Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Lerep Satu, Lerep, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Ungaran Semarang, memang terkenal sebagai tujuan wisata yang menghadirkan banyak tempat-tempat keren untuk dijelajahi. Berada di kawasan pegunungan, Anda bisa menikmati pemandangan indah sekaligus udara yang sejuk. Dan wisata yang terbilang baru namun menarik begitu perhatian adalah Watu Gunung Ungaran. Selain menawarkan pemandangan alam asri dan indah, Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan. Selengkapnya Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Watu Gunung

Tentang Watu Gunung
Image Credit: Google Maps (Faisal Riza Rahman)

Kota Semarang sebenarnya terkenal dengan kota yang memiliki udara panas. Namun ternyata ada bagian kota yang dingin dan cocok untuk menghabiskan waktu liburan yakni Ungaran. Watu Gunung menjadi destinasi yang bisa Anda jadikan alternatif saat berada di Ungaran. Wisata alam satu ini menawarkan alam yang luar biasa dan cocok untuk melepas penat.

Apalagi pemandian ini juga memiliki wisata air yang seru dan menyenangkan. Sebelum menjadi destinasi wisata, tempat ini hanyalah kawasan yang ditumbuhi dengan cengkeh dan juga pala yang begitu lebat. Bahkan kawasan ini menjadi kawasan yang sudah mendapatkan air sehingga terlihat gersang.

Hingga akhirnya di tahun 2004, seorang pemilik inisiatif untuk membangun villa pribadi. Dan seiring berjalannya waktu villa ini dibuka untuk umum dan menjadi sebuah objek wisata. kendati demikian, Anda masih akan menemukan bangunan Joglo yang menjadi ciri khas dan memang masih dipertahankan. Suasananya asri dan tenang membuatnya selalu jadi jujugan.

Selain dikenal dengan nama Watu Gunung, objek wisata ini juga memiliki nama lain yakni Kolam Renang Lerep. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di Desa Lerep. Memang Anda akan menemukan beberapa kolam renang juga danau buatan di wisata satu ini. Nama destinasi satu ini memang tak terlalu kondang, tapi pemandangannya tak akan membuat Anda kecewa.

Daya Tarik yang Dimiliki Watu Gunung

Daya Tarik Dimiliki Watu Gunung
Image Credit: Google Maps (Ill_Zaitun)

1. Menghadirkan Perpaduan Alam dan Budaya

Wisata satu ini memang sangat cocok untuk menjadi tujuan melepas stres. Dimana Anda bisa menikmati daya tarik utamanya yang menggabungkan antara wisata alam dan budaya. Ketika Anda melihat wisata ini dari luar, Anda seperti sedang berada di padepokan dengan pondok pondok kecil dan juga beberapa joglo besar yang membuatnya ikonik.

Suasananya begitu sejuk dengan pepohonan rindang yang memberikan kesan asri juga tenang. Anda juga bisa menemukan bebatuan besar yang layaknya di sungai. Lokasinya juga sangat luas, dijamin Anda tidak akan bosan selama berlibur di watu Gunung. Anda bisa menemukan danau luas dan beberapa kolam renang dengan air yang begitu jernih.

Yang menarik perhatian selanjutnya adalah pepohonan besar yang hadir di sekitar wisata ini. Memang sebelum diresmikan di tahun 2006 sebagai wisata, tempat ini adalah sebuah hutan hijau. Kemudian hutan ini dirubah dengan tambahan bebatuan dan taman untuk memperindah. Bahkan bebatuannya berasal dari Gunung Merapi dan Gunung Ungaran.

Hadirnya pendopo pendopo dengan bentuk joglo membuat kesan budayanya begitu kental. Rata rata bangunan yang ada menggunakan kayu juga ukiran yang menunjukkan kebudayaan Jawa begitu kental. Ukiran yang ada dari berbagai daerah, mulai Kudus sampai ukiran Rembang. Perpaduan alam dan budaya membuat wisata satu ini makin unik.

2. Menikmati Gemericik Air yang Tenang

Di Watu Gunung Anda memang bisa menemukan beberapa kolam renang. Letaknya di belakang salah satu joglonya, dengan suara gemericik air yang memberikan efek tenang. Air yang melintasi bebatuan ini disusun dengan begitu apik seperti lintasan air. Airnya yang ada di wisata ini juga sangat jernih dan segar. di kolam ini juga ada ikan kecil yang hidup di dalamnya.

Daya Tarik Watu Gunung
Image Credit: Google Maps (Kaptein Rio)

3. Danau Buatan yang Indah

Daya tariknya juga terletak pada danau buatannya yang begitu cantik. Lokasi danau berada di tengah tengah wisata yang membuatnya menonjol. Danau buatan ini memiliki luas sekitar 60 meter dan kedalamannya mencapai 2 meter. Hadirnya danau ini akan membuat suasana wisata ini semakin asri.

Tak hanya di sekitar kolam renang, Anda juga bisa menemukan bebatuan kali di sekitar danau. Bebatuan kali ini juga menambah suasana alami yang ditonjolkan di wisata ini. Pendopo pendopo yang ukurannya lebih kecil mengelilingi area danau ini. Sehingga bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat oleh para pengunjung.

4. Hawa yang Sejuk

Daya tarik lainnya yang membuat wisatawan tak pernah sepi adalah udaranya yang sejuk. Memang perpaduan alam indah dan udara khas Ungaran menjadikan wisata ini cocok untuk habiskan liburan. Apalagi mata air yang digunakan untuk semua kolam menggunakan mata air asli yang berasal dari Gunung Ungaran. Dijamin Anda akan betah berlama lama di wisata ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Watu Gunung
Image Credit: Google Maps (Heny Andriana)

Objek wisata satu ini berada di Jalan Srikandi Raya No 1, Lerep Satu, Desa Lerep, Ungaran, Kab. Semarang. tak jauh dari pusat kota, pengunjung akan mudah menjangkau wisata ini. Dari pusat kota Semarang dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan jarak sekitar 30 km. Tentu saja lama perjalanan tergantung dari kondisi lalu lintas ketika Anda mengunjunginya.

Anda tak perlu khawatir akan tersesat saat menuju Wisata Gunung, mengingat lokasinya tidak sulit dicari. Bagi Anda yang memulai perjalanan dari pusat kota, Anda bisa menjadikan alun alun Ungaran sebagai titik perjalanan Anda. Dari alun alun Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda menuju Bukit Lerep.

Sementara dari kota Semarang, Jl. Semarang bisa Anda lalui dan jaraknya sekitar 18 km menuju lokasi. Perjalanan dari Salatiga membutuhkan jarak 33 km dan bisa mengambil rute Jl. Semarang – Surabaya. Ikuti saja petunjuk jalan untuk Anda sampai di Kampung Lerep. Dari Kampung Lerep hanya butuh waktu sekitar 5 menit agar sampai.

Perjalanan menuju Kolam Renang Lerep cukup menantang, karena medannya naik turun. Nantinya Anda akan menemukan gerbang yang bertuliskan Watu Gong. Yang artinya tujuan Anda sudah tidak jauh lagi. Apabila Anda masih kebingungan, Anda juga bisa mengandalkan maps yang terpasang pada smartphone atau kendaraan Anda.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Watu Gunung
Image Credit: Google Maps (Iki Winas)

Selain mengetahui alamat dan rute menuju lokasi, Anda juga harus mengetahui harga tiket masuknya. Menikmati pesona alamnya tidak membutuhkan biaya yang terlalu tinggi. Tiket masuk Watu Gunung Ungaran, dibanderol mulai dari Rp 20 ribu setiap orang. Harga tersebut terbilang terjangkau jika melihat keindahan yang ditawarkan.

Membayar harga tersebut, pengunjung bisa menikmati wisata yang ada termasuk fasilitas seperti perahu dan kolam renang. Namun untuk fasilitas atau kegiatan lainnya, Anda butuh membayarkan biaya tambahan. Harga tiket juga masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan Anda. tarif parkir kendaraan mulai Rp 2 ribu tergantung kendaraan yang Anda bawa.

Sementara untuk jam operasionalnya, Anda bisa berkunjung mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Agar lebih puas menikmati semua sudut destinasi hits Ungaran ini, Anda bisa datang lebih pagi. Wisata alam indah ini juga buka dari hari Senin sampai Minggu. Sehingga Anda bisa datang kapan saja, baik waktu liburan atau di hari biasa sekalipun.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Watu Gunung

Image Credit: Instagram.com @audinaseptiasinagaa

1. Bersantai

Dengan pesona alam yang dimilikinya, rasanya sayang jika tidak dinikmati dan bersantai. Anda bisa menghirup udara sejuk banyak banyak lengkap dengan pemandangan yang menyejukkan mata. Anda bisa bersantai di area danaunya sembari mengobrol ringan bersama keluarga atau teman teman Anda. Dijamin semua penat Anda akan hilang saat liburan di sini.

2. Berkeliling Danau Dengan Perahu

Di wisata Watu Gunung, Anda bisa mengelilingi danau buatannya dengan perahu yang telah disediakan. Dengan begitu Anda memiliki kesempatan untuk melihat panoramanya dari sudut yang berbeda. Perahu yang dihadirkan sudah termasuk dengan biaya tiket masuk. Pada danaunya terdapat beberapa ikan yang berenang kesana kemari.

3. Memancing

Kegiatan seru yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah memancing. Sarana pemancingan yang ada di wisata ini bisa dinikmati dengan membayar sejumlah biaya. Tak perlu membawa alat pancing sendiri, Anda bisa menyewa dengan harga sekitar Rp 10 ribuan. Menariknya, Anda bisa mencoba untuk memancing aligator.

4. Berenang

Kebanyakan pengunjung tidak akan melewatkan kegiatan satu ini, yakni berenang. Ada beberapa kolam yang bisa Anda gunakan berenang di Watu Gunung. Airnya yang jernih terlihat kebiruan dan mengundang siapapun untuk merasakan kesegarannya. Menariknya, lokasi kolam renang lebih tinggi jika dibandingkan dengan penangkaran ikan ataupun pemancingannya.

Ada sekitar 3 kolam dengan luar yang berbeda juga kedalaman yang berbeda. Tidak selalu berenang, sebagian pengunjung juga memilih untuk sekedar bermain air atau berendam. Memang sayang jika tidak mencicipi kesegaran air yang asli dari mata air Gunung Ungaran ini. Kegiatan ini akan makin seru jika dilakukan bersama sama.

5. Berburu Spot Foto Kekinian

Hal yang juga harus Anda lakukan adalah mengabadikan setiap momen selama Anda berada di wisata satu ini. Di beberapa sudut dari Warung Gunung sangat cocok untuk mengambil gambar instagramable. Bahkan banyak yang sengaja mengadakan photoshoot untuk pra wedding atau acara tertentu.

Fasilitas yang Tersedia di Watu Gunung Ungaran

Fasilitas Watu Gunung
Image Credit: Google Maps (Gobox Driver)

Sudah terbilang cukup lama menjadi destinasi favorit di Ungaran, destinasi ini juga telah memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Pengunjung bisa menikmati beberapa kolam renang yang hadir dengan air yang jernih. Selain itu Anda juga bisa menemukan area parkir yang cukup luas untuk menampung semua kendaraan pengunjung.

Ketika musim liburan memang pengunjungnya akan lebih membludak. Berbagai menu bisa Anda cicipi di warung makan dan restoran yang ada. Toilet juga dihadirkan di beberapa sudut untuk membuat pengunjung lebih nyaman. Tempat ini juga menawarkan gedung atau area outdoornya yang bisa dijadikan lokasi berbagai kegiatan.

Gedung tersebut memiliki kapasitas sekitar 50 sampai 70 orang. Sehingga Anda yang ingin mengadakan acara bisa memanfaatkan gedung tersebut. bagian outdoornya juga seringkali dijadikan sebagai lokasi untuk menggelar party. Anda yang ingin lebih lama di area wisata ini juga bisa menyewa villa atau penginapan yang ada di area wisata dengan harga yang beragam.

Menghabiskan wisata di tempat yang indah memang akan memberikan pengalaman liburan yang juga berkesan. Bagi Anda yang berada di Ungaran, Watu Gunung Ungaran bisa jadi tujuan liburan yang cocok. Anda bisa menikmati udara sejuk lengkap dengan pemandangan alam yang menawan. Berbagai aktivitas menarik juga bisa lakukan di wisata ini.