The Heritage Palace, Tempat Rekreasi Seru Ala Romawi Kuno di Sukoharjo

The Heritage Palace

The Heritage Palace salah satu objek wisata favorit di Sukoharjo yang menyediakan banyak atraksi menarik dan spot foto keren. Berwisata seru ke Solo ala Romawi Kuno di Gedung Tua bekas Pabrik.

Lokasi: Jl. Permata Raya, Dukuh Tegal Mulyo RT.002/RW.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.
Map: Cek Lokasi

Selain Jogja, Jawa Tengah juga memiliki Solo yang bisa jadikan sebagai tujuan wisata yang menarik. Kota yang juga sarat akan budaya ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Salah satu destinasi yang terbilang baru dan langsung menarik perhatian wisatawan adalah The Heritage Palace. Selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Mengintip Pesona The Heritage Palace

Pesona The Heritage Palace

Image Credit: Twitter.com @lampauin

Kota Solo tidak hanya memiliki Keraton Hadiningrat yang bisa Anda kunjungi. Kota yang dekat dengan Jogja ini memang memiliki banyak pesona yang menawan. Anda bisa menjadikan The Heritage Palace sebagai tujuan liburan Anda. Sebelumnya tempat satu ini merupakan bekas pabrik gula di zaman kolonial Belanda.

Tidak memberikan kesan yang menyeramkan, tetapi saat ini bekas pabrik Gula ini justru berubah menjadi wisata keluarga yang kekinian. Nuansa Eropa yang kental dengan gaya vintage menjadi ciri khas destinasi kekinian ini. Anda bisa menemukan gedung gedung dengan desain futuristik, pemandangan unik hingga mobil kuno yang berderet rapi.

Semua properti yang berada di tempat satu ini memang kebanyakan barang kuno. Tetapi setiap benda memberikan nilai seni yang begitu tinggi. Mengusung konsep wisata dan edukasi pada benda benda kuno yang ada. Tempat satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berburu foto foto cantik dengan kamera kesayangan Anda.

Destinasi ini berdiri di lahan seluas 2,2 hektar, Pabrik Gula Gembongan sudah ada sejak tahun 1892 yang totalnya memiliki 9 bangunan. Dengan cerobong asap yang menjulang hingga 20 meter, menjadikan bangunan ini begitu unik. Karena PG ini didirikan oleh Belanda, dan di tahun 1920 mengalami renovasi dengan konsep Art Deco.

Karena renovasi inilah akhirnya bagian depannya memiliki tembok menjulang tinggi layaknya kastil. Pabrik ini tutup tahun 1981 yang sebelumnya mengalami perpindahan tangan beberapa kali. Hingga akhirnya mengalami rekonstruksi dan renovasi menjadi sebuah objek wisata. The Heritage Palace sendiri baru dibuka di tahun 2018 dan menawarkan banyak atraksi.

Daya Tarik yang Dimiliki The Heritage Palace

Daya Tarik The Heritage Palace

Image Credit: Instagram.com @rikho_umam

Ada beberapa daya tarik yang menjadikan tempat satu ini selalu ramai pengunjung. Daya tarik yang pertama adalah bangunannya. Bangunan dari tempat wisata ini memang begitu unik. Pengunjung akan dibawa seakan akan sedang berada di Eropa. Tembok semen yang dibuat menjulang tinggi dengan pilar pilar besar membuat nuansa klasiknya begitu terasa.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Blora yang Wajib Anda Coba

Hampir semua sudut bangunan bisa dijadikan tempat untuk Anda berburu foto menawan. Bukan hanya pada bagian bangunannya, The Heritage Palace juga memiliki koleksi mobil kuno. Mobil mobil antik ini berada di Museum Transportasi yang bisa dijadikan tempat untuk foto foto. Beberapa mobil antik yang ada juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Seperti mobil Dodge yang pernah menjadi tunggangan Ir Soekarno. Kendaraan ini dibuat di tahun 1948 dan masih terawat. Terdapat juga Jeep Willys Usa yang dibuat tahun 1943. Mobil antik lainnya seperti Chevrolet Bel AIR USA yang diproduksi pada tahun 1955. Tidak ketinggalan mobil pemadam kebakaran yang diproduksi tahun 1963 lali.

Daya Tarik dari The Heritage Palace

Image Credit: Facebook.com @danangwibowoseto

Setidaknya ada sekitar 25 hingga 30 jenis mobil kuno yang bisa ditemukan. Museum Transportasi ini memiliki gaya retro yang membuat suasananya begitu cantik. Anda bisa bergaya sepuasnya di dalam museum ini. Banyak pengunjung yang sengaja datang untuk mengambil foto pre wedding di tempat satu ini.

Daya tarik dari tempat satu ini tidak hanya museum dan juga bangunannya, tetapi juga terdapat area khusus 3D trick art. Pada bagian dinding dinding bangunan yang kosong memang sengaja diberikan gambar 3D yang begitu unik. Bahkan Anda bisa menyewa kostum agar bisa menyamakan dengan latar belakang foto yang Anda inginkan.

Masih ada juga wahana menarik yang pengunjung bisa jelajahi. Mulai dari Omah Kwalik, Garden Retro Paradise, Museum Industri, hingga Convention Hallnya. Mengunjungi ketika siang hari, Anda bisa mengambil banyak foto di setiap sudutnya. Saat malam hari juga tak kalah menarik, karena gemerlap lampu juga turut menjadikan wisata ini makin cantik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi The Heritage Palace

Rute The Heritage Palace

Image Credit: Google Maps (Dita Ariyani)

Bagi Anda yang sedang ada di Surakarta dan berniat untuk mengunjungi tempat wisata ini. Maka Anda bisa menuju Jl. Permata Raya, Dukuh Tegal Mulyo, Pabelan, Kartasura. Untuk menuju destinasi hits ini tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi untuk menuju tempat cantik ini.

Lokasi wisata ini tak jauh dari pusat kota Solo, hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 21 menit saja. Jaraknya memang hanya sekitar 9 kilometer saja. Akses menuju objek wisata ini juga sudah memadai, Anda bisa melalui jalan yang sudah nyaman. Anda bisa mengandalkan GPS untuk tiba di destinasi wisata ini, atau bertanya pada warga sekitar.

Jam Operasional dan Harga Tiket The Heritage Palace

Harga Tiket The Heritage Palace

Image Credit: Twitter.com @kodim0726_skh

Anda bisa mengunjungi tempat hits satu ini setiap hari. Jam operasionalnya memang buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Buka mulai pukul 09.00 pagi hingga 18.00 WIB. Jika Anda ingin mengelilingi setiap sudutnya, ada baiknya untuk datang pagi hari. Apabila Anda datang sore hari, jam pembelian tiket paling akhir akan dilayani pada pukul 17.00 WIB saja.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Salatiga yang Wajib Anda Bawa Pulang

Sangat disarankan untuk datang saat pagi hari, yakni saat pukul 9 hingga pukul 10 pagi. Jika Anda memang berencana untuk liburan di siang hari, maka sebaiknya membawa payung. Dengan begitu Anda bisa menghalau panasnya matahari. Anda juga bisa menggunakan topi dan jangan lupakan sunblock untuk melindungi kulit Anda.

Jam operasional ini bisa berubah sewaktu waktu, terutama ketika akhir pekan. Sementara untuk harga tiket masuknya per Desember 2020 sekitar Rp. 25 ribu setiap orangnya. Harga tiket ini masih belum termasuk biaya untuk masuk wahana yang ada. Untuk itu, Anda bisa memilih tiket terusan seharga Rp. 55 ribu pada weekday.

Saat akhir pekan harga tersebut akan naik hingga kisaran Rp. 65 ribu. Tiket masuk tersebut berlaku untuk orang dewasa dan anak anak. Dimana tinggi badan anak anak di bawah 100 cm bisa masuk tanpa harus membayar tiket masuk. Perubahan harga tiket bisa sewaktu waktu tanpa ada pemberitahuan lebih dahulu. Tetapi tentu tidak jauh berbeda dengan harga sebelumnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di The Heritage Palace

Aktivitas di The Heritage Palace

Image Credit: Facebook.com @desybatikpesona

Mengunjungi tempat wisata tidak hanya untuk foto foto saja. ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Begitu juga ketika Anda mengunjungi tempat hits di Sukoharjo ini. Anda bisa berkeliling hingga berburu foto foto kekinian yang kemudian diunggah ke media sosial. Berikut beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan.

1. Berkeliling Area Wisata

Tempat satu ini memiliki banyak wahana yang bisa Anda jelajahi. Fasilitas di wisata ini disediakan dengan memadai, Anda bisa berjalan di area outdoornya ataupun indoornya. Keduanya memiliki pesona yang tak bisa diabaikan. Rasanya hampir setiap sudut memang pantas untuk dinikmati berlama lama. Apalagi arsitektur bangunannya yang begitu unik.

Di bagian luar ditanami rerumputan hijau dengan jalan setapak yang unik. Banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk berfoto dari area outdoor ini. Karena Anda bisa mendapatkan foto dengan latar belakang bangunan The Heritage Palace. Saat cuaca sedang cerah, bangunan yang berpadu dengan langit biru semakin menambah kecantikannya.

2. Mencoba Wahana yang Ada

Saat masuk ke dalam, ada banyak wahana yang bisa Anda jajal. Wahana ini tidak hanya ditujukan untuk orang dewasa saja. Sebab, terdapat wahana untuk anak anak di Kidz Zonenya. Tak heran jika wisata ini mendapatkan julukan sebagai tempat wisata keluarga. Karena yang bisa melepaskan penat tidak hanya orang dewasa saja.

BACA JUGA:  Umbul Sigedang, Tempat Pemandian yang Menyegarkan di Klaten

Anda bisa mengunjungi Oemah Kwalik, seperti namanya rumah ini memang didesain terbalik. Semua benda yang ada di dalamnya sengaja di desain terbalik. Ada juga bagian retro atau museum transportasi yang bisa dikunjungi. Atau Anda juga bisa mengunjungi bagian museum industri yang menjadi wahana unik di The Heritage Palace.

3. Berburu Foto Cantik

Hal yang pasti dilakukan ketika mengunjungi tempat wisata ini adalah swafoto. Bangunan ini sengaja dibuat sedemikian rupa untuk tujuan fotografi. Mengingat saat ini wisatawan begitu tertarik dengan tempat yang menyediakan spot foto melimpah. Mulai dari bagian luar hingga 3D artnya sangat menarik untuk dijadikan tempat berpose.

Fasilitas yang Tersedia di The Heritage Palace

Fasilitas The Heritage Palace

Image Credit: Google Maps (Hermawan Purnomo)

Pengelolaan yang baik juga harus dibarengi dengan fasilitas yang memadai. Dengan begitu pengunjung akan merasa lebih nyaman ketika mengunjungi tempat satu ini. Di The Heritage Palace, Anda bisa menemukan fasilitas umum yang terbilang lengkap. Mulai dari toilet hingga tempat ibadah bisa Anda temukan. Sehingga Anda tak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

Area parkir di tempat satu ini juga terbilang luas, sekalipun sedang musim liburan Anda tetap bisa mendapatkan tempat parkir. Di dalam juga bisa menemukan bangku bangku yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat. Beberapa tempat sampah juga disediakan di berbagai sudut sehingga memudahkan Anda untuk membuang sampah.

Anda juga bisa menemukan rumah makan atau cafe yang bisa dijadikan tempat kuliner. Anda bisa melepas penat sekaligus mencicipi menu menu lezat lainnya. Tenant tenant juga bisa Anda temukan, untuk sekedar membeli minuman atau camilan. Ketika Anda sedang tidak menyiapkan perbekalan Anda tak perlu khawatir karena bisa membelinya di dalam.

Penginapan Murah di Sekitar The Heritage Palace

Penginapan di Sekitar The Heritage Palace

Image Credit: Booking.com

Tidak semua pengunjung yang liburan ke tempat satu ini merupakan penduduk asli Solo atau sekitarnya. Sehingga membutuhkan akomodasi berupa penginapan jika ingin lebih lama tinggal di Solo. Lokasinya yang strategis membuat Anda akan mudah menemukan hotel ataupun penginapan terdekat.

Ada beberapa hotel yang bisa dijadikan sebagai pilihan, mulai dari Syariah Hotel Solo, Novotel Solo, Hotel The Royal Surakarta hingga Sala View Solo. Tidak hanya memiliki hunian nyaman untuk bermalam, Anda juga bisa mendapatkan harga yang terjangkau. Dimana untuk satu malamnya dibanderol mulai dari Rp. 200 ribu saja.

Mengambil foto foto cantik dengan sensasi seakan berada di Eropa kini bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi The Heritage Palace. Destinasi wisata yang hits di Solo ini menawarkan banyak sekali spot foto untuk para wisatawan. Pastikan untuk menyiapkan kamera terbaik sekaligus memori yang lega untuk menyimpan semua potret Anda.