Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-19.00 WIB, Alamat: Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Seiring berjalannya waktu, Yogyakarta terus saja melahirkan deretan objek wisata baru yang menarik untuk dikunjungi. Tidak heran apabila kota pelajar ini begitu populer di seluruh Indonesia. Bahkan banyak orang yang menjadikannya sebagai tempat tujuan berwisata, baik itu wisatawan lokal maupun luar negeri.

Adapun salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi yaitu Teras Merapi di Sleman. Meskipun masih tergolong baru, destinasi yang berada di lereng Gunung Merapi ini sudah banyak dikenal wisatawan. Itu karena selain menyuguhkan pemandangan gunung yang luar biasa, ada banyak keseruan lain yang bisa anda temukan di sini. Penasaran? Yuk simak informasinya berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Teras Merapi

Daya Tarik Teras Merapi
Image Credit: Google Maps Mrs. Kovitski

1. Pemandangan yang Rupawan

Berada di lereng Gunung Merapi, tentu anda bisa dengan mudah melihat pemandangan gagahnya Gunung Merapi dari dekat. Bisa dibilang bahwa pemandangan Gunung Merapi ini merupakan daya tarik utama yang ada di sini. Sejauh mata memandang, anda akan dimanjakan dengan panorama alam hijau yang begitu menyegarkan dan menenangkan.

Selain itu, pada malam hari anda akan menemukan sudut terbaik Kota Yogyakarta. Sebab Teras Merapi yang berada di ketinggian memungkinkan anda untuk melihat indahnya lampu kota yang menyala kerlap kerlip. Jadi kapan pun waktu anda berkunjung, akan selalu ada pemandangan rupawan yang bisa dinikmati di sini.

2. Spot Foto Instagramable

Memiliki panorama alam yang begitu mempesona dan rupawan membuat Teras Merapi mampu menghadirkan banyak spot foto Instagramable. Sehingga anda yang hobi mencari foto ciamik untuk memenuhi feed di Instagram atau untuk kebutuhan story di sosial media, destinasi ini adalah pilihan yang tepat.

Terlebih spot foto yang ada di sana mempunyai desain yang begitu unik. Salah satu yang menjadi favorit wisatawan yaitu Van Oranje Bridge atau Jembatan Van Oranje. Biasanya pengunjung akan mengambil foto di jembatan tersebut dengan latar belakang Gunung Merapi. Dimana kecerahan sinar lampu led yang dipasang di jembatan terlihat memperindah potret pada malam hari.

Daya Tarik Dimiliki Teras Merapi
Image Credit: Google Maps uunt

3. Tersedia Camping Area

Teras Merapi cocok dijadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga maupun teman. Khususnya jika anda ingin menghabiskan waktu lebih lama dengan orang orang tersayang. Pasalnya di sini sudah tersedia camping area yang cukup luas, sehingga anda bisa bermalam menikmati keindahan alam bersama orang orang terdekat.

Selama berada di camping area, anda bisa dengan mudah melihat pemandangan alam yang begitu indah berupa Gunung Merapi yang menjulang tinggi serta hamparan sawah hijau nan mempesona. Apabila ingin menikmati segala keindahan ini tanpa perlu berkemah, anda bisa sekadar bersantai di saung saung yang telah disediakan tidak jauh dari camping area.

4. Dekat Wisata Populer Lainnya

Ketika rekreasi ke Teras Merapi, anda bisa sekaligus berkunjung ke berbagai objek wisata lain yang populer di Yogyakarta. Itu karena wisata alam yang ada di lereng Gunung Merapi ini berada tidak jauh dari beberapa destinasi terkenal. Sebut saja seperti Bukit Klangon yang ada di Kalitengah Lor. Klangon Hill merupakan bukit yang ada di kawasan Gunung Merapi, di sini anda bisa melihat dengan jelas gunung tersebut.

Atau anda juga bisa melihat Bunker Kaliadem Merapi yang sama sama berada di lereng Gunung Merapi. Bunker tersebut terletak pada ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, anda dapat menyaksikan keindahan Gunung Merapi yang begitu mempesona hanya dari jarak kurang lebih 5 kilometer saja.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Teras Merapi
Image Credit: Google Maps Bobby Satya Mardi

Teras Merapi terletak di lereng Gunung Merapi dengan alamat Dusun Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi DKI Yogyakarta. Dari pusat Kota Jogja, anda mungkin membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan untuk menuju lokasi. Karena jarak dari pusat kota ke destinasi kurang lebih sejauh 35,4 kilometer.

Rute yang paling mudah adalah dari Jalan Malioboro, anda bisa mengarahkan kendaraan ke timur menuju Jalan Mataram. Berikutnya menuju ke Jalan Laksda Adisucipto dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta ke Kepatihan. Setelah itu kembali lanjutkan perjalanan dengan mengambil Jalan Pakem-Kalasan dan diteruskan ke Jalan Raya Prambanan.

Kemudian dilanjutkan ke Jalan Kikis Taskombang, Joholanang, Pasar Butuh, Prambanan-Glagaharjo, dan Srunen-Glagaharjo. Sampai di kawasan Glagaharjo bisa langsung mencari Dusun Kalitengah Kidul sampai bertemu Teras Merapi. Supaya lebih mudah, gunakan peta digital untuk memandu anda sampai ke destinasi. Atau silahkan bertanya pada warga sekitar apabila sudah dekat dengan tujuan.

Jam Operasional dan Tiket Masuk Teras Merapi

Jam Operasional Teras Merapi
Image Credit: Google Maps Kazza channel

Apabila tertarik melakukan rekreasi ke tempat ini, anda bisa datang berkunjung pada jam operasionalnya yang berlangsung mulai pukul 08.00 sampai 19.00 WIB setiap harinya. Karena wisata alam ini termasuk masih cukup baru dan masih hype di kalangan wisatawan, maka sebaiknya anda datang lebih pagi saat pengunjung masih sepi.

Adapun harga tiket masuknya tergolong sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 10.000 untuk orang dewasa dan kurang lebih Rp. 5.000 untuk anak anak. Harga tertera hanya berlaku untuk tiket masuk, jadi belum mencakup biaya parkir atau biaya berbagai wahana yang ada di dalam objek wisata. Meski begitu, tarif per wahananya sendiri juga bisa dibilang begitu ramah di kantong.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Teras Merapi

Kegiatan Menarik Teras Merapi
Image Credit: Google Maps Arum Sukmawan

1. Menikmati Keindahan Alam

Karena memiliki pemandangan yang begitu indah, sekadar menikmati keindahan alam yang ada menjadi salah satu kegiatan yang digemari wisatawan ketika berkunjung ke sini. Apalagi area wisata di lereng Gunung Merapi ini juga begitu sejuk. Tempatnya juga luas, sehingga anak anak bisa berlari lari dan bermain dengan aman.

Tidak heran apabila Teras Merapi disebut sebut sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Bahkan sudah tersedia banyak area untuk bersantai yang dapat anda manfaatkan untuk menikmati pemandangan sekitar. Jadi para orang tua bisa duduk cantik menikmati suasana sejuk dan hidangan yang ada sembari menanti anak anak yang mencoba berbagai wahana.

2. Berburu Foto Ciamik

Menyimpan banyak spot foto Instagramable, tentu anda tidak boleh melewatkan kegiatan berburu foto selama berkunjung. Jika kebetulan tidak bisa membawa kamera digital, pastikan anda sudah mengisi daya smartphone di rumah agar dapat digunakan untuk mengambil berbagai potret yang bagus.

Karena Teras Merapi memang bisa dibilang mampu memanjakan para pecinta fotografi. Tempat wisatanya mendukung sekali untuk memburu berbagai foto ciamik. Hampir setiap sisi terdapat view yang mempesona guna menghasilkan foto yang bagus. Apalagi ketika cuaca sedang cerah dan anda mengambil foto ketika sunset, hasilnya pasti sangat luar biasa.

3. Camping

Jika ingin menikmati keindahan alam lebih lama, anda juga dapat mencoba berkemah di area wisata. Karena di sini sudah tersedia camping area yang langsung menghadap pemandangan alam nan indah serta hamparan sawah hijau menyegarkan mata. Namun tentunya anda harus membayar biaya sewa di luar tiket masuk apabila ingin camping.

Anda pun cukup datang membawa barang pribadi, tidak perlu repot repot membawa tenda sendiri dari rumah. Karena pengunjung dapat secara langsung menyewa tenda dan campervan di tempat penyewaan. Yang mana tempat penyewaannya sendiri berada tidak jauh dari area camping.

4. Berenang

Berenang atau berendam di kolam renang menjadi salah satu aktivitas favorit wisatawan, terutama anak anak, saat mengunjungi Teras Merapi. Anda pun sebaiknya tidak melewatkan kegiatan ini ketika tengah rekreasi ke sana. Karena kolamnya berada di tengah tengah panorama alam yang begitu indah.

Sehingga wisatawan dapat bersantai sambil dimanjakan dengan pemandangan nan indah yang ada di sekitar. Adapun di sini terdapat 2 kolam renang yang dapat digunakan oleh pengunjung. Masing masing memiliki air yang begitu jernih dan bersih karena dirawat secara rutin oleh pihak pengelola.

Kegiatan Menarik di Teras Merapi
Image Credit: Google Maps eL Santoso

5. Hiking

Teras Merapi berada di lereng Gunung Merapi, itu berarti lokasi wisata alam ini berada di ketinggian. Dengan kata lain, anda dapat melakukan hiking dan berkeliling area wisata untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Sambil berjalan kaki mengelilingi area wisata, anda bisa berfoto foto ria sepanjang perjalanan.

6. Bersepeda

Apabila tidak mau capek berjalan kaki mengelilingi objek wisata, tidak perlu khawatir. Karena di sini juga sudah tersedia jalur yang menarik bagi anda para penggemar sepeda. Jalurnya melewati pemandangan yang begitu rupawan. Rasakan pula sensasi udara sejuk yang menerpa wajah dan tubuh ketika bersepeda gunung mengeksplorasi Teras Merapi.

7. Wisata Kuliner

Sekadar nongkrong dan kongkow bersama keluarga atau teman teman sambil berwisata kuliner adalah pilihan tepat ketika berkunjung ke sini. Apalagi sudah tersedia kuliner lengkap yang siap memanjakan lidah dan mengenyangkan perut. Pilihan hidangan menu makanan dan minumannya ada banyak sekali, sehingga dapat disesuaikan dengan selera masing masing.

Harga untuk setiap hidangan juga masih dalam taraf wajar dan terjangkau. Jadi anda tidak perlu khawatir harus merogoh kocek dalam apabila merasa lapar setelah puas bermain dan menikmati wahana yang ada. Menariknya lagi, anda pun akan ditemani pemandangan alam yang begitu indah selama menikmati hidangan dan secangkir kopi di meja.

8. Naik ATV

Wahana yang disediakan di Teras Merapi ada cukup banyak, sehingga anda bisa menikmati berbagai keseruan. Salah satunya yaitu wahana ATV yang mengajak anda mengelilingi track seru dan menantang. Jadi anda yang memiliki jiwa petualang dan suka menantang adrenalin, sebaiknya jangan sampai melewatkan aktivitas satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Teras Merapi
Image Credit: Google Maps Budiwan Suryo Danarto

Berbicara mengenai fasilitas, wisata alam yang berada di lereng Gunung Merapi ini bisa dibilang cukup memadai. Sudah melewati proses pembangunan dan finishing, Teras Merapi dibuka untuk umum dengan menghadirkan berbagai fasilitas penunjang untuk memanjakan wisatawan selama berada di destinasi.

Mulai dari berbagai wahana permainan yang lengkap, kuliner lengkap, kolam renang, toilet bersih, tempat parkir luar, mushola, camping area, ruang pertemuan, cafe, sampai koneksi internet gratis bisa anda temukan. Selain itu ada juga gazebo dan rumah joglo yang dapat anda manfaatkan sebagai tempat bersantai untuk menikmati keindahan alam sambil mengisi perut.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Teras Merapi? Sampai sekarang wisata alam ini masih hits dan banyak disambangi oleh pengunjung dari warga sekitar maupun luar daerah. Tentu anda tidak boleh ketinggalan menikmati keindahan dan keseruan yang ada. Yuk, segera buat rencana liburan berikutnya dengan mengunjungi objek wisata yang berada di lereng Gunung Merapi ini.

REKOMENDASI DESTINASI