Ingin Liburan Menarik? Periksa Daftar Tempat Wisata Favorit di Sumedang, Jawa Barat. Objek Wisata Kekinian, Terbaru & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Tak banyak yang tahu bahwa setiap wilayah memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang wajib dieksplor. Jika selama ini wisata Indonesia identik dengan Bali dan Lombok, di daerah sekitar masih banyak wisata indah yang patut dikunjungi. Seperti yang ada di Sumedang.

Tempat Wisata di Sumedang menawarkan keindahan dan pesona yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Baik oleh warga sekitar ataupun wisatawan asing bisa menemukan tempat wisata favorit miliki Sumedang.

1. Curug Cigorobog

Curug Cigorobog
Image Credit: Nyikreuh.com

Tempat wisata yang pertama adalah Curug Cigorobog. Wisata air terjun ini memiliki keindahan alam yang masih terjaga begitu baik dan menawarkan hawa sejuk. Dengan ketinggian sekitar 40 meter serta biaya masuk yang begitu murah atau terjangkau seharga Rp. 3000 saja.

Curug ini menjadi tempat wisata favorit untuk banyak orang yang juga masuk dalam daftar wisata wajib. Curug Cigorobog berada di dalam hutan tepatnya di Kota Tahu ini. Wisatawan bisa datang ke Desa CItengah dan berjalan sekitar 500 meter dari jalan desa.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

2. Pemandian Air Panas Sekarwangi

Pemandian Air Panas Sekarwangi
Image Credit: Google Maps (ANGGI SUMEDANG)

Pemandian air panas selalu jadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan. Akan tetapi, masyarakat sering kali merasa bahwa pemandian terlalu jauh yaitu di Puncak atau Ciater. Padahal di Sumedang telah hadir pemandian Sekarwangi yang mengandung air belerang, sehingga cocok untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.
Anda bisa mengunjungi tempat ini untuk berendam atau menyembuhkan stroke ringan, asam urat, dan penyakit lainnya. Tak hanya itu, Andajuga bisa menambah stamina dan membuat tubuh jauh lebih segar untuk kembali beraktivitas. Oleh sebab itu, tersedia sekitar 6 tempat pemandian yang mampu menampung banyaknya pengunjung destinasi ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekarwangi, Kec. Buahdua, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

3. Agrowisata Kampung Nangorak

Agrowisata Kampung Nangorak
Image Credit: Google Maps (Julian Permadhi)

Agrowisata Kampung Nangorak ini juga sayang untuk dilewatkan karena memang cukup memacu adrenalin dengan jalan yang menanjak dan sempit. Namun perjalanan yang dirasa melelahkan akan terbayar dengan pemandangan yang ada disana.

Di lokasi, wisatawan akan disuguhkan pepohonan dan bukit yang diselimuti dengan daun-daun hijau. Untuk masuk lokasi wisata juga dikenakan biaya Rp. 1000 saja per orang. Agrowisata Kampung Nangorak ini berjarak sekitar 6 km dari alun-alun kota Sumedang. Untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Margamekar, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

4. Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun
Image Credit: Google Maps (Rakhmat irsan Arch)

Banyak orang yang ingin merasakan sensasi liburan di tanah Sunda dengan cara berbeda, seperti wisata sejarah. Andabisa berkunjung ke Museum Prabu Geusan Ulun untuk belajar dan menikmati suasana sakral di dalamnya. Ada sekitar 6 gedung yang bisa dieksplor untuk mengetahui berbagai benda bersejarah di rumah bekas Bupati terdahulu di daerah yang dikenal dengan tahunya ini.

Fasilitas yang tersedia untuk pengunjung cukup lengkap, seperti tempat parkir yang luas, mushola, dan kamar mandi. Tersedia pula pemandu wisata yang akan menemani Andaberkeliling, sehingga informasi terkait wisata ini bisa diperoleh secara lengkap. Sayangnya, museum satu ini tidak dilengkapi penginapan untuk pengunjung.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Prabu Geusan Ulun No.40, Regol Wetan, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

5. Puncak Damar Baros Jatigede

Puncak Damar Baros Jatigede
Image Credit: 3lfiyulia.wordpress.com

Kali ini datang dari Puncak Damar Baros Jatigede. Tempat wisata dengan sensasi liburan yang berbeda. Spot ini akan mengajak wisatawan untuk menikmati eksotism dari Waduk Jatigede yang dikelilingi dengan perbukitan dan dari atas ketinggian. Sementara sejauh mata memandang, ada keindahan yang bisa kita dapatkan.

Tidak hanya duduk santai menikmati keindahan alam tetapi di tempat wisata ini ada beberapa wahana yang bisa digunakan seperti camping ground dan outbound. Puncak Damar Baros Jatigede ini berada di Desa Paku Alam, kecamatan Darmaja. Wisatawan juga tak akan kesusahan jika berlibur dengan anak karena ada area beramin serta lahan parkir yang luas.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pakualam, Darmaraja, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

6. Curug Ciputrawangi

Curug Ciputrawangi
Image Credit: Instagram.com @restu_wibisono

Curug satu ini juga dikenal dengan nama Narimbang karena berada di daerah Narimbang, tepatnya di bawah kaki Gunung Tampomas. Menariknya, para wisatawan akan sering bertemu dengan satwa liar khas daerah tersebut yang masih sangat lestari. Hal tersebut dikarenakan Curug Ciputrawangi memang sebagai tempat mencari minum untuk satwa tersebut.

Selain wisatawan dari luar, lokasi ini sering dikunjungi oleh para pendaki untuk istirahat sejenak dan mengambil persediaan air. Hal itu disebabkan oleh kondisi air yang jernih dan sangat segar. Andajuga akan disuguhi oleh suasana alam yang masih sangat alami, sehingga hewan dan tumbuhan asli di sekitarnya hidup dengan lestari.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Curug Ciputrawangi, Narimbang, Kec. Conggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

7. Gunung Kunci

Gunung Kunci
Image Credit: Yukepo.com

Meski namanya adalah Gunung Kunci tetapi kawasan ini adalah bukit kecil. Objek wisata ini memang bersejarah dan merupakan benteng pertahanan yang telah dibangun oleh Belanda. Di dalam benteng ada beberapa ruangan yang fungsinya berbeda-beda.

Wisatawan bisa melihat peninggalan sejarah dan melengkapi perjalanan wisata ketika ke Sumedang. Gunung Kunci berada di Gunung Panjunan, Kelurahan Kota Kulon tak jauh dari alun-alun kota Sumedang. Tepatnya ada di sekitar 250 meter bagian sebelah barat dari Alun-alun.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kotakulon, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

8. Gunung Tampomas

Gunung Tampomas
Image Credit: Instagram.com @husenalimufti

Indonesia terkenal dengan banyaknya gunung berapi, salah satunya Tampomas yang ada di Kabupaten Sumedang. Puncak Sangiang Taraje ini memiliki daya tarik yang cukup unik, yaitu memiliki kawah dan bebatuan besar berwarna hitam. Selain itu, dipercaya bahwa puncak ini menjadi petilasan Prabu SIliwangi sehingga timbul aura magis di sekitarnya.

Tak hanya menikmati aura magis, Andajuga bisa berjumpa dengan barbagai jenis satwa liar yang tumbuh dengan baik di gunung ini. Para pendaki juga bisa melihat situs purbakala yang jadi peninggalan dari kerajaan Padjajaran lama. Menariknya, puncak gunung Tampomas juga menyuguhkan pemandangan Sumedang dari ketinggian yang cantik.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibeureum Wetan, Kec. Cimalaka, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

9. Kampung Wisata Toga

Kampung Wisata Toga
Image Credit: Uki82.blogspot.com

Kampung Wisata Toga adalah kampung dengan singkatan Toga tanaman obat keluarga. Ada suasana alam yang masih begitu asri dan sejuk dimana destinasi ini juga cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Ada banyak fasilitas yang juga disediakan seperti kolam renang dan area outbound untuk pengunjung.

Kegiatan yang juga bisa dilakukan di tempat wisata seperti bersepeda, arung jeram, hiking dan lain sebagainya. Kampung Wisata Toga terletak sekitar 2 km dari pusat Kota Sumedang. Tepatnya di Jl. Makam Cut Nyak Dien Gn. Puyuh, Desa Sukajaya dengan adanya villa dengan harga sewa terjangkau.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukajaya, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

10. Kebun Teh Margawindu

Kebun Teh Margawindu
Image Credit: Instagram.com @bank_yayat_indonesia

Kebun teh selalu jadi destinasi yang menarik untuk melepas penat di akhir pekan, karena suasana alamnya yang asri. Andabisa memilih berkunjung ke perkebunan Margawindu yang tergolong tidak ramai dikunjungi karena jalannya yang rusak. Pengunjung bisa memakai motor atau mobil untuk menerjang jalan aspal yang sudah bolong bolong ini.

Setelah sampai, Andaakan merasakan secara langsung destinasi yang alami dan jauh dari hiruk pikuk kota. Selain itu, perkebunan ini juga masih kental dengan bangunan Belanda yang berdiri kokoh dengan tegel dan sisa bata antik yang khas. Ciri khas satu ini yang harus tetap dijaga agar menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cimarga, Kec. Cisitu, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

11. Eco Green Park Kampung Karuhun

Eco Green Park Kampung Karuhun
Image Credit: Sumedangtandang.com

Berwisata ke tempat ini akan wisatawan begitu betah karena suasana yang sejuk serta kegiatan yang menarik. Misalnya saja seperti berenang, camping, outbound dan menggunakan ATV Adventure. Eco Green Park adalah wisata yang diperuntukkan bagi siapa saja yang suka suasana santai dengan berbagai macam kegiatan seru.

Eco Green Park Kampung Karuhun ini berada di Desa Citengah, Sumedang. Jika memiliki banyak waktu luang tak ada salahnya menghabiskan jatah liburan di tempat wisata ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pagar Betis, Citengah, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

12. Curug Sabuk

Curug Sabuk
Image Credit: Google Maps (Ahmad Nurdin Fah)

Nama untuk destinasi wisata ini diambil dari dua hal, yaitu bentuk curug yang mirip ikat pinggang atau jalan menuju lokasi yang melingkar dan panjang. Tak hanya namanya, curug ini juga memiliki daya tarik unik dengan 4 aliran air terjun dengan debit air berbeda beda. Ketinggian airnya pun tak sama dan ada dua aliran yang menyerupai curug kembar.

Keunikan dari air terjun ini tak serta merta menjadikannya objek wisata yang ramai oleh pengunjung. Andabisa merasakan suasana sepi karena perjalanan yang jauh dan berliku. Selain itu, tak banyak informasi yang diperoleh calon wisatawan untuk sampai ke tempat ini sehingga keelokan dari lokasi wisata ini belum diketahui banyak orang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Margamekar, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

13. Wisata Alam Pangjugjugan

Wisata Alam Pangjugjugan
Image Credit: Sumedangtandang.com

Objek Wisata di Sumedang ini menjadi salah satu destinasi favorit untuk dikunjungi dan menawarkan banyak fasilitas yang bisa digunakan pengunjung. Ada banyak fasilitas seperti kolam renang, flying fox, becak mini, playground hingga terapi ikan.

Sementara kegiatan yang bisa dilakukan adalah berkeliling kebun, melihat peternakan kelinci, unggas dan sapi potong. Wisata Alam Pangjugjugan berada di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan. Tempat wisata ini juga cocok untuk keluarga ataupun anak-anak.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Cilembu, Kec. Pamulihan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

14. Curug Cinulang Sumedang

Curug Cinulang Sumedang
Image Credit: Google Maps (Bayu Suseno)

Pesona yang disuguhkan oleh curug satu ini, yaitu adanya dua aliran yang membuatnya mirip dengan air terjun kembar. Menariknya, air terjun setinggi 50 meter ini dilengkapi debit air yang tak sama karena salah satunya lebih deras. Akan tetapi, fakta ini justru membuat dua aliran tersebut saling melengkapi dengan keberadaannya yang bersebelahan.

Tak hanya menikmati air yang jatuh dari ketinggian, Andajuga bisa bermain air di kolam yang terbentuk secara alami di bawahnya. Para wisatawan juga bisa berenang di kolam alami ini, tetapi harus tetap waspada dan hati hati. Andabisa berfoto di lokasi ini dengan latar belakang air terjun, di jembatan, atau berlatar alam yang masih alami.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cimanggung, Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

15. Situ Cilembang

Situ Cilembang
Image Credit: Blog.reservasi.com

Tempat wisata Situ Cilembang merupakan wisata alam dengan danau yang begitu jernih. Danau ini juga seperti kristal dan terlihat pantulan warna langit yang berwarna biru. Wisata ini memang menjadi hits setelah disebar luaskan di social media.

Agar bisa menjaga kejernihan air, wisatawan juga tidak diperbolehkan untuk berenang sehingga hanya cocok untuk tempat hunting foto. Dengan background danau, foto bisa terlihat lebih apik. Situ Cilembang berada Desa Hariang, Kecamatan Buahdua. Banyak wisatawan datang untuk melihat bagaimana keindahan yang ditawarkan Situ Cilembang.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hariang, Buahdua, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

16. Taman Endog

Taman Endog
Image Credit: Instagram.com @gtravelphotograph

Nama Taman Endog ini diambil bukan tanpa alasan, karena tugunya seperti telur raksasa. Selain itu, taman ini dibangun sebagai simbol yang menyiratkan proses menciptakan alam semesta yang dianalogikan seperti telur. Fungsi lain dari taman ini juga sebagai salah satu ruang terbuka hijau, sehingga bisa diakses oleh seluruh masyarakat dengan gratis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mayor Abdurahman, Kotakaler, Kec. Sumedang Utara, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

17. Wisata Air Gajah Depa

Wisata Air Gajah Depa
Image Credit: Google Maps (Andi Suhandi)

Gajah Depa adalah wahana permainan air modern yang dirasa mulai hits. Destinasi wisata ini memang begitu disukai oleh para pengunjung. Terutama wahana yang bernama Family Slide dengan bentuk papan luncur yang bisa dieksplor dengan 10 orang teman.

Ada juga water roller, water ball, spill buckjet dan lain sebagainya. Ada juga istana boneka, trampoline hingga kereta mini. Wisata Air Gajah Depa berada di Jalan Raya Serang 90 Galudra. Tempat ini cocok untuk dikunjungi oleh siapa saja termasuk mengajak keluarga dan anak-anak.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Serang No. 90, Galudra, Kec. Cimalaka, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

18. Bumi Perkemahan Kiara Payung

Bumi Perkemahan Kiara Payung
Image Credit: Google Maps (Yahya Abdurahman)

Seperti layaknya bumi perkemahan, lokasi satu ini juga memiliki spot yang cukup luas untuk camping. Anda bisa mendirikan tenda sembari menikmati suasana alam yang asri dan udara yang sejuk. Udara yang sangat nyaman dan menyejukkan ini disebabkan oleh lokasinya yang berada di kaki Gunung Manglayang yaitu sekitar 1650 di atas permukaan laut.

Tak hanya camping, para wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain seperti olahraga sepeda gunung. Bagi yang mencari destinasi untuk piknik keluarga pun dapat memiliki Kiara Payung ini sebagai tempat yang tepat. Tak perlu khawatir saat cuaca tidak bersahabat, karena telah tersedia shelter yang dapat dipakai berteduh sekitar 25 orang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kiarapayung, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

19. Arung Jeram Pangcalikan

Arung Jeram Pangcalikan
Image Credit: Republika.co.id

Untuk wisatawan yang suka berlibur atau berwisata di tempat yang memacu adrenalin bisa mencoba Arung Jeram Pangcalikan. Tempat wisata ini memang memiliki kontur arus yang begitu menantang. Bahkan ada juga beberapa lokasi yang menunjukkan sungai diapit dengan dua tebing batu eksotis.

Ketika musim kemarau, air di sungai ini menjadi begitu jernih yang membuatnya diberikan nama Green Canyon Sumedang. Arung Jeram Pangcalikan berada di Sungai Cipeles, Desa Citepok. Ada pemandangna yang begitu eksotis dan membuat kita bebas dari rasa penat ataupun lelah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Citepok, Kec. Paseh, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

20. Menara Loji Jatinangor

Menara Loji Jatinangor
Image Credit: Google Maps (Yusup Suryadi)

Kawasan satu ini dulunya merupakan area perkebunan yang kemudian disulap menjadi daerah pendidikan. Menara loji jadi salah satu saksi bisu sejarah di masa Belanda dengan dentangnya yang jadi penanda bagi para pekerja kebun. Saat ini, lonceng menara itu telah hilang sehingga dentangnya sudah tidak bisa didengar oleh para pengunjung Menara Loji Jatinangor.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sayang, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

21. Pemandian Air Panas Cileungsing

Pemandian Air Panas Cileungsing
Image Credit: Cipanassumedang.blogspot.com

Berlibur dan menenangkan diri adalah agenda yang terdengar begitu asyik. Namanya adalah pemandian air panas Cileungsing yang bisa memberi efek tenang dan rileks pada tubuh. Selain itu, pemandian ini juga diyakini mampu memberi manfaat untuk kesehatan terutama untuk penyakit kulit dan tulang.

Lokasi pemandian ini berada di Desa Cilangkap, Kecamatan Buah Dua. Tidak hanya berendam, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah yang ada di sekitar lokasi wisata.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cilangkap, Buahdua, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

22. Curug Buhud

Curug Buhud
Image Credit: Instagram.com @kem_rain

Kawasan yang terkenal dengan tahunya ini juga memiliki replika dari air terjun Niagara yang sangat terkenal di Amerika Serikat. Andabisa melihat air terjun sepanjang 30 meter dengan tinggi sekitar 6 meter. Di tempat tersebut, para pengunjung bisa berfoto dengan spot yang unik dan berbeda beda di atas ketinggian air yang jatuh ke kolam di bawahnya.

Meskipun air di kolam alaminya sering keruh, para pengunjung destinasi ini tak pernah sepi. Hal itu disebabkan oleh lokasinya yang masih alami dan asri dengan banyaknya tumbuhan di kanan kirinya. Selain itu, curug satu ini juga sangat mudah ditemukan dengan jalur trekking yang ramah untuk berbagai rentang usia, termasuk orang tua.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukatani, Kec. Tanjungmedar, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

23. Wisata Paralayang Gunung Lingga

Wisata Paralayang Gunung Lingga
Image Credit: Journal.sociolla.com

Wisata yang satu ini menawarkan keindahan yang begitu memanjakan mata. Ketinggian tanahnya mencapai kurang lebih 930 mdpl. Wisatawan bisa menyaksikan pemandangan alam yang mempesona dari ketinggian.

Kawasan ini juga memiliki daya tarik tersendiri dan menawarkan sensasi liburan lebih menantang terutama bagi mereka yang hobby paralayang. Wisata ini berada di Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu. Jangan lupa siapkan budget jika ingin menggunakan paralayang di lokasi wisata.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cimarga, Cisitu, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

24. Kolam Renang Ranca Goyang

Kolam Renang Ranca Goyang
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Bagi wisatawan yang ingin berenang, tempat wisata di Sumedang bernama Ranca Goyang ini recommended. Ada 4 jenis kolam yang berdasarkan usia sehingga tentu aman untuk wisatawan yang tidak begitu jago untuk berenang.

Keunikannya adalah pada tempat kolam renang yang berada di penempatan pesawat bekas di area wisata. Lokasi wisata ini ada di di Rancamulya, Sumedang Utara. Di lokasi ini, wisatawan bisa menikmati kuliner di atas pesawat bekas.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rancamulya, Kec. Sumedang Utara, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

25. Mata Air Sirah Cipelang

Mata Air Sirah Cipelang
Image Credit: Firmanramadhantkja.blogspot.com

Mata Air Sirah Cipelang ini sempat viral di media social karena keindahan alam yang ditawarkannya. Ada hawa sejuk dan juga suasana dingin yang membuat pikiran lebih adem. Terutama di lingkungan di sekitar mata air ini masih begitu asri sehingga menyejukkan pandangan.

Mereka yang ingin hunting foto, tempat wisata ini recommended untuk dikunjungi. Lokasi Mata Air Sirah Cipelang ini berada di Desa Cipamekar yang ada di Kecamatan Conggeang. Mata Air Sirah menawarkan suasana sejuk untuk membuat pikiran terbebas dari stress.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cipamekar, Conggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Rekomendasi Destinasi Wisata di Sumedang bisa menjadi tempat liburan bersama keluarga. Ada wisata alam seperti curug, pantai dan lain sebagainya. Ada juga tempat wisata waterpark yang cocok untuk anak-anak. Karena Sumedang masih menyimpan banyak potensi wisata yang patut digali.