Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 07.00-16.00, Alamat: Dusun Watugajah RT 01 RW 06, Desa. Ngobo, Wringin Putih, Kec. Bergas, Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Watu Gajah Park sangat layak untuk anda kunjungi saat liburan akhir pekan di Kabupaten Semarang. Destinasi yang satu ini sengaja dibangun agar kemajuan daerah semakin merata. Seperti yang anda ketahui, objek wisata di tengah Kota Semarang sudah sangat banyak. Kali ini, pemerintah setempat membangun destinasi menarik di kawasan kabupaten.

Anda dapat menggunakan taman rekreasi tersebut sebagai sarana rekreasi akhir pekan dan liburan. Banyak sekali hal menarik yang bisa anda temukan dan lakukan di taman wisata ini. Untuk anda yang penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Sekilas Tentang Taman Rekreasi Hits di Semarang

Sekilas Taman Rekreasi Hits di Semarang
Image Credit: Google Maps Daniel Rahardjo 

Destinasi Watu Gajah Park sejatinya termasuk destinasi wisata baru yang dibuka pada tahun 2018. Namun sayangnya, di tahun 2020 lalu, operasinya sempat dihentikan karena mewabahnya virus Covid 19. Akan tetapi, destinasi yang satu ini sudah buka dengan normal, dan mengharuskan setiap pengunjung untuk mematuhi protocol kesehatan.

Destinasi ini memiliki pesona yang sangat indah. Di setiap sudut terdapat taman yang cantik. Di sana juga banyak sekali pilihan wahana menarik yang dapat anda gunakan untuk mengisi waktu luang. Wahana tersebut telah dibangun sesuai dengan standar keamanan, sehingga dijamin aman. Staff Watu Gajah Park juga telah memastikan bahwa wahana tersebut selalu dirawat dengan baik.

Saat pembukaan pertamanya, destinasi ini mendapatkan cinta dan dukungan penuh dari wakga semarang. Objek wisata ini pun dibanjiri pengunjung yang ternyata juga datang dari berbagai kota. Kegiatan soft openingnya sangat meriah, bahkan diramaikan dengan pertunjukan Naga Doreng dan marching band dari Yon Arhanudse Kesatrian Semarang.

Salah satu alasan, mengapa soft openingnya sangat meriah adalah biaya tiketnya yang gratis. Setiap orang bebas masuk untuk melihat sendiri bagaimana kondisi bagian dalam dari taman rekreasi ini. Namun setelah acara tersebut berlangsung, tiket masuk telah diberlakukan dengan normal. Meskipun begitu, harga tiketnya tidaklah terlalu mahal dan masih lumrah.

Daya Tarik yang Dimiliki Watu Gajah Park

Daya Tarik Watu Gajah Park
Image Credit: Google Maps Peepaholic world 

1. Lorong Cinta Tematik

Kebanyakan orang yang tertarik untuk datang ke Watu Gajah Park penasaran dengan keberadaan lorong cinta tematik. Lokasi ini sangat menarik perhatian, karena namanya yang unik. Pengunjung yang sempat menjejakkan kaki di sana selalu dibuat takjub dengan keberadaan atap lorong yang berbentuk hati.

Sepanjang lorong ditumbuhi dengan tanaman sukt yang menjalar di bagian besinya. Dengan begitu, pengunjung pun akan merasa teduh jika berjalan di bawahnya. Tiang tiang besi itu pun diberi warna yang menarik sehingga lorong terkesan lebih ceria dan cerah. Sedangkan di malam harinya, lorong tersebut dihiasi dengan lampu lampu hias yang memancarkan kesan romantis.

Setiap orang yang datang ke lorong cinta selalu mengabadikan nya melalui kamera ponsel. Destinasi yang satu ini memiliki penampakan yang indah, sehingga cocok untuk diposting di media social. Keberadaan foto tersebut juga cocok untuk membuat feed anda terlihat lebih instagramable. Agar foto jauh lebih baik, tidak ada salahnya jika anda membawa kamera DSLR.

2. Taman Bunga Vertical

Daya tarik kedua yang membuat lokasi wisata ini sayang untuk dilewatkan adalah Taman Bunga Vertikal. Sesuai dengan namanya, spot yang satu ini terlihat menarik, karena setiap bunga ditanam dengan cara vertikal. Spot tersebut tampak seperti dinding bunga raksasa yang indah dan menawan. Pengunjung berfoto dengan lebih mudah, karena sudah disediakan tangga di sela selanya.

Jenis jenis bunga yang ditanam secara vertikal juga sangat beragam. Hal itulah yang membuat perpaduan warna yang terlihat indah dan mampu memanjakan mata. Anda tidak akan merasa puas jika hanya mengambil foto sebanyak satu atau dua jepretan saja. Ada kalanya, staff dari Watu Gajah Park sedang berkeliling, dan anda bisa memintanya untuk menjadi fotografer dadakan.

Daya Tarik Watu Gajah Park 2
Image Credit: Google Maps Peepaholic World 

3. Kandang Lovebird

Siapa sangka jika di destinasi hits ini terdapat sebuah kandang lovebird raksasa. Pengunjung yang datang dapat melihat dari luar kandang, burung yang terbang kesana kemari. Pengalaman semacam ini tidaklah mudah untuk anda temukan, dan mungkin hanya satu satunya di indonesia. Selain kandang lovebird, sebenarnya masih banyak kandang binatang lain yang tidak kalah mengesankan.

Bagi anda yang datang di malam hari, tidak perlu sedih karena aktivitas lovebird dan kupu kupu sudah tidak seberapa aktif. Mereka berdua bukanlah hewan nokturnal yang suka beraktivitas malam hari. Oleh karena itu, akan lebih baik bagi anda untuk mampir ke kandang kunang kunang. Hewan yang satu ini terlihat memukau, karena keberadaan cahaya di bagian belakang tubuhnya.

4. Wahana Permianan Seru

Daya tarik lainnya yang membuat Watu Gajah Park semakin hits adalah berbagai wahananya yang seru dan menyenangkan. Di dalam sana terdapat permainan menantang seperti flying fox dan sepeda angkasa. Kedua wahana tersebut adalah permainan favorit yang menjadi buruan para pengunjung. Selain itu, anak anak juga bisa bermain air di arena waterboom yang telah disediakan.

Anda yang gemar olahraga juga dapat memanfaatkan destinasi yang satu ini, karena di sana terdapat arena jogging track dan skatepark. Bahkan di sana terdapat sebuah kolam renang dewasa yang telah berstandar internasional. Tidak heran jika kemudian tempat yang satu ini dikenal atas kelengkapan fasilitas yang dimilikinya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Watu Gajah
Image Credit: Google Maps peepaholic world 

Bagi anda yang tertarik untuk berkunjung ke sana, maka penting bagi anda untuk mengetahui dimana lokasi dari destinasi tersebut. Watu Gajah Park berada di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Lebih tepatnya berada di Dusun Watugajah Wringin Putih. Jika anda kesulitan mencarinya, gunakan saja google maps sebagai pemandu utama.

Rute untuk sampai ke lokasi juga tidaklah sulit. Hanya saja, anda perlu berkendara sejauh 25 kilometer dari pusat Semarang. Perjalanan tersebut biasa menghabiskan waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi. Untuk sampai ke sana, arahkan kendaraan anda untuk ke Ungaran, melalui jalan Semarang Surakarta. Setelah sampai perempatan Karangjati 3, beloklah ke kanan.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jam Operasional Watu Gajah
Image Credit: Google Maps Farida Surya 

Informasi selanjutnya yang tidak kalah penting bagi anda adalah jam buka dan tiket masuk. Taman rekreasi Watu Gajah, buka mulai hari senin hingga sabtu, mulai dari jam 07.00 hinga 16.00. Jam bukanya yang panjang, membuat pengunjung leluasa untuk menentukan waktu kedatangannya. Namun selama pandemi ini, wahana kolam renang ditutup untuk sementara.

Sedangkan untuk tiket masuknya, pengelola menetapkan HTM sebesar 15.000 untuk weekdays, dan 20.000 untuk weekends. Tarif terbut sama untuk semua umur, sehingga tidak ada perbedaan harga antara pengunjung dewasa dan anak anak. Kendati demikian, harga tersebut sudah tergolong murah untuk destinasi rekreasi sehebat itu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Watu Gajah

Kegiatan Menarik di Taman Watu Gajah
Image Credit: Google Maps Ammar Shofianang 

1. Berkeliling Melihat Pemandangan

Taman Watu Gajah memiliki penataan taman yang sangat indah. Anda bisa menemukan berbagai tanaman yang berwarna warni. Tanaman tanaman tersebut ditata dengan baik sehingga terlihat sedap dipandang mata. Bagi anda yang suka melihat bunga, cobalah untuk datang ke taman vertikal. Lokasi ini menjadi spot populer bai pecinta tanaman dan bunga.

2. Berenang dan Bermain Air

Baik anak anak, maupun dewasa dapat menikmati segarnya air kolam renang di tempat rekreasi ini. Hanya saja, kedalaman kolam untuk dewasa dan anak anak jauh berbeda. Bagi anda yang mahir berenang, maka gunakan saja kolam berstandar internasional yang telah disediakan oleh pengembang wisata. Namun jika anda hanya ingin menemani anak, maka pilihlah area waterboom.

3. Berfoto Ria

Perjalanan wisata tidak akan lengkap jika anda tidak mengabadikannya melalui jepretan foto. Banyak spot menarik di setiap sudut taman yang sayang untuk dilewatkan. Salah stau spot foto yang tidak boleh ketinggalan adalah kandang lovebird dan kandang kupu kupu. Meskipun tidak boleh masuk, anda tetap dapat melihat keindahan mereka dari luar.

4. Berolahraga dan Melatih Ketangkasan

Selain kolam renang, Watu Gajah Park juga telah menyediakan fasilitas olahraga yang banyak, termasuk area jigging dan skating. Anda bisa memanfaatkan wahana tersebut untuk melatih ketangkasan. Waktu terbaik untuk menjajal spot yang satu ini adalah di pagi dan sore hari, di waktu waktu itulah, anda bisa berolahraga dengan jauh lebih nyaman.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Rekreasi

Fasilitas Tersedia di Taman Watu Gajah
Image Credit: Google Maps Andreas Argatyahp 

Tidak akan mengasyikkan jika sebuah destinasi wisata tidak ditunjang dengan fasilitas yang memadai. Pihak pengelola Watu Gajah Park sepertinya sudah menyadari bahwa fasilitas menjadi penunjang tempat wisata yang sangat penting. Oleh karena itu, mereka telah mempersiapkan segalanya dengan baik dan rapi.

Adapun beberapa fasilitas yang telah disiapkan adalah toilet, mushila, tempat parkir, dan food court. Melalui fasilitas tersebut, pengunjung akan merasa betah berlama lama di sana. selain itu, makanan yang disediakan di dalam food court semuanya tampak lezat. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, sehingga masih aman dan tidak membuat dompet tipis.

Itulah beberapa informasi terkait dengan Watu Gajah Park yang perlu anda ketahui. Tidak ada salahnya, sekali kali datang ke kabupaten semarang untuk menggali lebih dalam destinasi wisata yang mereka miliki. Berkunjung ke sana akan membuat anda merasa senang, karena banyak sekali hal yang bisa anda temukan.