Wisata Alam Posong, Tempat Rekreasi Hits di Temanggung

Wisata Alam Posong Temanggung

Wisata Alam Posong salah satu tempat rekreasi paling hits di Temanggung yang menawarkan pemandangan 7 puncak gunung dan beragam wahana menarik. Objek wisata nan sejuk menyuguhkan pesona bukit, kebun tembakau dan panorama sunrise.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: Pukul 04.00-17.00 WIB, Alamat: Tlahap, Kec. Kledung, Kab. Temanggung, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Saat Anda sedang berlibur di Jawa Tengah, Wisata Alam Posong di Temanggung tentu saja menjadi salah satu tempat yang wajib untuk menikmati pemandangan alam dan suasana yang sejuk. Dengan menawarkan keindahan dari beberapa pegunungan yang ada di Jawa Tengah, membuat Anda akan terbius akan pesonanya. Berikut ini akan diulas keindahan dari wisata satu ini, simak selengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Posong Temanggung

Daya Tarik Posong Temanggung

Image Credit: Twitter.com @cassarudi

Berwisata ke tempat yang memiliki keindahan alam mempesona merupakan hal yang disukai oleh banyak orang. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang dilanda penat, maka berekreasi ke wisata alam Posong dapat menjadi alternatif yang bisa Anda lakukan ketika sedang senggang.

Ketika Anda berada di Posong Temanggung, maka Anda pun akan bisa untuk mendapatkan indahnya panorama 7 puncak gunung. Mulai dari Sumbing, Sindoro, Muria, Ungaran, Telomoyo, Merapi hingga Merbabu bisa Anda nikmati saat berwisata di lokasi satu ini. Tentunya akan menjadi salah satu wisata alam yang sangat memanjakan mata.

Posong sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di ketinggian yakni sekitar 2000 mdpl. Dengan memiliki lokasi geografis tersebut membuat tempat satu ini sekaligus menjadi favorit bagi pelancong untuk melihat indahnya matahari terbit. Untuk itu, ketika berada disini, Anda pun jangan sampai melewatkannya.

Selain itu, apabila Anda kebetulan datang pada kondisi cuaca yang cerah maka Anda pun akan bisa mendapatkan pesona munculnya matahari dari celah kedua gunung. Tentu saja akan menjadi momen apik yang wajib Anda abadikan dalam bidik kamera. Selain itu, Anda pun juga akan menikmati udara yang sejuk saat berwisata di lokasi satu ini.

Sebenarnya, kata Posong sendiri memiliki arti yaitu Pos Kosong. Dimana destinasi wisata ini telah ada sejak jaman Pangeran Diponegoro. Wisata ini, memang sengaja dibangun dengan tujuan untuk mengecoh pasukan Belanda. Sehingga, ketika penjajah melakukan serangan, mereka hanya akan mendapati pos yang kosong.

Alamat & Rute Menuju Wisata Alam Posong

Alamat Wisata Alam Posong

Image Credit: Google Maps (Yusril Khairudin)

Bagi Anda yang ingin berwisata ke lokasi satu ini, maka Anda pun bisa menempuh perjalanan menuju ke Desa Tlahab yang berada di Kecamatan Kledung. Tepatnya di Kabupaten Temanggung yang berlokasi di Jawa Tengah. Lebih mudahnya Anda bisa mengunjungi wisata ini tepat di bawah kaki Gunung Sindoro. Sehingga tak perlu diragukan lagi keindahan alamnya.

BACA JUGA:  14 Restoran & Tempat Makan di Kudus Paling Enak & Murah

Setelah mengetahui lokasinya, untuk Anda yang ingin menuju ke tempat satu ini maka Anda pun bisa melaluinya dengan berbagai macam rute. Bagi Anda yang memilih memulai perjalanan dari Semarang, maka jalur Pantura adalah rute yang bisa Anda kirim. Disini, Anda bisa menempuh jalur Semarang – Yogyakarta.

Selanjutnya, Anda bisa menempuh perjalanan menuju ke Kecamatan Bawen dan dilanjutkan ke Ambarawa. Sesampainya di perempatan Secang, maka Anda pun bisa mengarahkan perjalanan menuju ke kanan jalan. Disini, Anda akan memilih rute menuju ke alun alun Kota Temanggung.

Kemudian, Anda bisa melanjutkan menuju ke arah Wonosobo – Parakan. Disini, Anda bisa menuju ke Kecamatan Kledung. Hal yang perlu untuk Anda lakukan adalah dengan mengikuti jalan sepanjang 5-7 kilometer hingga sampai dan menemukan gerbang masuk dari wisata satu in yang bertuliskan TPR wisata Posong Temanggung.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Wisata Alam Temanggung

Harga Tiket Wisata Alam Temanggung

Image Credit: Google Maps (Vemi)

Karena wisata satu ini merupakan tempat terbaik untuk melihat sunrise, maka Anda bisa kesini mulai dari jam 4 pagi. Sedangkan untuk jam tutupnya sendiri yaitu sekitar pukul 17.00 di sore hari. Sehingga, Anda pun bisa menghabiskan waktu dari pagi hingga siang hari untuk menjelajah tempat satu ini.

Sedangkan untuk harga tiket masuknya sendiri yaitu sekitar 10 ribu rupiah saja. Harga tiket masuk tersebut berlaku sejak bulan April 2020. Disini, Anda juga akan dikenakan biaya parkir untuk sepeda motor yakni kurang lebih 2 ribu rupiah dan untuk kendaraan dalam bentuk mobil yakni sekitar 4 ribu rupiah.

Selain itu, bagi Anda yang ingin untuk memasuki area taman yang ada di dalam Posong Temanggung ini, maka Anda pun akan dikenakan biaya tambahan yakni sekitar 10 ribu rupiah saja. Memasuki taman ini Anda pun bisa mencoba wahana permainan yang tersedia, sebut saja seperti flying fox.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wisata Alam Posong

Kegiatan di Wisata Alam Posong

Image Credit: Instagram.com @khilldaaaaaa_

1. Berfoto

Posong Temanggung memang dikenal dengan keindahan pesona alamnya. Sehingga ketika Anda berwisata kesini wajib hukumnya untuk membawa kamera. Hal ini dikarenakan tempat wisata dengan pemandangan indah tersebut memang memiliki banyak spot foto yang instagramable. Sehingga Anda pun akan dengan mudah untuk memperoleh foto yang cantik.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Wonogiri yang Hits & Populer

Salah satu spot foto yang menjadi favorit para pengunjung adalah latar belakang yang bertuliskan Posong dan keindahan gunung Sindoro. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba untuk berfoto di tempat yang berbentuk sayap kupu kupu. Tentunya, hasil foto Anda nantinya akan nampak sangat kekinian.

Bukan hanya itu saja, Anda pun bisa untuk mencoba berfoto di gardu pandang. Disini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Sumbing dan kota Temanggung yang luar biasa indahnya. Gardu pandang ini sendiri juga menjadi salah satu spot favorit yang banyak diminati oleh pengunjung.

2. Berkemah

Kegiatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan ketika berada di wisata alam Posong adalah berkemah. Disini, memang disediakan lokasi yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk camping. Sehingga, bagi Anda yang memang ingin bermalam dengan menggunakan tenda di tempat satu ini, bisa segera menghubungi pihak pengelola.

Selain itu, ketika menginap disini Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. Ditambah lagi dengan sejuknya udara khas pegunungan akan membuat Anda betah untuk berlama lama di lokasi satu ini. Ketika malam hari tiba, maka Anda pun bisa menyaksikan indahnya milky way.

Terutama ketika langit malam sedang cerah cerahnya. Anda akan bisa melihat jutaan bintang yang sangat mempesona tepat di atas kepala. Tentu saja akan menjadi pengalaman berkemah yang mengagumkan. Hal tersebut lantaran milky way yang ada di Posong Temanggung memang memiliki keindahan yang luar biasa indahnya.

Kegiatan di Wisata Posong

Image Credit: Facebook.com @aziezhudayat.hudayat

3. Outbond

Bagi Anda yang menyukai kegiatan memacu adrenalin, maka berada di objek wisata ini Anda juga bisa menjajal area outbound di sore hari. Anda bisa bermain bersama si kecil untuk merasakan serunya bermain wahana flying fox dan juga aktivitas menarik lainnya. Dengan begitu, hal ini akan membuat si kecil menjadi tidak bosan ketika menghabiskan waktu di tempat satu ini.

4. Melihat Indahnya Golden Sunrise

Fenomena satu ini memang yang paling dicari ketika pengunjung datang ke Posong Temanggung. Dengan memiliki jam buka mulai 4 pagi, hal tersebut dikarenakan agar pengunjung bisa menikmati keindahan dari golden sunrise. Tersedia spot khusus yang bisa Anda gunakan untuk melihat indahnya matahari terbit ini.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Pekalongan yang Hits & Populer

Untuk bisa melihat keindahan tersebut dengan sempurna, biasanya akan dibutuhkan waktu yakni sekitar satu jam dari gerbang menuju ke spot sunrise. Untuk Anda yang ingin melihat indahnya golden sunrise, maka waktu yang paling tepat untuk bisa sampai di lokasi tersebut adalah pukul 6 pagi.

Oleh karena itu, setidaknya Anda telah sampai di gerbang Posong Temanggung sekitar pukul 4.30 pagi. Sehingga Anda tidak terlewat untuk menyaksikan keindahan matahari terbit tersebut. Setelah itu, Anda pun bisa melihat indahnya awan saat berada di lokasi ini. Apabila langit sedang cerah, maka siang harinya Anda pun akan melihat langit yang sangat biru tanpa adanya awan di Posong.

Sehingga, Anda pun bisa melihat dengan jelas puncak tujuh gunung yang ada di Jawa Tengah tersebut. Akan tetapi, meskipun cuaca sedang mendung, Anda pun tetap akan bisa melihat indahnya kabut yang akan membuat udara semakin sejuk. Sehingga, Anda pun akan bisa merasakan kesegaran udara khas pegunungan ketika berada di lokasi satu ini.

Di kawasan satu ini, Anda juga akan bisa melihat gardu besar dan gardu kecil yang memang sengaja disediakan oleh pihak pengelola bagi wisatawan yang ingin melihat indahnya pemandangan sekitar. Sebelum beranjak, Anda pun juga bisa untuk melihat indahnya matahari terbenam di lokasi ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Posong Temanggung

Fasilitas di Posong Temanggung

Image Credit: Google Maps (Nyill 01)

Berbicara mengenai fasilitas, destinasi yang mulai banyak diminati oleh wisatawan ini pn terbilang cukup lengkap. Hal tersebut dikarenakan Anda akan bisa untuk menemukan beberapa gazebo yang memang disediakan oleh pengelola yang bisa digunakan untuk wisatawan bersantai sembari melihat indahnya pemandangan.

Tak hanya itu saja, di lokasi ini juga terdapat beberapa wahana permainan yang memang disediakan untuk membuat pelancong menjadi lebih nyaman dan tidak bosan ketika berada di kawasan satu ini. Selain itu, di wisata alam Posong sendiri juga telah tersedia lahan parkir yang cukup luas dan juga kamar mandi umum yang bisa digunakan secara gratis.

Posong Temanggung menjadi salah satu alternatif wisata alam yang bisa Anda kunjungi. Hal ini dikarenakan destinasi satu ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Anda pun tidak akan dibuat bosan ketika menghabiskan waktu di lokasi satu ini. Tentu saja akan melepas penat terbaik.