The Lost World Castle salah satu objek wisata yang populer di Sleman, Jogja yang memiliki bangunan bertema kastil Eropa dan mirip Benteng Taksehi. Destinasi ini menyuguhkan pemandangan nan indah di lereng Merapi dan hawa yang sejuk untuk bersantai.

Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 07.00-18.00, Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Menanggapi tingginya minat akan lokawisata untuk foto keren, Yogyakarta pun meluncurkan wisata dengan tema yang cukup unik untuk diabadikan. Diberi nama The Lost World Castle, tempat berfoto eksis di sleman ini menjadi alternatif liburan yang tidak kalah pamor dengan wisata budaya lainnya. Lantas apa yang membuat lokasi ini worth it? Cek ulasan berikut.

Sekilas Tentang The Lost World Castle

Tentang The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Fitriana Ana)

Sedikit cerita, ternyata peluncuran The Lost World Castle sendiri cukup gonjang ganjing dengan banyaknya hal yang harus diurus. Terutama mengingat bahwa tempat wisata yang disingkat TLWC sendiri mengangkat tema hiburan yang tidak umum di daerah Istimewa ini. Tema tersebut adalah lokasi wisata dengan deretan spot foto keinginan.

Berkunjung ke destinasi wisata ini pun Anda akan dibuat kagum dengan keindahan area yang dimiliki. Berada di Sleman, TLWC terletak di kaki gunung Merapi yang tepatnya masuk zona merah. Bisa dikatakan, tempat ini akan menjadi target utama saat gunung Merapi meletus. Meski demikian, lokasinya yang ada di dataran tinggi membuatnya berhawa sejuk.

Menariknya, dikatakan lokasinya yang kurang strategis dan berbahaya justru dipilih dengan sengaja karena batu sisa erupsi melati dijadikan bahan baku pembangunannya. Menurut informasi yang beredar, destinasi wisata ini adalah hasil dari kerja sama para warga sekitar untuk meningkatkan perekonomian yang anjlok.

Hal itu tidak terlepas dari dampak besar yang dihasilkan letusan gunung Merapi di tahun 2006 silam. Keinginan untuk membuka dan membangun desa wisata pun direalisasikan. Akhirnya di tahun 2016, TLWC pun diluncurkan sebagai objek wisata tersebut. Dengan total area sebesar 1.3 hektar, konsep open area pun membuatnya tampak memukau.

Walau memiliki dukungan pengusaha lokal dan masyarakat lokal, tetapi objek wisata unik ini sempat mendapat konflik dari pemerintah. Disebutkan bahwa lokasinya yang hanya 6 Km dari gunung Merapi ini sangat berbahaya. Yang kemudian berakhir dengan penutupan sementara untuk mengurus masalah perizinan di awal tahun 2017.

Konflik tersebut pun seakan tidak memiliki efek yang signifikan. Objek wisata ini masih tetap buka dan terus berkembang. Hingga akhir tahun 2020 pun, wisatawan umum masih dapat berkunjung dan berfoto keren di spot yang tersedia. Tak tanggung tanggung, daya tarik The Lost World Castle Sleman bahkan kerap menarik wisatawan luar negeri.

Daya Tarik yang Dimiliki The Lost World Castle

Daya Tarik The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Mio Figlio R M)

Apa yang membuat orang betah di tempat wisata ini adalah kehadiran tema yang begitu cantik. Begitu menapakkan kaki di area, Anda akan disuguhi dataran indah yang didesain semirip mungkin dengan benteng Takeshi. Benteng buatan dengan segala keindahan bagian dalamnya pun dibuat dengan batu letusan gunung merapi.

Alhasil, tampilan benteng tersebut tampak epik untuk diabadikan. Menariknya, disebut sebut benteng tersebut terinspirasi dari acara TV game jadul asal Jepang Benteng Takeshi. Tidak hanya benteng besar sebagai muka, sekeliling area pun dibangun tembok kastil besar nan kokoh. Alhasil, lokasi ini pun juga kerap disebut Tembok Besar China Cangkringan.

Hamparan lokasi pun didesain sedemikian rupa dengan tampilan bak dunia dongeng. Anda bisa menikmati hijaunya taman, Jalan berpaving ala Eropa, pohon pohon Sakura Jepang bermekaran, hingga kapal bajak laut dari serial fiksi Pirate of Carribean. Tidak hanya dunia dongeng, berkunjung ke TLWC pun bak berlibur ke mancanegara.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi The Lost World Castle

Alamat The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Rizal)

Jika Anda tertarik untuk berkunjung, siapkan diri untuk menempuh jarak sekitar 27,3 Km dari pusat kota. Lokasi tepatnya adalah di Dusun Petung Kepuharjo. Masih di dalam cakupan Sleman, jadi Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Bahkan lokasi wisata ini pun telah terdaftar dan ditandai di dalam Google maps.

Beruntungnya, rute untuk mencapai lokasi tidaklah susah untuk dilalui. Jalur jalannya sudah dapat diakses dengan kendaraan pribadi seperti mobil, motor, atau bis. Umumnya, jalur yang diambil oleh wisatawan akan dimulai dari pusat Kota ke Jalan Kaliurang. Dari sana, perjalanan berlanjut ke arah gunung merapi dan dilanjut mengikuti petunjuk arah ke Kaliadem.

Dari jalan yang mengarahkan ke Kaliadem, rute terbaik dapat diambil untuk terus hingga melewati jalan Bebeng. Dari jalan tersebut, susuri jalan hingga menemukan landmark dengan nama Kopi Merapi. Setelah mencapai landmark tersebut, Anda harus menuju arah timur hingga menemukan destinasi wisata The Lost World Castle.

Jam Operasional dan Harga Tiket The Lost World Castle

Harga Tiket The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Didik Wiyono)

Wahana wisata kekinian ini memiliki jam operasional seperti pada umumnya. Di hari senin- jumat, TLWC beroperasi pada pukul 07.00 – 18.00. Sedangkan untuk weekend (sabtu & minggu) buka sejak jam 06.00 hingga 18.00. Dengan jam operasional yang panjang, Anda dapat menikmati berbagai spot foto dengan tampilan alam yang berbeda.

Agar kunjungan Anda lebih bermakna dan nyaman, disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari. Hal ini karena lokasi wisata ini memiliki konsep open outdoor space, yang mana cuaca di siang hari cukup terik dan panas. Selain itu, umumnya lokasi ini akan sangat penuh sesak dan ramai pengunjung di saat weekend tepatnya pukul 10-12 siang.

Karena dikelola dan dibangun oleh warga sekitar, harga tiket masuk pun cukup terjangkau. Tiket masuk yang ditarik per akhir tahun 2020, adalah sekitar 30 ribu per orangnya. Sedangkan beberapa fasilitas layaknya sewa pakaian dan properti akan dibanderol dengan harga 10 ribuan per kostum. Anda pun dapat puas berkeliling dengan kostum cantik.

Aktivitas Menarik Dilakukan di The Lost World Castle

Aktivitas Menarik di The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Khurununin Iffa)

1. Mengabadikan Momen Cantik Dengan Lokasi Unik

Sebagai objek wisata yang mengangkat minat kaum milenial yang doyan update sosmed, lokasi ini mengutamakan atraksi utama untuk berfoto. Deretan spot selfie yang unik pun bisa diakses dan diabadikan untuk update sosial media. Tidak hanya itu, lokasi sekitarnya sendiri sudah cukup asri untuk dijadikan latar belakang foto yang segar dipandang.

2. Wisata Edukasi

Fakta yang menarik pun muncul dari tujuan akan destinasi wisata ini sendiri. Selain dikenal sebagai lokasi untuk anak muda yang doyan berfoto, para pengunjung yang datang dengan keluarga pun akan disambut ramah. DI bagian dalamnya terdapat area yang berisi informasi sejarah dinosaurus. Anda pun dapat melihat proses ternak sapi, kelinci, dan kuda.

Tidak hanya itu, penggunaan batu bekas letusan gunung merapi pun ditujukan untuk mengedukasi pengunjung tentang bencana dahsyat tersebut. Bahkan, penggunaan nama The Lost World Castle atau kastil dunia yang menghilang pun merujuk pada dampak negatif dari letusan gunung di tahun 2006. Yang mana membuat lokasi ini seakan menghilang.

Aktivitas di The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Andri Kurniawan)

3. Menikmati Segarnya Udara Sleman di Kaki Gunung Merapi

Bagi yang lebih tertarik untuk bersantai, TLWC pun bisa menjadi destinasi wisata yang cocok. Lokasinya yang jauh dari pusat kota pasti akan mampu menghilangkan penat. Udara yang segar dan area yang masih hijau serta asri menjadi suatu daya tarik yang tidak mudah ditemukan di destinasi wisata lainnya.

Spot Foto Keren di The Lost World Castle

Spot Foto di The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Indriani Gonjowijoyo)

 

1. Negeri di Atas Awan

Spot foto instagenik yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Areanya memiliki setidaknya beberapa spot dengan tampilan yang sangat menarik. Yang pertama adalah spot dengan sayap yang sedang mengepak. Pengunjung pun dapat berpose di depannya untuk mendapat tampilan bak bidadari dengan sayap yang lebar.

Bagi Anda yang sering melihat film kartun Tom and Jerry, pasti sudah tidak asing dengan gambaran tangga yang menjulang tinggi ke surga. TLWC juga punya spot dengan tampilan yang sama. Disebut dengan paradise gate, lokasi ini memiliki anak tangga yang menjulang tinggi ke atas awan.

Yang membuatnya menarik, di bagian bawah terdapat gapura bunga dengan tulisan Paradise Gate. Sedangkan di ujung atas tangga terdapat pintu berwarna emas yang terbuka. Berfoto di spot ini akan tampak bak Anda sedang naik untuk menuju surga. Dengan skill foto yang baik, hasilnya pun akan tampak layaknya lukisan.

Ingin sesuatu yang lebih seru? Jangan lewatkan spot foto dengan awan kecil di dekat area ini. Spot dengan awan kecil ini sering kali dijadikan incaran mereka yang ingin berpose seperti aksi tokoh kartun Dragon Ball. Anda hanya perlu berdiri di atas awan tersebut, berpose, dan jepret! Hasilnya, Anda akan tampak melayang terbang menaiki awan.

2. Lukisan 3D

Di lantai terbawah TLWC, Anda pun dapat menemukan beberapa area yang dihiasi dengan lukisan 3D. Tidak sedikit para pemuda pemudi yang menyempatkan diri untuk berhenti dan berpose di depannya. Dengan sedikit akting, pose, dan skill menjepret foto yang baik, Anda pun akan mendapat foto layaknya sedang terbang dengan permadani atau bertapa di bawah air terjun.

3. Tembok China

Salah satu spot yang juga tidak kalah menarik untuk diabadikan adalah bentangan tembok China (great wall) yang kokoh. Lokasi ini seakan menjelma menjadi satu dengan kastil dari benteng Takeshi. Tembok dan lantai yang digunakan pun terbuat dari batuan hitam. Berfoto di lokasi ini akan memberikan hasil jepretan seakan sedang mengunjungi benteng kuno.

Spot di The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps (Arif Darmawan)

4. Kapal Black Pearl

Jangan khawatir kehabisan lokasi untuk update sosial media. Berjalan sedikit ke pusat, Anda pun akan mendapati sebuah pasar bajak laut besar yang bertengger di hulu sungainya. Hanya dibatasi dengan pagar saja, Anda pun dapat berfoto dengan kapal tersebut sebagai latar belakang. Yang membuatnya unik adalah desainnya yang menyerupai Black Pearl.

5. Taman Koboi

Ingin tampil layaknya sedang di tanah negara Barat? Jangan sampai melewatkan area Wild Wild west yang didesain seperti daerah tempat para koboi bersua. Di lokasi ini Anda dapat berpose dengan patung kuda, rumah suku Indian, hingga arsitektur lainnya. Ditambah dengan hutan hijau yang menghiasi area, hasil jepretan pun layak untuk dibagikan.

6. Landmark Dunia

Ingin pamer sedang trip luar negeri padahal hanya di TLWC? Bisa kok. Terdapat beberapa area yang menyorot landmark negara lainnya. Desainnya pun dibuat semirip mungkin hingga tampak seperti aslinya. Beberapa lokasi tersebut adalah Rumah Mungil Habit, taman Sakura, hingga Stonehenge yang cocok untuk dijadikan foto ikonik.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata TLWC

Fasilitas di Wisata TLWC
Image Credit: Google Maps (Mifta Hijriawan)

Menjadi salah satu objek wisata yang mulai berkembang dan melejit, fasilitas yang ditawarkan pun termasuk lengkap. Meski tidak terlalu besar, namun Anda dapat melaksanakan kebutuhan beribadah dengan keberadaan mushola dan toilet. Beberapa warung makan dengan opsi beragam pun bisa Anda temukan di sekitar area lokasi.

Tidak hanya itu, ada pula beberapa toko souvenir yang siap menjajakan barang produksi khas Sleman. Sedangkan untuk fasilitas parkir, TLWC telah menyediakan area yang cukup memadai dan luas. Biaya parkir yang ditarik untuk para pengunjungnya pun sekitar 2 ribu untuk motor, 5 ribu untuk mobil, dan 6 ribu rupiah untuk biaya retribusi.

Hotel Murah Terdekat dari TLWC Jogja

Hotel Terdekat dari TLWC Jogja
Image Credit: Agoda.com

1. Hotel Wismancala Kaliurang

Berjarak sekitar 2,6 km dari The Lost World Castle, hotel nyaman ini berada di Kaliurang, tepatnya di Jl. Tlogo Putri. Hotel dengan tampilan sederhana dan tradisional ini menawarkan kamar superior double dan standard dengan harga mulai dari 220 ribuan saja. fasilitas yang ditawarkan pun mencakup wifi gratis, sarapan, TV, AC, parkir, dan resepsionis 24 jam.

2. K Hotel Kaliurang

Untuk opsi hotel yang lebih berbintang, Anda dapat meluncur ke Hotel K Kaliurang yang kamarnya dibanderol mulai 350 ribuan per malamnya. Masih dalam jarak 2,6 km dari TLWC, hotel ini menawarkan penginapan papan atas dengan fasilitas yang lengkap. Terdapat kolam renang, dining area, restoran, hingga amenitas lengkap lainnya dari Hotel berbintang 4.

Opsi yang satu ini dianggap paling baik, karena memberikan fasilitas terlengkap. Hotel K sendiri dibangun dengan menghadap pemandangan kota Yogyakarta. Opsi kamar yang dapat dipilih mencakup superior dan deluxe. Hotel K pun mengusung tema modern dengan 3 opsi restoran, fasilitas AC, WIFI, resepsionis 24 jam, tempat parkir, lift, dan berbagai hal lain.

3. Villa Amaryllis Kaliurang

Jika Anda pergi bersama teman atau kerabat berjumlah besar, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan opsi penginapan berupa villa. Seperti Villa amaryllis kaliurang yang masih dalam jangkauan jarak 2.6 km. Lokasi penginapan berbintang 1 ini menyediakan berbagai fasilitas menarik seperti tanam, AC, WIFI, dan fasilitas BBQ. Harganya pun dimulai dari 441 ribuan.

Hotel Terdekat dari TLWC
Image Credit: Trivago.co.id

4. Fuji Villa

Masih dalam ranah villa, Fuji villa juga merupakan opsi penginapan murah meriah di daerah kaliurang. Jaraknya sekitar 2,64 km dari TLWC sehingga lokasi ini kerap menjadi tempat untuk peristirahatan sementara (transit). Tepatnya terletak di jalan Pelajar 8, Anda Fuji villa menawarkan fasilitas yang lengkap, termasuk WIFI, amenitas untuk tamu berkebutuhan khusus, dll.

Tidak hanya itu, villa ini pun terbuka dengan proses check-in dan check out yang cenderung cepat. Terdapat pula halaman parkir yang cukup luas. Kamar yang ditawarkan pun memiliki desain yang elegan namun menyorot keindahan Indonesia. Untuk harganya sendiri, villa ini membanderol biaya mulai dari 350 ribuan per malamnya.

5. Penginapan Sedyo Rahayu

Untuk Anda yang ingin berhemat, lokasi berteduh dengan tajuk penginapan tradisional bisa Anda pilih. Penginapan Sedyo Rahayu adalah salah satu contohnya, yang mana tampak layaknya rumah dengan segala fasilitas dan kelengkapannya. Banderol harganya sangat terjangkau, dengan starting price 91 ribu hingga 200 ribuan saja untuk berbagai pilihan kamar.

Mengangkat pesona keindahan spot foto dunia, The Lost World Castle di Sleman Jogja menjadi salah satu objek wisata yang pamornya melejit di era modern. Spot spot foto cantik dengan media unik dan latar belakang kaki gunung merapi, membuatnya tak pernah sepi pengunjung. Meski deretan atraksi utamanya adalah spot foto, namun keindahan lokasinya yang asri tidak bisa dilewatkan begitu saja.