Jawa Barat

18 Tempat Wisata di Tasikmalaya

18 Tempat Wisata di Tasikmalaya

Bukan hal baru lagi jika tempat-tempat wisata di Indonesia ini tersebar dengan begitu luasnya. Hampir di tiap daerah ini memiliki ciri khas dan ragam wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam seperti pantai, kolam renang hingga danau dengan panorama indah.

Tak hanya itu saja tetapi ada juga wisata kuliner yang patut untuk dicoba. Seperti yang ada di Tasikmalaya, salah satu kota adminstratif di Jawa Barat yang menyimpan sejuta pesona dari tempat-tempat wisata yang dimilikinya sangat sayang jika Anda tidak mengunjunginya.

1. Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik

Lokasi: Jl. Mohamad Hatta, Sukamanah, Kec. Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Seperti halnya ruang publik yang ada di kota-kota besar, Taman Wisata Karang Resik ini memang dikemas sedemikian rupa untuk menarik dan menjadi tujuan wisata khusus. Memiliki luas 32 hektar dan konsepnya adalah wisata alami, atraksi dan edukasi yang dipadukan dengan agrowisata.

Ada juga rumah hobbit dan The Lodge Maribaya di dalamnya. Taman Wisata Karang Resik berada di jalan Dr. Moh.Toha 331, Sukamanah, Cipedes. Wisatawan yang datang dikenakan biaya tiket masuk Rp. 5000 per orang.

2. Tonjong Canyon Cipatujah

Tonjong Canyon Cipatujah

Lokasi: Nagrog, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Yoexplore.co.id

Ada tempat wisata unik yang sering disebut sebagai replika dari Green Canyon. Ngarai kecil ini memang tersembunyi dan memiliki keistimewaan sendiri. Tonjong Canyon Cipatujah didominasi tebing berbatu dengan warna kecoklatan ditambah dengan aliran sungai yang tenang. Wisatawan bisa datang dan menikmati keindahan dari sisi manapun.

Tonjong Canyon Cipatujah berada di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah. Tepatnya di Kabupaten Tasikmalaya dimana pengunjung bisa berangkat dari pusat kota Tasikmalaya kemudian menyusuri jalan raya Karangnunggal hingga pertigaan Karang-Pamijahan.

3. Danau Lemona

Danau Lemona

Lokasi: Kawitan, Salopa, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Dutapriangan.co.id

Tasikmalaya memang tak memiliki danau alami tetapi bukan berarti tak ada wisata yang asyik. Disini, di Danau Lemona wisatawan bisa memanjakan mata dan menikmati wisata kuliner. Danau yang menjadi kolam ikan besar dan juga sejumlah saung yang disediakan khusus untuk para pengunjung.

Wisatawan juga harus meniti jembatan gantung yang terbuat dari bambu. Bahkan ini merupakan salah satu titik ekstrem yang seru untuk berfoto. Lokasi Danau Lemona berada di Jalan Raya Salopa, Tasikmalaya Jawa Barat. Wisatawan bisa berkunjung setiap hari dari jam 8 pagi hingga 9 malam dengan makanan mulai dari Rp. 5000.

4. Bukit Kacapi

Bukit Kacapi

Lokasi: Tanjungkarang, Cigalontang, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @iimimranadibalhakim

Sensasi main air dan menyaksikan pemandangan yang indah bisa didapatkan di Bukit Kacapi. Wisatawan bisa berenang di kolam renang dengan pemandangan istimewa di Bukit Kacapi. Ada dua hal yang bisa didapatkan yakni yang pertama adalah menikmati air yang sejuk di kolam instagenik serta menikmati adanya kebun teh dari ketinggian.

Tempatnya memang begitu hijau dan rindang yang memungkinkan siapa saja untuk merefreshkan otak dari rutinitas kerja dan rasa penat. Lokasi Tempat Wisata di Tasikmalaya ini ada di Kurjati, Tanjungkarang. Jam operasionalnya adalah setiap hari dari jam delapan pagi hingga enam malam dengan tiket masuk Rp. 5000 per orang.

5. Jembatan Akar Santoaan

Jembatan Akar Santoaan

Lokasi: Tataru, Tenjonagara, Cigalontang, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Ngabolangngabolang.blogspot.com

Bagi para wisatawan yang memburu spot unik dan cinta fotografi bisa menikmati tempat wisata di Jembatan Akar Santoaa. Tidak seperti jembatan akar di Padang, Sumatera Barat dan juga Baduy yang ada di Banten tetapi jembatan ini terbentuk dari dua pohon yang tumbuh. Dua pohon ini terpisahkan oleh sungai Santoaan yang ada di wilayah Gunung Galunggung.

Sayangnya untuk sampai di jembatan ini tak mudah karena harus trekking kurang lebih 1 km. Lokasi Jembatan Akar Santoaa ini berada di Kampung Tataru, Desa Tenjonagara, Kecamatan Cigalontang. Meski medannya sulit tetapi wisatawan bisa puas saat sampai karena pemandangan unik dan segar di sekitar jembatan.

6. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng

Lokasi: Cikatomas, Tawang, Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Jabarklik.com

Mereka yang sering melihat persawahan dengan sistem pengairan terasering seperti di Bali bisa menemukannya di Tasikmalaya Curug Dengdeng ini memiliki keajaiban alam yang benar-benar indah. Curug tersebut memiliki tiga tingkatan dengan ketinggian yang bervariasi.

Alirannya juga cukup deras mulai dari hulu sungai yang ada di Gunung Raja dan masih cukup aman untuk bermain di alirannya. Lokasi Curug Dengdeng berada di Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah. Wisatawan yang datang tidak dikenakan biaya hanya sumbangan sukarela untuk pembangunan fasilitas di lokasi wisata.

7. Karaha Bodas

Karaha Bodas

Lokasi: Kadipaten, Kec. Kadipaten, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Ngabolangngabolang.blogspot.com

Tak sedikit yang memaksimalkan pemandangan apik sebagai background swafoto pengunjung. Tidak sedikit juga yang memilih trekking untuk menyusuri tiap lekuk sawahnya sekaligus menjelajahi air panas yang ada di beberapa titik.Aktivitas ini berada di Karaha Bodas yang disebut sebagai Kawah Putih Tasikmalaya. Ada keunikan tersendiri dibandingkan dengan tempat lain.

Karaha Bodas adalah kawah dari gunung api muda yang bisa menghasilkan fenomena fumarol dan juga solfator yang bisa berpotensi menghasilkan panas bumi. Lokasi Karaha Bodas ini berada di Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten. Untuk sampai di lokasi ini, wisatawan bisa memang harus menempuh perjalanan cukup sulit namun puas melihat tempat wisata yang unik.

8. Curug Agung Galunggung

Curug Agung Galunggung

Lokasi: Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Ngabolangngabolang.blogspot.com

Pernahkah terlintas untuk melihat curug dengan warna-warna yang menakjubkan? Namaya adalah Curug Agung Galunggung. Objek Wisata di Tasikmalaya ini memiliki tinggi 80 meter dan ada di wilayah wisata Gunung Galunggung. Ada warna-warna air dari merah darah hingga biru laut yang mana ini menjadi daya tarik utama.

Hal ini karena permainan cahaya lampu yang menyorot langsung air dari aliran kawah dan para wisatawan bisa menikmatinya saat hari mulai gelap. Lokasi Curug Agung Galunggung ini berada di Linggajati, Sukaratu. Para wisatawan yang datang dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp. 5000 per orang.

9. Leuwi Citoe Pancatengah

Leuwi Citoe Pancatengah

Lokasi: Pangliaran, Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Bisnisbandung.com

Tasikmalaya juga memiliki Leuwi Cito Pancatengah yang diketahui merupakan air terjun mini dan juga kolam dangkal yang begitu mengesankan. Ketika menelusuri sungai di sini, wisatawan bisa mendapatkan bonus pemandangan dan juga tempat yang keren untuk bersantai.

Bukan hanya karena pemandangan tetapi juga lanskap yang menawan dimana dari aliran sungai ini ada air terjun mini yang berwarna hijau atau leuwi. Lokasinya berada di Kampung Sukajaya, Desa Pangliaran. Wisatawan bisa bertanya pada warga setempat untuk sampai di lokasi karena tempatnya memang sudah populer.

10. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta

Lokasi: Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Asepyayan.blogspot.com

Tak lengkap rasanya jika berlibur tanpa mengunjungi pantai yang ada di Tasikmalaya. Pantai Sindangkerta ini memiliki keistimewaan karena adanya Taman Laut Lengsar. Wisatawan bisa datang untuk berenang atau bermain air dengan adanya biota laut yang beragam. Ada sejumlah terumbu karang yang unik ketika laut sedang surut.

Pantai Sindangkerta berada di Sindangkerta, Cipatujah Tasikmalaya. Tiket masuk yang dikenakan adalah Rp. 5000 di hari libur dan akhir pekan tetapi gratis di hari Senin hingga Jumat.

11. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung

Lokasi: Linggawangi, Leuwisari, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Arifsetiawan.com

Wisata Gunung Galunggung menawarkan beragam pesona untuk bisa dinikmati. Keistimewaann alam pegunungan bisa wisatawan rasakan dengan hawa sejuk dan begitu menenangkan. Ada juga spot yang tak boleh dilewatkan yakni gardu pandang dengan pemandangan alam.

Spot yang tak boleh dilewatkan adalah gardu pandang dengan adanya pemandangan alam yang mengesankan. Gunung Galunggung berada di Linggawangi, Leuwisari, Tasikmalaya. Tiket masuk yang dikenakan adalah Rp. 5000 per orang.

12. Wisata Taraju

Wisata Taraju

Lokasi: JL. Raya Taraju, Deudeul, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Ayobandung.com

Ada wisata yang menyatu dengan alam pedesaan. Namanya adalah Wisata Taraju. Tetapi ada hal lain juga yang bisa menambah keseruan dan keasyikan untuk liburan berkesan disini. Wisatawan bisa menyaksikan langsung kearifan lokal yang berasal dari penduduk desa dan bergerak di bidang pertanian dan perkebunan.

Berkunjung ke Desa Taraju sejenak akan membuat kita melupakan keriuhan kota. Wisata Taraju berada di Kecamatan Tarajau, Kabupaten Tasikmalaya. Spot gardu pandangan Hutan Pinus Kacapiring merupakan spot favorit para wisatawan.

13. Kampung Naga

Kampung Naga

Lokasi: Neglasari, Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Kali ini bagi wisatawan yang ingin berinteraksi langsung dengan masyarakat Sunda bisa datang ke Kampung Naga. Banyak keunikan yang bisa ditemukan di kampung ini. Karena letaknya yang ada di lembah yang subur, rumah warga memang memiliki kemiripan satu sama lain terutama dari arsitekturnya yakni berbentuk rumah panggung.

Lokasi Kampung Naga berada di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Siapa saja yang ingin menikmati suasana pedesaan sangat cocok untuk mengunjungi Kampung Naga ini.

13. Jembatan Cirahong

Jembatan Cirahong

Lokasi: Jl. Raya Cirahong, Margaluyu, Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Railfanscalutak.blogspot.com

Jembatan Cirahong merupakan jembatan instagenic yang memang membawa kesan berbeda. Ada mitos dibalik jembatan ini. Meski terdengar seram tetapi harus diakui bahwa jembatan cirahong memiliki sisi eksotisme konstruksinya dari baja berkualitas bagus dan memiliki struktur rapat.

Meskipun juga tak cukup luas untuk bisa dilewati dua mobil jika secara langsung. Jembatan ini juga menjadi jalur perlintasan Kereta Api Indonesia. Lokasi Jembatan Cirahong berada di Jalan Raya Cirahong, Pawindan, Manonjaya. Terlepas dari fungsinya, jembatan ini memang estetis dan banyak orang berburu gambar di jembatan tersebut.

14. Rumah Batu Karangnunggal

Rumah Batu Karangnunggal

Lokasi: Cibatu, Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Ngabolangngabolang.blogspot.com

Area rekreasi ini dulunya memang cukup ternama di Tasikmalaya. Tetapi dengan tampilannya sekarang kesan terbengkalai memang ada karena banyak tanaman rambat dan menutupi bangunan yang merupakan hasil pahatan seniman.

Meski begitu tetap saja ada sisi unik dari rumah batu ini. Tak salah jika banyak yang memburu foto dari rumah batu Karangnunggal. Lokasi tempat wisata ini ada di Gunung Cantigi, Blok Pasingpongpok, Dusun Sukawangi. Untuk yang ingin merasakan sensasi tinggal di zaman batu seperti The Flinstones, tempat wisata ini memang recommended.

15. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan

Lokasi: Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Baca.co.id

Pantai Karang Tawulan merupakan pantai yang mirip dengan pantai Puncak Guha yang ada di Garut. Pantai ini juga masih terlindungi oleh dinding tebing terjal. Tetapi masih ada ruang bermain di pasir pantai yang begitu indah.

Wisatawan juga bisa menikmati keindahannya dari pinggiran tebing karena ketika sore suasananya sangat menenangkan. Pantai Karang Tawulan ini berada di Cipatujah Selatan, Karangnunggal.Tiket masuk yang dikenakan adalah Rp. 5000 per orang.

16. Gunung Batu

Gunung Batu

Lokasi: Mertajaya, Bojongasih, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @budirachman_

Banyak yang memanfaatkan tempat ini sebagai tempat foto pre wedding. Untuk menyaksikan lanskap dari ketinggian Tasikmalaya, Gunung Batu bisa menjadi jawabannya. Ada panorama yang begitu mengesankan dimana Gunung Batu ini dulunya memang merupakan lahan penambangan marmer.

Gunung Batu juga terkenal karena adanya hot spot keindahan panorama alam dari ketinggian Tasikmalaya. Lokasinya berada di Cigunung, parungponteng. Wisatawan bisa melihat perbukitan yang hijau dan dipadukan dengan pemukiman warga di kejauhan.

17. Batu Paraga

Batu Paraga

Lokasi: Mandalahayu, Salopa, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Hayutravelling.blogspot.com

Wisata berikutnya adalah Batu Paraga. Tempat wisata ini unik dan masih belum tersentuh peradaban yang ada di Tasikmalaya. Batu Paraga merupakan tempat anti mainstream yang mana bisa membuat kita menyaksikan keindahan bukit, ngarai serta aliran sungai yang tersembunyi.

Lokasi Batu Paraga ini berada di Desa Karyamandala, Kecamatan Salopa. Berenang atau sekadar bermain air disini membutuhkan kewaspadaan yang tinggi karena batunya pun cukup tajam dan aliran sungai yang deras.

18. Wisata Alam Pasir Kirisik

Wisata Alam Pasir Kirisik

Lokasi: Guranteng, Pagerageung, Tasikmalaya, Jawa Barat. – Image Credit by Gurugeografi.id

Pasir Krisik ini dijamin bisa memanjakan para pengunjung yang suka fotografi. Berawal dari villa keluarga, wisata alam ini akhirnya dibuka untuk umum dengan fasilitas kolam renang, gazebo dan villa.

Ada juga banyak spot unik untuk berfoto dimana Pasir Krisik ini memiliki taman bunga, wahana foto 3D dan lain sebagainya. Lokasinya berada di Desa Guranteng, Kecamatan Pagerageung. Tempat wisata ini buka setiap hari dengan tiket masuk Rp. 10.000 per orang.

Temukan Destinasi Wisata di Tasikmalaya yang menarik untuk mengisi liburan bersama keluarga.  Apalagi adanya pemandangan alam yang eksotis membuat liburan makin berkesan.Karena Tasikmalaya memang memiliki kondisi alam yang bisa dieksplor agar menarik para wisatawan baik lokal ataupun asing.