15 Tempat Wisata di Sukoharjo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Sukoharjo

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Sukoharjo, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Bersama Orang Tercinta.

Sukoharjo, salah satu daerah yang terletak di Jawa Tengah ini bisa dibilang memiliki banyak sekali potensi tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Banyaknya tempat wisata yang patut dikunjungi menjadikan kota di Jawa Tengah ini semakin digandrungi oleh para pencinta liburan. Selain banyak tempat menarik, Kota Sukoharjo memiliki lokasi yang tak jauh dari Kota Solo. Keragaman wisatanya menjadi bukti bahwa kabupaten ini adalah tempat terbaik yang sayang jika tidak disinggahi.

Jadi, bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Sukoharjo tak perlu repot repot untuk menempuh akses perjalanan yang rumit. Lantas, apa saja tempat wisata terbaik di Sukoharjo yang bisa Anda pilih untuk liburan?

1. Pandawa Water World

Pandawa Water World

Image Credit: Gustinbrida.blogspot.com

Jika ditelaah lebih dalam, Kabupaten Sukoharjo memiliki destinasi wisata permainan air yang cukup banyak. Seperti halnya Pandawa Water World, wisata bermain air yang satu ini menjadi primadona bagi masyarakat kota dengan sebutan Kota Makmur ini. Objek wisata air yang satu ini terletak di daerah Grogol Solo Baru dan berdekatan dengan Kabupaten Sukoharjo. Lokasi tersebut sangat mudah untuk ditemui, sehingga pengunjung tidak akan merasa kesulitan.

Dibuat dengan desain menarik yang mengusung nama Pandawa, membuat wisata air ini semakin cepat digemari oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan luar daerah. Selain itu, destinasi wisata buatan yang satu ini memiliki area yang sangat luas. Di berbagai sisinya, Anda akan melihat beberapa patung Pandawa yang menjadi ikon wisata tersebut. Anda pun bisa menikmati wahana dan fasilitas yang tersedia seperti, kolam arus, warm spa, sight tower, dan lain lain.

Lokasi: Kompleks Pandawa Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo.

2. Royal Water Adventure

Royal Water Adventure

Image Credit: Tourisindo.com

Anda tentunya tahu bahwa Kabupaten Sukoharjo memiliki segudang wisata bermain air yang patut dikunjungi. Selain Pandawa Water World, ada juga wisata bermain air dengan konsep modernitas yakni Royal Water Adventure. Dengan konsep modern, objek wisata ini juga mengusung tema family waterpark yang akan membuat liburan bersama keluarga jauh lebih berkesan. Di sana, Anda akan ditawarkan area permainan air dengan penataan yang sejuk.

Banyaknya pepohonan yang ditanami di sekitar area tersebut menjadikan tempat wisata yang satu ini lebih teduh. Dengan demikian, Anda akan semakin betah berlama lama menghabiskan waktu di objek wisata air tersebut. Tak hanya itu, Anda bisa memanfaatkan fasilitas dan wahana yang sudah disediakan, diantaranya kolam arus, child playground, kolam renang semi olympic, body slide, toilet, mushol, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Raya Telukan KM.08, Dusun III, Telukan, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo.

3. Dam Colo

Dam Colo

Image Credit: Hartonomall.com

Salah satu tempat wisata di Kabupaten Sukoharjo yang bisa dibilang sangat berbeda dari wisata yang lain adalah Dam / Bendungan Colo. Bendungan ini sebenarnya dibuat dengan tujuan untuk mengairi persawahan penduduk desa. Namun, karena struktur bangunan dan desainnya menarik bendungan yang satu ini banyak dikunjungi oleh warga lokal bahkan dari luar daerah. Uniknya, tempat ini mendadak menjadi objek wisata ketika masyarakat penasaran terhadap desain bangunannya.

BACA JUGA:  14 Tempat Wisata di Cilacap Terbaru & Terhits Dikunjungi

Sebagai objek wisata yang belum terjamah tangan pemerintah, Bendungan Colo masih belum memiliki fasilitas yang memadai. Meski begitu, Anda tetap bisa mengunjungi wisata tersebut kapanpun Anda inginkan. Jika Anda turun kebawah, Anda akan melihat barisan beton persegi yang tertata dengan rapi. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Lokasi: Jembatan Bendung Colo, Jetis, Pengkol, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo.

4. Gunung Sepikul

Gunung Sepikul

Image Credit: Bangborii.blogspot.com

Destinasi wisata Gunung Sepikul memiliki pesona alam yang mungkin jarang ditemui di daerah lain. Pasalnya, terdapat 2 bukit kembar menjulang dengan kokoh yang menjadi salah satu daya tarik wisata tersebut. Wisata alam ini sering dijadikan sebagai tempat untuk hunting foto dengan kualitas terbaik. Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi terutama Landscape Photography, lokasi ini adalah jawabannya. Anda akan mendapat foto dengan view indah nan memesona.

Lokasi: Kerten, Tiyaran, Kec. Bulu, Kab. Sukoharjo.

5. Curug Krajan

Curug Krajan

Image Credit: Facebook.com @destinasipariwisatajateng

Bagi Anda yang membutuhkan liburan di tempat tenang dan nyaman, Curug Krajan lah jawabannya. Di sana, Anda akan disambut dengan pesona alam yang khas beserta panorama pedesaan yang masih asri. Gemercik air terjun yang dibalut udara segar khas pedesaan, menghadirkan suasana yang tenang, nyaman, dan damai. Sembari merasakan kealamiannya, Anda bisa mandi atau berendam di aliran sungai yang tenang.

Kesegaran air dan nuansa alami dapat membuat waktu liburan Anda semakin berarti. Dikatakan sebagai curug, wisata alam ini memang memiliki air terjun yang tidak terlalu besar dan tinggi. Meski begitu, Anda akan melihat kejernihan dan kebersihan air yang masih sangat alami. Bahkan, lokasi tersebut juga tidak mengalami banyak perubahan. Dengan demikian, Curug Krajan bisa dikategorikan wisata alami yang tidak terjamah banyak orang.

Lokasi: Krajan, Kec. Weru, Kab. Sukoharjo.

6. Transformers Park

Transformers Park

Image Credit: Pinterest.com @rizkia p

Didirikan dengan konsep yang terinspirasi dari film robot transformers, menjadikan wisata buatan ini langsung ramai dikunjungi pasca dibuka. Wisata buatan yang berlokasi di daerah Jasatirta, Sukoharjo ini selalu ramai pengunjung di setiap akhir pekan. Tak seperti mobil mobil mewah yang ada di filmnya, Transformers Park berisikan mobil mobil yang mayoritas bekas dengan usia puluhan tahun. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya.

Lokasi: Banaran, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pemalang Terbaru & Terhits Dikunjungi

7. Waduk Mulur

Waduk Mulur

Image Credit: Wadukmulur.blogspot.com

Bagi Anda pencinta panorama matahari terbenam alias sunset, Waduk Mulur menawarkan lokasi strategis dan tepat untuk melihat sunset dengan jelas dan leluasa. Selain itu, Waduk Mulur sering kali dijadikan sebagai area pemancingan yang sama seperti bendungan lainnya. Jika Anda memiliki hobi berburu foto bagus dan memancing, tempat yang satu ini akan sangat cocok untuk menunjang hobi yang Anda miliki.

Bila Anda berniat untuk mengunjungi Waduk Mulur, bisa menempuh rute perjalanan dari arah Kota Solo ke daerah Bendosari, Sukoharjo. Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang satu ini kapan pun Anda mau. Pasalnya, Waduk Mulur dibuka setiap hari, baik di tanggal merah maupun hari biasa. Untuk bisa masuk ke lokasi tersebut, Anda tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis.

Lokasi: Dondong, Mulur, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo.

8. Umbul Pecinan Batu Seribu

Umbul Pecinan Batu Seribu

Image Credit: Zuckici.com

Satu lagi tempat wisata air di Sukoharjo yang patut dikunjungi ialah Umbul Pecinan Batu Seribu. Objek wisata bermain air ini memiliki daya tarik yang terletak pada kolam pemandian yang dialiri air bersih dari mata air secara langsung. Di sana, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas bermain air seperti berenang, mandi, dan berendam sepuasnya sambil menikmati alam asri dengan suasana yang tenang.

Lokasi: Pacinan, Gentan, Kec. Sukoharjo, Kab. Sukoharjo.

10. The Heritage Palace (Pabrik Gula Gembongan)

The Heritage Palace (Pabrik Gula Gembongan)

Image Credit: Wisatakaka.com

Berbeda dengan pabrik gula yang ada di Yogyakarta, Pabrik Gula Gembongan ini sudah tidak beroperasi sejak lama. Yang menarik dari lokasi tersebut ialah arsitektur bangunannya yang dibuat dengan megah dan luas. Didirikan di era pendudukan Belanda, membuat wisata yang satu ini identik dengan bentuk bangunan khas Eropa. Tak hanya bangunan pabrik gula, di sana Anda juga akan ditawarkan dengan kemegahan Museum 3D dan Museum Angkot.

Lokasi: Jl. Permata Raya, Dukuh Tegal Mulyo RT.002/RW.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

11. Geopark Batu Seribu

Geopark Batu Seribu

Image Credit: Kompas.com

Salah satu tempat rekreasi keluarga yang patut dikunjungi adalah Geopark Batu Seribu. Lokasi wisata tersebut berjarak sekitar 20 km dari arah sebelah selatan Kota Sukoharjo. Di sana, Anda akan ditawarkan pemandangan asri Kota Sukoharjo yang masih belum banyak ditemukan perubahan. Apabila Anda berminat untuk mengunjungi wisata tersebut, Anda hanya perlu merogoh kocek tiket masuk sekitar Rp 2 ribuan saja.

Lokasi: Gentan, Kec. Bulu, Kab. Sukoharjo.

12. Petilasan Kraton Pajang

Petilasan Kraton Pajang

Image Credit: Instagram.com @nnamariyana

Selain destinasi air dan pesona alam indah, Kabupaten Sukoharjo juga memiliki tempat wisata sejarah yang memuaku. Seperti halnya Petilasan Kraton Pajang. Dahulu, Kerajaan Pajang yang dipimpin oleh Sultan Hadiwijaya atau Jaka Tingkir merupakan salah satu kerajaan yang sempat memerintah Tanah Jawa. Namun sayangnya, kerajaan tersebut kemudian hilang dari percaturan kerajaan Tanah Jawa.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Jepara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Menghilangnya kerajaan tersebut juga diselingi dengan peninggalan benda benda sejarah yang erat dengan Jaka Tingkir. Peninggalan tersebut berupa lukisan, benda berat, dan hal lain yang juga berkaitan dengan Kerajaan Pajang. Dengan mengunjungi wisata tersebut, wawasan Anda mengenai sejarah akan semakin bertambah. Sembari melihat suasana petilasan, Anda bisa berbicara dengan juru kunci tempat tersebut mengenai sejarang Pajang.

Lokasi: Dusun I, Makamhaji, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

13. Sendang Pinilih

Sendang Pinilih

Image Credit: Solopos.com

Sendang Pinilih merupakan salah satu destinasi wisata air di Sukoharjo yang juga wajib Anda kunjungi. Di sana, Anda akan ditawarkan kesegaran air mata air yang dialirkan ke dalam kolam besar. Di sekeliling lokasi tempat tersebut terdapat tumbuhan rimbun dan persawahan nan asri sejauh mata memandang. Sendang Pinilih juga merupakan destinasi wisata keluarga yang patut dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan.

Untuk dapat mengunjungi Sendang Pinilih, Anda bisa menempuh perjalanan dari arah kota pusat menuju Sawah Jero, Jangglengan, Sukoharjo. Wisata pemandian air tersebut juga sangat ekonomis. Pasalnya, pihak pengelola hanya mematok tiket masuk sekitar harga 7 ribuan saja. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda sudah bisa menikmati fasilitas seperti 3 buah kolam renang dan kolam ikan yang disediakan di Sendang Pinilih.

Lokasi: Dusun I, Jangglengan, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo.

14. Telaga Claket

Telaga Claket

Image Credit: Naughtiusmaximus98.wordpress.com

Teruntuk Anda yang sedang mencari spot foto terbaik, Telaga Claket bisa menjadi pilihannya. Telaga yang satu ini, terletak di daerah perbatasan antara Kabupaten Wonogiri dan Sukoharjo. Di sana, Anda akan disuguhkan pemandangan telaga dengan tebing dan bukit di sekelilingnya. Pepohonan yang masih rimbun menciptakan suasana tenang dan damai, yang akan membuat siapa pun pengunjungnya jatuh hati.

Meski ukuran telaga tak terlalu luas, wisata tersebut menawarkan pesona keindahan alam yang masih asri. Selain cocok sebagai tempat berburu foto, Telaga Claket juga memiliki spot favorit bagi para pemilik hobi memancing. Bagi Anda yang berkeinginan mengunjungi Telaga Claket, silahkan menuju rute perjalanan ke perbatasan daerah Kabupaten Wonogiri dan Sukoharjo. Untuk tarif masuk yang dipatok pun juga sangat ekonomis, yakni sekitar Rp. 5 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Raya Nguter, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo.

15. Gunung Taruwongso

Gunung Taruwongso

Image Credit: Desawatubonang1909.hol.es

Wisata alam yang menawarkan panorama indah berupa pemandangan Kota Sukoharjo dari ketinggian ialah Gunung Taruwongso. Memang gunung ini tidak memiliki ketinggian seperti gunung pada umumnya. Namun soal keindahan, Gunung Taruwongso menjadi juaranya. Untuk mengunjunginya pun tidak perlu melewati medan yang tajam dan menyusahkan. Objek wisata alam Gunung Taruwongso sudah dilengkapi akses perjalanan yang bisa dilalui kendaraan.

Lokasi: Tengklik, Watubonang, Kec. Tawangsari, Kab. Sukoharjo.

Setelah mengetahui rekomendasi tempat wisata di Kota Sukoharjo, Anda bisa lebih mudah memutuskan destinasi mana yang menarik untuk dikunjungi. Melalui pilihan wisata tersebut, Anda bisa menyinggahinya bersama orang orang tercinta. Umumnya, wisata tersebut memiliki keindahan dan pesonanya tersendiri. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah membawa serta buah tangan khas Kabupaten Sukoharjo yang dapat dibagikan kepada kerabat dan keluarga di rumah.