Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Kec. Sindangkasih, Kab. Ciamis, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kota Ciamis selalu menyuguhkan keindahan wisata yang tiada habisnya. Salah satunya berupa Wisata Alam Cireong yang bisa dijadikan tujuan destinasi mengisi liburan bersama keluarga tercinta. Kejernihan aliran air sungai dibalut dengan nuansa alam yang sejuk membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Tidak hanya itu, nuansa alamnya yang masih asri sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk menambah rasa keakraban antar kerabat. Misalnya dengan melakukan makan bersama di pinggiran sungai atau yang sering dikenal dengan istilah botram.

Di musim libur biasanya banyak wisatawan yang berkunjung ke Cireong untuk menikmati kesegaran air sungai. Batu-batu cadas yang berada di sepanjang sungai juga menambah keeksotisan pemandangan alam Cireong. Nah, agar tidak semakin menambah rasa penasaran berikut ulasannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Alam Cireong

Daya Tarik Wisata Alam Cireong
Image Credit: Google Maps Adib rfgi

1. Nuansa Alam yang Begitu Asri

Bagi Anda yang ingin mencari lokasi wisata alam dengan keasrian yang masih terjaga maka sangat direkomendasikan untuk mencoba sensasi keindahan di Wisata Alam Cireong. Selain memiliki wisata berupa air sungai yang jernih, terdapat pula beberapa titik yang menyuguhkan panorama keindahan tiada habisnya.

Salah satu yang baru dimunculkan oleh pihak pengelola wisata setempat yakni adanya Warung Wisata yang menjual hasil kerajinan penduduk setempat. Terdapat pula wisata alam berupa area persawahan atau dikenalnya sebagai natural View Farming.

Yakni sebuah area persawahan yang menyuguhkan keindahan alam dilengkapi dengan spot foto yang sedang kekinian. Sehingga wisatawan yang berkunjung bisa sembari berswafoto untuk menambah koleksi liburan Anda.

2. Aliran Air Sungai nan Jernih

Sungai Cireong yang berada di kaki Gunung Sawal, Ciamis menjadi destinasi menarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Pemandangan alam yang mempesona ditambah dengan kejernihan aliran air serta hiasan bebatuan besar membuat lokasi wisata semakin terlihat keren.

Aliran air sungai ini mengalir melewati Mandalika kemudian bermuara di Sungai Citanduy. Lokasi ini dekat dengan Kota Tasikmalaya. Sesampainya di lokasi, wisatawan biasanya tak sabar untuk segera berendam di air yang bersih dan jernih ini.

3. Banyaknya Bebatuan Cadas di Sepanjang Sungai

Sepanjang aliran sungai Anda akan melihat batuan cadas yang beragam ukuran. Namun, mayoritas batu-batu nan kokoh ini berukuran besar dan berwarna hitam eksotis.

Wisatawan bisa memanfaatkannya untuk duduk santai sambil mencelupkan kaki di aliran air sungai. Tak luput dari pemandangan alam yang membuat jiwa terasa damai.

Daya Tarik Dimiliki Wisata Alam Cireong
Image Credit: Google Maps Riri Annisa

4. Harga Tiket Masuk Terjangkau

Wisata alam ini dikelola oleh pihak karang taruna desa setempat dibawah BUMDES (Badan Usaha Milik Desa). Untuk tiket masuk yang ditetapkan oleh pihak pengelola dapat dikatakan memiliki harga sangat terjangkau.

Wisatawan yang akan menikmati Wisata Alam Cireong tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Begitu juga dengan biaya tarif parkir yang ada di lokasi wisata ini. Sama halnya hanya cukup membayar Rp 5.000 untuk per kendaraan.

5. Dilengkapi Fasilitas yang Memadai

Pihak pengelola terus memperbaiki sarana kelengkapan wisata ini untuk membuat wisatawan merasa lebih nyaman ketika berkunjung. Meskipun belum begitu dikenal wisatawan luar daerah, tetapi fasilitas seperti toilet, mushola, warung dan sebagainya sudah tersedia di lokasi wisata nan alami ini.

Oleh karena itu, demi membantu kesuksesan pihak pengelola dalam memperbaiki sarana pelengkap area Wisata Alam Cireong maka dihimbau kepada setiap pengunjung untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan. Terutama tidak mencemari sungai dengan sampah maupun cara lainnya yang tidak baik.

6. Dilengkapi Kolam Renang

Selain bisa bermain air di aliran air sungai, wisatawan juga bisa menikmati kesegaran air Sungai Cireong di kolam renang yang berada di lokasi setempat. Keberadaan kolam renang ini dapat digunakan wisatawan untuk menambah keseruan berlibur.

Tidak hanya bisa menikmati air yang mengalir secara alami, tetapi juga bisa merasakan sensasi waterpark meskipun belum seistimewa waterpark yang sudah populer.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Wisata Alam Cireong
Image Credit: Google Maps erik somantri

Wisata Ala mini terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tepatnya di Desa Sukaresik, Sindangkasih. Dari pusat Kota Ciamis dapat ditempuh kurang lebih 25 menit berkendara. Lokasinya juga tidak jauh dari jalan raya Tasikmalaya ke Ciamis.

Adapun rute yang bisa ditempuh untuk sampai ke wisata alam nan sejuk ini yaitu dari Pusat Kota Ciamis ke arah barat ke Jl. Nyalindung. Selanjutnya melalui Jl. Pawindan 1. Belok kanam ke Jl. Raya Ciharong. Diteruskan hingga melewati Jl. Sukasenang menuju Jl. Cireong. Posisi wisata ada di sebelah kanan.

Jika Anda merasa ragu takut salah arah, maka bisa membuka google maps. Cukup mengetikkan alamat tujuan maka Anda akan diarahkan menuju lokasi dengan rute tercepat.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Cireong

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Cireong
Image Credit: Google Maps Bumdes Karya Mandiri

Wisatawan yang ingin menikmati suasana Wisata alam Cireong akan dikenakan tarif tiket masuk pada pintu gerbang utama. Harga tiket masuk cukup murah meriah yaitu seharga Rp 10.000 per orang. Wisatawan sudah bisa menikmati sensasi kesegaran kolam renang dan air sungai.

Adapun untuk biaya tambahan jika ingin menggunakan fasilitas karaoke, maka wisatawan cukup membayar Rp 5.000 per lagu. Jaringan WIFI juga tersedia di lokasi wisata dengan membayar Rp 5.000 per jam. Sedangkan biaya parkir kendaraan berkisaran antara Rp 2.000 sampai Rp 5.000 per kendaraan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wisata Alam Cireong

Kegiatan Menarik Wisata Alam Cireong
Image Credit: Google Maps Toto Sudarto 1567

1. Berenang

Wisatawan yang berkunjung ke Wisata Alam Cireong bisa menikmati suasana berenang di kolam yang tersedia. Sensasi air yang ada di kolam sama segarnya dengan aliran Sungai Cireong. Karena sumber air kolam berasal dari sungai nan segar ini.

2. Hunting Kuliner

Berkunjung ke Sungai Cireong tidak hanya menikmati pemandangan alamnya saja, tetapi juga bisa menikmati kuliner yang lezat khas Ciamis. Karena di lokasi wisata ini sudah tersedia warung-warung yang menjual aneka jajanan. Mulai dari makanan minuman kemasan hingga makanan khas Kota Ciamis.

Untuk harga yang ditetapkan oleh para pedagang daerah setempat, cukuplah standar. Sehingga Anda tak perlu khawatir akan dikenakan harga yang terlalu mahal.

3. Foto di Spot Keren

Mayoritas wisatawan yang berkunjung ke Wisata Alam Cireong mengambil foto di spot favorit yakni aliran air sungai dengan batu-batu cadasnya yang besar. Ada yang bergaya di atas batu atau berendam di aliran air sungai. Semua itu bisa dilakukan sesuai dengan kekreatifan masing-masing pengunjung.

Kegiatan Menarik di Wisata Alam Cireong
Image Credit: Google Maps Cusoget

4. Menikmati Sensasi Air Sungai

Suasana segarnya air Sungai Cireong akan terasa lebih dingin di waktu pagi hari. Hal ini ditambah dengan udara dingin yang masih terlihat berkabut. Meskipun demikian, tak ada salahnya jika Anda datang di waktu siang ataupun sore. Kesegaran airnya masih tetap bisa dirasakan.

5. Karaoke

Untuk menambah keseruan liburan di Wisata Aalam Cireong, pihak pengelola menyediakan fasilitas karaoke. Wisatawan yang berkeinginan menyanyikan lagu bisa menghubungi pihak pengelola. Tidak hanya satu atau dua lagu tetapi bisa bernyanyi sampai sepuasnya.

6. Menghirup Udara Segar

Kesegaran udara yang ada di lokasi nan asri ini tidak perlu diragukan lagi. Anda bebas menghirup udara segar tanpa mengenal batas waktu. Udara yang jauh dari kata polusi membuat Anda seolah bisa bernafas lebih lega. Sehingga pikiran akan kembali fresh.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Wisata Alam Cireong
Image Credit: Google Maps Ima Amaliah Syofa

1. Lokasi Parkir

Mengingat semakin banyaknya pengunjung yang datang ke lokasi Wisata Alam Cireong, maka pihak pengelola juga turut mendukung penyediaan area parkir yang cukup luas. Sehingga para wisatawan bisa merasa nyaman untuk memarkirkan kendaraannya.

2. Kamar Mandi

Tersedianya fasilitas kamar mandi bisa digunakan wisatawan untuk keperluan MCK atau tempat berganti pakaian setelah basah bermain air.

3. Kolam Renang

Kolam renang di wisata nan indah ini memiliki air yang bersih dan jernih. Berasal dari sumber aliran air Sungai Cireong.

4. Jaringan WIFI

Kekuatan sinyal yang ada di lokasi wisata alam ini kurang maksimal. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan fasilitas WIFI dengan membayar Rp 5.000 per jam nya. Dengan adanya jaringan WIFI tersebut maka Anda bebas membuka aplikasi internet termasuk sosial media untuk mengunggah hasil foto keren di alam Cireong.

5. Karaoke

Bagi Anda yang memiliki hobi menyanyi atau suara merdu bisa memanfaatkan fasilitas karaoke untuk menambah keseruan berlibur. Namun, untuk mendapatkan fasilitas ini Anda perlu membayar biaya tambahan diluar harga tiket masuk.

6. Warung Kuliner

Nah, setelah beraktivitas di air biasanya perut akan terasa keroncongan alias lapar. Oleh karena itu, Anda bisa langsung mengunjungi warung-warung yang ada di sekitar lokasi. Ada aneka cemilan, minuman kemasan bahkan sampai makanan khas Ciamis juga tersedia lho di warung-warung ini.

Demikian ulasan tentang keindahan Wisata Alam Cireong yang keberadaannya mudah untuk ditemukan. Ayo, segera agendakan untuk mengisi liburan dengan mendekatkan kepada alam. Ajak keluarga terutama buah hati agar lebih mencintai alam Indonesia yang kaya akan keindahannya. Semoga liburan Anda semakin seru dan berkesan.