Jawa Tengah

17 Tempat Wisata di Tegal

17 Tempat Wisata di Tegal

Kota Tegal adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini ternyata menyimpan banyak hal yang patut untuk di explore lebih dalam. Pasalnya, seringkali Kota Tegal dijadikan julukan sebagai warung serba aneka pinggir jalan yang berjualan makanan terutama makanan khasnya. Meski begitu dukungan dari Pemerintah sendirilah yang dapat membantu memajukan wisata kuliner ataupun wisata daerah ataupun situs bersejarah penting yang terdapat di Kota Tegal. Tegal dan alamnya sudah seperti kolaborasi yang memunculkan keindahan tak tertandingi dan membuat pengunjungnya merasakan keindahan.

Bukan hanya karena udaranya yang sejuk, tapi juga tersedia banyak destinasi untuk menikmati pemandangan. Apalagi dengan adanya sosial media, semangat untuk liburan jadi lebih semangat dan tertantang untuk segera mengeksplore. Kota Tegal sendiri saat ini tengah gencar-gencarnya dilirik oleh investor asing bahkan juga pengunjung asing dan domestik tentunya. Berikut ulasan yang akan kita bahas yang mungkin akan menjadi referensi tujuan liburan Anda bersama keluarga.

1. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah

Lokasi: Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah – Image Credit by Ilarizky.com

Walaupun pesonanya tidak semegah pantai-pantai di Laut Selatan, akan tetapi kondisi air laut yang tenang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ombak yang landai akan menjadi teman akrab Anda saat bertandang ke tempat ini jadi jika datang ke tempat ini tidak akan membuat was-was.

Pastinya, Anda bisa sepuas hati bermain di lokasi Pantai Alam Indah Tegal untuk bisa mengisi liburan dan tidak harus ke luar negeri. Apabila Anda masih ingin berlama-lama di Kota Tegal dan ingin menikmati sensasi wisata air yang berbeda, ada dua tempat rekreasi yang bisa menjadi alterntif pilihan selanjutnya, yakni Rita Park Tegal dan Wisata Guci.

2. Batu Agung Atau Goa Lawa

Batu Agung Atau Goa Lawa

Lokasi: Harjowinangun, Balapulang, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Visitjawatengah.jatengprov.go.id

Apakah Anda adalah salah satu pecinta wisata yang ekstrim dan menguji adrenalin? Mungkin tempat wisata Goa Lawa atau Batu Agung ini bisa jadi alternatif berwisata. Batu Agung salah satu tempat wisata yang baru diperkenalkan dan cukup terkenal di kalangan pemuda di Tegal saat ini.

Bisa berfoto di atas tebing tinggi yang curam dan dikelilingi oleh savana hutan tropis di dalamnya kita dapat merasakan wisata yang ekstrim. Sebut saja Objek Wisata di Tegal ini dengan nama “Bukit Goa Lawa”, Namun sebagian orang menyebutnya dengan “Bukit Agung”, karena letaknya di ujung dengan kokohnya berdiri di atas bukit.

3. Danau Beko Margasari

Danau Beko Margasari

Lokasi: Jatilaba, Kec. Margasari, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatategal.com

Tempat ini merupakan salah satu objek wisata kekinian yang cukup menarik dengan indahnya paanorama yang dihasilkan danau Beko Margasari. Pasalnya, tidak hanya memberikan pemandangan baru bagi siapapun yang berkunjung disini, namun juga menyisakan spot foto bagus yang dapat mengabadikan momenmu. Namun akhir-akhir ini menjadi pusat perhatian masyarakat karena memang tempat tersebut terbilang indah dan langka.

Warga sekitar menyebutnya Danau Beko, bukan waduk atau merupakan cekungan bekas penambangan batu kapur oleh warga. Cekungan tersebut terisi oleh air hujan dan lama-kelamaan penuh dan terbentuklah sebuah danau. Danau Beko ini berlokasi di Dusun Karangdawa Desa Karangasem, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Dari Perempatan pasar Margasari, ambil jalan ke utara sekitar 4 KM.

4. Wisata Loco Antik

Wisata Loco Antik

Lokasi: Jl. Raya Slawi – Pangkah, Bogares Kidul, Area Sawah/Kebun, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Twitter @Infotegal

Kabupaten Tegal dikenal sebagai daerah yang masih memiliki banyak bangunan peninggalan Belanda pada jaman dahulu yang bisa dijadikan tempat wisata. Walaupun sudah berumur puluhan bahkan ratusan tahun, kebanyakan bangunan tersebut masih kokoh bahkan masih berfungsi sebagai tempat tinggal.

Tidak hanya rumah Belanda saja yang masih kokoh, beberapa bangunan seperti pabrik beserta alat-alatnya masih dalam kondisi baik. Saat ini Pabrik Gula Pangkah tidak hanya dikelola sebagai pabrik saja, tetapi juga dijadikan sebagai tempat rekreasi edukasi yang diberi nama Agrowisata Loco Antik. Wisata Loco Antik Tegal Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa pangkah, kabupaten Tegal.

5. Pantai Larangan

Pantai Larangan

Lokasi: Munjung Agung, Kramat, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Seperti namanya yaitu “Pantai Larangan”, memang dari namanya sendiri sudah cukup penasaran dibalik nama pantai yang indah ini. Namun sebaliknya, pantai ini tidak seperti pantai di pesisir jawa lainnya di pantai ini kalian tidak akan menemukan pasir putih ataupun karang.

Namun kelebihannya, Anda dapat berenang di pantai dan bisa di pastikan aman karena, di pantai ini memiliki ombak yang sangat kecil. Kawasan wisata Pantai Larangan itu dinilai masyarakat sekitar memang mempunyai pemandangan menarik dan terdapat juga kawasan konservasi berupa terumbu karang.

6. Taman Rakyat Slawi Ayu

Taman Rakyat Slawi Ayu

Lokasi: Mingkrik, Slawi Wetan, Slawi, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatategal.com

Kini Kabupaten Tegal mempunyai lokasi baru untuk sekedar berkumpul-kumpul atau untuk menikmati kuliner khas Tegal. Taman Rakyat Slawi Ayu atau biasa disebut TRASA dan tempat wisata TRASA ini baru dibuka awal tahun 2013.

Tujuan pendirian Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) di RTH Slawi adalah sebagai tempat interaksi masyarakat Kabupaten Tegal. Yaitu ditujukan dalam berbagai aktivitas, seperti aktivitas sosial, pentas seni, olah raga dan sebagainya.

7. Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih

Lokasi: Sawah, Ladang, Danawarih, Balapulang, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @raditya_anjar

Jembatan Gantung ini ternyata saat ini tengah menjadi objek wisata trending di kalangan travellers dan unik untuk spot foto yang menarik. Pasalnya, jembatan ini sendiri menyerupai salah satu jembatan iconic yang berada di Yogyakarta.

Itu pula yang membuat kepopularitasan jembatan ini semakin anik daun sebut saja “Jembatan Danawarih Tegal”. Di sini kita bisa mendapatkan spot-spot yang bagus untuk berfoto dengan hasil yang memuaskan.

8. Rita Park Tegal

Rita Park Tegal

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiono No. 155, Pesurungan Kidul, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisata-tanahair.com

Rita Park Tegal merupakan sebuah pusat wahana rekreasi yang terletak di Kota Tegal, Jawa Tengah berlokasi di jalur Pantura yang strategis. Rita Park Tegal juga berdampingan dengan pusat perbelanjaan one-stop shopping di komplek Rita Super Mall.

Taman wisata ini mulai dibuka pada Maret 2013 lalu dan menjadi kawasan taman bermain paling luas di Jawa Tengah dan tempatnya juga nyaman. Khusus untuk tempat satu ini merupakan salah satu “Themepark” yang popular bagi masyarakat Tegal sendiri khususnya.

9. Curug Monyet

Curug Monyet

Lokasi: Ladang, Cawitali, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @Dalbanwanyad

Curug Monyet merupakan salah satu curug atau air terjun yang ada di Dusun Gunung Guntur, Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Dari namanya saja bisa kita tebak bahwa memang dahulu di tempat ini banyak monyet liar yang berkeliaran curug ini menyimpan pesonanya sendiri.

Dengan ketinggian sekitar 25 meter, curug ini memiliki air yang cukup deras, bahkan pada musim kemarau sehingga disarankan untuk hati-hati jika berada di bawahnya. Terlebih jika pada musim penghujan di bawah ini curug terdapat bebatuan cadas yang lumayan banyak namun Anda bisa menikmati pemandangan sekitar dan gemercik air.

8. Wana Wisata Prabalintang

Wana Wisata Prabalintang

Lokasi: Jl. Raya Danasari, Ladang, Danasari, Bojong, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelingyuk.com

Wana Wisata Prabalintang yang berlokasi di Jl. Raya Danasari, Ladang, Danasari, Bojong, Tegal, Jawa Tengah sedang menjadi hits bagi para traveler. Wisata prabalintang ini memiliki spot-spot natural dan pesona indah untuk berfoto selfie atau wefie.

Bahkan ada beberapa pengunjung yang menjadikan spot-spot di kawasan wisata hutan pinus dengan luas sekitar tiga hektar ini untuk foto pre-wedding. Di sini juga bisa mengeksplore foto dan bisa memanfaatkaan Wana Wisata Prabalintang untuk dijadikan sebagai objek yang menarik.

9. Bukit Bulak Cempaka

Bukit Bulak Cempaka

Lokasi: Ladang, Cempaka, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @masdain_309

Bukit Bulak Cempaka adalah sebuah perbukitan yang berada di Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Merupakan rangkaian perbukitan yang berjajar di Wilayah Bumijawa Bagian Barat yang berbatasan dengan Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes.

Bukit Bulak Cempaka terbilang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan perbukitan lain yang ada di Bumijawa, ini karena letaknya yang berada di Bumijawa Bagian Barat. Di Bukit Bulak Cempaka terdapat beragam spot foto dan Gardu pandang, seperti Prahu, Rumah pohon, Sayap Kupu-Kupu, Menara Bambu, serta saung-saung untuk beristirahat.

10. Curug Penganten Cawitali

Curug Penganten Cawitali

Lokasi: Desa Cawitali, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatategal.com

Curug yang tidak terlalu tinggi ini mencurahkan airnya di tengah lembah bukit berbatu yang indah dan bersih, menampilkan pemandangan yang eksotis dan menawan hati. Curug yang memiliki tiga buah aliran air ini memang tidak begitu tinggi, namun jika aliran airnya sedang besar, bisa tertutup air.

Curug ini semacam berada di cerukan tanah, sehingga ketika kita masuk ke dalam areanya, seakan-akan dikelilingi oleh bukit berbatu. Di lokasi ini ini kita bisa melihat keindahan alam yang terpampang nyata dengan kesejukan udara yang lumayan menyegarkan.

11. Bukit Bintang

Bukit Bintang

Lokasi: Ladang, Hutan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatategal.com

Momen paling asyik berkunjung ke tempat ini adalah menjelang sore hingga malam hari sehingga bisa menikmati sunset. Jika Anda berkunjung juga bisa melihat langsung gemerlap dan panorama city light Kota Tegal saat malam hari.

Nuansa yang asri, udara yang segar dan juga suasana yang tenang menjadikan Destinasi Wisata di Tegal ini juga menjadi spot ideal untuk menenangkan diri. Menuju dari Bukit Bintang di kota lain yang bisa melihat keindahan kerlipan lampu rumah penduduk dari atas bukit, bukit yang masih berada di Desa Guci.

12. Bukit Rangkok Pagerwangi

Bukit Rangkok Pagerwangi

Lokasi: Desa Pagerwangi, Kec. Balapulang, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Pagerwangidesaku.blogspot.com

Wisata Bukit Rangkok Pagerwangi di Balapulang Tegal Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Wisata Bukit Rangkok Pagerwangi di Balapulang Tegal Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Destinasi Wisata Bukit Rangkok Pagerwangi di Balapulang Tegal Jawa Tengah terletak di desa balapulang Kecamatan tegal, Kabupaten tegal, Provinsi jawa tengah. Wisata Bukit Rangkok Pagerwangi menjadi objek andalan yang bagus sehingga tidak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

13. Gerbang Mas Bahari Waterpark

Gerbang Mas Bahari Waterpark

Lokasi: Jl. Wahidin Sudirohusodo, Pasuruhan Lor, Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Hargatiket.net

Siapa tak kenal dengan wahana permainan air terbesar di Tegal yang satu ini? Tempatnya yang bagus dengan fasilitas yang lengkap ini. Alamatnya di Jl. Wahidin Sudirohusodo, Pesurungan Lor, Margadana, Kota Tegal atau di sebelah utara jalur terpadat di Pulau Jawa yaitu Pantura Kota Tegal.

Dengan mengusung tagline The Amazing Tegal, Bahari Waterpark kini hadir dengan konsep dan managemen baru yang tentunya menjadi lebih seru. Di sini kita bisa bermain dengan keseruan yang ditunjang dengan kelengkapan fasilitas dan wahananya.

14. Wisata Bahari Waterpark Tegal

Wisata Bahari Waterpark Tegal

Lokasi: Sumurpanggang, Kec. Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Infotegal.com

Dengan menempati lahan seluas lima hektar, ada banyak wahana permainan air yang bisa kita coba dengan wahana yang terlengkap. Sebut saja Kolam Arus (Wild River) yang merupakan sungai buatan yang mengelilingi area taman yang dilengkapi pancuran kodok, arus, pantai, dan gelombang buatan.

Dengan menempati lahan seluas lima hektar, ada banyak wahana permainan air yang bisa kita coba disini. Tempat Wisata di Tegal ini selalu di padati pengunjung. Wisata Bahari ini juga merupakam Icon waterpark di Tegal yang pengunjungnya selalu ramai.

15. Taman Wisata Air Panas Guci

Taman Wisata Air Panas Guci

Lokasi: Jl Lingkar Barat, Kalengan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Bonvoyagejogja.com

Taman Wisata Air Panas Guci Tegal ini memiliki beberapa tempat pemandian umum yang terbuka dan tertutup. Pemandian air panas tertutup ini terdiri dari 20 kamar pemandian air panas sekaligus fasilitas kamar mandi umum.

Sedangkan untuk pemandian air panas yang terbuka, Anda tidak perlu repot repot menyiapkan biaya retribusi karena spot ini dibuka untuk umum secara gratis. Maka dari itu, tidak heran jika Pemandian Air Panas Guci Tegal yang terbuka selalu ramai dikunjungi warga lokal dan wisatawan.

16. Pantai Purwahamba Indah (Pur-in)

Pantai Purwahamba Indah

Lokasi: Jl. Pemuda No. 40, Purwahamba, Kec. Suradadi, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Parpora.tegalkab.go.id

Pantai Purwahamba Indah ini terkenal dengan sebutan Purin. Selain Purin ada juga beberapa orang yang masih menyebutnya dengan pantai Sosro. Meskipun pasir pantainya tidak begitu putih namun berada di area pantai ini sangat menyenangkan untuk dinikmati.

Wisatawan dapat merasakan indahnya laut Indonesia bagian utara pulau Jawa dengan ditemani angin pantai yang sepoi-sepoi. Wisatawan juga dapat menikmati jajanan di sekitar pantai sambil berfoto-foto sebagai kenangan masa liburan.

17. Curug Putri

Curug Putri

Lokasi: Sawah&Ladang, Dukuh Benda, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatategal.com

Air terjun menawan yang satu ini tepatnya berada di Dukuh Padanama, yang masih masuk wilayah Desa Mendala Kecamatan Siamprog. Lokasinya memang tidak berada di jalur utama transportasi pantai utara yang terkenal.

Namun, air terjun ini berada di area perbatasan ke selatan, yang mana disana terdapat perbukitan yang semakin melengkapi keindahan air terjun yang satu ini dimata para wisatawan. Air terjun ini sangat menarik dengan kesejukan udara yang hadir dengan terpaan air yang jatuh dari atas ketinggian Curug.