Ketika lelah dan jenuh dengan aktivitas harian, berlibur adalah salah satu cara untuk mengusir rasa tersebut. Dan liburan ke wisata alam menjadi alternatif yang menarik. Di Indonesia Anda bisa mengunjungi banyak tempat menarik, misalnya Magelang, Jawa Tengah. Kota ini tidak hanya memiliki deretan candi megah yang bisa jadi tujuan. Anda juga bisa menemukan deretan tempat wisata alam di Magelang yang cantik dan menawan. Dari pegunungan hingga air terjun siap untuk jadi tujuan Anda habiskan liburan.

1. Silancur Highland

Silancur Highland
Image Credit: Google Maps (Eko Purwadi)

Anda bisa memulai perjalanan Anda dengan mengunjungi Silancur Highland sebagai tujuan pertama. Berada di kawasan perbukitan ini menawarkan pemandangan yang sangat cantik. Lokasinya berada di kaki Gunung Sumbing dan terbilang masih baru karena baru dibuka di sekitar tahun 2017 silam. Berada di ketinggian sekitar 1300 mdpl, Anda dimanjakan dengan pesonanya.

Walaupun terbilang baru, tetapi tempat wisata satu ini banyak dikenal dan dikunjungi wisatawan. Karena selain menawarkan pemandangan indah, udara yang dihadirkan juga sangat sejuk. Menariknya, pengunjung juga akan dimanjakan dengan spot spot instagramablenya. Maka jangan sampai lupa membawa kamera terbaik Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dadapan, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

2. Bukit Grenden

Bukit Grenden
Image Credit: Tribunnews.com

Menikmati panorama dari atas ketinggian memang sangat menarik. Di Magelang, Anda bisa menjadikan Bukit Grenden sebagai pilihan. Panorama pegunungan yang berdampingan dengan persawahan akan mengundang decak kagum Anda. Apalagi Bukit Grenden juga kondang dengan spot spot fotonya yang kekinian. Dan tentunya dengan background Merbabu yang gagah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pakis-Ngablak, Kuwiden, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

3. Awang Awang Sky View

Awang Awang Sky View
Image Credit: Google Maps (Eki Aditiya)

Awang Awang Sky View konon menjadi titik terbaik untuk menikmati panorama yang menawan. Lokasinya di sekitar Gunung Telomoyo yang membuat Anda bisa menyaksikan pemandangan luar biasa. Bagaimana tidak, dari tempat ini Anda bisa menyaksikan Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Andong dengan begitu jelas.

Karena dikelilingi oleh pegunungan dan berada di ketinggian, udara yang dimilikinya sangat sejuk. Suasananya tenang dengan hamparan hutan pinus yang juga bisa Anda nikmati. Tidak ketinggalan spot foto yang sayang jika tidak diabadikan. Berkunjung bersama keluarga atau teman tentu akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Keditan, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

4. Wisata Terasering Site Gong

Terasering Site Gong
Image Credit: Google Maps (Seputar Alam)

Sebenarnya, wisata Terasering Sitegong ini termasuk wisata baru yang bisa Anda temukan di daerah Kajoran. Anda akan disuguhkan dengan hamparan persawahan hijau yang menggunakan konsep terasering. Dengan gunung Sumbing yang berdiri kokoh di belakang menjadi backgroundnya. Inilah kenapa banyak juga yang menyebutkan Terasering View Sumbing.

Pemandangan yang ditawarkan siap untuk menyejukkan penglihatan Anda. apalagi juga telah ditambahkan spot foto yang beragam. Tidak ketinggalan hadirnya gardu pandang dua tingkat yang menjadi favorit pengunjung. Anda yang ingin foto lebih alami, jalur jalur kecil yang ada di persawahan juga bisa jadikan sebagai spot mengambil gambar.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nampan, Sukomakmur, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

5. Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong
Image Credit: Google Maps (Punthuk Mongkrong)

Keindahan matahari terbit maupun terbenam memang tidak bisa ditolak oleh siapapun. Di Magelang, Anda bisa menjadikan Punthuk Mongkrong sebagai tujuan. Karena di spot satu ini Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbit juga tenggelam. Pemandangan ini makin luar biasa, karena Anda juga memandang megahnya Candi Borobudur dari kejauhan.

Pemandangan yang dihadirkan di siang maupun malam hari memang tidak akan membuat Anda kecewa. Dilengkapi dengan jembatan kayu menjorok keluar, membuat tempat ini jadi jujugan wisatawan. Ketika malam datang, kerlap kerlip lampu akan semakin mempercantik panoramanya. Menariknya, konon Punthuk Mongkrong adalah tempat peristirahatan Pangeran Diponegoro.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Giritengah, Olgung, Giripurno, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

6. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu
Image Credit: Google Maps (Yofan Indriyanto)

Punthuk Setumbu juga tidak boleh dilewatkan jika Anda mencari wisata alam hits di Magelang. Berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian 1300 mdpl, panorama yang dihadirkan akan membuat Anda terpana. Sebelumnya, destinasi satu ini adalah ladang warga yang kemudian sering dijadikan tempat untuk berburu sunrise yang menawan.

Hingga akhirnya saat ini menjadi tempat wisata yang tidak pernah dilewatkan para wisatawan. Matahari terbit dengan cahaya kekuningan ini semakin luar biasa ketika candi Borobudur dan deretan pegunungan jadi latarnya. Untuk menikmati sunrise, Anda bisa datang dari pagi mengingat tempat wisata ini bukan sejak pukul 04.00 pagi.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Borobudur Ngadiharjo, Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

7. Mangli Sky View

Mangli Sky View
Image Credit: Google Maps ( Gardu Pandang Mangli Sky View)

Destinasi yang berkaitan dengan alam dan tak boleh dilewatkan adalah Mangli Sky View. Tempat satu ini kondang dengan wisata menembus awan. Bagaimana tidak dari ketinggian 1570 mdpl ini, Anda akan dibawa seakan akan sedang di negeri di atas awan. Hamparan awan membentang luas di depan mata, seakan kita bisa menggenggamnya.

Yang membuatnya semakin cantik, dari atas bukit ini Anda juga bisa menikmati pemandangan 9 gunung yang menjadi backgroundnya. Hamparan kebun sayur berada tepat di depan mata Anda yang menyejukkan mata. banyak pengunjung yang memutuskan untuk mendirikan tenda di area ini. Mengingat fasilitas yang dihadirkan juga sudah sangat lengkap.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

9. Ketep Pass

Ketep Pass
Image Credit: Instagram.com @edwaralfian

Ketep Pass juga tidak boleh lewat dari daftar destinasi wisata Anda di Magelang. Gardu pandang yang letaknya di sekitar 1200 mdpl ini memang lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan. Deretan gunung kondang yang mengelilinginya, membuat Ketep Pass jadi favorit. Apalagi Anda juga bisa sekalian mengunjungi Museum Ketep Volcano Centre.

Dengan mengunjungi museum tersebut, Anda akan mendapatkan informasi terkait tentang Gunung Merapi. Setelah puas menikmati pemandangan, jangan lupakan untuk mengabadikan setiap kegiatan Anda. dan liburan Anda di Ketep Pass akan semakin lengkap dengan kulineran di area ini. Mengingat tersedia Ketep Pass Restaurant yang menawarkan banyak menu.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Blabak – Boyolali No.KM. 16, Ketep Pas, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

10. Goa Slandak

Goa Slandak
Image Credit: Google Maps (Agung Hidayat)

Lokasinya yang berada di perbukitan sejuk, menjadikan tempat satu ini harus masuk dalam list tujuan wisata Anda. Sebelum sampai di goa, Anda memang harus melewati hutan pinus terlebih dahulu. Hutan pinus ini dilengkapi dengan spot foto yang kekinian. Barulah nanti Anda bisa menemukan Goa Slandak yang berdampingan dengan air terjun.

Jika masih belum puas menjelajah, Anda bisa naik untuk menemukan air terjun kembali. Hanya saja air terjun yang berada di atas lebih pendek. Namun keduanya sama sama memiliki air jernih dan segar. Kedua air terjun ini juga membentuk kolam alami yang cocok untuk bermain air. Pastikan tidak lupa mengambil beberapa potret saat di Goa Slandak.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gondangsari, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

11. Pinusan Kragilan

Pinusan Kragilan
Image Credit: Instagram.com @bowobukanboyo

Hutan pinus yang berada di lereng Gunung Merbabu ini memang telah tampil lebih cantik. Pecinta swafoto atau yang eksis di media sosial tak boleh melewatkan wisata alam kebanggan kota ini. Karena selain menawarkan wisata alam yang menyejukkan mata, Anda juga akan disuguhkan berbagai spot foto kekinian yang keren.

Anda bisa menemukan tempat tidur gantung, panggung di atas pohon, sepeda udara, ayunan hingga rumah kayu. Dari spot spot foto yang ada, Anda bisa menikmati pemandangan dengan lebih seru. Hutan pinusnya yang berjajar rapi menjadi latar belakang Anda. Udaranya yang sejuk juga menjadi alasan ingin berlama lama di Pinusan Kragilan ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pogalan, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

12. Curug Silawe

Curug Silawe
Image Credit: Google Maps (Darmadi Pramono)

Magelang juga memiliki air terjun dengan pemandangan indah yang dikenal dengan Curug Silawe. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Sumbing, membuat tempat ini sangat alami dan cantik. Air terjun ini mengalir dari sela batu cadas dengan pepohonan sekitar yang sangat lebat. Nama Curug Silawe diambil dari bahasa Jawa yang artinya laba laba.

Untuk sampai di Curug Silawe, Anda harus melewati jalan setapak serta tangga yang menurun. Tak terlalu jauh, dan Anda juga bisa sekalian berburu swafoto. Airnya mengalir deras dengan kolam alami yang terbentuk di bawahnya. Jika Anda memiliki banyak waktu, Anda juga bisa mengunjungi Curug Sigong yang jaraknya tak jauh dari Curug Silawe.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

13. Air Terjun Sekar Langit

Air terjun Sekar Langit
Image Credit: Ksmtour.com

Air terjun Sekar Langit bisa Anda jadikan sebagai wisata alam berikutnya. Air yang jatuh dari ketinggian ini memiliki pesona yang luar biasa. Terbilang cukup tinggi dengan air yang begitu jernih karena berasal dari pegunungan Telomoyo. Anda bisa puas bermain air dengan dikelilingi alam yang masih alami. Apalagi udaranya juga sangat sejuk, pasti betah di air terjun ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Telogorejo, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

14. Tok Ngudal Lanang

Tok Ngudal Lanang
Image Credit: Google Maps (Donny Wahyudi)

Tok Ngudal Lanang merupakan sebuah telaga yang airnya sangat jernih. Di tengah rimbunnya alam pedesaan, wisata alam ini banyak dijadikan spot untuk berfoto bawah air. Airnya terbilang dangkal dengan dasar bebatuan yang unik. Jika ingin kegiatan seru bisa mampir di Kali Anggas untuk melakukan tubing bersama teman teman atau keluarga.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kretek, Tampirkulon, Kec. Candimulyo, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

15. Wisata Getek Bambu

Wisata Getek Bambu
Image Credit: Google Maps (Fatnun Nurmalina)

Untuk menutup jelajah alam Magelang, Anda bisa mengunjungi Getek Bambu. Bisa dikatakan wisata ini merupakan wisata baru yang menawarkan kegiatan seru. Yakni melintasi Sungai Progo dengan menggunakan gethek. Dan serunya, pengunjung juga bisa menyaksikan fenomena matahari terbenam yang luar biasa cantik dari wisata ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pucungan, Margonodadi, Candirejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Itulah beberapa destinasi wisata alam di Kota Magelang yang bisa Anda jadikan tujuan berlibur. Panorama pegunungan megah dengan wisata airnya akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Apalagi jika Anda datang bersama teman teman ataupun keluarga. Dijamin akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Jadi wisata mana yang ingin Anda kunjungi lebih dahulu?