25 Tempat Wisata di Wonogiri Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Favorit di Wonogiri, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Salah satu kabupaten yang menarik dikunjungi ada di Provinsi Jawa Tengah adalah Wonogiri. Kabupaten ini memiliki banyak panorama dan keindahan alam yang menjadi daya tarik terbesarnya. Apalagi belum semua tempat wisata dan kondisi alamnya bisa dikenalkan pada publik karena memang terbilang tersembunyi. Selama ini keindahan Wonogiri bisa dikenal melalui media sosial. Tak lain karena masyarakat mengunggahnya dan mengenalkan tempat-tempat unik dan indah yang mereka temukan. Tempat wisata yang dimiliki inilah yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi liburan nanti.

Beberapa wisata diantaranya adalah air terjun atau curug, danau atau waduk hingga adanya situs peninggalan yang ada di Wonogiri. Juga dengan spot-spot yang kekinian untuk para pecinta fotografi. Potret keindahan alam di Wonogiri bisa Anda temukan dengan mudah.

Tak heran jika ketika mendengar tentang Wonogiri, sedikit banyak kita akan teringat pedesaan dan kondisi alam yang masih terjaga. Jika Anda ingin berlibur ke Wonogiri, berikut rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi.

1. Telaga Rowo Batuwarno

Telaga Rowo Batuwarno

Image Credit: Instagram.com @discovery.wonogiri

Objek wisata lain yang tidak boleh Anda lewatkan di Wonogiri yaitu Telaga Rowo Batuwarno. Destinasi ini bahkan cukup populer baik di kalangan warga setempat maupun wisatawan. Bahkan telaga tersebut terlihat tidak pernah sepi, dan selalu dipadati oleh pengunjung meski di luar musim liburan dan akhir pekan sekalipun.

Selain menikmati keindahan dan kesejukan dari tempat wisata, di sini Anda juga bisa melakukan kegiatan seru seperti memancing. Namun penduduk luar daerah tersebut diwajibkan membayar jika ingin memancing, sebab ikan yang ada di telaga merupakan usaha peternakan air tawar yang dimiliki oleh penduduk sekitar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rowo, Sumberejo, Kec. Batuwarno, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

2. Puncak Secokro

puncak secokro

Image Credit: Hobiku.net

Nama Puncak Secokro mungkin sudah tidak asing bagi sebagian orang. Terutama Anda yang ingin datang ke Wonogiri, tempat wisata ini merupakan menara pandang yang bisa Anda kunjungi. Sama halnya dengan objek wisata lainnya, Puncak Secokro ini memiliki panorama yang cantik dari atas ketinggian. Ada bukit-bukit yang berjejer dan juga pepohonan hijau yang seolah menjadi daya tarik utama dari tempat ini.

Lokasinya berada di Sumberrejo, Bakalan. Tidak hanya mendirikan gardu pandang sebagai tempat selfie atau sekadar duduk untuk menikmati udara yang segar. Cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bendo, Bakalan, Kec. Purwantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

3. Gua Maria

Gua Maria

Image Credit: Instagram.com @paulinadinakarina

Daerah Wonogiri mempunyai destinasi wisata bernama Gua Maria. Gua Maria sendiri di daerah ini ada beberapa, yaitu Gua Maria Sendang Klayu di kecamatan Ngadirojo dan Gua Maria Sendang Ratu Kenya di Giriwoyo. Para peziarah umumnya lebih banyak yang bertandang ke Gua Maria Sendang Ratu Kenya.

Gua tersebut berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Wonogiri. Di sana selain gua, Anda akan menemukan beberapa tempat berdoa. Jika mengikuti jalan setapak yang ada di sebelah kanan gua, maka Anda akan menemukan 2 tempat berdoa. Yang pertama yaitu salib millennium, kemudian yang kedua Anda akan menjumpai patung pieta.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngampohan, Platarejo, Kec. Giriwoyo, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

4. Telaga Claket Wonogiri

Telaga Claket Wonogiri

Image Credit: Egindo.co

Apabila Anda ingin berlibur tanpa harus merasa lelah karena perjalanannya, Anda bisa memilih mengunjungi Telaga Claket Wonogiri. Tempat wisata ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan foto. Misalnya seperti kepentingan prewedding. Ada nuansa alam yang sejuk dan romantis di sana.

Lokasinya berada di Sendangijo, Selogiri. Tidak hanya refreshing atau berburu foto, Anda juga bisa memancing atau outbound di Telaga Claket. Kondisi alamnya masih terjaga dan memiliki hawa sejuk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Claket Jl. Ngawen, Keblokan, Sendangijo, Kec. Selogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

5. Pantai Dadapan

Pantai Dadapan

Image Credit: Instagram.com @ade_sufyan

Wisata bahari tidak pernah bisa kehilangan pesonanya, dan selalu menjadi pilihan bagi banyak orang untuk menghabiskan waktu liburan. Salah satu pantai di Wonogiri yaitu Pantai Dadapan bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai yang ada di ujung paling barat ini, merupakan pantai tapal batas antara daerah DIY dengan Wonogiri.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Banjarnegara yang Wajib Anda Coba

Penamaan Pantai Dadapan sendiri diperkirakan karena banyaknya pohon dadap yang tumbuh di area pantai. Terlepas dari hal itu, banyaknya pohon di area pantai ini membuat suasana sekitar tidak panas. Anda bisa menikmati udara khas pantai yang begitu sejuk dengan deburan ombak yang tenang, sembari bersandar di bawah pohon dadap.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Bukit Cumbri

Bukit Cumbri Wonogir

Image Credit: Piknikyok.com

Masih dengan tempat wisata alam yang ada di Wonogiri. Namanya adalah Bukit Cumbri yang memberi pemandangan alam dengan view perbukitan. Bahkan tempat ini cukup hits di kalangan anak muda karena keunikan foto yang dihasilkannya. Rute pendakian untuk sampai di tempat ini adalah sekitar 1 jam.

Tempatnya berada di Kepyar, Purwantoro. Anda bisa melakukan pendakian yang menantang. Untuk mencapai puncak bukit yang eksotis ini memang membutuhkan tenaga dan kondisi tubuh yang prima.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kepyar, Kec. Purwantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

7. Alas Kethu

Alas Kethu

Image Credit: Google Maps (Ardlian Zain)

Objek wisata alam yang berada di daerah Desa Giriwoyo ini sangat tepat menjadi pilihan destinasi rekreasi penghilang penat. Bagaimana tidak, suasana alam yang menyegarkan akan menyambut Anda setiba di sana. Penduduk setempat juga sangat ramah, sehingga dijamin membuat Anda betah untuk berlama lama di Alas Kethu.

Alas Kethu sendiri bisa Anda tempuh kurang lebih 15 menit dari pusat kota Wonogiri. Daya tarik utamanya ada panorama alam berupa hutan, yang tidak bisa Anda temukan dalam keseharian. Di sini Anda bisa menemukan banyak pohon seperti jati, mahoni, dan kayu putih. Menariknya lagi, Alas Kethu sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai yang akan memanjakan Anda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Wonogiri-Jatipuro, Area Tegalan, Giriwono, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

8. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Image Credit: Google Maps (Bachrul Pratama)

Destinasi wisata di Wonogiri ini terbilang menjadi ikonnya. Namanya adalah Waduk Gajah Mungkur yang termasuk hits dikunjungi para wisatawan terutama ketika musim liburan. Pemandangan yang bisa Anda lihat di danau buatan ini memang tak kalah dengan wisata alam lainnya. Anda bisa berburu spot keren dan menikmati fasilitas seperti jetski, boat dan lainnya.

Lokasinya berada di Sendang, kecamatan Wonigiri. Melihat bagaimana populernya Waduk Gajah Mungkur, Anda tak akan kesulitan untuk mencarinya. Kebanyakan warga sekitar juga telah mengenal betul dimana lokasi tempat wisata itu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Waduk Gajahmungkur, Sendang, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

9. Menara Pandang Soko Gunung

Menara Pandang Soko Gunung

Image Credit: Google Maps (Dani Bekanzo)

Melihat keindahan Wonogiri dari ketinggian tentu tidak boleh Anda lewatkan. Untuk merasakan sensasi ini, Anda bisa berkunjung ke Menara Pandang Soko Gunung yang ada di Desa Soko Gunung. Menara pandang ini dibagi dalam 2 tempat, keduanya menyajikan bentang alam yang begitu rupawan dan sangat indah.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sokogunung, Sendang, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

10. Pantai Nampu

pantai nampu

Image Credit: Direview.id

Tempat wisata berupa pantai seringkali menjadi tujuan wisata utama untuk beberapa orang. Mereka ingin menikmati pemandangan laut lepas dan berjemur di pinggir pantai. Ada hamparan pasir putih yang lembut. Pantai Nampu juga memiliki view laut yang berwarna biru.

Lokasi ada di Jalan Gunturharjo, Paranggupito. Pesona alam di pantai ini cocok untuk merefresh pikiran dan menghilangkan kepenatan. Ada pepohonan hijau yang melengkapi pemandangan pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

11. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan

Image Credit: Google Maps (Jhony Setiawan)

Satu lagi pantai di Wonogiri yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Pantai Sembukan. Objek wisata ini termasuk ke dalam kawasan Geopark Gunung Sewu, sehingga Anda tidak perlu meragukan lagi keindahannya. Meski memiliki garis pantai yang sempit, Pantai Sembukan memiliki panorama alam yang tidak kalah cantik dari pantai lainnya.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Pati Terbaru & Paling Hits Dikunjungi
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

12. Air Terjun Kalimas

Air Terjun Kalimas Wonogiri

Image Credit: Radarsolo.jawapos.com

Destinasi yang terbilang baru ini juga cukup menarik perhatian. Bagi mereka yang suka bermain air, air terjun Kalimas merupakan pilihan tepat. Ada pemandangan cantik seperti air terjun Niagara yang ada di Benua Amerika. Dengan lebar sekitar 15 m dan ketinggian 10 m, Anda bisa merasakan bagaimana kesejukan di sekitar lokasi air terjun.

Letaknya ada di Dungsono, Wonokerto. Untuk mencapai lokasi wisata, Anda bisa melakukan perjalanan sekitar 10 menit saja dari Kota Wonogiri. Air terjun ini tidak jauh dari pusat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dungsono, Wonokerto, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

13. Pantai Klotok

Pantai Klotok

Image Credit: Google Maps (Alfath DK)

Pantai Klotok yang ada di daerah Desa Paranggupito, menjadi salah satu destinasi bahari yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini berada di sebelah barat, tidak jauh dari Pantai Sembukan. Dikelola oleh desa setempat, membuat objek wisata tersebut memiliki fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari warung, photo booth, dan beberapa spot foto bisa Anda temukan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kranding, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

14. Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono

Image Credit: Pesonawonogiri.wordpress.com

Namanya adalah Goa Putri Kencono. Goa ini memberi pengalaman liburan yang menyenangkan. Terutama untuk mereka yang suka berpetualang maka harus memasukkannya ke dalam daftar tempat wisata di Winogiri yang harus dikunjungi. Keindahan alam yang ada di dalam goa memang mengagumkan.

Lokasi Goa berada di Desa Wonodadi, Pracimantoro. Salah satu daya tarik terbesarnya adalah rangkaian stalagtit dan stalagmit yang ada di sepanjang lorong. Tempat wisata yang cocok dikunjungi untuk berjelajah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Wonosobo, RT 3/RW 1 Desa Wonodadi, Gunungan, Kec. Pracimantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

15. Museum Wayang Indonesia

Museum Wayang Indonesia

Image Credit: Wayangku.id

Berlibur dan wawasan yang bertambah. Dua hal ini bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Museum Wayang Indonesia. Apalagi koleksi wayang yang cukup lengkap akan membuat Anda makin mengenal kebudayaan warisan dari nenek moyang. Mengunjungi museum ini menjadikan kita makin cinta terhadap budaya bangsa dan bangga untuk tetap memilikinya.

Museum Wayang Indonesia berada di Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Ada banyak koleksi di dalam museum sehingga cocok untuk para pelajar yang ingin menambah wawasan. Museum ini merupakan wujud dari upaya pelestarian budaya bangsa.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wonogiri-Pracimantoro KM.13, Kec. Wuryantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

16. Air Terjun Binangun Watu Jadah

Air Terjun Binangun Watu Jadah

Image Credit: Google Maps (Ikshan Dwnr)

Memiliki ketinggian kurang lebih 40 m dengan tiga aliran air, membuat Air Terjun Binangun Watu Jadah banyak diminati. Meski begitu, objek wisata yang terletak di lereng Pegunungan Lawu Selatan ini masih belum banyak yang mengetahuinya. Padahal keindahan alam yang ditawarkan sangat eksotis, berpadu dengan pepohonan rimbun di sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Grenjeng, Hutan, Girimulyo, Kec. Jatipurno, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

17. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo Wonogiri

Image Credit: Jejakpiknik.com

Pesona dari Pantai Banyutowo memang begitu unik dan mengagumkan. Mengunjungi pantai di Wonogiri ini menjadi pengalaman yang mengesankan karena kondisinya adalah dua sumber air yang berbeda aliran airnya tetapi menjadi satu langsung menuju pantai. Pemandangannya begitu eksotis dan mempesona.

Letak pantai berada di Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito. Ada tebing batu karang yang tersusun alami dan terlihat artistik. Disinilah seringnya dijadikan spot foto oleh para pengunjung.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bendungan, Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

18. Air Terjun Girimanik

Air Terjun Girimanik Wonogiri

Image Credit: (@endri endjer) YouTube.com

Berada di kawasan wisata Girimanik, nantinya Anda akan disuguhi dengan pemandangan tiga air terjun yang indah dan alami. Yang pertama adalah air terjun Manik Moyo yang memiliki ketinggian 70 meter. Kedua, air terjun Moyo dengan ketinggian 30 meter dan ketiga adalah air terjun Condromoyo.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Banjarnegara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasinya berada di Setren, Slogohimo tepatnya di Kabupaten Wonogiri. Pesona alam dari tempat wisata ini cocok untuk mereka yang ingn hunting foto. Suasana di sekitar lokasi wisata juga terasa sejuk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngerapah, Setren, Kec. Slogohimo, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

19. Pantai Puyangan

Pantai Puyangan

Image Credit: Google Maps (Sigit Santoso)

Wonogiri memang memiliki pantai yang cukup berlimpah, salah satunya yaitu Pantai Puyangan ini yang ada di Desa Gunturharjo. Daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Puyangan terletak pada pasir putihnya, yang kontras dengan birunya air laut. Untuk melihat keindahan ini, Anda perlu berjalan kaki sekitar 15 menit terlebih dahulu dari arah area parkir.

Meski akses jalan menuju pantai masih cukup sulit dan membutuhkan usaha, namun setibanya di pantai semua rasa lelah akan habis terbayar. Bagaimana tidak, sejuknya udara khas pantai bisa menyapu segala penat dan membuat Anda lupa sejenak akan masalah yang ada. Tentu akan sangat disayangkan bila Anda ke Wonogiri tanpa berkunjung ke Pantai Puyangan ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

20. Museum Karst Wonogiri

Museum Karst Wonogiri

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Wonogiri terkenal dengan beberapa destinasi wisata keluarga seperti museum. Tidak hanya museum wayang tetapi ada juga museum karst. Para pengunjung akan diajak untuk mengenal banyak jenis batuan karst yang bisa menambah pengetahuan. Anda juga bisa mendapat informasi mengenai sejarah goa-goa dengan gambaran kehidupan pada zaman purba.

Lokasi museum berada di Desa Gebangharjo, Pracimantoro. Wisata yang sangat tepat untuk dikunjungi bersama anak-anak. Selain menyenangkan, museum ini tentu menjadi tempat wisata edukasi.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mudal, Gebangharjo, Kec. Pracimantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

21. Air Terjun Jurug Kemukus

Air Terjun Jurug Kemukus

Image Credit: Travelingyuk.com

Meski memang tak mudah mencapai lokasi Air Terjun Jurug Kemukus tetapi sesampainya disana Anda tak akan merasa menyesal. Cocok untuk para wisatawan yang suka berpetualang. Rasa lelah di perjalanan bisa hilang karena adanya pesona keindahan di air terjun. Suasana alam disana membuat pikiran jadi lebih adem.

Lokasinya berada di Dusun Ngijo tepatnya di Desa Purwoharjo. Jangan lupa membawa bekal untuk perjalanan. Pastikan kondisi tubuh fit dan prima saat melakukan perjalanan menuju lokasi.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Posong, Kec. Karangtengah, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

22. Sendang Asri Wonogiri

Sendang Asri Wonogirii

Image Credit: Humaswonogirinews.org

Tempat wisata yang ada di Wonogiri berikutnya adalah Sendang Asri. Ada fasilitas dan wahana yang disediakan dan memang terbilang cukup lengkap. Ada taman satwa, kolam renang hingga waterboom.

Lokasinya berada di Jalan Raya Wonogiri Desa Sendang. Lokasinya tak jauh dari Waduk Gajah Mungkur. Tempat wisata yang cukup mengesankan untuk liburan di Wonigiri.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Wonogiri – Wuryantoro KM. 7, Sendang, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

23. Pantai Karang Bang

Pantai Karang Bang

Image Credit:  Instagram.com @damas.srilintang_aliyan

Secara administratif, Pantai Karang Bang juga berada di Desa Gunturharjo. Sehingga jika Anda berkunjung ke Pantai Puyangan, Anda juga bisa sekaligus bertandang ke Pantai Karang Bang ini. Meski tidak memiliki pasir putih, namun keindahan dari wisata satu ini tidak bisa disepelekan. Bahkan keindahannya juga tidak kalah dari pantai pantai lainnya, dan patut untuk dijelajahi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

24. Puncak Joglo Wonigiri

Puncak Joglo Wonogiri

Image Credit: Infosyaiful.blogspot.com

Destinasi wisata yang cukup hits ini juga sayang untuk dilewatkan. Namanya adalah Puncak Joglo Wonogiri yang bahkan dikunjungi oleh warga Sragen. Terutama mereka yang datang untuk berburu selfie.

Lokasinya berada di Kembang, Kelurahan Sendang. View tempat wisata ini juga langsung menghadap gunung Cancep yang menjadi andalan utama sambil menunggu sunset.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sendang Sinatah Dudakawu, Selopukang, Kec. Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

25. Bukit Jonambang

Bukit Jonambang

Image Credit: Trubus.id

Dari bukit Jonambang, Anda bisa melihat hamparan waduk gajah mungkur dari atas puncak di bagian selatan. Apalagi jika cuaca cerah Anda bisa melihat gunung Merapi dari kejauhan. Untuk yang suka berfoto sunset, tempat ini sangatlah cocok.

Lokasi bukit jonambang berada di Watuagung Baturetno Jawa Tengah Meski terbilang baru tetapi suasana alam di sini juga tak bisa diremehkan. Ada gardu pandang dan gazebo yang bisa menjadi tempat beristirahat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dawe, Watuagung, Kec. Baturetno, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.