18 Tempat Wisata Hits di Tulungagung

Tempat Wisata di Tulungagung

Lagi Butuh Refreshing? Nikmati Keseruan yang Ditawarkan Tempat Wisata di Tulungagung yang Lagi Hits.

Berlibur ke tempat-tempat baru seolah memberi pengalaman yang berbeda. Terutama jika Anda ingin sebuah waktu libur yang anti mainstream. Tulungagung menyuguhkan berbagai pemandangan unik dan banyaknya warung kopi yang cukup menarik perhatian. Salah satu yang paling khas adalah adanya jenis kopi hijau, kombinasi antara kopi hitam dan kacang hijau.

Tidak hanya terkenal dengan marmer dan juga kopinya, Tulungagung ternyata juga terkenal dengan destinasi wisata alam yang cukup eksotis. Penasaran? Berikut daftar tempat wisata di Tulungagung yang menarik dikunjungi.

1. Pantai Brumbun

Pantai Brumbun

Lokasi: Ngrejo, Kec. Gunung Tanggung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Travel.detik.com

Rugi rasanya kalau tidak datang ke Pantai Brumbun ketika Anda mengunjungi Tulungagung. Pantai ini memiliki view yang menawan dan fasilitasnya juga cukup memadai. Momen liburan Anda akan terasa makin maksimal. Anda juga bisa mengeksplor di tiap sudut pantai menggunakan perahu.

Pantai Brumbun ini berada di Desa Wonokoyo, Kecamatan Tanggung Gunung. Ada beberapa spot foto keren yang bisa Anda temukan. Seperti sangkar burung dan gardu pandang.

2. Tebing Banyu Mulok

Tebing Banyu Mulok

Lokasi: Popoh, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Asliindonesia.net

Dengan hamparan rumput hijau, Anda bisa menemukan pantai coro dan pantai dadap yang pemandangannya memang luar biasa. Tebing ini menjadi tempat wisata terbaik untuk mereka yang ingin berlibur dengan pemandangan alam yang indah.

Lokasi wisata tersebut berada di Popoh, Kecamatan Besuki. Ada gelombang laut yang menghempas pada dinding tebing dan menimbulkan adanya efek pelangi yang cantik. Siapapun enggan untuk meninggalkan tempat wisata tersebut.

3. Air Terjun Alas Kandung

Air Terjun Alas Kandung

Lokasi: Tanen, Kec. Rejotangan, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Ksmtour.com

Tempat wisata berikutnya merupakan air terjun Alas Kandung. Ada tiga tingkatan dari air terjun ini dengan ketinggian yang cukup bervariasi. Bahkan, airnya yang jernih dan segar tentu membuat siapa saja jadi tergoda untuk merasakan bagaimana kesejukannya.

Air terjun alas kandung berada di Tanen, Kecamatan Rejotangan. Dengan menikmati keindahan air terjun ini, Anda bisa hunting foto juga untuk menambah koleksi potret liburan anda.

4. Ranu Gumbolo Tulungagung

Ranu Gumbolo Tulungagung

Lokasi: Bantengan, Mulyosari, Kec. Pagerwojo, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Dakatour.com

Tempat wisata berikutnya adalah Ranu Gumbolo Tulungagung. Tempat ini terbilang cocok bagi Anda yang ingin menemukan suasana dingin di akhir pekan. Baik itu bersama keluarga ataupun teman-teman. Tempatnya juga begitu asri dan pemandangan danau dengan nuansa hijau tosca membuat siapa saja betah.

Lokasi wisata ini berada di Bantengan, Mulyosari. Anda bisa bersantai dan melakukan kegiatan outbound atau camping di lokasi ini.

5. Sungai Niyama Tulungagung

Sungai Niyama Tulungagung

Lokasi: Tumplak, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Rijaalfa.com

Nuansa alam yang indah bisa Anda dapatkan di Sungai Niyama Tulungagung. Gemericik air yang mengalir dan suasana alam asiri bisa memberi Anda ketenangan di tempat wisata ini. Ada bebatuan di sekitar sungai yang menjadi daya tarik tersendiri dan ada pahatan alami yang cukup unik.

Sungai Niyama berada di Sidem, Desa Besole Kecamatan Besuki. Waktu terbaik untuk bermain ke tempat ini adalah ketika musim kemarau dan air tidak terlalu besar.

6. Dokar Dreamland Tulungagung

Dokar Dreamland Tulungagung

Lokasi: Jl. Raya Gondang No.54, Srabah, Karanganom, Kec. Kauman, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Dakatour.com

Semenjak dibuka di bulan Desember 2017, tempat wisata yang satu ini makin populer oleh para wisatawan. Bukan tanpa alasan tetapi memang karena wisatanya menjadi wisata edukasi yang mengajak pengunjung untuk tahu secara langsung proses pengolahan biji kopi.

Ada rumah hobbit yang begitu ikonik. Ada juga spot jembatan kayu dengan air terjun mini yang tidak kalah keren. Juga dengan background foto 3D yang membuat foto selfie kian manis. Lokasinya ada di Srabah, Desa Karanganom Kecamatan Kauman.

7. Jambooland Water Park

Jambooland Water Park

Lokasi: Jl. Raya Srabah No. 1, Srabah, Karanganom, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Travelingyuk.com

Berikutnya adalah Jambooland Water Park yang memberi sensasi liburan seru dan menyenangkan. Letaknya memang berada di kawasan perbukitan serta pemandangan alam yang membuat mata terasa sejuk. Bahkan di taman wisata ini, Anda bisa bersantai sambil bermain dengan wahana yang disediakan.

Salah satu yang cukup menantang adalah roller coaster yang membuat adrenalin makin terpacu. Lokasinya berada di Jalan Raya Srabah 1 Karanganom.

8. Kedung Tritis

Kedung Tritis

Lokasi: Sukorejowetan, Kec. Rejotangan, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Inobacktrav.blogspot.com

Kedalaman Kedung adalah sekitar 10 meter. Bagi yang tidak bisa berenang, sebaiknya tidak bermain atau justru ikut masuk ke dalam air. Ada nuansa biru kehijauan di kolam kedung ini. Ada suasana alami dan kesegaran airnya juga membuat tubuh semakin fresh.

Kedung Tritis ini berada di Desa Sukorejo Wetan. Kalaupun Anda tak bisa berenang, duduk di sekitar lokasi wisata dan berbincang juga bisa menjadi agenda menarik.

9. Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean

Lokasi: Geger, Kec. Sendang, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Iniliburan.com

Tempat wisata di Tulungagung berikutnya adalah Air Terjun Lawean. Lokasi wisata ini ada di lereng Gunung Wilis. Pemandangan alamnya terasa menyejukkan dengan udara yang segar. Perjalanan menuju lokasi juga dirasa cukup menantang tetapi pemandangan disana sayang untuk dilewatkan.

Ketinggian dari air terjun ini adalah sekitar 100 meter. Menjadi air terjun tertinggi di Tulungagung, Anda bisa mandi dibawahnya yang konon memberi efek pada kesehatan. Lokasinya di Turi, Desa Geger.

10. Pantai Sanggar

Pantai Sanggar

Lokasi: Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.- Image Credit by Kemanaajaboleeh.com

Namanya adalah pantai Sanggar yang memiliki keindahan pantai tersembunyi. Ada hamparan pasir putih dan luat yang biru serta menyejukkan hati. Perjalanan untuk menuju lokasi memang cukup melelahkan tetapi Anda bisa melihat pemandangan yang masih begitu alami disana.

Fasilitas camping ground bisa Anda gunakan. Juga dengan lokasi untuk meletakkan hammock tersedia di sana. Lokasinya di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung.

11. Hutan Pinus Nyawangan Park

Hutan Pinus Nyawangan Park

Lokasi: Nyawangan, Kec. Sendang, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Heikaku.com

Ada spot wisata Hutan Pinus Nyawangan Park yang cocok untuk mereka yang ingin memotret keindahan alam. Salah satu spot yang banyak difavoritkan adalah bukit cinta nyawangan dengan hiasan bunga cantik di sekelilingnya. Anda bisa melihatnya melalui gardu pandang.

Lokasi hutan pinus ini berada di Klegen, Desa Nyawangan. Tepatnya berada di Kecamatan Sendang. Ada suasana sejuk yang bisa Anda rasakan di sekitar lokasi wisata ini.

12. Pantai Molang

Pantai Molang

Lokasi: Area Perkebunan Dan P Tulungagung Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Pantai Molang memiliki karakteristik ombak yang besar dan aroma pantai yang khas dengan pemandangan alam indah. Cocok untuk melepas segala kepenatan bagi siapa saja. Bahkan jika beruntung Anda bisa melihat keindahan momen sunset di pantai ini dengan pemandangan atau view terbaik.

Lokasi Pantai Molang berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban. Dengan pemandangan laut lepas, Anda bisa menikmati wisata sejuk dan eksotis.

13. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang

Lokasi: Area Perkebunan Dan P, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Sindopos.com

Ada tebing batu karang yang terlihat unik dan menawan di pantai ini. Dinding batu karang ini terkikis oleh ombak dengan bentuk cerukan alami seperti laguna yang berwana biru jernih. Agar bisa mencapai lokasi, Anda harus melewati jalan setapak yang curam.

Jika Anda ingin berenang, pastikan ombak tidak terlalu besar agar tetap aman. Lokasinya ada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban.

14. Pantai Coro

Pantai Coro

Lokasi: Jl. Pantai Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Asliindonesia.net

Menawarkan sensasi liburan yang tak terlupakan, Anda bisa melihat bagaimana keindahan dari pantai eksotis ini. Seolah menjadi surga di Kabupaten Tulungagung, lingkungannya begitu asri dan hamparan pasir putih dan gelombang cukup besar.

Dengan keindahan khas laut selatan, Anda bisa bersantai sambil menghirup segarnya aroma laut. Lokasinya berada di Recosewu, Desa Besole, Kecamatan Besuki. Ada view pantai yang cocok untuk objek fotografi anda.

15. Pantai Lumbung

Pantai Lumbung

Lokasi: Kec. PucangLaban, Kab. Tulungagung Jawa Timur. – Image Credit by Beautifulbeachindonesia.blogspot.com

Ada yang berbeda dari pantai ini. Pesona alamnya dikarenakan adanya watu lumbung yang ikonik di pinggir pantai. Tempat wisata ini juga masih satu kawasan dengan beberapa panai lainnya. seperti pantai pacar, pantai tumpang dan pucang sawit.

Ada ombak yang besar dan tidak memungkinkan untuk berenang sehingga harus lebih berhati-hati. Lokasinya berada di Desa Pucanglaban. Anda bisa bermain air di bibir pantai jika air laut sedang surut.

16. Pantai Pacar

Pantai Pacar

Lokasi: Area Perkebunan Dan P, Kec. PucangLaban, Kab. Tulungagung , Jawa Timur. – Image Credit by Reezumiku.com

Tidak hanya menyajikan panorama pantai yang eksotis tetapi adanya air terjun mini ini mebuat pemandangan makin unik dan menawan. Lokasi air terjun ada di bibir pantai dan tidak terlalu luas. Tetapi pesonanya juga tak kalah indah.

Pantai Pacar berada di Desa Pucanglaban. Anda bisa melihat pemandangan yang unik dan menawan. Lokasi pantai cukup menakjubkan dengan air terjun mini di bibir pantai.

17. Pantai Sine

Pantai Sine

Lokasi: Sine, Kalibatur, Kec. Kalidawir, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Contohsoaldanmateripelajaran-29.blogspot.com

Menjadi salah satu pantai terbaik, Anda bisa menemukan pantai sine dengan pemandangan sunrise indah. Bahkan banyak yang bilang bahwa pantai ini adalah Bali milik Tulungagung. Tidak hanya spot sunrise, Anda bisa melakukan banyak hal disini. Misalnya seperti memancing, menikmati olahan seafood hingga memotret pemandangan sekitar.

Pantai Sine ini berada di Sine, Kalibatur, Kaliwadir dan menawarkan potensi bahari yang unk. Anda bisa menemukan banyak spot anti mainstream di pantai sine.

18. Bukit Jodho

Bukit Jodho

Lokasi: Pakisrejo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur. – Image Credit by Youtube.com (Fathur r4)

Wana wisata berikutnya bukan objek baru di Tulungagung. Tetapi, tempat ini merupakan metamorfose dari bukit jomblo yang populer. Di bukit ini nanti Anda akan dimanjakan dengan suasana alam khas pegunungan yang sejuk. Dilengkapi juga dengan beberapa spot keren.

Bukit Jodho berada di Desa Pakisrejo, Kecamatan Tanggung Gunung. Ada lorong asmara, bulan sabit hingga jembatan cinta. Bahkan ada spot kupu-kupu raksasa yang cocok dijadikan background selfie.