Waduk Jatibarang, Bendungan Indah & Objek Wisata Favorit di Kota Semarang

Waduk Jatibarang, Bendungan Indah & Objek Wisata Favorit di Kota Semarang

Waduk Jatibarang memiliki pesona yang tak luput dari perannya sebagai pelindung Kota Semarang. Meski merangkap peran sebagai objek wisata, ada begitu banyak pesona keindahan Bendungan Jatibarang yang patut untuk dinikmati.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 05.00-18.00, Alamat: Jl. Moch Ihsan, Jatibarang, Kec. Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Berjalan jalan ke Kota Semarang, jangan lupa untuk mengunjungi Waduk Jatibarang. Mungkin Anda akan bertanya apa yang begitu spesial dari bendungan di Semarang ini? Waduk ini sendiri adalah wisata danau buatan yang menawarkan pesona berbeda dengan bendungan pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Waduk Jatibarang

Daya Tarik Waduk Jatibarang

Image Credit: Google Maps (Vitasari Sutadi)

Jika Anda berpikir bahwa Bendungan Jatibarang layaknya bendungan biasa, maka anggapan tersebut salah kaprah. Bagaimana tidak, bendungan yang difungsikan sebagai proteksi kehidupan Kota Semarang ini ternyata juga menyuguhkan beragam daya tarik yang patut untuk dinikmati dan di telusuri yang akan membuat masa liburan jadi menyenangkan.

Salah satu daya tarik yang pertama adalah kemampuan dan daya tampung air yang cukup besar. Daya tampung dari Waduk Jatibarang ini bisa mencapai sekitar 20,4 juta meter kubik. Dengan daya tampung yang cukup besar, waduk ini sangat ampuh diandalkan untuk mengendalikan bencana alam seperti banjir.

Selain menyediakan air baku yang dikatakan mencapai 1.50 liter, Waduk Jatibarang ternyata dibuat sebagai wujud nyata konservasi Daerah Aliran Sungai. Inilah alasan mengapa bendungan ini disebut sebagai pelindung kehidupan Kota Semarang. Setidaknya ada 100 vegetasi tumbuhan yang sisanya tergolong langka.

Beralih ke sisi waduk lainnya, di lokasi tersebut juga terdapat sebuah pulau kecil yang didalamnya terdapat goa yang dinamai Goa Kreo. Di pulau kecil ini, pihak pengelola setempat mengembangbiakkan spesies monyet lebih dari 500 ekor. Monyet yang dikembangkan merupakan jenis ekor panjang yang saat ini cukup langka.

Daya tarik Goa Kreo semakin lengkap tatkala cerita legenda melekat sebagai bentuk saksi sejarah. Masyarakat setempat percaya bahwa Pulau Kreo merupakan salah satu petilasan salah satu Walisongo yakni Sunan Kalijaga. Untuk Anda yang ingin menyaksikan tempat sejarah ini, bisa menyeberangi jembatan gantung yang ada di atas waduk.

Daya Tarik Waduk Jatibarang Semarang

Image Credit: Instagram.com @bal_isbal

Selain keindahan waduk dengan adanya pulau kecil, Bendungan Jatibarang merupakan lahan yang sangat tepat bagi Anda pemilik hobi memancing. Bagaimana tidak, ribuan jenis ikan bisa Anda temukan disana. Beberapa jenis ikan yang bisa Anda temui antara lain Ikan Nila, Ikan Gabus, Kakap Putih, Ikan Bawal, Ikan Graskap, dan lain lain.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Pati yang Wajib Anda Coba

Menariknya ada seseorang yang memecahkan rekor tertinggi atas ikan yang didapatkannya. Ia mendapat ikan lele yang beratnya lebih dari 3 kg. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pemilik hobi memancing. Selain bisa mengasah kemampuan, Anda bisa membawa pulang ikan hasil tangkapan untuk disantap di rumah.

Di bagian utara waduk, Anda akan disuguhkan pemandangan lengkap berupa air terjun yang mengalir dengan derasnya. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, air terjun tersebut tidak akan pernah mengering meski musim kemarau berjalan dalam waktu lama. Air terjun di sana berasal dari beberapa mata air, oleh karenanya airnya sangat jernih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Waduk Jatibarang

Alamat Waduk Jatibarang

Image Credit: Google Maps (Lorenzo Lamas)

Waduk Jatibarang terletak di Jalan Jatibarang, Mijen, Kota Semarang. Pada dasarnya, lokasi waduk ini meliputi dua kecamatan dengan empat kelurahan. Kecamatan yang pertama adalah Gunungpati, Kelurahan Kandri dan Jatirejo. Sementara kecamatan yang kedua ialah Mijen dengan Kelurahan Kedungpane dan Jatibarang.

Meski letak Bendungan Jatibarang ada di pinggiran kota, untuk menjangkaunya pun tak sulit dilakukan. Selain akses jalan yang sudah mulus, jarak dengan Bandara Ahmad Yani Semarang sangat dekat sekitar 13 km. Untuk Anda yang ingin mengunjungi Jatibarang, bisa menggunakan angkutan umum dengan rute Goa Kreo.

Anda juga sangat diperbolehkan jika memang ingin membawa kendaraan pribadi. Adapun jarak yang harus ditempuh dari pusat Kota Semarang sekitar 13 km dengan waktu tempuh 40 menit. Gunakan jalur dari Kalibanteng jika memang Anda menggunakan kendaraan pribadi. Jalur tersebut akan memudahkan Anda untuk menuju lokasi.

Dari Kalibanteng, lanjutkan perjalanan dengan memilih jalur Jalan Abdul Rahman Saleh sampai ke Gunungpati, Desa Sadeng. Di sinilah Anda akan menemukan sebuah pintu gerbang yang bertuliskan “Desa Wisata Kandri”. Jika sudah menemukan tulisan tersebut, maka Anda sudah dekat dengan lokasi Waduk Jatibarang.

Harga Tiket Masuk Waduk Jatibarang Semarang

Harga Tiket Waduk Jatibarang Semarang

Image Credit: Google Maps (Andri Ani)

Bisa dikatakan, Jatibarang ialah sebuah wisata yang menyuguhkan pesona bendungan tak biasa. Yang menjadi menarik, untuk bisa berkunjung ke lokasi ini Anda tak perlu menyiapkan dana besar. Pihak pengelola telah menetapkan biaya retribusi berupa tiket masuk yang sangat murah, yakni sekitar Rp 3 ribuan.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Banjarnegara yang Wajib Anda Coba

Dengan harga tiket masuk yang terbilang cukup murah, Anda bisa berlibur tanpa harus keluar banyak dana. Cukup gunakan anggaran Anda untuk keperluan lainnya, semisal berburu cindera mata, berburu kuliner menarik di sekitar waduk, dan masih banyak lagi. Dengan begini, waktu berlibur Anda akan terasa lebih berkesan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Waduk Jatibarang

Kegiatan di Waduk Jatibarang

Image Credit: Google Maps (Arry Awan)

1. Memancing Ikan Air Tawar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Waduk Jatibarang adalah lokasi yang paling tepat untuk menyalurkan hobi memancing. Ada berbagai macam jenis ikan dengan ukuran yang juga beragam. Bahkan jika beruntung, Anda bisa membawa pulang ikan dengan jenis lele atau bawal dengan bobot yang mencapai 3 kg sampai 5 kg.

Akan tetapi, untuk bisa memancing di waduk ini terdapat aturan ketat yang harus Anda patuhi. Adapun beberapa aturan tersebut mulai dari pelarangan menjala, meracun ikan, menyetrum, dan hal lain yang dapat merusak. Keberadaan aturan tersebut dimaksudkan untuk menjaga ekosistem waduk dari waktu ke waktu.

Sembari memancing, Anda bisa menyantap makanan hangat yang dijual oleh warung kecil di sekitar lokasi. Bahkan, jika Anda membutuhkan perahu untuk memancing maka bisa menyewanya di dermaga. Memancing di Waduk Jatibarang akan menambah pengalaman baru yang tentunya tak bisa Anda dapatkan di tempat lainnya.

2. Wisata Perahu untuk Mengelilingi Waduk

Tak hanya menikmati keindahan waduk dari kejauhan, Anda juga bisa menikmati setiap detail Bendungan Jatibarang dengan menggunakan perahu. Adanya persewaan perahu memungkinkan Anda untuk dapat menyusuri luas waduk dan Goa Kreo yang sangat memesona. Uniknya, Anda dapat memilih dua paket dalam sewa perahu.

Cukup keluarkan dana sekitar Rp 100 ribuan untuk paket A berkeliling ke seluruh luas waduk. Sementara paket B dibanderol sekitar Rp 60 ribu untuk separuh perjalanan luas waduk. Ketika berkeliling, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama elok berupa megahnya tebing dan pegunungan di setiap sisinya.

3. Berkunjung ke Pulau dan Goa Kreo

Saat mengunjungi Waduk Jatibarang, Anda bisa menikmati dua spot wisata sekaligus yakni Goa Kreo. Goa Kreo sendiri terletak di Pulau Kreo yang ada di tengah waduk. Di pulau tersebut, Anda bisa melihat ratusan ekor kera yang memang sengaja dikembangbiakkan. Untuk mengunjungi Pulau Kreo, Anda bisa menyeberangi jembatan yang sudah tersedia di sana.

BACA JUGA:  13 Tempat Wisata Alam di Semarang yang Paling Hits

4. Mencicipi Beragam Kuliner

Ada begitu banyak destinasi wisata kuliner di sekitaran lokasi waduk indah ini. Umumnya, mereka akan menghadirkan ragam menu santapan lezat khas Jawa yang begitu menggoyang lidah. Beberapa tempat kuliner bahkan sudah diakui kelezatannya dan mendapatkan banyak kepercayaan dari para pengunjung yang mencicipinya.

5. Melihat Air Terjun di Dekat Waduk

Di dekat lokasi Waduk Jatibarang, terdapat sebuah air terjun yang juga patut untuk ditelusuri. Air yang mengalir dari air terjun tersebut begitu jernih dengan debitnya yang deras. Tak heran, suasana segar sangat memanjakan para pengunjung. Lokasi ini sangat cocok dijadikan pelarian setelah penat bekerja berminggu minggu.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Waduk Jatibarang Semarang

Fasilitas di Waduk Jatibarang Semarang

Image Credit: Google Maps (avicena rahmah)

Dengan adanya pengelolaan dan perhatian yang cukup oleh pihak pengelola dan pemerintah setempat, Waduk Jatibarang terus menerus dikelola dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran beberapa fasilitas yang bisa dibilang cukup memadai. Dengan adanya fasilitas, diharapkan pengunjung selalu merasa aman dan nyaman.

Adapun beberapa fasilitas di Waduk Jatibarang mulai dari sarana parkir luas, persewaan perahu, jembatan gantung, MCK, mushola, spot foto menarik, dan warung kuliner yang bersih. Selain fasilitas dasar seperti tersebut, masih ada fasilitas lainnya yakni Plaza Pertunjukan. Sesuai namanya, lokasi ini dijadikan sebagai spot pertunjukan.

Plaza pertunjukan terletak di tepi waduk yang dilengkapi tribun untuk penonton. Tribun tersebut mampu menampung ratusan orang untuk menyaksikan pertunjukan. Dengan latar belakang berupa waduk yang eksotis, plaza pertunjukan akan menjadi tempat pementasan dengan gaya tradisional dan modern. Penampilan pertunjukan pun akan lebih spektakuler.

Tak hanya itu, di sekitar lokasi waduk Anda juga akan menemukan beberapa fasilitas yang tengah dibangun. Beberapa di antaranya mulai dari gardu pandang setinggi 12 meter, halte pengunjung yang unik, pedestrian warna warni, dan masih banyak lagi. Di samping itu, akses untuk menuju ke kawasan waduk ini sangat mudah dijangkau karena adanya pengelolaan tepat.

Selagi menapakkan kaki di tanah Semarang, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi Waduk Jatibarang. Pasalnya, ada ribuan pesona yang sanggup memanjakan setiap mata yang memandangnya. Jatibarang juga merupakan tempat terbaik bagi Anda pemilik hobi memancing. Tapi ingat, selalu patuhi aturan di sana yang sudah berlaku sejak lama.