13 Tempat Wisata Alam di Semarang yang Paling Hits

Wisata Alam Semarang

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah Daftar Tempat Wisata Alam di Semarang, Jawa Tengah. Objek Wisata Terbaru & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Berlibur ke Semarang tak perlu lagi bingung. Jajaran objek wisata di Semarang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Rekomendasi wisata alam berikut akan membantu Anda untuk dapatkan petualangan serta pengalaman yang tak terlupakan ketika di kota Semarang.

Sentra Wisata di Semarang makin hari makin mengeliat layaknya Jogja maupun Solo. Wisata Semarang tidak hanya terkenal karena Lawang Sewunya saja, karena meskipun menjadi ibukota Semarang juga miliki wisata alam yang tak kalah cantik dan mempesona. Untuk Anda yang kebetulan sedang singgah di Semarang, beberapa wisata alamnya bisa masuk dalam daftar liburan Anda. Selengkapnya, simak ulasannya berikut.

1. Bukit Cinta Rawa Pening

Image Credit: Hellosemarang.com

Bisa dikatakan jika destinasi wisata satu ini masih terbilang baru dan menarik banyak perhatian wisatawan. Baik wisatawan lokal hingga wisatawan yang datang dari berbagai kota. Apalagi ketika sudah mengalami renovasi, wajah baru Rawa Pening seakan menjadi magnet untuk wisatawan. Begitu Anda tiba di tempat wisata ini, Anda akan melewati mulut naga raksasa lebih dahulu. Bukan mulut naga sungguhan, hanya replika yang difungsikan sebagai loket.

Udara yang sejuk dan segar akan menyambut Anda setelah melewati mulut naga ini. Seperti namanya, Anda akan disuguhkan pemandangan dari atas bukit yang menyejukkan mata. Namun Anda harus menaklukkan beberapa anak tangga untuk bisa menyaksikan panorama ini. Bukit Cinta Rawa Pening memiliki banyak spot foto instagramable yang cocok untuk Anda pecinta fotografi. Wisata berbau alam ini juga menawarkan banyak aktivitas dan fasilitas menarik.

Lokasi: RT.05/RW.10, Kebondowo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang.

2. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Image Credit: TravelsPromo.com

Ingin menghabiskan liburan dengan nuansa pegunungan yang menenangkan? Anda bisa mengarahkan kemudi Anda ke Umbul Sidomukti. Umbul Sidomukti sendiri sebenarnya merupakan sebuah resort dengan berbagai fasilitas dan berada di ketinggian sekitar 1500 mdpl. Yang paling menjadi favorit pengunjung adalah Spot Taman Renang Alam. Anda bisa berenang sembari menikmati panorama dari ketinggian yang akan menghempas segala penat Anda.

Tidak hanya itu Anda yang menyukai tantangan, bisa menjajal berbagai wahana yang akan membuat liburan makin seru. Anda bisa menyewa ATV, meluncur dengan Flying fox hingga berkuda dan paralayang. Fasilitas yang tersedia juga memanjakan pengunjung seperti Panahan, Highhest Triangle, Sepeda Awang dan lainnya. Anda yang ingin menikmati keindahannya lebih lama, Anda bisa menginap di resortnya sekalian.

BACA JUGA:  10 Wisata Museum di Semarang yang Patut Anda Kunjungi

Lokasi: Jl. Umbul Sidomukti, Blanten Lor, Jimbaran, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

3. Brown Canyon

user comment

Brown Canyon terbentuk dari tangan manusia yaitu aktivitas penambangan. Awalnya adalah sebuah bukit yang kemudian dikeruk habis. Hingga meninggalkan tebing tebing eskotis yang berubah menjadi tempat wisata. Wisata satu ini sangat cocok untuk penggemar fotografi yang gemar berburu foto ciamik. Terutama ketika pagi atau senja mulai datang, di bawah tebing pantulan genangan air terlihat cantik. Anda yang ingin hunting foto, bisa mengunjungi tempat satu ini.

Lokasi: Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang.

4. Gardu Pandang Lereng Kelir

Gardu Pandang Lereng Kelir

Image Credit: IG: (@destinasigertas)

Tempat satu ini hits lantaran panorama yang disuguhkan memang begitu eksotis. Anda bisa merasakan sensasi seakan berada di negeri di atas awan. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati panorama perpaduan perkotaan,area pertanian, hutan dan gunung yang mempesona. Udaranya yang sejuk membuat Anda akan betah berlama lama di Gardu Pandang ini. Pastikan Anda menyiapkan kamera terbaik dan memori lapang untuk mengabadikan momen.

Lokasi: Gertas, Brongkol, Kec. Jambu, Kab. Semarang.

5. Curug Lawe dan Curug Benowo

Image Credit: Travelspromo.com

Apakah Anda termasuk orang yang menyukai petualangan? Jika iya maka Semarang akan mengajak Anda berpetualang untuk nikmati air terjun yang cantik. Tak hanya satu, Anda bahkan bisa langsung melihat keindahan dua air terjun sekaligus. Perjalanan untuk menuju air terjun ini memang membutuhkan perjuangan, Anda butuh menyiapkan tubuh yang fits. Berada di lereng Gunung Ungaran, kedua curug ini akan menawarkan keindahan alam yang memukau.

Curug Lawe sendiri memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan tebing tebing yang eksotis. Hijaunya sekelilingnya akan menghilangkan segala penat Anda menguap begitu saja. Sementara untuk Curug Benowo, merupakan air terjun bertingkat yang semakin ke bawah akan semakin kecil debit airnya. Kolam kolam alami yang terbentuk, aman untuk dijadikan tempat berendam maupun berenang. Suasana alamnya yang terjaga membuat Anda enggan untuk pulang.

Lokasi: Kalisidi RT.01 / RW.06, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang.

6. Eling Bening

Image Credit: Viskrenus.co.id

Nama Eling Bening semakin populer seiring kehadirannya di media sosial. Tempat wisata satu ini memang lokasi yang paling pas untuk menyaksikan pemandangan alam yang mempesona. Taman taman terbuka yang memberikan nuansa asri khas pegunungan. Anda bisa melihat Danau Rawa Pening dari ketinggian lengkap dengan bukit sekitarnya. Eling Bening memang tak sepenuhnya wisata alam, namun tetap tak boleh dilewatkan.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Purwodadi yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Jl. Sarjono, Bawen, Kec. Bawen, Kab. Semarang.

7. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Image Credit: Hargatiket.net

Kompleks candi di kaki Gunung Unggaran ini sudah ditemukan sejak masa penjajahan Belanda. Meskipun bernama Gedong Songo yang artinya sembilan bangunan, karena kini hanya sisa 5 candi. Candi ini bukan sekadar candi, karena menyajikan alam yang memukau. Hutan pinus di antara candi akan memberikan pengalaman yang berbeda. Anda bisa berkuda di antara hutan pinus serta berendam sumber air panasnya yang konon membuat awet muda.

Lokasi: Darum, Krajan, Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

8. Cemoro Sewu Banyu Biru

Cemoro Sewu Banyu Biru

Image Credit: Blogpackerindonesia.blogspot.com

Liburan Anda di Semarang masih akan berlanjut dengan mengunjungi Cemoro Sewu di Banyu Biru. Rindangnya pepohonan lengkap dengan segarnya udara pegunungan adalah perpaduan yang terbaik. Anda bisa menaiki gardu pandang untuk pemandangan yang lebih leluasa. Selain bisa menghempaskan segala penat, Cemoro Sewu juga cocok untuk berburu spot instagramable yang sepenuhnya sentuhan alam dan karya sang Maha.

Lokasi: Jengkol, Sepakung, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang.

9. Grand Maerokoco

Grand Maerokoco

Image Credit: Jendelanusantara.co.id

Wisata satu ini menggabungkan wisata alam dan juga wisata buatan yang akan membuat liburan makin seru. Banyak yang mengatakan jika Grand Maerockoco merupakan Taman Mininya Jawa Tengah. Sebab, di tempat ini Anda bisa menyaksikan anjungan serta rumah adat dari kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah. Wisata satu ini tak hanya bisa menghempas segala penat, namun juga bisa menambah wawasan.

Menariknya, semua landskap tersebut berada di tengah hutan bakau yang rimbun dan lengkap dengan dek kayunya. Selain bisa menjelajah di atas dermaga kayunya, Anda juga bisa menyewa perahu untuk menjelajah melalui airnya. Ada beberapa perahu, mulai dari kano hingga perahu kayuh dengan bentuk yang lucu. Tenang saja, untuk Anda yang hobi foto foto banyak spot yang cantik sebagai background Anda berpose.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Kudus yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Tawangsari, Kec. Semarang Timur, Kota Semarang.

10. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran

Image Credit: Dolanyok.com

Membicarakan Semarang, rasanya tak lengkap jika tak memasukkan Gunung Ungaran dalam list liburan Anda. Terutama jika Anda senang mendaki harus menaklukkan gunung satu ini. Untuk sampai puncak tak membutuhkan keahlian khusus dan cocok untuk pemula. Gunung ini berada di ketinggian sekitar 2050 mdpl. Begitu tiba di puncak, Anda bisa mendirikan tenda sekaligus menikmati panorama alamnya yang begitu mempesona.

Lokasi: Jl. Dusun Pal Gading, Kedung Wangen, Banyukuning, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

11. Pantai Tirang

Pantai Tirang

Image Credit: Klikhotel.com

Semarang juga memiliki pantai yang bisa Anda kunjungi yaitu Pantai Tirang. Pantai satu ini tidak hanya cantik, namun juga dekat dengan pusat keramaian kota Semarang. Dulunya pantai ini disebut dengan Pantai Tirang, namun karena abrasi membuat Pulau Tirang hilang. Pantai Tirang sangat tepat dikunjungi ketika sore hari, sebab Anda bisa sekalian menikmati semburat warna jingga ketika matahari berpulang. Selain itu Anda juga bisa memancing di pantai ini.

Lokasi: Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang.

12. Taman Bunga Celosia Bandungan

Taman Bunga Celosia Bandungan

Image Credit: Wisataoke.com

Taman Bunga Celosia Bandungan bisa menjadi tujuan liburan Anda selanjutnya di Semarang. Tak hanya menawarkan hamparan kebun bunga yang cantik, tempat wisata hits ini juga menawarkan banyak spot foto instagenic. Replika Patung Merlion kebanggaan Singapura hingga Kincir Angin di BelAnda bisa Anda temukan. Masih berada di lereng pegunungan, udara taman bunga satu ini juga begitu segar. Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Ke Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

13. Gumuk Reco

Gumuk Reco

Image Credit: Kompas.com

Bersantai di tengah panorama yang mengagumkan, bukanlah ide yang buruk. Gumuk Reco yang berada di Bantu Bir menawarkan panorama pegunungan hijau yang menyejukkan mata. Tempat satu ini menjadi tempat wisata hits di Semarang selalu ramai pengunjung. Serunya, Gumuk Reco menawarkan banyak spot foto dan wahana yang begitu seru dan menyenangkan. Udaranya yang segar akan membuat Anda betah berlama lama di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Kenongo, Kepil, Sepakung, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang.

Sebagai kota yang besar, Semarang juga memiliki alam yang tak kalah memukau. Wisata alamnya juga banyak menyediakan spot foto instagramable yang membuatnya semakin kondang. Alam pegunungan dan juga pantai di Semarang akan memberikan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan. Terutama jika Anda liburan bersama dengan orang orang tersayang. Jadi sudah memutuskan wisata mana yang akan Anda kunjungi?