Umbul Manten, pemandian alami unggulan Klaten yang memiliki air jernih sebening kaca. Menariknya, mata air ini juga terdapat mitos atau legenda yang berkembang yang mempu menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung.

Lokasi: Jl. Janti Boto, Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kab. Klaten.
Map: Cek Lokasi

Dikelilingi dengan lautan luas dan juga pegunungan, menjadikan Indonesia negara yang elok pemandangannya. Suatu anugerah yang patut dibanggakan, karena itu artinya tak susah mencari tempat indah sebagai destinasi liburan. Umbul Manten yang berada di Klaten, menjadi salah satu destinasi liburan yang tawarkan kekayaan tanah air ini. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Umbul Manten Klaten

Tentang Umbul Manten
Image Credit: Instagram.com @alterimage_photography

Jika membahas tentang Klaten, banyak yang langsung menunjuk umbul Ponggok sebagai ikon wisatanya. Padahal kota satu ini juga memiliki umbul lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Umbul Manten. Umbul sendiri berarti mata air, mata air Manten ini sangat jernih dan membentuk kolam yang begitu cantik dan menawan.

Saking jernihnya,Anda bisa melihat dasar dari kolamnya. Sebenarnya, pesona dari pemandian alam ini tidak kalah dengan Umbul Ponggok. Hanya saja, masih belum begitu banyak yang tahu. Dengan begitu,Anda bisa mendapatkan suasana yang lebih asri dan alami. Apalagi umbul ini juga memiliki pohon pohon rindang yang membuatnya begitu sejuk.

Sekalipun tidak seluas Ponggok, Umbul Manten memiliki ukuran lebar 40 meter dan juga panjang 70 meter. Kedalamannya tidak terlalu dalam hanya sekitar 1,5 meter. Dengan begitu, masih cukup aman untuk anak anak bermain di pinggir kolam. Namun, pastikan untuk tidak sampai lengah ketika membawa anak kecil bermain di area ini.

Beberapa mata air, tidak sepenuhnya bisa digunakan untuk berenang. Hal ini dikarenakan sumber tersebut menjadi sumber utama untuk mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat. Tapi beberapa mata air memang sengaja dijadikan tempat wisata sehinggaAnda bisa berenang bebas. Sekalipun tidak menggunakan kaporit,Anda tak perlu khawatir.

Sebab air ini akan selalu mengalir dan berganti sehingga tidak berbau dan selalu bersih. BahkanAnda akan menemukan beberapa kolam yang sengaja diberikan ikan hias. Walaupun jumlahnya tidak banyak, tapi tetap saja menambah pesona dari Umbul Manten ini. Sekilas, mengunjungi destinasi wisata ini akan memberikan kesan yang spooky.

Hal ini karena banyaknya pohon besar dan rindang yang mengelilingi. Banyak yang mengira jika pohon ini adalah pohon beringin. Tetapi pohon yang tumbuh besar ini merupakan pohon ipik. KetikaAnda berenang hingga ke dalam,Anda bisa merasakan sensasi berenang di sela sela akar pohon layaknya di pedalaman Kalimantan.

Legenda yang Berkembang di Umbul Manten

Legenda Umbul Manten
Image Credit: Google Maps (Dwi Ivanda Lailatul Putri)

Daya tarik dari pemandian ini bukan hanya terdapat pada airnya yang jernih. Tetapi juga legenda serta mitos yang berkembang. Terdapat cerita atau legenda yang turun menurun berkembang di masyarakat dan masih banyak dipercaya hingga saat ini. Konon, nama Umbul Manten didapatkan karena adanya sepasang pengantin yang baru saja menikah.

Terdapat larangan untuk tidak keluar rumah setelah maghrib sebelum usia pernikahan mencapai 40 hari. Larangan ini masih belum jelas alasannya, hanya saja memang kedua orang tua pengantin memberikan wejangan tersebut. Lantaran bosan, akhirnya pasangan pengantin tersebut melanggar perintah dari orang tuanya.

Mereka keluar rumah selepas magrib, dan sang suami sayangnya berjalan lebih dulu meninggalkan sang istri di belakang. Begitu mereka melewati pohon rindang, saat suami menoleh ke belakang istrinya tidak ada. Dan sang istri yang melihat ke depan juga melihat sang suami tak lagi ada di depan pandangannya.

Hingga saat ini, tidak ada yang tahu kemana perginya sepasang suami istri ini. Kebetulan, pasangan ini menghilang di area umbul. Karena alasan itulah akhirnya mata air ini disebut dengan Umbul Manten. Selain cerita tersebut, ada satu versi lagi yang berkembang di mata air yang jernih ini. Konon, sumber air dari kolam ini didapatkan dari 2 sumber yang berbeda.

Sumber air ini berasal dari Umbul Pelem atau Mangga dan juga dari umbul Peteng atau gelap. Dimana Umbul Peteng dikenal sebagai mata air laki laki dan Umbul Pelem adalah sumber air perempuan. Dari kedua sumber yang menyatu inilah kemudian muncul nama Umbul Manten. Apapun ceritanya, tetap saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Umbul Manten

Alamat Umbul Manten
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ulil Al-Bab)

BagiAnda yang ingin atau penasaran untuk mengunjungi Umbul Manten, makaAnda harus mengetahui alamat dan juga rutenya. Pemandian ini berada di Dusun Janti, Desa Janti, Polanharjo, Klaten. Lokasinya sebenarnya tidak jauh dari Umbul Ponggok dan mudah untuk dijangkau. Baik dariAnda yang datang dari arah kota Solo maupun dari Jogja.

Untuk menuju Umbul Manten, bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Pengunjung yang memulai perjalanan dari Jogja,Anda bisa menuju Klaten melalui jalur Jogja Solo. Terdapat dua jalur yang bisaAnda lalui untuk menilik indahnya sumber air ini. Jalur yang pertama bisa melalui Jl. Pemuda dan dilanjutkan menuju Jl. Sersan Sadikin.

Hanya saja jalur ini tidak begitu direkomendasikan, hal ini karena jalannya yang berliku. Sehingga harus benar benar berhati hati saat melewati jalan satu ini. Jalur kedua yang bisa dilalui adalah lurus menuju Jl. Jogja Solo. Sampai akhirnyaAnda menemukan Samsat Delanggu. Dari sini,Anda bisa langsung belok kiri setelah pertigaan menuju Jl. Tegalgondo – Janti.

Jalur satu ini tentunya berbeda dengan jalur sebelumnya,Anda bisa bertanya pada warga sekitar jika bingung. BagiAnda yang melakukan perjalanan dari Solo, begitu tiba di Pasar Desa Tegal Gondo,Anda hanya perlu untuk belok kanan di pertigaan setelah itu.Anda tinggal lurus melalui Jl. Tegalgondo Janti hingga menemukan kolam pemancingan Dewi Anjar.

Lokasi Umbul Manten memang tidak jauh dari pemancingan ini dan sebaiknyaAnda bertanya. Selain menggunakan rute ini,Anda juga bisa mengandalkan GPS Anda. jalan yang dilalui tidak akan jalur berbeda. Waktu yangAnda butuhkan dari Solo hanya sekitar 1 jam perjalanan saja, sementara dari Jogja sekitar 2 jam jika tanpa macet.

Harga Tiket & Jam Operasional Pemandian Umbul Manten

Harga Tiket Umbul Manten
Image Credit: Facebook.com @soloinfo.id

Berenang atau bermain main di Umbul Manten tentunya menjadi kegiatan liburan yang menyenangkan. Hanya saja,Anda harus tahu bahwa ada tiket masuk yang harus dibayarkan. Tempat indah ini tidak dibandrol mahal untuk bisa masuk ke dalamnya.Anda hanya perlu menyiapkan dana mulai dari Rp. 6 ribu saja untuk tiket masuknya.

Harga tersebut tentunya sangat terjangkau jika melihat kemolekan yang dihadirkan. Dan bisa berubah sewaktu waktu, terutama ketika musim liburan atau tanggal merah yang membuat tiketnya naik. Sementara untuk Jam Operasionalnya mulai dari jam 06.00 pagi hingga jam 18.00 petang.Anda bisa datang kapan saja karena buka mulai Senin hingga Minggu.

Fasilitas yang Tersedia di Pemandian Alam Klaten

Fasilitas di Pemandian Alam Klaten
Image Credit: Google Maps (Tama Indra)

Umbul Manten memang bukanlah destinasi yang baru, sudah sejak lama ada tetapi belum banyak yang mengenalnya. Dan lagi, destinasi satu ini belum banyak tersentuh pembangunan dan terkesan ala kadarnya. Masyarakat sekitarlah yang mengelola sumber air bening ini untuk dibuka menjadi salah satu tempat wisata yang ada di Klaten.

Fasilitas yang disediakan juga belum begitu memadai, tapi cepat atau lambat wajah dari pemandian alami ini bisa berubah menjadi lebih baik. Beberapa sumber menyebutkan jika bilik mandi yang ada masih belum memadai. Namun saat ini, sudah ada toilet dan kamar ganti yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Bahkan Anda juga bisa menemukan mushola hingga lahan parkir yang luas. Selain fasilitas utama tersebut, pengunjung juga bisa menjajal wahana jaring ikan yang tersedia. Selepas bermain dan saat perut merasa lapar,Anda tak perlu khawatir. Karena ada beberapa warung makan yang menyediakan berbagai menu yang layak untuk Anda coba.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Umbul Manten

Aktivitas di Umbul Manten
Image Credit: Twitter.com @jogjamedia

Pemandangan alam yang disajikan di sekitar pemandian memang akan mengundang decak kagum siapapun. Keindahan yang masih alami dan belum tercemar menjadikanAnda wajib untuk mengunjunginya. . Dan hal ini ternyata masih belum seberapa, karenaAnda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik di Umbul Manten berikut.

1. Menikmati Pemandangan

Hal pertama yang pasti akanAnda lakukan adalah menikmati pemandangan yang ada. Kolam alami ini memang dianugerahi dengan air yang begitu jernih. Sumber air yang terjaga kejernihannya ini akan menyambutAnda pertama kali. Batuan alam yang mengelilinginya semakin menonjolkan kesan alami yang dimilikinya.

Dipadukan dengan panorama sawah hijau di kanan atau kiri Umbul semakin membuat mataAnda dimanjakan. Suasana khas pedesaan ini pastinya akan membuat semua penatAnda hilang. Udaranya yang segar dengan kolam yang teduh membuat siapapun akan betah berlama lama. Dan tentunya tidak sabar untuk berenang di kolamnya.

2. Bermain Air

Selanjutnya yang tak boleh dilewatkan tentunya bermain air.Anda bisa berenang, melompat dari bebatuan hingga menyelam. BagiAnda yang tidak bisa berenang, ada kolam dangkal yang bisa dijadikan tempat untuk berenang. Rasanya memang sayang jika mengunjungi mata air cantik ini tanpa bermain air di airnya yang segar dan bening.

3. Bersantai di Bawah Pohon Ipik

Banyak pengunjung yang datang membawa hammock maupun laybag. Hammock ini bisaAnda pasang di antara pohon ipik yang ada. Ada banyak pohon yang bisa diandalkan, untuk tepatAnda bersantai. Suasananya yang sejuk akan membuat siapapun betah berlama lama bersantai di atas hammock sambil berayun.

4. Berburu Foto Underwater

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Umbul Manten memiliki air yang jernih. Sehingga sangat memungkinkan bagiAnda untuk berenang atau menyelam di bawahnya. Dengan begituAnda berkesempatan untuk foto di bawah air yang mengesankan. Foto Underwater ini memang masih menjadi favorit bagi para wisatawan hingga saat ini.

Foto foto yangAnda dapatkan, nantinya bisaAnda unggah ke media sosial. Foto Underwater di Umbul Manten bukanlah foto biasa saja.Anda bisa mengasah kreatifitasAnda untuk hadirkan foto yang keren.Anda bisa berpose seakan akan sedang kemah di bawah air. Terdapat properti pendukung yang akan membuat fotoAnda makin cantik.

Destinasi wisata Umbul Manten mungkin belum setenar umbul Ponggok. Tetapi keindahan yang ditawarkan juga tidak kalah ciamik. Pengunjung akan disuguhkan dengan mata air jernih dengan panorama yang mempesona. Apalagi perlahan tapi pasti, wisata alam ini juga berkembang menjadi lebih baik dan juga cantik. Tertarik untuk berkunjung?