17 Tempat Wisata di Subang

17 Tempat Wisata di Subang

Meski terkesan sepele tetapi berlibur tetaplah merupakan kebutuhan mental kita agar terlepas dari resiko stress. Bukan hanya bekerja setiap hari 6 hari dalam satu minggu tetapi juga memaksimalkan waktu libur untuk berwisata memang harusnya dilakukan. Jika selama ini wisata atau berlibur identik dengan Bali atau tempat jauh lainnya dirasa akan menyita budget kita.

Sebelum mengeksplor tepat wisata lainnya, ada banyak spot atau Tempat Wisata di Subang yang menakjubkan dan wajib Anda kunjungi. Karena berlibur ini menjadi salah satu cara untuk melepas stress.

1. Wisata Air Panas Ciater

Wisata Air Panas Ciater

Lokasi: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Tempatwisataterdekat.com

Subang memiliki wisata air panas yang sudah populer di Indonesia. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati waktu bersantai dan relaksasi di etmpat ini. Ciater Subangini merupakan tempat untuk berlibur bersama keluarga. Untuk orang lokal, tempat wisata Ciater di Subang ini juga disebut sebagai wisata air ajaib. Tak lain karena air pemandian yang berasal atau bersumber langsung dari Gunung Tangkuban Perahu.

Lokasi dari Wisata Air Panas Ciater ini berada di Jallan Ray Ciater Subang. Selain berendam, ada fasilitas yang bisa digunakan bersama keluarga untuk menikmati keindahan alam pegunungan.

2. Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu, Cicadas, Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Pegipegi.com

Kawah dari Gunung Tangkuban Perahu ternyata menjadi tempat wisata di Subang yang recommended. Tempat ini cukup populer dengan ketinggian 2084 mdpl. Pesona dari keindahan kawah dan juga pemandangan dari ketinggian ini membuat wisatawan yang datang seringkali bersama rombongan.

Ada udara yang sejuk dan alami yang membuat siapa saja betah untuk datang. Kalau berangkat dari kota Subang, pengunjung harus berkendara sekitar 41 menit ke arah selatan. Sementara dari Kota Bandung sekitar 56 menit. Kawah Gunung Tangkuban Perahu berada di Cicadas, Sagalaherang, Kab. Subang. Objek wisata ini juga menarik perhatian wisatawan lokal ataupun asing.

3. Curug Agung atau Batu Kapur

Curug Agung atau Batu Kapur

Lokasi: Jl. Alternative Sagalaherang – Subang, Curugagung, Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Jurnal.rosid.net

Curug Agung atau dikenal dengan Batu Kapur ini dipercaya sebagai air terapi yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Misalnya seperti gatal-gatal dan lain sebagainya. Mereka yang berendam di kolam air panas ini bisa merasakan relaksasi dan manfaatnya. Sementara di sekitar curug sudah dikembangkan juga berbagai fasilitas lain seperti pondokan atau tempt menginap, tempat rekreasi anak-anak, arena atau area perkemahan dan juga temapt rumah makan.

Agar bisa menuju curug ini, pengunjung harus melewati kecamatan Salagaherang atau Kecamatan Dawuan. Waktu tempuh yang digunakan sekitar 32 menit dari Subang. Curug Agung atau Batu Kapur ini berada di Desa Curug Agung Kecamatan Sagalaherang. Jika pengunjung datang dari Bandung maka butuh waktu sekitar 2.6 jam.

4. Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa Wisata Sari Bunihayu

Lokasi: Jalancagak, Kec. Jalancagak, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Tiket.com

Tempat wisata di Subang berikutnya adalah Desa Wisata Sari Bunihayu. Tempat ini menawarkan keindahan pesona alam dengan panorama pegunungan. Desa ini berkonsep wisata alam dan budaya terutama bagi mereka yang tertarik dengan suasana pedesaan yang asri. Suasana ini akan membuat siapa saja merasa rileks dan melupakan stress karena rutinitas yang padat.

Ada beberapa fasiltias seperti villa, rumah makan, ruangan rapat, mushola dan lain sebagainya. Desa Wisata Sari Bunihayu berada di selatan Kota Subang Jawa Barat dengan ketinggian 500 hingga 1700 dari permukaan laut. Luasnya sekitar 3 ha dan ada sejak tahun 2002.

5. Curug Cileat Subang

Curug Cileat Subang

Lokasi: Cibogo, Cupunagara, Gardusayang, Cisalak, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Explorewisata.com

Masih dengan wisata alam Curug, wisatawan bisa datang berkunjung ke Curug Cileat Subang. Memiliki udara yang begitu sejuk dan adanya pelangi yang memantul dari air terjun ini memang menjadi daya tarik tersendiri.

Di curug ini pengunjung juga bisa camping dan berjalan beberapa kilometer saja. Jarak dari kota Subang kurang lebih 37 km ke arah selatan. Sementara dari jarak kota Bandung sekitar 63 km ke arah utara. Lokasi Curug Cileat ini berada Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang Jawa Barat. Ketinggian air terjun ini kurang lebhi 100 m di atas permukaan laut.

6. Peternakan Buaya

Peternakan Buaya

Lokasi: Blanakan, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Subang.go.id

Meski terdengar mengerikan tetapi tak ada salahnya untuk melihat bagaimana atraksi dari buaya. Hal ini bisa didapatkan di peternakan buaya yang ada di Blanakan Subang. Pengunjung tak perlu khawatir karena ada pawang yang menemani. Pawang juga cukup lihai dan pandai dalam mengatur buaya ganas ini jadi memang aman, ya!

Lokasi peternakan buaya ini berada di wilayah Kabupaten Subang bagian utara tepatnya di jalur pantura. Perjalanan dari Bandung membutuhkan waktu sektiar 2.6 jam.

7. Pantai Kalapa Patimban

Pantai Kalapa Patimban

Lokasi: Patimban, Pusakanagara, Kec. Pusakanagara, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Subang.go.id

Saatnya berlibur ke pantai jika ingin datang untuk bersantai. Namanya adalah pantai kalapa patimban dimana tempat ini memang menarik untuk dikunjungi. Ada berbagai aktivitas yang bisa kita lakukan seperti bermain sepak bola, bola volly pantai, sky boat hingga memancing.

Pantai Kalapa Patiban ini juga memiliki kedalaman laut yang landai sehingga para pengunjung bisa tetap aman untuk bermain di laut. Letak Pantai Kalapa Patimban ini berada di Dusun Patimban, Pusakanegaara. Objek wisata ini cukup ramai dikunjungi terutama ketika akhir pekan.

8. Pantai Pondok Bali

Pantai Pondok Bali

Lokasi: Mayangan, Legonkulon, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Hudiprawoto.blogspot.com

Objek Wisata di Subang berikutnya adalah Pantai Pondok Bali. Pantai ini memang merupakan tempat wisata yang indah. Teurtama bagi mereka yang ingin santai bersama keluarga. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan dan membuat kita makin rileks.

Ada yang suka berenang, memancing dan sekadar santai menikmati kuliner di sekitar lokasi wisata. Pantai Pondok Bali ini berada di Mayangan, Legonkulon. Ada pemandangan indah yang sayang kalau dilewatkan begitu saja sehingga jangan lupa untuk membawa kamera terbaik ke pantai ini.

9. Curug Cina

Curug Cina

Lokasi: Curugagung, Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Travelnatic.com

Curug yang satu ini memiliki keindahan yang dikagumi oleh banyak pengunjung. Tak perlu jauh ke Jamaika jika ingin melihat keindahan air terjun Sungai Dunn. Curug Cina ini terbilang cukup baru karena di tahun 2016 baru dibuka.

Banyak wisatawan yang menyukai tempat tersebut untuk hunting foto atau video karena suasana yang tenang dan indah begitu terjaga. Curug Cina berada di Desa Curugagung, kecamatan Sagalaherang. Dari kota Bandung, jalur menuju tempat ini cukup mudah yaitu melalui pemukiman warga yang jaraknya tidak terlalu jauh.

10. Kebun Teh Ciater

Kebun Teh Ciater

Lokasi: Ciater, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Mamansoleman.net

Kalau sudah puas untuk jalan-jalan ke air terjun yang ada di Subang, saatnya untuk menikmati suasana dingin di tengah kebun teh. Namanya adalah Kebun Teh Ciater yang disukai oleh banyak wisatawan terutama yang berkunjung bersama keluarga.

Disini nanti para pengunjung bisa mengajak si kecil untuk menikmati keindahan kebun yang hijau membentang dan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Kebun Teh Ciater berada di spanjang Jalan Raya Subang-Bandung. Ada kegiatan tea break yang tepatnya berada di air terjun sekitar dan ada juga tea testing.

11. Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy

Lokasi: Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Nurulfitri.com

Nama Curug Cibareubeuy ini memang selalu menarik para wisatawan. Sebab, curug tersebut menjadi tujuan wisata yang utama. Meski perjalanan cukup melelahkan tetapi para wisatawan bisa puas menikmati keindahan yang ada di curug ini. Terutama bagi wisatawan yang suka dengan olahraga ekstrem dan bertualang maka jalur hutan lebih cocok karena ada medan yang curam dan menantang.

Curug Cibareubeuy ini berada di lokasi yang terpencil membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit dari Desa Cibeusi. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan air yang dingin serta suasana di sekitarnya yang asri.

12. Pantai Cirewang

Pantai Cirewang

Lokasi: Legonkulon, Pangarengan, Pamanukan, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Subang.go.id

Tempat wisata yang ada di Subang ini memiliki panorama menawan karena suasana yang begitu asri. Ketika tiba di lokasi mungkin akan dibuat bingung karena tak menemukan pantai. Ternyata para pengunjung harus menaiki perahu melewati sungai dan pohon bakau yang ada di bagian kiri kanan.

Perjalanan untuk menyusuri sungai ini sekitar 15 menit sebelum sampai di tempat Teluk Cidaon. Pantai Cirewang ini berada di Kampung Cirewang. Pantai yang masuk di wilayah Kecamatan Legonkulon Subang yang memiliki suasana lebih asri.

13. Taman Wisata Tirta Alam

Taman Wisata Tirta Alam

Lokasi: Jl. Sagala Herang, RT. 11/14, Sagalaherang Kaler, Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Google Maps (Sri WS)

Taman wisata ini menyuguhkan keseruan bermain air dengan wahana yang cukup banyak. Seperti kolam renang dengan perosotan, wahana kora-kora mini dan odong-odong, danau buatan untuk main perahu atau sepeda air dan masih banyak lagi.

Mereka yang ingin berwisata dengan keluarga bisa datang Taman Wisata Tirta Alam yang juga dilengkapi dengan paly ground. Taman Wisata Tirta Alam ini berada di Jalancagak, Cibinong, Sagalaherang. Harga tiket yang berlaku adalah Rp. 20.000 per orang dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB.

14. Hutan Kota Ranggawulung

Hutan Kota Ranggawulung

Lokasi: Parung, Kec. Subang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Disparbud.jabarprov.go.id

Untuk menjelajahi hutan belantara mungkin terdengar begitu menyeramkan. Tetapi tidak hika datang ke Hutan Kota Ranggawulung. Tempat wisata ini memiliki keunikan tersendiri dengna banyaknya flora yang hidup di sana seperti pohon pinus, jati, mahoni dan bungur.

Ada juga beberapa unggas yang hidup liar di hutan ini seperti bondol Jawa, Walet inchi hingga Burung Madu Sriganti. Lokasi Hutan Kota Ranggawulung ini berada di Parung, Subang. Jam bukanya dalah dari jam 07.00 hingga 17.00 WIB.

15. Situs Nyi Subang Larang

Situs Nyi Subang Larang

Lokasi: Jl. Raya Gambarsari, Cikaum Timur, Kec. Cikaum, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Ilove-subang.blogspot.com

Situs Nyi Subang Larang ini merupakan sebuah situs yang bersejarah dan peninggalan pada masa kerajaan Pajajaran. Di dalam situs banyak ditemukan benda-benda bersejarah yang berupa perhiasan hingga perabotan.

Peninggalan ini adalah dari Nyi Subang Larang yang merupakan istri dari Prabu Siliwangi. Situs Nyi Subang Larang berada di Teluk Agung, Desa Nagerang, Binong. Mereka yang suka dengan sejarah akan sangat cocok datang ke tempat ini.

16. Kasumber Mata Air Cipondok

Kasumber Mata Air Cipondok

Lokasi: Pasanggrahan, Kasomalang, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Crazytravelmate.com

Tidak kalah dengan mata air jernih Umbul Pongok yang ada di Klaten atau Sendang Mudal yang ada di Magelang. Subang memiliki destinasi dengan air yang begitu jernih layaknya kristal. Namanya adalah Kasumber Mata Air Cipondok atau yang juga disebut sebagai mata air Aqua karena letaknya berdampingan dengan pabrik air mineral tersebut.

Lokasinya berada di Pasanggrahan, Kasomalang Subang. Destinasi Wisata di Subang ini memiliki suasana menyenangkan untuk menjadi alternatif tempat wisata atau liburan seru. Kasumber Mata Air Cipondok ini banyak dikunjungi di akhir pekan.

17. Curug Pandawa 5

Curug Pandawa 5

Lokasi: Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat. – Image Credit by Facebook Curug Pandawa 5

Subang memang memiliki banyak curug. Salah satunya adalah Curug Pandawa 5 yang letaknya juga tak jauh dari Curug Cibareubeuy dan masih satu jalur. Wisatawan bisa datang ke dua tempat ini sekaligus, menyenangkan bukan?

Curug Pandawa 5 ini masih memiliki suasana yang alami dan sarana yang cukup memadai. Lokasinya berada di dalam area yang dikelola oleh keluarga. Tepatnya berada di Nagrak, Ciater dan masuk dalam Kabupaten Subang.

Subang adalah satu dari sekian banyak wilayah di Indonesia yang disebut memiliki banyak pesona wisata. Baik itu destinasi wisata alami seperti curug, pantai ataupun situs sejarah. Tetapi ada juga keindahan dari wisata buatan seperti kolam renang atau taman bermain di tempat yang sejuk dan asri.