15 Tempat Wisata di Sumenep Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Sumenep

Butuh Liburan yang Seru? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Sumenep Madura, Jawa Timur. Objek Wisata Terbaru, Populer dan Paling Hits yang Layak untuk Anda Kunjungi Saat Liburan.

Kota Sumenep menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak pesona pemandangan alam wisata yang sangat mengagumkan di ujung timur Pulau Madura. Tak heran, kabupaten ini sering disebut sebagai Pusat Peradaban kota Madura. Meski tersebar menjadi pulau-pulau kecil, namun nyatanya setiap pulau memiliki keunikan dan daya tarik wisata yang luar biasa.

Jika Anda ingin mengunjungi kabupaten Sumenep, yuk intip rekomendasi tempat wisata yang hits untuk liburan yang lebih berkesan.

1. Pulau Giliyang

Pulau Giliyang

Image Credit: Ariyamadura.id

Destinasi wisata ini dikenal sebagai salah satu pulau yang memiliki kadar oksigen terbaik di dunia. Selain keadaan oksigen yang tinggi, pulau tersebut juga memiliki pemandangan pantai dan laut yang mempesona dan sangan cocok bagi Anda yang memiliki hobi untuk diving dan snorkeling.

Tidak hanya itu, tempat wisata yang berlokasi di Sumenep ini juga memiliki pantai dengan kondisi pasir yang putih dengan kondisi air pantai yang sangat bersih dan tenang.

Lokasi: Gili Iyang, Banraas, Kec. Dungkek, Kab. Sumenep.

2. Gili Labak

Gili Labak

Image Credit: Ksmtour.com

Gili Labak merupakan salah satu pulau yang terletak di sebelah timur Madura. Di pulau ini para pengunjung bisa melihat keindahan panorama pantai dengan laut luas yang indah, ditambah keindahan pasir putihnya yang sangat bersih.

Dahulu, pulau ini dikenal sebagai sarang tikus karena tidak berpenghuni dalam waktu yang lama. Namun kini, pulau ini sangat diburu oleh backpacker yang ingin menikmati panorama keindahan pantai yang sangat indah ini.

Lokasi: Desa Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

3. Pantai Ambunten

Pantai Ambunten

Image Credit: Mzrick27.blogspot.com

Pantai Ambunten menawarkan keindahan pantai yang eksotis dengan hamparan pasir putih dan lautan yang luas. Akan tetapi, banyak wisatawan yang belum mengetahui keberadaan pantai cantik di Sumenep ini. Meski begitu, pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas parkir serta tempat istirahat yang dapat digunakan pengunjung, sembari menikmati keindahan pantai yang sangat elok. Jangan lupa untuk membawa bekal serta kamera, untuk mengabadikan momen di Pantai Ambunten yang indah.

Lokasi: Desa Ambuten Barat, Kec. Ambuten, Kab. Sumenep.

4. Pantai Sembilan

Pantai Sembilan

Image Credit: Sewadrone.id

Pantai Sembilan merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di bagian utara Pulau Sumenep. Sebelum terkenal dengan nama Pantai Sembilan, dulunya pantai ini bernama Pantai Mareddnan yang berarti ‘kuburan’ dalam Bahasa Madura. Pemberian nama tersebut bukan tanpa alasan, karena lokasi pantai tersebut tepat bersebelahan dengan kompleks pemakaman umum. Namun sekarang, sudah ada tembok yang dijadikan sekat sehingga sudah tidak lagi terlihat mistis.

BACA JUGA:  19 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk menghilangkan kesan mistis, pemerintah setempat akhirnya mengubah nama pantai tersebut menjadi Pantai Sembilan. Karena jika dilihat dari atas, ketika air laut sedang pasang akan membentuk genangan yang membentuk angka sembilan. Pantai ini menawarkan keindahan pantai pasir putih yang luas yang sangat memanjakan mata wisatawan yang berkunjung, Pantai Sembilan juga menawarkan banyak spot foto didalamnya yang sangat indah.

Lokasi: Pulau Giligenting, Bringsang, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep.

5. Pulau Mamburit

Pulau Mamburit

Image Credit: Instagram.com @sumenepsuperhits

Tempat wisata berikutnya yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Sumenep, yaitu Pulau Mamburit. Pulau Mamburit cukup terkenal dengan keindahan pantainya yang sangat eksotis dan indah. Di pulau ini, pengunjung disuguhi pantai dengan hamparan pasir putih serta air laut yang jernih serta terumbu karang yang asri. Pulau ini menawarkan pesona keindahan bawah laut yang tidak kalah dengan keindahan bawah laut Indonesia bagian timur.

Lokasi: Bilis-bilis, Kec. Arjasa, Kab. Sumenep.

6. Pulau Sapekan

Pulau Sapekan

Image Credit: Ayokesapeken.com

Pulau Sapekan merupakan tempat wisata berupa pulau kecil yang berada di Sumenep. Pulau ini dikelilingi dengan pantai pasir putih yang sangat menawan, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan pantai pasir putih terlebih dahulu, sebelum menjelajah isi pulau lebih dalam lagi. Pulau Sapeken tidak hanya menjadi destinasi wisata alam, namun juga menjadi wisata budaya. Karena banyak kegiatan di pulau ini, masih menjunjung adat dan budaya yang masih kental.

Lokasi: Desa Sapeken, Kec. Sapeken, Kab. Sumenep.

7. Pantai Badur

Pantai Badur

Image Credit: Kompas.com

Tempat Hits di Sumenep berikutnya, yang wajib dikunjungi adalah wisata Pantai Badur memiliki keistimewaan tersendiri. Disebelah barat pantai, terdapat air tawar yang mengalir dan membelah pasir putih yang bersambung dengan laut. Aliran air tawar ini memiliki kedalaman yang cukup dangkal sehingga sering dimanfaatkan untuk bermain oleh anak-anak kecil. Keindahan lain yang dimiliki Pantai Badur yaitu batuan-batuan tinggi mirip gua.

Lokasi: Sergang, Kec. Batuputih, Kab. Sumenep.

8. Pantai Lombang

Pantai Lombang

Image Credit: Ariechicarito.blogspot.com

Pantai ini menyuguhi pemandangan pantai dengan suasana deburan ombak yang cukup tenang dan pasir putih yang sangat halus sehingga dapat menenangkan pikiran, bagi pengunjung yang datang. Selain itu, wisatawan juga dapat merasakan suasana rimbun pohon cemara udang yang berjajar mengikuti garis bibir pantai. Konon katanya, pohon ini tidak bisa tumbuh di sembarang pantai. Pantai ini sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk wisatawan.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Lamongan yang Hits & Populer

Lokasi: Lombang, Kec. Batang Batang, Kab. Sumenep.

9. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng

Image Credit: Portalwisata.co.id

Pantai Slopeng merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan ketika hari libur tiba karena memiliki ombak yang tergolong tenang. Sehingga, Anda dapat bermain air, berenang dengan aman dan juga bermain pasir di pinggir pantai. Pantai yang berbatasan dengan Kecamatan Ambunten ini memiliki pasir pantai yang luas sehingga pengunjung bisa leluasa bermain dan berjalan-jalan di pasirnya yang lembut.

Lokasi: Jl. Raya Ambunten No.34 Ambunten, Trebung Ghetteng, Kec. Dasuk, Kab. Sumenep.

10. Kepulauan Masalembu

Kepulauan Masalembu

Image Credit: Seputarjatim.com

Tempat wisata di Sumenep selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Kepulauan Masalembu yang berbatasan langsung dengan laut lepas, sehingga areal pantai di pulau ini memiliki ombak yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kawasa wisata di pulau ini cenderung tidak cocok dijadikan sebagai areal bermain pasir atau berenang. Meski begitu, pantai ini menawarkan keindahan alam yang lain. Kepualauan Masalembu memiliki areal terumbu karang yang cukup luas.

Lokasi: Karamian, Kramian, Kec. Masalembu, Kab. Sumenep.

11. Air Terjun Durbugan

Air Terjun Durbugan

Image Credit: Detik.com

Air Terjun Durbugan sangat cocok dijadikan destinasi wisata bagi siapa saja yang penat karena suasana kota yang padat setelah seminggu penuh bekerja. Air Terjun Durbugan memiliki suasana yang masih sangat asri dan menyejukkan. Air di kawasan wisata ini mengalir dengan deras, ditambah dengan suasana sekitar air terjun yang asri membuat para wisatawan akan merasa betah berlama-lama disini untuk sekedar berdiam diri, berendam, maupun berfoto.

Lokasi: Noomtimur, Aeng Merah, Kec. Batuputih, Kab. Sumenep.

12. Taman Adipura Kota Sumenep

Taman Adipura Sumenep

Image Credit: Anggitaramani.blogspot.com

Selain pantai yang indah, Sumenep juga memiliki destinasi wisata lainnya yang tak kalah hits, yaitu Taman Adipura Kota Sumenep. Wisata ini menjadi taman rekreasi dengan konsep ruang terbuka hijau di tengah kota, sehingga sering diibaratkan bak oase di tengah gurun pasir. Di sekitar taman, ditanami banyak pohon rindang yang akan menyegarkan suasana. Suasana Taman Adipura akan lebih terlihat semarak dan ramai ketika malam, terutama malam Minggu.

Lokasi: Lingkungan Delama, Pajagalan, Kec. Kota Sumenep, Kab. Sumenep.

13. Museum Keraton Sumenep

Museum Keraton Sumenep

Image Credit: Panduanwisata.id

Destinasi wisata selanjutnya adalah Museum Keraton Sumenep yang menakjubkan. Yang menarik dari museum ini, yaitu Anda bisa menyaksikan Al-Quran yang berukuran raksasa, sebesar 4 x 3 meter dengan berat 500 kg. Ada lagi barang unik yang terdapat di museum ini, yaitu piring ajaib karena diberikan khusus sebagai hadiah untuk raja. Konon, piring tersebut memiliki kekuatan magis dimana nasi yang dihidangkan diatasnya tidak basi walaupun sudah berhari-hari.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Bondowoso yang Wajib Anda Coba

Meski memiliki beragam benda menarik yang dapat dijadikan sebagai daya tarik, sayangnya fasilitas yang disediakan di museum ini masih terbilang masih kurang. Akan tetapi, bagi kalian yang ingin menikmati wisata sejarah dapat mengunjungi tempat ini karena banyak terdapat barang langka yang hanya bisa ditemukan disini. Selain itu, Anda juga dapat berswafoto dengan latar belakang barang-barang menarik yang ada di Museum keraton Sumenep.

Lokasi: Jl. Dr. Sutomo No.6, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kec. Kota Sumenep, Kab. Sumenep.

14. Bukit Tinggi Daramista

Bukit Daramista

Image Credit: Sewadrone.id

Bukit Tinggi Daramista merupakan salah satu destinasi wisata baru yang berada di Sumenep, namun sudah dikenal oleh banyak orang. Bukit ini memiliki pemandangan alam yang memukau serta udara yang sejuk. Yang dapat menarik wisatawan, bukit ini memiliki spot foto dan fasilitas-fasilitas yang sangat lengkap. Dari mulai gubuk-gubuk kecil, hingga kolam buatan yang telah disediakan pihak pengelola sebagai fasilitas pendukung.

Lokasi: Billa Tompok, Daramesta, Kec. Lenteng, Kab. Sumenep.

15. Bukit Kapur Kombang

Bukit Kapur Kombang

Image Credit: Destinasipedia.com

Tempat wisata yang satu ini menawarkan pemandangan berupa areal bukit kapur yang berundak-undak dan terlihat sangat eksotis. Dulunya, bukit kapur ini merupakan areal pertambangan batu putih yang dapat dijadikan sebagai bahan dasar bangunan. Namun, siapa sangka bekas daerah pertambangan tersebut menghasilkan sebuah karya seni batu yang indah dan ekstokik. Lama kelamaan daerah tersebut berubah fungsi menjadi tempat wisata.

Jika dilihat dari jauh, dinding-dinding artistik yang ada pada dinding bukit kapur ini terlihat seperti bangunan kastil kuno yang berada di Eropa. Tak heran, jika banyak wisatawan yang tertarik dengan destinasi wisata satu ini. Pemandangan yang ditawarkan di sekitar Bukit Kapur Kombang pun terlihat sangat menarik, karena perpaduan warnanya yang kontras. Bukit ini menjadi salah satu wisata hits yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Sumenep.

Lokasi: Desa Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

Sumenep yang merupakan salah satu bagian dari kota penghasil garam ini, seakan memiliki banyak surga dunia yang terpendam. Berbagai pilihan tempat wisata yang ada di Sumenep Madura rasanya selalu menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan. Sehingga, Anda dapat memasukkan kota ini ke dalam list perjalanan liburan yang tidak boleh sampai terlewat. Liburan panjang Anda bersama keluarga dijamin makin berkesan dan menyenangkan.