Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Sremo tengah rt: 63/23, Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Kulon Progo menyimpan banyak destinasi wisata yang indah dan menarik dijelajahi. Salah satunya adalah Waduk Sermo yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Kawasan waduk yang dibangun sekitar bulan Maret 1994 tersebut memakan waktu pengerjaan 32 bulan. Dan biaya yang di keluarkan untuk membangun bendungan ini kurang lebih sekitar 32,4 milyar.

Pada awalnya waduk indah ini dibangun dengan tujuan untuk membantu warga dalam bidang irigasi, usaha perikanan, sarana olah raga air, hingga untuk mengendalikan banjir. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu waduk ini menjadi destinasi wisata menarik. Anda bisa menjadikan waduk cantik ini untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman. Selain menyatu dengan alam, tempat ini juga bisa sebagai tujuan melepas penat dan mendapatkan pengalaman liburan berbeda.

Daya Tarik yang Dimiliki Waduk Sermo

Daya Tarik Waduk Sermo
Image Credit: Google Maps Wimbo Mahadi

1. Kawasan Bumi Perkemahan

Salah satu daya tarik saat anda berkunjung di Waduk Sermo adalah anda dapat menemukan kawasan bumi perkemahan. Kawasan ini berada disekitar waduk yang memiliki udara segar. Tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi, terutama bagi anda yang suka dengan tantangan dan dunia perkemahan.

Saat pagi hari area perkemahan akan di selimuti oleh kabut putih. Seakan akan anda berada di tempat lain yang menyimpan pesona luar biasa. Di bumi perkemahan ini wisatawan juga dapat melihat sunrise yang sangat cantik dan berwarna kuning keemasan. Dan cahaya tersebut akan dipantulkan dalam air waduk yang jernih.

2. Makam di Sekitar Waduk yang Megah

Dibalik keindahan yang memukau dari Waduk Sermo, masyarakat sekitar percaya jika nama sermo merupakan nama dari leluhur masyarakat sekitar yang bernama mbah Sermo. Dikabarkan jika di tengah-tengah waduk yang terlihat megah ini terdapat makam mbah Sermo yang wafat puluhan tahun lalu.

Walaupun ada yang bilang jika makam tersebut sudah dipindahkan pada zaman dahulu, akan tetapi masih banyak yang percaya jika makam tersebut masih terdapat di tengah danau Sermo. Dengan adanya berita simpang siur terkait makam mbah Sermo tersebut, justru membuat tempat wisata ini ramai di kunjungi wisatawan yang penasaran.

3. Berkeliling Waduk dengan Perahu Motor

Daya tarik yang seru lainnya yaitu anda dapat menyusuri waduk yang memiliki luas kurang lebih 7000 hektar, dengan menggunakan perahu motor yang harga sewanya bersahabat di kantong. Perahu motor yang ada di sekitar waduk disediakan dengan jumlah yang cukup banyak, sehingga anda tidak perlu berlama-lama untuk antri jika naik perahu motor tersebut.

Daya Tarik di Waduk Sermo
Image Credit: Google Maps WADUK SERMO

4. Pemandangan Alam dan Gunung Menoreh

Berada di sekitar area Waduk Sermo, anda akan disuguhkan dengan berbagai pemandangan yang sangat memukau. Mulai dari jajaran pepohonan, kerumunan hutan yang lebat dan juga pengunungan Menoreh. Gunung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hadir. Dengan pemandangan tersebut banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai spot foto yang keren.

5. Gethek Khas

Bagi wisatawan yang berasal dari kota pasti masih awam dengan gethek. Gethek merupakan salah satu trasportasi air menyerupai perahu yang terbuat dari bambu. Gethek ini dilengkapi dengan bambu panjang untuk penggerak seperti dayung. Mengendarai gethek cukup memacu adrenalin dan memberikan pengalaman yang berbeda.

Gerakan gethek yang tidak terduga dan juga tidak adanya pegangan mewajibkan wisatawan untuk tetap selalu waspada. Pengunjung juga harus siap untuk basah karena daerah permukaan gethek yang sedikit tergenang air. Walaupun begitu wahana ini sangat cocok untuk dicoba dan spot ini sangat seru bagi anda yang suka dengan tantangan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Waduk Sermo
Image Credit: Google Maps Wimbo Mahadi

Waduk Sermo berada di lokasi yang cukup strategis yaitu terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, atau lebih tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hergowilis. Berada di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini memiliki jarak kurang lebih 35 kilo meter dari pusat kota Yogyakarta dan kurang lebih 6 kilo meter dari Pusat Wates Kulon Progo.

Rute yang dapat anda lalui jika berkunjung ke bendungan ini yaitu bermula dari titik 0 Kota Yogyakarta melalui Jalan Wates. kemudian dilanjutkan menuju Jalan Pengasih dan Jalan Sentolo. Dari jalan tesebut dilanjutkan ke jalan Pengasih Sermo dan Jalan Lkr Sermo. Jika anda sudah di area jalan ini, maka lokasi waduk tak jauh lagi.

Jarak yang di tempuh menuju lokasi waduk dari Titik 0 Yogyakarta sekitar 1 jam lebih. Akses menuju lokasi cukup renggang dan jalan menuju ke lokasi sudah di aspal, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan jalanan yang ekstrim. Untuk menuju lokasi anda juga dapat menggunakan roda dua hingga roda empat serta bisa memanfaatkan GPS untuk memandu.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jam Operasional Waduk Sermo
Image Credit: Google Maps kalurahan hargowilis

Bagi anda yang ingin mengunjungi Waduk Sermo harus tahu jam operasionalnya. Jam operasional dibuka mulai dari hari senin hingga minggu dari pagi hingga sore. Akan tetapi destinasi wisata ini pada hari jumat di tutup karena ada kegiatan semacam sterilissi area waduk. Kemudian untuk lokasi dibuka sekitar pukul 07.00 WIB dan di tutup kurang lebih pada pukul 17.00 WIB.

Tiket masuk di wisata indah ini cukup murah. Pengunjung yang datang hanya di kenakan biaya kurang lebih sekitar 2 ribu untuk pengunjung anak-anak dan 5 ribu untuk pengunjung dewasa. Harga tersebut belum termasuk tiket parkir. Untuk perkir di kenakan biaya 2 ribu untuk kendaraan roda dua dan 5 ribu untuk roda empat. Sedangkan untuk bus dan truk cukup membayar 5 ribu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Waduk Sermo

Kegiatan Menarik Waduk Sermo
Image Credit: Google Maps WADUK SERMO

1. Berkemah

Salah satu aktifitas menarik yang dapat anda lakukan jika berkunjung ke Waduk Sermo adalah berkemah dengan nuansa alam yang sejuk. Saat pagi hari setelah bangun tidur, anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Terdiri dari kicauan burung yang merdu, air danau yang tenang dan juga kabut putih yang menutupi area bumi perkemahan.

Anda tidak perlu khawatir, di balik kabut yang memberi kesan menyeramkan tersebut, anda akan melihat panorama yang indah. Matahari juga memunculkan sinar jingga yang menawan. Balutan pepohonan yang rindang juga memberikan kesan asri di kawasan tersebut. Sehingga tidak ada salahnya anda mencoba aktifitas menarik di tempat wisata ini.

2. Berkeliling Waduk dengan Perahu Motor

Jika anda merasa bosan berada di tepian waduk, anda dapat melihat waduk dan keindahan alam lebih dekat dengan menggunakan perahu motor yang sudah disediakan. Anda dapat naik perahu motor secara bersama-sama untuk menambah keseruan menikmati kecantikan danau. Biaya yang anda keluarkan juga tergolong murah untuk naik perahu ini, hanya sekitar 30 ribu.

3. Menaiki Spot Gethek Khas Kulon Progo

Selain menggunakan perahu motor, anda juga dapat menikmati waduk dengan menggunakan cara yang lebih tradisional yaitu menggunakan gethek. Spot gethek khas Kulon Progo ini menjadikan liburan anda di Waduk Sermo semakin seru dan menantang. Karena pelru keberanian yang kuat untuk mencoba aktifitas ini.

Kegiatan Menarik di Waduk Sermo
Image Credit: Google Maps sm truss

4. OlahRaga

Salah satu olah raga yang paling populer di daerah Sermo adalah olah raga dayung. Situs daerah Serma juga menjadi tenpat tujuan wisata bagi pecinta off road, 2 roda dan juga 4 roda. Sehingga tidak khayal jika tempat ini cukup ramai dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Selain olah raga diatas, anda juga dapat olah raga lainnya seperti jogging dan bersepeda.

5. Memancing

Wisatawan dari berbagai komunitas mancing juga dapat ditemui di area wisata Waduk Sermo. Selain menawarkan berbagai keindahan alam yang memukau, tempat ini juga dapat digunakan sebagai aktifitas memancing. Namun jika anda ingin memancing di area ini perlu berhati-hati apalagi jika musim hujan, karena dikhawatirkan licin.

6. Berburu Foto Kekinian

Wisatawan yang hadir di tempat ini dapat berburu foto kekinian dengan latar belakang pemandangan waduk yang indah. Selain waduk wisatawan juga menggunakan spot naik perahu motor atau getek sebagai latar pengambilan foto. Biasanya para wisatawan yang hadir mengabadikan momen tersebut menggunakan kamera ponsel maupun kamera yang dibawanya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Waduk Sermo
Image Credit: Google Maps WADUK SERMO

1. Warung Makan

Saat berkunjung ke wisata Waduk Sermo, anda tidak perlu khawatir akan kelaparan. Hal ini dikarenakan, ditemoat tersebut sudah disediakan banyak warung makan yang menawarkan berbagai menu masakan lezat. Anda dapat menyantap berbagai menu masakan yang ditawarkan dengan lahap sambil menikmati udara yang sejuk di area waduk.

2. Gazebo yang Luas

Jika anda merasa lelah setelah berkeliling waduh hits ini, anda dapat beristirahat di gazebo luas yang sudah di sediakan. Biasanya banyak wisatawan yang membawa bekal dari rumah akan menyantap masakannya di gazebo ini. Sehingga di area ini anda tidak hanya melihat pemandangan orang beristirahat saja, akan tetapi juga makan dan aktifitas lainnya.

3. Toilet Umum

Salah satu fasilitas yang wajib dimiliki tempat wisata yaitu toilet umum. Di Waduk Sermo, anda akan disediakan fasilitas toilet yang cukup banyak dan bersih. Fasilitas ini juga gratis, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang anda untuk membayar toilet. Di toilet umum ini, anda juga bisa membersihkan diri seperti cuci muka maupun mandi dengan air yang bersih.

Fasilitas di Waduk Sermo
Image Credit: Google Maps WADUK SERMO

4. Penyewaan Alat Mancing

Bagi wisatawan yang suk memancing dan tidak membawa alat mancing, disini wisatawan dapat meyewa alat mancing dengan harga yang murah. Selain murah penyewaan ini juga lengkap. Mulai dari mata pancing, umpan, jaring, ember, dan juga kantong plastik untuk wadah ikan hasil mancing.

5. Villa

Untuk beristirahat, bagi anda yang tidak berkemah diwilayah ini anda dapat dengan mudah menemukan villa atau rumah singgah. Villa yang ditawarkan juga berbagai macam konsep, mulai dari konsep menyatu dengan alam, konsep daerah, moderen, hingga villa mewah. Harga villa yang ditawarkan juga bermacam-macam tergantung fasilitas yang anda inginkan.

6. Tempat Parkir

Pengunjung yang datang baik sendiri maupun rombongan juga todak perlu bingung untuk tempat parkir. Hal tersebut karena tempat ini menyediakan fasilitas parkir yang luas dan tertata dengan rapi. Anda juga tak perlu khawatir akan keamanan, mengingat akan ada penjaga parkir yang akan mengawasi kendaraan anda.

Kehadiran waduk memang memberikan banyak manfaat untuk masyarakat sekitar. Selain itu juga bisa difungsikan sebagai wahana wisata. bagi anda yang ingin menikmati pesona alam waduk dengan pemandangan indah, Waduk Sermo di Kulon Progo bisa jadi tujuan. Anda bisa melakukan banyak aktivitas liburan menyenangkan dan tak terlupakan.