Waduk Cengklik, Tempat Menikmati Panorama Sunset di Boyolali

Waduk Cengklik, Tempat Menikmati Panorama Sunset di Boyolali

Waduk Cengklik salah satu destinasi menarik di Boyolali yang menawarkan spot untuk menikmati keindahan Sunset. Waduk yang juga menyuguhkan pemandangan pegunungan yang memukau, Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo.

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Ngargorejo, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Boyolali menjadi Kabupaten Jawa Tengah yang wisatanya memang tidak begitu banyak. Padahal jika mau mengulik, tetap saja ada tempat unik yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah wisata alam yang dikenal dengan nama Waduk Cengklik Boyolali. Waduk satu ini menjadi wisata murah meriah yang juga menawarkan pesona luar biasa. Simak ulasannya berikut.

Sekilas Tentang Waduk Cengklik Boyolali

Image Credit: Instagram.com @photo.bytopo

Waduk Cengklik dibangun di tahun 1926 sampai 1928 di masa pemerintahan Kolonial Belanda serta Keraton Mangkunegaran. Waduk sendiri memiliki arti bendungan atau tanggul, dalam bahasa Jawa. Tujuan dibangunnya waduk ini adalah untuk saluran irigasi persawahan juga lahan lahan milik dari Kerajaan Mangkunegaraan.

Nama waduk satu ini diambil dari dukuh Cengklik, yang menjadi dukung pertama kali dimulainya pembangunan waduk. Waduk satu ini memiliki luas sekitar 250 hektar, dimana di tahun 1970 mampu untuk menampung air hingga 17,5 juta kubik. Dan kapasitas air ini semakin menurun dari tahun ke tahun, dimana saat ini hanya mampu menampung 9 juta kubik.

Karena kapasitas inilah akhirnya waduk ini tak lagi mampu untuk mengairi ribuan sawah yang ada. Dan yang menjadi konsekuensi paling nyata, Pabrik Gula Colomadu berhenti beroperasi. Hal ini dikarenakan pasokan air menuju lahan tebu menjadi lebih minim. Masyarakat juga banyak yang memelihara ikan menggunakan keramba.

Hingga akhirnya, memiliki fungsi lain sebagai tempat wisata yang cukup hits di Jawa Tengah. Nama waduk ini begitu kondang, terutama di kalangan pecinta fotografi. Karena pesona pagi hari dan sore hari menjadi andalan dari waduk satu ni. Tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, di sini Anda juga bisa mengamati kegiatan warga sekitar.

Warga sekitar memang banyak yang memanfaatkan tempat satu ini sebagai tempat mencari ikan. Bahkan ada beberapa yang memancing di kawasan waduk satu ini. Beberapa pengunjung juga datang hanya sekedar menikmati pemandangannya. Sehingga tidak heran jika Anda juga bisa menemukan makanan hasil dari waduk satu ini.

BACA JUGA:  16 Oleh-Oleh Khas Solo yang Wajib Anda Bawa Pulang

Yang jelas destinasi wisata ini menjadi wisata alam alternatif yang cocok untuk bersantai. Waduk ini memiliki pulau pulau kecil di tengahnya, tidak ketinggalan tanaman eceng gondok yang membuat pesonanya semakin mengguar. Menjadikan waduk ini sebagai destinasi yang akan mampu untuk melepas semua penat Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Waduk Cengklik

Image Credit: Instagram.com @masarrdy_

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, destinasi satu ini memang kondang dengan panorama sunset dan juga sunrisenya. Bahkan pada kedua momen ini, menjadi pemandangan yang diburu oleh wisatawan. Dipadu dengan udaranya yang semilir, dijamin akan menghilangkan semua penat akibat aktivitas harian. Apalagi berkunjung dengan teman teman atau pasangan.

Tempat satu ini memang tak pernah absen dari rekomendasi untuk berburu spot fotografi terbaik. Ketika mengambil gambar, Anda akan disuguhkan background alamnya yang menawan. Pada sisi barat, Anda bisa melihat megahnya gunung Merapi dan gunung Merbabu dari kejauhan. Sementara di sebelah timur terdapat Gunung Lawu yang ada di Karanganyar juga Magetan.

Waduk Cengklik juga dikelilingi oleh persawahan hijau yang menyejukkan mata siapapun yang melihatnya. Bagi Anda yang berencana mengambil foto prewedding dengan tema alam atau danau, tempat satu ini bisa Anda pertimbangkan. Waduk ini memang beberapa kali menjadi jujugan untuk mereka yang akan mengambil foto untuk prewedding yang unik.

Pengunjung tak hanya bisa berburu keindahan, tetapi juga bisa melakukan wisata kuliner di tempat satu ini. Mengingat banyak penduduk yang memelihara ikan tawar. Sehingga kegiatan menarik juga bisa dilakukan di waduk satu ini. Tempatnya yang asri dan nyaman, akan memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Tidak ketinggalan, di Waduk ini juga beredar beberapa cerita mistis. Masyarakat sendiri memang menganggap jika Waduk Cengklik adalah tempat yang keramat. Disamping itu, keadaan waduk ini saat ini terbilang miris. Kabar terbaru dari Solopos menyebutkan, jika saat ini pengunjung wisata ini sudah tak lagi banyak. Bahkan terkesan dilupakan begitu saja.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Waduk Cengklik

Alamat Waduk Cengklik

Image Credit: Instagram.com @asal.jepret.pict

Waduk Cengklik berada di Desa Ngargorejo, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Anda yang ingin mengunjunginya tak perlu khawatir, karena memang akses menuju waduk satu ini begitu mudah. Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk membawa Anda ke waduk ini.

Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Solo, Anda bisa langsung mengambil jalan ke arah Lanud Adi Sumarmo. Baik Anda yang dari arah UMS ataupun Kelco, Anda pasti akan melintasi perempatan Lapangan AURI. Jika di perempatan ini, Anda bisa mengambil jalur kiri. Dari sini, silahkan lurus saja hingga sampai di pertigaan yang selanjutnya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Blora Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Pada pertigaan yang kedua ini, silahkan Anda mengambil jalur ke kiri. Dimana jika ke kanan, maka Anda akan sampai di bandara. Pada sepanjang jalan, Anda akan menemukan kompleks perumahan yang memiliki cat biru muda. Lurus saja, tak lama Anda akan menemukan petunjuk untuk menuju Waduk Cengklik. Ikuti saja arah tersebut, karena lokasinya tak jauh lagi.

Untuk Anda yang mengalami kesulitan menggunakan google maps, Anda juga bisa bertanya kepada masyarakat sekitar. Sebenarnya, petunjung arah menuju Waduk ini juga sangat banyak. Jalannya juga mulus, hanya saja Anda hanya bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan ojek.

Harga Tiket dan Jam Operasional Waduk Cengklik

Harga Tiket Waduk Cengklik

Image Credit: Instagram.com @putut_hartanto

Menikmati keindahan waduk ini Anda tak perlu merogoh kocek yang dalam. Pada tahun 2020 lalu, tiket masuk menuju Waduk Cengklik sekitar Rp 2 ribu saja. Dan apabila nantinya mengalami kenaikan harga, tentunya tidak akan naik berkali kali lipat. Harga tiket yang murah ini, masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan Anda.

Harga parkir kendaraan juga sangat murah, untuk sepeda motor akan dikenakan sekitar Rp 2 ribu saja. Sementara untuk kendaraan roda empat atau lebih, akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp 5 ribu. Inilah mengapa waduk ini mendapatkan julukan sebagai objek wisata yang ramah kantong. Jam operasionalnya sendiri 24 jam, Anda bisa datang kapan saja.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Waduk Cengklik

Aktivitas di Waduk Cengklik

Image Credit: Instagram.com @dimpelezproject

1. Berburu Sunrise dan Sunset

Aktivitas pertama yang selalu dilakukan oleh pengunjung adalah berburu matahari terbit dan matahari tenggelam. Sangat direkomendasikan untuk Anda pemburu senja yang mempesona. Warna jingga di cakrawala dengan siluet yang cantik memang sangat sayang dilewatkan. Pastikan Anda membawa kamera terbaik Anda jika datang ke waduk ini.

Jika Anda berburu matahari pagi, ada baiknya untuk datang sebelum pukul 04.00 pagi. Dengan begitu Anda bisa menikmati megahnya Sunrise yang luar biasa. Matahari terbit yang berpadu dengan background danau tenang yang menambah keindahan. Anda bisa memposting hasil jepretan Anda di media sosial atau sebagai koleksi Anda.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Kebumen yang Wajib Anda Coba

2. Bersantai dan Memancing

Aktivitas selanjutnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah bersantai. Memandang air waduk yang tenang dengan semilir angin adalah perpaduan yang ciamik. Udaranya yang juga sejuk dengan pepohonan rindang akan memanjakan Anda. Tidak ketinggalan, Anda juga bisa sekalian memancing di waduk Cengklik ini.

Aktivitas memancing memang tidak dilarang oleh pemerintah. Asalkan menggunakan alat yang aman dan tidak merusak lingkungan. Ikan di waduk ini kebanyakan adalah ikan air tawar yang memiliki banyak jenis. Bahkan Anda bisa meminta untuk dibakarkan sekalian ikannya di tempat. Anda juga bisa menyewa perahu untuk memancing di tengah waduk atau sekedar mengelilinginya.

3. Berburu Spot Instagramable

Untuk Anda yang gemar berpose di depan kamera, Anda tak boleh melewatkan spot wisata alam di Boyolali satu ini. Waduk Cengklik memiliki banyak spot instagramable yang bisa Anda jadikan tempat mengambil gambar. Anda juga bisa mengupload foto tersebut di sosmed Anda.dengan begitu Anda juga akan membantu untuk menaikkan nama wisata satu ini.

4. Penelitian

Tidak hanya untuk wisata, waduk ini juga terbuka lebar untuk Anda yang akan mengadakan penelitian. Baik untuk mereka yang masih sekolah, kuliah ataupun yang ingin meneliti ekosistem di waduk ini. Kegiatan penelitian boleh dilakukan asalkan tidak mengganggu ekosistem yang ada.

Fasilitas yang Tersedia di Waduk Cengklik Boyolali

Fasilitas Waduk Cengklik Boyolali

Image Credit: Instagram.com @journey_traveling

Bukan hanya memiliki keindahan yang mempesona, Anda juga akan menemukan beberapa spot yang menarik. Tidak hanya itu, ada juga perahu milik warga yang bisa difungsikan untuk jalan jalan mengelilingi danau. Anda juga bisa menemukan penjual ikan segar yang akan memanjakan lidah wisatawan atau bisa juga dijadikan sebagai buah tangan.

Pada jalan utama terdapat beberapa rest area juga area parkir yang terbilang luas. Anda juga bisa berolahraga di sekitaran waduk ini. Mengingat sudah ada jogging track yang akan membuat wisatawan semakin betah. Apalagi jika ditambahkan dengan panorama asrinya, dijamin Anda akan betah berlama lama menghabiskan waktu di tempat satu ini.

Waduk Cengklik memang bukanlah wisata baru di kawasan Boyolali. Namanya juga perlahan makin meredup, tapi bukan berarti tidak layak untuk dikunjungi. Terutama untuk Anda yang begitu tertarik dengan dunia fotografi. Destinasi satu ini sangat menarik untuk dikunjungi, baik bersama teman atau bersama dengan tetangga.