15 Tempat Wisata Alam di Bogor yang Paling Hits

Temukan Pilihan Tempat Wisata Alam Terbaik di Bogor, Jawa Barat. Daerah yang memiliki alam masih sangat alami, Bogor juga memiliki suasana yang sejuk dapat menyegarkan pikiran.

Kawasan Bogor memang memiliki kekayaan alam yang luar biasa indah. Tak heran jika banyak sekali wisata alam Bogor yang hits dan kerap kali menjadi tujuan untuk mengisi akhir pekan. Udaranya yang sejuk dan juga panorama alam yang indah sangat cocok untuk melepaskan penat dari kesibukan sehari hari.

Bagi anda yang ingin melakukan liburan ke Bogor, yuk simak rekomendasi wisata alam terhits di Bogor yang wajib anda kunjungi.

1. Gunung Pancar

Image Credit: Rubrikwisata.com

Jika anda ingin melakukan piknik bersama keluarga di area Bogor, maka tak ada salahnya untuk mengunjungi Gunung Pancar. Wisata ini sangatlah cocok untuk melakukan beberapa aktivitas menari. Anda bisa bersepeda, berkemah hiking hingga melakukan olahraga kuda.

Selain itu wisata ini juga memiliki kola air panas yang berasal dari sumber air panas alami. Berendam sambil menikmati pemandangan di sekitar gunung tentu akan membantu untuk merilekskan pikiran anda.

Lokasi: Central Karang, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

2. Warso Farm

Warso Farm

Image Credit: Pegipegi.com

Bagi anda yang menyukai buah durian, jangan sampai kelewatan untuk singgah di wisata alam satu ini. Pasalnya Warso Farm adalah sebuah perkebunan seluas 8,5 hektar dan merupakan pelopor dalam agrowisata durian di Indonesia. Anda akan menemukan sekitar 900 pohon durian dengan varietas yang mencapai 19 jenis. Selain berkeliling dan memperoleh pengetahuan baru, serunya anda bisa memesan dan menyantap hidangan durian.

Berbagai hidangan yang bisa anda pesan seperti jus durian atau olahan lain yang diperjualbelikan di daerah tersebut. Tersedia juga wisata petik durian sehingga para pengunjung bisa merasakan sulitnya memetik buah durian langsung dari pohonnya. Anda juga bisa membawa pulang durian sebagai oleh oleh dengan cara meminta kepada pengelola yang ada di Warso Farm.

Lokasi: Jl. K.H. Halimi, Cipelang, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor.

3. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Image Credit: Idtempatwisata.com

Wisata alam Bogor yang tak kalah hits dan cocok untuk dikunjungi pengunjung di berbagai usia adalah Taman Wisata Matahari. Di taman ini terdapat banyak sekali kegiatan outbond yang bisa dilakukan. Misalnya kegiatan arung jeram, flying fox, mengendarai ATV, mini outbond hingga menguji adrenalin dengan bermain di rumah hantu.

Jika ada berlibur bersama anak-anak, maka anda bisa mengajaknya ke sawah dan kebun sayuran agar dapat menambah wawasan mereka.

Lokasi: Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

4. Kebun Raya Bogor

Image Credit: Pingpoint.co.id

Hampir semua orang tentu sudah sangat familiar dengan Kebun Raya Bogor. Di kebun raya ini anda bisa menikmati udara sejuk sambil menikmati beragam jenis flora yang ada. Kebun raya Bogor memiliki kurang lebih Rp. 15.000 jenis pohon dan tumbuhan yang ada di sana. Kebun ini bukanlah destinasi rekreasi semata, namun juga pusat pendidikan dan lokasi observasi tanaman. Sehingga wisata satu ini dijadikan sebagai wisata edukasi yang cocok untuk belajar si kecil.

BACA JUGA:  Green Canyon, Wisata Air yang Seru di Pangandaran

Jika anda menelusuri area wisata hingga ke area belakang kebun, maka anda akan menemukan sebuah danau yang indah. Lokasinya cukup dekat dengan halaman belakang Istana Bogor. Selain itu ada juga sebuah jembatan gantung yang mampu menghadirkan letak fotografi yang unik. Sehingga banyak pengunjung yang mengabadikan foto saat berkunjung ke lokasi ini. Apalagi memiliki latar yang sangat unik, sehingga akan membuat foto anda semakin kece.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

5. Agro Gunung Mas

Agro Gunung Mas

Image Credit: Idtempatwisata.com

Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata alam Bogor yang tenang dan menenangkan hati, maka anda bisa berkunjung ke Agro Gunung Mas. Anda akan melihat hamparan perkebunan teh yang sangat luas sehingga membuat wisata satu ini terlihat seperti permadani hijau yang cantik.

Di lokasi wisata ini anda bisa langsung menemukan aktivitas berkebun dari para pemetik kebun teh. Tak jarang juga, wisatawan yang datang kemari akan menjadikan hamparan hijau menjadi latar belakang foto.

Lokasi: Puncak Rd No.KM. 87, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kab. Bogor.

6. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor

Image Credit: Hargatiket.net

Jika anda ingin mengunjungi tempat untuk berwisata sekaligus belajar, maka anda bisa mengujungi Taman Safari Bogor. Di taman ini anda akan menemukan keindahan pemandangan alam yang lengkap dengan fauna yang berkeliaran. Saat anda menyusuri area binatang jinak, anda akan bisa membuka jendela dan memberi makan hewan hewan tersebut secara langsung. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan untuk keluarga.

Setidaknya di taman ini terdapat kurang lebih 2500 spesies satwa yang ada di taman tersebut. Sehingga si kecil akan berwisata sambil mengenalkan keragaman fauna yang ada di Indonesia dan dunia. Jika anda ingin berfoto bersama hewan yang ada di taman ini, maka anda bisa mengunjungi Baby Zoo. Disini anda akan menemukan banyak sekali hewan hewan yang masih kecil dan bisa untuk diajak berfoto bersama.

Lokasi: Jl. Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kab. Bogor.

7. Situ Gede

Situ Gede

Image Credit: Pingpoint.co.id

Situ Gede adalah salah satu wisata alam yang paling terkenal di Bogor. Hal ini karena banyak warga Bogor yang hobi datang ke lokasi tersebut untuk memancing. Selain kegiatan memancing, anda juga bisa mencoba untuk mendayung perahu dan menikmati kesejukan udara hutan.

Di kawasan Situ Gede juga merupakan area langganan untuk dijadikan latar belakang syuting beberapa sinetron televisi swasta.

Lokasi: Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut.

8. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Image Credit: Anekatempatwisata.com

Selain wisata kebun binatang, Bogor juga memiliki area wisata buah yang sangat terkenal. Wisata yang dimaksud adalah taman wisata Mekarsari yang merupakan area wisata terbesar di Indonesia. Di area ini anda akan menemukan kurang lebih 1.470 jenis tanaman buah dengan ratusan ribu pohon di lahan dengan luas 264 hektar. Objek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Bekasi Paling Hits

Tak hanya cocok untuk wisata anak, namun Taman Mekarsari juga sangat cocok untuk area konservasi dan edukasi. Anda bisa berkeliling dengan kereta yang sudah disediakan oleh pengelola Taman Mekarsari. Bahkan anda juga bisa mencoba untuk melakukan aktivitas outbond yang menarik di sekitar danau. Agar semakin puas bermain di area taman, maka anda bisa memilih paket wisata alam yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Lokasi: Jl. Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Kab. Bogor.

9. Telaga Warna

Image Credit: Travelspromo.com

Tak hanya pemandangan hijau yang membuat pikiran menjadi lebih tenang, namun Telaga Warna juga mampu merilekskan pikiran anda. Telaga warna memiliki air yang sangat tenang sehingga membuat pikiran kalut menjadi lebih fresh kembali. Telaga ini dikelilingi oleh pepohonan dan udara yang sejuk.

Jika ingin menikmati pemandangan telaga warna dari ketinggian, maka anda bisa mencoba wahana flying fox yang telah disediakan di area tersebut.

Lokasi: Puncak Rd No.KM 90, Telaga Warna, Kec. Desa Utara, Kab. Bogor.

10. Curug 7 Cilember

Curug 7 Cilember

Image Credit: Superadventure.co.id

Bagi anda menyukai wisata alam seperti air terjun, Kota Bogor memiliki wisata air terjun yang sangat indah. Air terjun tersebut adalah Curug 7 Cilembar yang memiliki tujuh buah air terjun sekaligus. Di area wisata ini terdapat tujuh buah air terjun dengan pemandangan indah khas daerah pegunungan.

Anda bisa merasakan kesejukan alam dan nyaman sambil mendengar suara gemuruh air yang turun. Di area curug ini terdapat penangkaran kupu kupu yang bisa dinikmati pengunjung.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM. 15, Cisarua, Kec. Megamendung, Kab. Bogor.

11. Air Terjun Bidadari

Image Credit: Dakatour.com

Selain Curug Cilember, Kota Bogor juga memiliki air terjun Bidadari. Anda akan merasakan keasrian air terjun bidadari yang berada di Sentul Paradise Park. Air terjun yang memiliki ketinggian 75 meter ini memiliki sumber air dari hutan lindung yang ada di kawasan tersebut. Anda akan merasakan kesegaran airnya langsung hingga tulang anda. Yang lebih seru lagi di area ini juga tersedia kolam pemandian yang beragam.

Anda bisa mencoba Wave Pool, kolam arus dan juga Lazy Poll yang cocok untuk anak anak. Kawasan wisata alam di Bogor ini selalu ramai dengan wisatawan yang datang waktu liburan. Anda busa menjadikan air terjun Bidadari sebagai destinasi tujuan untuk berlibur bersama keluarga di akhir pekan. Selain itu anda juga bisa mengambil foto yang sangat instagramable dengan latar belakang air terjun yang tinggi menjulang.

BACA JUGA:  16 Oleh-Oleh Khas Sukabumi yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

12. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Image Credit: Piknikasik.com

Jika anda ingin menikmati segarnya mandi di air hangat dan alami di Bogor, maka anda bisa coba datang ke Desa Ciseeng yang berdada di Kecamatan Parung. Di lokasi ini anda akan menemukan sebuah pemandian air panas yang akan membuat badan menjadi lebih segar.

Mandi air hangat seperti Ciseeng juga diyakini bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit terutama yang berkaitan dengan penyakit kulit.

Lokasi: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kab. Bogor.

13. Danau Lido

Danau Lido

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Satu lagi lokasi wisata alam yang memiliki nuansa Danau yang ada di Bogor. Namanya adalah Danau Lido yang terletak di Jln. Raya Sukabumi Bogor. Jika anda berkunjung ke tempat ini maka anda bisa merasakan kesejukan khas pegunungan yang langsung terasa ketika sampai di tempat wisata satu ini. Selain itu anda bisa duduk manis di pinggiran danau sambil menikmati hijaunya alam sekitar.

Tak hanya menikmati keindahan alam yang ada di sekitarnya, anda juga bisa menyewa beberapa wahana yang ada di area tersebut. Beberapa wahana yang bisa dicoba adalah sepeda air, perahu tradisional hingga speedboat. Sehingga anda bisa menikmati keindahan suasana kesejukan danau sambil bermain wahana yang telah disediakan. Wisata alam di Bogor satu ini sangat ramai di kunjungi pengunjung saat hari libur tiba.

Lokasi: Jl. Raya Danau LidoWatesjaya, Cigombong ,Kec. Cigombong, Kab. Bogor.

14. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Image Credit: Phinemo.com

Jika anda ingin liburan dengan suasana hutan yang dipenuhi dengan jenis flora dan fauna yang unik maka anda wajib untuk mengunjungi Gunung Gede. Taman wisata ini adalah satu dari sekan banyak taman nasional di Provinsi Jawa Barat.

Jika anda berkunjung ke wisata ini maka anda akan menemukan banyak sekali flora khas pegunungan yang menawarkan. Ragam tumbuhan yang ada di taman ini mencapai kurang lebih 200 spesies.

Lokasi: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

15. Kebun Raya Cibodas

Image Credit: Wallpapercave.com

Jika anda bosan dengan kawasan Puncak Bogor, maka anda bisa berkunjung ke Kebun Raya Cobodas. Taman ini sangat cocok untuk anda yang sangat mengingingkan wisata edukasi, maka anda bisa berkunjung ke wisata alam di Bogor ini.

Di taman ini terdapat sebuah ruangan khusus untuk menyimpan kurang lebih 216 jenis lumut dari seluruh Indonesia bahkan lumut di dunia. Selain menjadi lokasi berlibur, kebun ini juga kerap kali dijadikan latar belakang untuk produksi film.

Lokasi: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

Berlibur di kawasan Bogor memang tidak akan pernah membuat menyesal para pengunjungnya. Anda bisa menyegarkan pikiran dengan mengunjungi tempat wisata alam yang ditawarkan kota Bogor. Anda juga bisa mengajak anak untuk mengunjungi tempat tersebut terutama wisata edukasi yang cocok untuk anak. Sehingga anda bisa berlibur sambil menambah wawasan pengetahuan anak.