga penelitian, professor ataupun siswa yang sudah lulus. Terutama dalam membentuk R&D dan proyek lainnya dengan basis profit sharing.

Dengan ini maka pemerintah berharap nanti, ke depannya tidak ada lagi penelitian yang justru bingung karena tak ada bantuan dari segala segi. Lokasi tempat wisata ini ada di Jalan Dr. Sutomo 5 Sragen. Wisatawan bisa datang dengan mudah karena aksesnya juga mudah dijangkau.

2. Museum Prasejarah Sangiran

Museum Prasejarah Sangiran

Lokasi: Kebayanan II, Krikilan, Kec. Kalijambe, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Wikipedia.org

Bisa dibilang tempat wisata ini adalah tempat wisata edukasi yang cocok untuk para pelajar. Karena selain bisa berlibur, ada banyak informasi yang bisa digali. Museum ini merupakan tempat penemuan fosil Meganthropus Palaeojavanicus yang sekarang sudah memiliki koleksi sekitar 13.685.

Banyak penemuan fosil di tempat ini dan telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh WHO. Museum Prasejarah Sangiran berada di Desa Krikilan tepatnya berada di Kecamatan Kalijambe. Museum ini cocok bagi siswa-sisiw yang ada di sekitar Sragen untuk mengenal sejarah peradaban manusia atau kegiatan study tour dari sekolah.

3. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo

Lokasi: Kab. Grobogan, Kab. Sragen dan Kab. Boyolali, Jawa Tengah. – Image Credit by Lpplbuanaasri.com

Waduk Kedung Ombo merupakan tempat wisata yang sangat membantu untuk pembangunan di Indonesia. Misalnya saja seperti pembangkit listrik yang selama ini berguna untuk masyarakat luas.

Selain itu, air dari Waduk Kedung Ombo ini juga digunakan sebagai irigasi hingga ke wilayah-wilayah Demak, Kudus, Blora hingga Sragen, Boyolali dan lain sebagainya. Waduk Kedung Ombo berada di Desa Ombo, Kecamatan Geyer. Aktivitas yang bisa dilakukan disini adalah memancing serta mengitar waduk menggunakan perahu motor.

4. Gunung Kemukus

Gunung Kemukus

Lokasi: Soko, Kebayanan II, Pendem, Kec. Sumberlawang, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Kompas.com

Tempat wisata berikutnya cocok untuk yang senang mendaki. Namanya adalah Gunung Kemukus. Gunung ini merupakan peristirahatan terakhir dari Pangeran Samudro yang masuk dalam kategori wisata religi. Tempat ini dipercaya jika ada yang berziarah kesana maka bisa mendatangkan rezeki yang berlimpah. Tetapi pemahaman yang salah ini seiring berjalannya waktu malah dijadikan tempat untuk melakukan hal yang tak bermoral.

Maka dari itu pemerintah setempat terus berupaya mengurangi aktivitas tersebut dengan razia dan sosialisasi. Letak Gunung Kemukus ini berada di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang. Untuk sampai di tempat ini wisatawan bisa menggunakan google maps karena dengan mudah tempat wisata ini tertera.

5. Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian Air Panas Bayanan

Lokasi: Gamping, Jambeyan, Sambirejo, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Melancongdiindonesia.blogspot.com

Pemandian ini dikenal juga dengan sebutan Hyang Tirto Nirmolo. Pemandian air panas Bayanan memiliki daya tarik tersendiri. Pemandian ini juga dipercaya oleh masyarakat sekitar bisa membantu menyembuhkan berbagai penyakit kuli seperti gatal-gatal, rematik, menurunkan kolesterol hingga memelihara kesegaran sendi dan otot.

Pemandian air panas ini berada di Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo. Wisatawan bisa menikmati fasilitas yang tersedia seperti area bermain anak, kolam memancing hingga hutan wisata.

6. Taman Dayu Alam Asri

Taman Dayu Alam Asri

Lokasi: Gembong, Desa Dayu, Kec. Saradan, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Hoteldiindonesia.net

Taman Dayu Alam Asri merupakan taman yang dibangun dengan konsep wisata edukasi. Wisata ini cocok untuk berlibur bersama keluarga apalagi ada anak-anak. Lokasinya juga menarik karena ada Mini Zoo atau mini kebun binatang. Koleksi satwa dari tempat ini juga cukup lengkap. Seperti elang, burung merak, ular, kanguru dan rusa.

Sementara disamping mini zoo ada taman lalu lintas yang bisa mengajarkan kita untuk mengenal tata tertib dan bagaimana berlalu lintas di jalan. Taman Dayu Alam Asri berlokasi Desa Dayu, Sragen. Wisatawan juga bisa menikmati wisata agro atau pertanian yang dibuat untuk mengenalkan pengunjung dengan berbagai macam tanaman.

7. Sentral Batik Dewi Arum

Sentral Batik Dewi Arum

Lokasi: Kliwonan, Kec. Masaran, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Batikdewiarum.business.site

Merupakan Desa Wisata Batik yang popular dan patut untuk dikunjungi. Selain sebagai sentra kerajinan batik, tempat ini juga memiliki homestay untuk para wisatawan yang ingin menginap.

Disini nanti para pengunjung bisa beraktivitas seperti memancing, berjelajah desa, membatik, fotografi dan lain sebagainya. Sentral Batik Dewi Arum ini berada di Desa Wisata Batik Kliwon yang masuk kecamatan Masaran. Sragen merupakan wilayah yang juga terkenal akan batiknya.

8. Kolam Renang Kartika

Kolam Renang Kartika

Lokasi: Kroyo, Karangmalang, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Suaramerdeka.com

Kolam Renang Kartika adalah tempat wisata yang ada di Sragen dan lokasinya juga dekat dengan Sepak Bola Sragen. Di tempat wisata ini, pengunjung bisa menikmati fasilitas yang cukup lengkap.

Misalnya saja seperti kolam pemancingan untuk mereka yang suka mincing. Pengelolaannya juga terbilang baik sehingga kola mini memang ramai dikunjungi. Kolam Renang Kartika berada di Jalan Veteran. Untuk menemukan Tempat Wisata di Sragen ini terbilang mudah karena aksesnya pun banyak diketahui warga setempat.

9. Wisata Alam Betisrejo

Wisata Alam Betisrejo

Lokasi: Desa Jambeyan, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Sragen juga memiliki wisata dengan kondisi alam yang benar-benar sejuk dan indah. Namanya adalah wisata alam betisrejo yang telah ditetapkan sebagai wisata organic dan makin mempesona. Tidak hanya hamparan sawah diperbukitan saja tetapi juga adanya tempat untuk belajar mengolah pertanian secara organic tanpa adanya campuran bahan kimia.

Jika ingin menginap, wisatawan juga bisa mencari penginapan atau homestay di sekitar lokasi. Wisata Alam Betisrejo berada di Desa Wisata atau Dewi Betisrejo, kecamatan Sambirejo. Lokasi ini memang sangat mendukung bagi mereka yang ingin menenangkan pikiran.

10. Makam Joko Tingkir

Makam Joko Tingkir

Lokasi: Butuh, Gedongan, Plupuh, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Dnk.id

Menjadi wisata sejarah dan religi dimana makam joko tingkir memiliki daya tarikt ersendiri. Wisata makam ini menyimpan sejarah yang cukup panjang. Joko tingkir dikebumikan dengan 20 pusara yang dikelilingi oleh tembok dan Sembilan diantaranya berada di dalam cungkup.

Sementara pusara Joko Tingkir itu ada di bagian tengah cungkup. Makam ini banyak diziarahi dan menjadi objek wisata religi. Letaknya berjarak sekitar 16 km dari Kota Sragen tepatnya di Dusun Butuh. Wisatawan yang datang juga seringkali menyaksikan bagaimana keindahan alam di sekitar lokasi makam.

11. Waduk Blimbing

Waduk Blimbing

Lokasi: Desa Belimbing, Kec. Sambirejo, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Mapio.net

Namanya adalah waduk blimbing yang diketahui merupakan tempat wisata yang harus dan wajib untuk dikunjungi. Penduduk di sekitar lokasi juga diketahui sangat ramah. Wisata ini merupakan aset dari Desa Wonotolo Srimulyo Gondang. Manfaatnya untuk irigasi persawahan mereka

Lokasinya berada di Desa Blimbing, Kecamatan Sambirejo. Dalam sehari-hari, waduk ini dimanfaatkan untuk memancing atau objek wisata. Warga juga masih memanfaatkan waduk tersebut.

12. Wisata Kedung Grujug

Wisata Kedung Grujug

Lokasi: Dukuh Pungkruk, Bulu, Doyong, Miri, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Okezone.com

Nama wisata Kedung Grujug ini juga tak akan asing didengar. Tempat wisata yang memiliki keindahan tersendiri. Wisata ini merupakan sebuah curug yang penuh warna. Tidak hanya airnya yang tumpah dari sebuah aliran sungai tetapi juga bebatuan yang ada menambah keindahannya.

Curug ini mirip dengan air terjun Niagara yang ada di benua Amerika. Wisata Kedung Grujug berlokasi sekitar 25 km dari kota Solo dan 35 km dari Sragen. Lokasi yang cukup mudah karena jalannya sudah bagus.

13. Wisata Ndayu Park

Wisata Ndayu Park

Lokasi: Gembong, Saradan, Kec. Karangmalang, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Sragenholic.blogspot.com

Salah satu tempat wisata yang ada di Sragen berikutnya adalah Wisata Ndayu Park. Tempat wisata ini cukup ramai karena ada sensasi tersendiri. Cocok untuk rekreasi keluarga terutama untuk anak-anak. Wisata ini juga terbilang masih sangat terjangkau.

Lokasinya berada di Desa Saradan, Sragen. Baik hari libur ataupun hari biasa, pengunjung yang datang tetaplah ramai. Wisata Ndayu Park ini cukup menarik perhatian pengunjung dari luar kota.

14. Wisata Gunung Banyak

Wisata Gunung Banyak

Lokasi: Desa Srawung, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Wisata Gunung Banyak merupakan tempat wisata yang favorit bagi para pendaki. Tempat wisata yang memiliki keindahan tiada tara. Menjadi tempat wisata pegunungan yang cukup menantang. Cocok untuk para pendaki yang ingin melihat kondisi alam menenangkan.

Tetapi untuk berkunjung harus memiliki tenaga atau kondisi tubuh yang fit. Gunung Banyak berada di Srawung, Sragen. Butuh perjuangan cukup keras agar bisa sampai di destinasi wisata gunung ini.

15. Air Terjun Dung Jengglong

Air Terjun Dung Jengglong

Lokasi: Dukuh Mojolegi, Desa Bagor, Kec. Miri, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Semarangpos.com

Wisata air terjun ini menjadi destinasi andalan dari warga sekitar. Memiliki keindahan kondisi alam yang eksotis. Air terjun dung jengglong berketinggian 4 meter dengan lebari mencapai 7 meter. Ada air yang berwarna kehijau-hijauan.

Lokasi Destinasi Wisata di Sragen ini berada di Desa Bagor, Kecamatan Miri. Banyak yang bilang bahwa air terjun ini salah satu potensi yang belum dimaksimalkan.

Sragen merupakan wilayah atau daerah yang juga memiliki potensi wisata alam yang luar biasa indah. Mulai dari kolam renang, wisata religi, wisata alam pegunungan hingga air terjun. Tak lengkap rasanya jika berlibur hanya mengunjungi satu tempat, maka siapkan dan rencanakan liburan sebaik mungkin.