Umbul Sigedang, Tempat Pemandian yang Menyegarkan di Klaten

Umbul Sigedang salah satu tempat pemandian hits di Klaten yang berasal dari mata air Sigendang dan Kapilaler. Memiliki kolam dengan air yang jernih untuk berenang dan berbagai spot foto yang keren.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-17.00, Alamat: Umbulsari, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Anda tentu sudah tidak asing dengan pelopor AMDK (air minum dalam kemasan) yakni Aqua. Akan tetapi tahukah Anda dari mana sumber air ini didapat? Ternyata salah satunya berasal dari sumber mata air alami Sigedang di Klaten. Umbul Sigedang ini memang begitu alami dan tidak tercemar limbah, sehingga banyak pula yang mengunjunginya untuk refreshing.

Daya Tarik yang Dimiliki Umbul Sigedang

Daya Tarik Umbul Sigedang

Image Credit: Instagram.com @umbul.sigedang

Daerah Klaten sendiri memang terkenal mempunyai banyak umbul atau mata air yang masih begitu alami, dimana salah satunya adalah Umbul Sigedang ini yang juga dimanfaatkan oleh Aqua untuk memproduksi air kemasan. Daerah ini juga dibuka sebagai area wisata, sehingga Anda dapat merasakan rasanya berendam di kolam air mineral.

Sebelum menjadi terkenal seperti saat ini, dulunya berbagai umbul yang ada di daerah Klaten digunakan sebagai tempat mandi oleh warga sekitar. Namun karena mempunyai daya tarik alami yang menyimpan potensi wisata, pada akhirnya objek tersebut dikelola menjadi destinasi wisata yang apik.

Setibanya di sana, Anda tidak hanya dapat menemukan kolam air mineral yang begitu jernih dan segar. Namun berbagai keindahan lainnya pun juga dapat turut disaksikan. Seperti pemandangannya yang begitu asri dan penuh dengan pepohonan rindang, sehingga sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.

Di samping itu, terdapat mitos yang beredar mengenai Umbul Sigedang Klaten di masyarakat sekitar. Usut punya usut, katanya pada zaman kerajaan dulu area ini merupakan tempat pemandian bagi para putri. Bagian dasar kolam berupa tanah dan batu batu, layaknya umbul lainnya yang ada di daerah Klaten.

Uniknya di umbul tersebut berupa kolam ikan, sehingga Anda tidak hanya dapat merasakan sensasi berendam di kolam air mineral saja. Tetapi aktivitas ini akan ditemani oleh ikan warna warni yang cantik. Inilah mengapa wisata tersebut makin populer, meski tempatnya tidak bisa dibilang luas.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Umbul Sigedang

Alamat Umbul Sigedang

Image Credit: Instagram.com @afikhadiyanto

Secara administratif, tempat pemandian berada di desa sama dengan Umbul Ponggok yang merupakan salah satu destinasi mata air terkenal di kabupaten Klaten. Letak dari Umbul Sigedang ada di Dusun Umbulsari, Kelurahan Ponggok, Polanharjo, Klaten Jawa Tengah. Untuk menuju lokasi, Anda tidak perlu takut tersesat sebab di sepanjang jalan sudah banyak papan penanda.

BACA JUGA:  17 Tempat Makan di Magelang Paling Enak & Murah

Rute yang harus Anda lalui untuk mencapai kolam Sigedang ini pun sangat mudah, dan tidak membutuhkan usaha ekstra layaknya berbagai objek wisata lain. Sebab akomodasi sudah tersedia di sekitar dan jalannya pun dapat dilalui oleh berbagai kendaraan. Dari jalan raya utama Solo-Yogyakarta, Anda hanya perlu berkendara sekitar 6 kilometer ke arah barat.

Apabila Anda dari arah utara, maka bisa juga mengikuti rure dari Boyolali – Janti – Cokro – Ponggok. Dan dari arah timur bisa menempuh rute Solo – Delanggu – Ponggok, lalu dari arah Selatan bisa melewati Yogyakarta – Klaten – Karanganom – Ponggok. Setelah menemukan Umbul Ponggok, Anda hanya perlu terus berjalan lurus.

Jika sudah menemukan pertigaan yang terdapat tugu ikan, maka ambil arah ke kanan dan teruskan berjalan lurus hingga berjumpa dengan sebuah gapura besar. Kemudian ambil jalur ke arah kiri, dari sana Anda sudah bisa menemukan berbagai papan petunjuk. Ikuti papan penunjuk jalan, masuk gang kecil dan melewati watergong hingga memasuki dusun.

Harga Tiket Masuk Umbul Sigedang Klaten

Harga Tiket Umbul Sigedang Klaten

Image Credit: Instagram.com @phone_fotografi_

Untuk menikmati sensasi berendam di kolam air mineral yang dipenuhi dengan ikan warna warni ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam. Sebab Umbul Sigedang membanderol harga tiket yang relatif murah meriah, karena penduduk sekitar sendiri amat gemar berkunjung dan rekreasi ke sana.

Pada tahun 2020, harga tiket masuk dari objek wisata ini senilai Rp. 5.000 rupiah yang mungkin dapat berubah sewaktu waktu tergantung kebijakan pengelola. Biaya tersebut belum termasuk dengan retribusi parkir serta toilet. Untuk parkir membutuhkan 2 hingga 5 ribu rupiah per kendaraan, dan toilet cukup membayar 2 ribu rupiah saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Umbul Sigedang

Kegiatan di Umbul Sigedang

Image Credit: Instagram.com @nurkhoirudin

1. Menikmati Pemandangan Asri

Jika ingin melepas penat dan stres akibat kesibukan sehari hari, maka Umbul Sigedang Klaten ini bisa menjadi destinasi yang tepat. Sebab di sini Anda dapat menikmati pemandangan asri yang masih begitu alami. Kolam Sigedang bahkan begitu jernih, tanpa adanya pencemaran dari limbah. Terlebih di sekitar terdapat banyak pohon rindang, yang membuatnya makin sejuk.

BACA JUGA:  8 Mall di Solo yang Wajib Anda Kunjungi

2. Berenang di Kolam

Kegiatan berenang adalah salah satu aktivitas utama yang dapat dilakukan oleh para pengunjung. Air jernih pada kolam ikan tersebut memang mengundang siapapun untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Jernihnya air ini bahkan bisa membuat tubuh sangat segar dan menyehatkan, mengingat airnya berasal dari sumber mata air alami yang terbebas bahan kimia.

Karena kejernihannya ini pula, banyak pengunjung yang menyewa kamera underwater untuk mengabadikan momen di bawah air dengan ikan ikan hias. Jika Anda berkunjung kemari tanpa membawa persiapan, maka tidak perlu khawatir. Karena di lokasi sudah banyak penjual yang menyediakan kebutuhan mandi.

3. Berfoto Ria

Setelah puas berenang, Anda bisa melanjutkan kegiatan dengan berfoto ria di sana. Pasalnya objek wisata Umbul Sigedang Klaten ini mempunyai beberapa spot foto ciamik yang amat estetik. Bahkan diketahui cukup banyak pengunjung yang datang kemari untuk melakukan sesi pemotretan, hingga untuk kebutuhan foto prewedding.

Spot foto yang menjadi favorit bagi para pengunjung yaitu di dekat pohon beringin yang usianya sudah tua. Rimbunnya akar dari pohon beringin yang menggantung, menjadi sebuah spot foto keren yang hasilnya bisa dipamerkan ke lini masa. Bahkan ada pula hammock yang digantungkan pada akar akar pohon, sebagai objek foto yang instagramable.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Umbul Sigedang

Penginapan Umbul Sigedang

Image Credit: Booking.com

Jika Anda berasal dari luar daerah dan ingin menikmati pemandian alami ini lebih lama, maka bisa juga memilih untuk menginap di sekitar lokasi. Terdapat cukup banyak homestay maupun hotel dengan harga terjangkau yang bisa Anda tuju. Sebut saja seperti Mami Umbul Ponggok Homestay yang berjarak sekitar 1,4 km dari lokasi wisata.

Mulai dari 200 ribuan saja, Anda sudah bisa menginap satu malam di sana dan menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkannya. Selain Mami Umbul Ponggok Homestay, ada pula sederet tempat penginapan lain yang layak dipilih. Seperti Pandu Homestay, Hotel Srikandi, hingga Kassandra Homestay yang hanya berjarak kurang lebih 610 meter.

Fasilitas yang Tersedia di Umbul Sigedang Klaten

Fasilitas di Umbul Sigedang Klaten

Image Credit: Google Maps (Fuzna Nuhasana Agia)

Umbul Sigedang Klaten bisa dibilang sudah mempunyai fasilitas memadai, yang membuat para pengunjung betah untuk berlama lama menikmati keindahan alam di sekitar. Mulai dari area parkirnya yang tersedia cukup luas, sehingga Anda dapat memarkirkan berbagai kendaraan tanpa perlu khawatir lagi.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Jepara yang Wajib Anda Bawa Pulang

Bahkan tukang parkir yang bertugas pun sudah siap siaga memberikan arahan dalam menempatkan kendaraan anda, jadi berangkat bersama rombongan dengan banyak kendaraan pun sangat mungkin untuk dilakukan. Tidak hanya itu saja, fasilitas lain yang ada di sini benar benar sangat memudahkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas.

Jika ingin berenang, Anda bisa memanfaatkan fasilitas kamar mandi umum untuk berganti pakaian dan ruang bilas. Tentunya pihak pengelola pun telah menyediakan kamar mandi yang bersih dengan cara merawatnya secara baik. Dan seperti yang telah disebutkan, bahwa cukup banyak penjual yang menyediakan peralatan mandi.

Sehingga Anda pun bisa langsung nyebur ke kolam, meskipun tidak membawa printilan barang dari rumah. Meski begitu, jika Anda ingin lebih hemat maka sebaiknya sudah mempersiapkan mulai dari pakaian ganti untuk berenang, sabun, dan shampo agar tidak perlu membeli lagi di sana.

Agar kegiatan berenang Anda makin seru dan asyik, tersedia pula persewaan pelampung dan kamera underwater serta berbagai peralatan lainnya untuk bermain air. Dan setelah puas bermain air, Anda bisa bersantai di gazebo atau saung yang tersedia. Pihak pengelola dari Umbul Sigedang memang sengaja menyediakan gazebo dan saung tersebut.

Agar para pengunjung bisa bersantai menyantap makanan dan minuman, sembari menikmati keindahan alam di sekitar yang menakjubkan. Apabila Anda tidak membawa bekal sendiri dari rumah, sudah tersedia pula beberapa warung yang menjajakan makanan berat maupun camilan dan minuman kemasan.

Bagi Anda yang beragama muslim juga tidak perlu khawatir ketika sudah memasuki waktu sholat, sebab di sini sudah tersedia mushola yang bersih dan nyaman agar Anda bisa melangsungkan ibadah. Dan yang tidak kalah penting, area ini tercover jaringan ponsel. Jadi Anda tetap dapat melakukan kontak dengan teman atau saudara tanpa harus terkendala masalah sinyal.

Meski tempatnya terbilang tidak begitu luas, namun keindahan dari tempat wisata Umbul Sigedang di Klaten ini memang perlu untuk dijelajahi. Areanya yang asri dan sejuk serta mempunyai objek kolam berupa air mineral, tentu menjadi pengalaman rekreasi yang menarik untuk melepas penat dari kesibukan sehari hari. Tertarik berkunjung ke Umbul Sigedang?