Bandung salah satu daerah yang memiliki banyak objek wisata populer di Jawa Barat dengan beragam keindahan alam yang menawan. Inilah rekomendasi tempat wisata anak dan keluarga di Bandung yang unik dan edukatif.

Berlibur tentunya sudah sangat identik dengan berbagai hal yang ditujukan untuk melepaskan penat dan beban pikiran. Salah satu daerah di Indonesia yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan berlibur adalah Kota Bandung. Yang mana menjadi daerah dengan berbagai destinasi tempat wisata yang sangat menawan. Bahkan sangat cocok untuk dijadikan tempat berwisata bersama orang tercinta. Berikut deretan objek wisata anak & keluarga di Bandung yang paling hits.

1. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung
Image Credit: Traveloka.com

Destinasi wisata pertama kali yang wajib untuk Anda datangi saat berada di Bandung adalah Trans Studio Bandung. Kawasan wisata ini merupakan salah satu lokasi berlibur yang sudah sangat populer dan terkenal di seluruh Indonesia. Trans Studio ini menghadirkan berbagai fasilitas dan wahana yang sangat menyenangkan. Yang mana tak dapat Anda jumpai di kawasan wisata lainnya.

Selama berada di tempat ini, Anda bersama keluarga dapat bertemu bahkan berfoto dengan berbagai tokoh kartun yang sangat populer di layar kaca. Tak hanya itu, di kawasan wisata ini juga memiliki banyak sekali wahana permainan yang dapat memacu adrenalin. Bahkan di sini juga telah disediakan berbagai spot atau tempat dengan tema atau konsep yang berbeda-beda.

Harga Tiket: Rp 180.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jendral Gatot Subroto No.289 A, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo
Image Credit: Instagram.com @saungulinudjo

Sesuai dengan namanya tempat wisata satu ini memberikan keunggulan dalam musikalitas bambu. Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung di kawasan wisata Bandung satu ini yakni Saung Angklung Udjo. Tempat ini setiap harinya selalu riuh dan ramai dengan nada atau lantunan indah, yang mana tercipta dari benturan bambu. Selama berada di tempat ini si kecil dapat praktek dan bermain angklung secara langsung.

Harga Tiket: Rp 75.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

3. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang
Image Credit: Google Maps (TripleSV_Official)

Ingin mengunjungi sebuah wisata yang bertemakan suasana kehidupan di Eropa, maka Farmhouse Lembang dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk berlibur. Mempunyai tema utama berupa nuansa pedesaan yang ada di wilayah Eropa tentunya akan memberikan pengalam terbaru dan menarik bagi para pengunjungnya. Bahkan lokasi wisata ini dapat dijadikan sebagai ladang emas untuk berfoto.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

4. Phantasia Barbie Gallery

Phantasia Barbie Gallery
Image Credit: Wisataunk.blogspot.com

Bagi pemilik anak perempuan tentunya sangat menyukai sebuah permainan boneka barbie. Maka Anda wajib untuk mengajaknya datang dan berkunjung di Phantasia Barbie Gallery. Pada tempat ini memiliki banyak sekali koleksi bonekanya yang mana kurang lebih 300 jenis. Yang mana sudah sangat lengkap dengan beragam aksesoris bahkan hingga tempat tinggal yang dimilikinya.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sersan Bajuri No.100, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

5. De Ranch Lembang

De Ranch
Image Credit: Reddoorz.com

Tertarik untuk berwisata dengan konsep ala koboi? Maka lokasi wisata satu ini wajib untuk Anda jadikan sebagai pilihan lokasi berlibur yakni De Ranch Lembang. Tempat wisata ini menghadirkan dan menawarkan sebuah nuansa layaknya sedang berada di area koboi. Meskipun memiliki tema utama yang seperti itu, kawasan wisata ini tidak ada sebuah unsur kekerasan sama sekali.

Nantinya, Anda bersama dengan buah hati dapat melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Mulai dari menunggang sebuah kuda. Menggunakan kostum koboi, berbelanja oleh-oleh, menikmati berbagai makanan enak, dan berfoto dengan kuda. Pastinya anak-anak akan dibuat betah selama berada di sini, dikarenakan masih ada banyak sekali wahana permainan lainnya yang disediakan.

Harga Tiket: Rp 26.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

6. Gang Sereh

Gang Sereh
Image Credit: Javawisata.com

Umumnya, seorang anak laki-laki sangat menyukai bermain layang-layang. Bahkan tak jarang banyak anak yang hanya dapat memainkannya saja bukan membuatnya. Bagi Anda yang ingin memberitahukan pengetahuan seputar layang-layang yang meliputi cara pembuatannya, maka wajib berkunjung dan datang di kawasan wisata satu ini yakni Gang Sereh.

Pada Gang Sereh ini digagas oleh Lie Fie Kiat atau lebih akrab dikenal dengan Akiat. Beliau adalah sosok ahli pembuat layangan kelas dunia. Terlebih lagi terbukti dengan adanya juara yang diperoleh dari beberapa festival kelas dunia. Selama berada di kawasan ini, nantinya buah hati dapat membuat berbagai kreasi seputar bentuk dan warna layangan yang diinginkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gang Sereh, Cibadak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat.

7. Komunitas Hong

Komunitas Hong
Image Credit: Google Maps (Corn_C TV)

Ingin mengenalkan buah hati dengan berbagai wahana dan permainan tradisional, maka Anda wajib mengajak berkunjung di Komunitas Hong. Tempat wisata satu ini memberikan pelayanan yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi selama berada disini sang buah hati dapat menggunakan dan memakai secara langsung berbagai permainan tradisional yang telah disediakan.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bukit Pakar Utara No.26, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat.

8. Ekowisata Kampung Batu Malakasari

Ekowisata KampEkowisata Kampung Batu Malakasariung Batu Malakasari
Image Credit: Google Maps (Taufik hidayat)

Lokasi wisata keluarga selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif pilihan adalah Ekowisata Kampung Batu Malakasari. Dulunya, kawasan ini merupakan sebuah tempat pertambangan batu alam yang dieksploitasi secara tradisional. Hingga akhirnya menimbulkan sebuah bekas pertambangan yang memukau, yang mana dialihfungsikan menjadi suatu taman wisata.

Selama berada di lokasi ini Anda dapat menemukan dan melihat secara langsung sebuah danau, bukit batu, peternakan, persawahan, ruang kegiatan outdoor, penangkaran rusa, dan masih banyak fasilitas dan wahana lainnya. Nantinya, anak-anak juga dapat bermain di Adventure Kids Park. Yang mana si kecil dapat bermain basah-basahan dengan puas.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Banjaran Rencong, Desa Malakasari, Malakasari, Kec. Baleendah, Bandung, Jawa Barat.

9. Maya Hirai School of Origami

Maya Hirai School of Origami
Image Credit: Beritabaik.id

Tertarik untuk mendalami ilmu seni dalam melipat kertas, maka Anda wajib untuk berkunjung di kawasan wisata ini yakni Maya Hirai School of Origami. Pemilik dari tempat edukasi dan wisata satu ini tertarik untuk menyebarkan pengetahuannya seputar origami kepada seluruh orang yang datang dan berkunjung. Bahkan tak jarang tempat ini juga memberikan sebuah pelatihan atau sesi kursus khusus.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. PH.H. Mustofa No.39, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

10. Jendela Alam

Jendela Alam
Image Credit: Instagram.com @praya_hawa

Jendela alam merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat rekomendasi untuk dikunjungi. Terkenal dengan nuansa dan suasananya yang sanagt asri dan alami, tak heran apabila banyak pengunjung yang berdatangan ke tempat ini. Bahkan pengunjung juga dapat berinteraksi secara langsung dengan hewan yang telah dirawat di Jendela Alam ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sersan Bajuri No.KM, RW.5, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

11. Taman Kelinci Ciwidey

Taman Kelinci Ciwidey
Image Credit: Twitter.com @HarsonoHarson13

Tertarik bermain bersama kelinci secara langsung, Anda dapat datang dan mengunjungi Taman Kelinci Ciwidey. Yang mana pada kawasan wisata ini dapat menemukan banyak sekali hewan kelinci yang berkeliaran. Nantinya Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan hewan imut berkuping panjang satu ini. Bahkan sangat buah hati juga dapat memberikan makanan kepada kelincinya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cikembang, Panundaan, Kec. Ciwidey, Kota Bandung, Jawa Barat.

12. Crayon’s Craft and Co

Crayon’s Craft and Co
Image Credit: Google Maps (aoelleeya sofia)

Crayon’s Craft and Co adalah salah satu toko penyedia berbagai barang kerajinan. Tak hanya itu, tempat satu ini juga dapat dijadikan sebagai lokasi wisata edukasi. Yang mana dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk belajar dan membuat kerajinan dari tanah liat hingga bahan bekas lainnya. Hal tersebut mampu membuat sang buah hati memiliki pengalaman terbaru yang menarik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Aceh No.15, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

13. Rumah Batik Komar

Rumah Batik Komar
Image Credit: Google Maps (Rumah Batik Komar)

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah ditetapkan oleh UNESCO. Hal tersebut tentunya membuat rakyat Indonesia wajib untuk berbangga dan melestarikan budaya ini. Terlebih lagi generasi muda yang memiliki peranan sangat penting dalam pelestariannya. Oleh sebab itu, orang tua wajib memberikan pemahaman. Yang mana dapat berkunjung di Rumah Batik Komar.

Saat berada di Bandung dan tertarik untuk belajar dan melihat secara langsung bagaimana pembuatan batik, maka wajib untuk datang ke lokasi edukasi satu ini. Nantinya, Anda sekeluarga dapat belajar membatik dengan mempraktekkannya secara langsung. Sehingga si kecil dapat menyalurkan kreativitas yang dimilikinya melalui media canting dan kain yang akan diberikan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sumbawa No.22, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

14. Bandung Science Center

Bandung Science Center
Image Credit: Google Maps (Bang Hery Gietong)

Wisata edukasi dan wisata selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan berlibur adalah Bandung Science Center atau yang lebih dikenal BSC. Kawasan wisata satu ini terkenal dengan berbagai fasilitas dan wahana atau alatnya yang mampu menarik perhatian para pengunjungnya. Anda dapat melakukan berbagai eksperimen sains yang sangat menarik dan menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 45.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sirnagalih No.15, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

15. Karang Setra Water Park

Karang Setra Water Park
Image Credit: Google Maps (Ica Anisa)

Untuk rekomendasi wisata air yang dapat Anda kunjungi selama berada di Bandung adalah Karang Setra Water Park. Wahana permainan satu ini merupakan salah satu kolam renang yang sangat luas di Asia Tenggara. Tak hanya itu, untuk fasilitas dan wahana permainan yang disediakan sangatlah beragam. Hal tersebutlah yang membuat para pengunjungnya merasa nyaman dan betah berada disini.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sirnagalih KM.4,5 No.15, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

16. Ciwidey Valley Waterpark Resort

Ciwidey Valley Waterpark Resort
Image Credit: Google Maps (naafi dzi abdurachman)

Bagi Anda yang sangat menyukai wisata air, maka tempat wisata satu ini wajib untuk Anda jadikan sebagai pilihan yakni Ciwidey Valley Waterpark Resort. Kawasan satu ini memiliki fasilitas dan wahana yang sangat lengkap. Mulai dari adanya penyewaan kamar hotel, cottage, area camping dan glamping. Tak hanya itu, juga ada wahana permainan air yang menjadi daya tarik utamanya.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sirnagalih KM.4,5 No.15, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

17. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Google Maps (biel ziggy)

Kebun Binatang Bandung adalah salah satu area yang memiliki luas sekitar 14 hektar dengan berbagai jenis hewan dan tumbuhan di dalamnya. Nantinya, Anda dapat menyaksikan berbagai atraksi yang akan dipertontonkan kepada para pengunjungnya. Tak hanya itu, masih banyak kegiatan atau aktivitas lainnya yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan selama berada disini.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

18. Lactasari Mini Farm

Lactasari Mini Farm
Image Credit: Simpletravelbug.wordpress.com

Penasaran bagaimana ada sebuah peternakan yang ada di atap mall? Lactasari Mini Farm adalah salah satu tempat wisata edukasi yang memiliki desain unik dan daya tariknya tersendiri. Untuk lokasinya sendiri yang berada di atap mall, tentunya membuat para orang tua merasa senang bahkan terbantu dengan adanya lokasi wisata satu ini yang mana membuat anak merasa nyaman.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukajadi No.131-139, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat.

19. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang
Image Credit: Google Maps (Tommy Tjahjono)

Floating Market Lembang merupakan salah satu kawasan wisata yang telah terintegrasi dengan berbagai pilihan liburan untuk keluarga dan anak. Bahkan tempat ini juga mempunyai banyak spot yang menarik sehingga dapat dijadikan sebagai latar untuk berfoto. Selama berada disini nantinya Anda juga dapat menyewa berbagai kostum menarik. Mulai dari pakaian ala Jepang hingga Korea yang sangat unik.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

20. Taman Kupu Cihanjuang

Taman Kupu Cihanjuang
Image Credit: Google Maps (eltantra channel)

Destinasi wisata terakhir yang wajib Anda kunjungi adalah Taman Kupu Cihanjuang. Kawasan wisata satu ini merupakan taman kupu-kupu yang dengan luas kurang lebih 1,7 hektar. Yang mana didalamnya terdapat sekitar 35 jenis kupu-kupu yang sangat indah dan langka. Nantinya, selama berada disini Anda dapat belajar dan mendapatkan berbagai informasi seputar dunia kupu-kupu.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cihanjuang Cibaligo Permai Raya No.58, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Itulah rekomendasi tempat wisata anak dan keluarga yang menarik di Kota Bandung. Berbagai kawasan wisata yang telah ditawarkan oleh daerah ini dapat Anda jadikan pilihan ketika ingin melepaskan penat bersama dengan keluarga. Bahkan tak jarang tempat wisata yang ada dapat Anda jadikan sebagai sarana untuk menambah ilmu dan pengetahuan Anda. Jadi, sudah tertarik untuk berkunjung di tempat yang mana?