Bogor kaya pesona tempat wisata seru dan indah yang dapat dinikmati bersama keluarga. Inilah rekomendasi tempat wisata anak terbaik di Bogor terbaru, kekinian, edukatif dan paling hits yang patut Anda kunjungi.

Bogor sebagai kota hujan dengan beribu keindahan ini telah berkembang menjadi kawasan wisata dengan sederet pesona yang memukau. Lokasinya yang berada tidak jauh dari Jakarta membuat Bogor bisa menjadi pilihan wisata anak dan keluarga yang tepat untuk Anda yang tak memiliki banyak waktu. Berikut rekomendasi tempat wisata anak dan keluarga populer di Bogor yang bisa Anda pilih.

1. Devoyage

Devoyage
Image Credit: Twitter.com @radenrauf

Ingin menikmati bagaimana rasanya tinggal di kampung kecil Eropa? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Anda dapat merasakannya di pusat kota Bogor. Mengunjungi Devoyage Bogor Anda akan dibawa berkeliling melihat bangunan-bangunan dengan arsitektur yang klasik dan penuh warna. Tiap sudut terdapat miniatur terkenal seperti menara Eiffel dan kincir angin Belanda.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Boulevard CBD, RT.05/RW.12, Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

2. Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland Adventure Theme Park
Image Credit: Google Maps (Taswin Gapet)

Taman bermain di daerah Sentul ini memang menjanjikan pengalaman seru yang tiada duanya. Pasalnya terdapat 41 aneka wahana permainan petualangan dengan tema outdoor themepark berstandar internasional yang dapat dijelajahi dalam tiga zona yaitu Carnivalia, Explora, dan Mysteria. Pesona pemandangannya juga tak kalah menyelimuti wisata penuh petualang ini.

Wahana untuk hiburan santai bersama Si Kecil juga tersedia seperti bianglala atau jeep tour. Pada zona Explora, Anda dan buah hati akan diajak dalam ekspedisi prasejarah dengan berkeliling menyaksikan dinosaurus. Terdapat pula science centre yang menampilkan beragam fenomena ilmiah unik, seperti efek rumah kaca. Sehingga si kecil dapat belajar juga di sini.

Saking banyaknya wahana seru yang ditawarkan, dijamin akan membuat Anda dan keluarga galau, wahana apa yang akan dimainkan terlebih dahulu. Adanya sungai alami yang membelah tepat di tengahnya ditambah pesona Gunung Pancar membuat daya tarik yang komplit dan sayang untuk dilewatkan. Segera rasakan serunya berpetualang di Jungleland Adventure Theme Park.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kawasan Sentul Nirwana, Jl. Jungle Land No.1, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor, Jawa Barat.

3. The Ranch Cisarua

The Ranch Cisarua
Image Credit: Google Maps (Ricky Hafidz)

Pengalaman tak terlupakan menjadi koboi dalam sehari dapat dinikmati melalui destinasi wisata yang satu ini. Dunia koboi tidak selamanya di tempat gersang dan panas seperti di gurun pasir. Mengunjungi The Ranch Cisarua yang berlokasi di daerah Puncak ini akan mengubah si kecil menjadi koboi cilik. Rasanya belum sah jika berkunjung ke dunia koboi tanpa menaiki kuda.

Suasana alam yang mendukung dengan udara sejuk pegunungan, seperti suasana pedesaan di Eropa, lengkap dengan kastil dan taman bunga, menambah kenikmatan tersendiri dari atas punggung kuda. Asyik naik kuda, jangan sampai lupa untuk menjelajahi wahana lain seperti rumah permen, rumah hobbit, jembatan dongeng, dan rumah kelinci.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Puncak Gadog, Kopo, Kec. Cisarua, Kota Bogor, Jawa Barat.

4. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari
Image Credit: Google Maps (Mas Yanak)

Tidak harus memiliki rumah dengan pekarangan luas untuk mengajak si kecil bermain di antara pepohonan buah. Anda dapat menikmatinya dengan mengunjungi kawasan Cileungsi, sebuah taman seluas 264 hektar yang dipenuhi berbagai macam tanaman, mulai dari bunga, sayur-mayur, hingga tanaman unik. Tempat ini layak dijadikan destinasi wisata akhir pekan bersama sang buah hati.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jalan Raya Cileungsi-Jonggol KM.3, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Kota Bogor, Jawa Barat.

5. JungleFest

JungleFest
Image Credit: Google Maps (Njoman Widiada)

Wisata Theme Park dengan konsep lifestyle ini banyak menarik perhatian para pelancong. Siang atau malam mengunjungi tempat ini, akan tetap sama-sama asyik. Wahana Spectrum Wheel alias Kincir Raksasa menyuguhkan pemandangan yang tiada duanya, berupa perpaduan Gunung Salak dan Gunung Pangrango di siang hari dan citylight Kota Bogor di malam hari.

Bila berkunjung pada malam hari, jangan lewatkan untuk menikmati wahana Garden of Lights, sebuah taman bermandikan lampion warna-warni. Atau menonton Dancing Fountain, wahana air mancur yang menari dan bergerak sesuai irama lagu diiringi tata cahaya yang apik. Siapkan gaya sebaik mungkin dengan background foto kemerduan kelap kelip ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dreded, Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

6. Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water Adventure
Image Credit: Google Maps (Fajar Suyamto)

Marcopolo Water Adventure adalah wisata air unik yang akan membawa Anda berpetualang bersama si kecil mengarungi arus kolam renang. Tempat seluas sekitar 5 hektar ini penuh dengan aneka jenis kolam renang dan setiap kolam renang memiliki kisah petualangannya masing-masing. Sudah siap untuk berpetualang menaklukkan semua kolam renang itu?

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sholeh Iskandar, RT.01/RW.11, Cibadak, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.

7. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari
Image Credit: Facebook.com @twmparkofficial

Sejenak ingin refreshing dengan memanjakan mata dan pikiran melalui nuansa alam? Taman Wisata Matahari jawabannya. Sebuah taman hiburan sebagai tempat berkumpulnya para sahabat alam akan mengajak si kecil bersenang-senang dengan wisata super lengkap yang mengemas wisata air, petualangan, dan pendidikan menjadi satu.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Puncak KM.77, Cilember, Kec. Cisarua, Kota Bogor, Jawa Barat.

8. Kuntum Farm Field

Kuntum Farm Field
Image Credit: Google Maps (Jerry Soer)

Kuntum Farmfield siap menyulap buah hati Anda menjadi anak-anak gembala yang senantiasa riang gembira. Sebagai seorang gembala, anak-anak akan banyak menghabiskan waktunya di sini untuk merawat dan memberi makan hewan-hewan peliharaan. Tidak hanya bergembala, namun menaiki kuda seperti koboi tidak boleh dilewatkan pada wisata ini.

Destinasi wisata ini bernuansa dunia hewan. Anak-anak akan bersentuhan secara langsung dengan berbagai jenis hewan ternak dan hewan peliharaan. Si kecil bisa belajar bagaimana menjadi peternak unggas, pemancing ikan, peternak kelinci, atau pengendara kuda. Bagi orang tua jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen keceriaan sang buah hati ya.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Tajur No.291, RT.01/RW.01, Sindangrasa, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

9. The Illusion

The Illusion
Image Credit: Twitter.com @gogonesia

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata dengan menyediakan spot foto instagramable, The Illusion menjadi solusinya. Spot selfie 3 dimensi pertama di Bogor ini menawarkan banyak lukisan 3 dimensi yang akan menjadikan hasil foto Anda terlihat unik dan luar biasa. Lokasinya berada di Bogor Selatan, andah hanya memerlukan 30 menit perjalanan dari pusat Kota Bogor.

Salah satu destinasi wisata indoor pertama dan terbesar di kota Bogor, yang menampilkan 3D Art, Trick Art, Trick Eye, Upside Down (Rumah Terbalik), dan masih banyak lagi seni yang ditawarkan. Cocok sekali untuk pengunjung yang gemar selfie atau sedang berburu foto. Dengan spot foto sejumlah 55, dijamin Anda puas berselfie ria di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tirta Nirwana Raya No.119, RT.05/RW.12, Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

10. Cimory Riverside

Cimory Riverside
Image Credit: Google Maps (Christiyani Ruslan)

Pasti mengenal merk susu terkenal yang satu ini. Tak hanya susu segar yang dapat dinikmati, namun Anda dapat menikmati pemandangan di kawasan Puncak dengan berkunjung ke Cimory Riverside. Restoran di pinggir Sungai Ciliwung ini memamerkan pemandangan sungai dengan latar belakang hutan dan suara gemericik air yang menjadi resep ampuh melepas kepenatan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Puncak-Gadog, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kota Bogor, Jawa Barat.

11. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia Cisarua
Image Credit: Wikipedia.org

Tidak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk bersafari ria melihat para hewan secara langsung di habitat asli mereka. Mari ajak buah hati Anda bertamu ke rumah hewan di alam bebas lalu berkenalan dengan aneka jenis hewan seperti komodo, simpanse, lumba-lumba, jerapah, zebra, anoa, gajah, dan banyak lagi binatang lainnya melalui Taman Safari Indonesia.

Harga Tiket: Rp 160.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kota Bogor, Jawa Barat.

12. Rumah Air Resto

Rumah Air Resto
Image Credit: Twitter.com @rumahairoffice

Resto terapung yang penuh dengan permainan seru dapat dinikmati dengan berkelana di Rumah Air Resto. Sebuah tempat nongkrong sekaligus menjamu si buah hati dengan aneka mainan seru. Terletak di komplek perumahan yang tak jauh dari pusat Kota Bogor. Sambil menikmati alam, isi perut dengan beragam makanan Sunda di dalam saung yang mengapung.

Harga Tiket: Rp 9.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Boulevard CBD, Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

13. Melrimba Garden

Melrimba Garden
Image Credit: Facebook.com @ayotravel

Saat main ke daerah Puncak, jangan lupa untuk mampir ke Melrimba Garden. Tidak hanya pohon pinus saja yang akan dijumpai di sana, namun berbagai tanaman bunga warna-warni dan berbagai jenis kaktus yang menawan tersedia di sini. Perkebunan teh dan stroberi dapat Anda kunjungi untuk melepas penat dan mencari kesibukan dengan memetik stroberi lalu dimakan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM 87, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kota Bogor, Jawa Barat.

14. Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu
Image Credit: Twitter.com @viwimoto

Ingin berfoto dengan rusa yang lucu? Atau liburan Anda diisi dengan menghabiskan waktu memberi makan rusa? Semua bisa Anda dapatkan dengan berkunjung di Penangkaran Rusa Cariu. Objek wisata yang dikenal sebagai Taman Rusa Giri Jaya dan Taman Rusa Tanjungsari ini, adalah rumah dari aneka jenis rusa, seperti Rusa Totol, Rusa Bawean, dan Rusa Timor.

Rusa-rusa dilepas secara bebas di lahan hijau yang dikelilingi hutan. Sehingga secara langsung Anda dapat bersahabat dengan para rusa. Mulai dengan memberi makan para rusa berupa sayur-sayuran atau ubi dengan membawa dari rumah atau membeli di lokasi wisata. Sebagai hewan jinak, tentu rusa sangat aman untuk dijadikan teman dalam berfoto.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Buanajaya, Kec. Tanjungsari, Kota Bogor, Jawa Barat.

15. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Image Credit: Google Maps (Awal Adi)

Ingin mengintip pekarangan belakang Istana Presiden di Bogor? Langsung saja pergi ke Kebun Raya Bogor. Temukan berbagai keunikan di dalamnya seperti Danau Gunting yang berhiaskan daun dan bunga teratai, lengkap dengan air mancur di bagian tengahnya. Berkeliaran secara bebas rusa liar merupakan kesempatan Anda untuk mengabadikan momen bersama para rusa.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

16. EcoArtPark Sentul

EcoArtPark Sentul
Image Credit: Google Maps (Sri Yono)

Belajar bersama transformer di ruang kelas terbuka melalui destinasi wisata EcoArtPark Sentul. Taman yang berlokasi di daerah Sentul Selatan terletak di tepi Sungai Cikeas dan bertetangga dengan Bellanova Mall. Banyak keunikan yang bisa dinikmati bersama putra-putri Anda, seperti Taman Patung (Sculpture Garden) dan Taman Ilmu Pengetahuan (Science Garden).

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cipambuan, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor, Jawa Barat.

17. Museum Zoologi

Museum Zoologi
Image Credit: Twitter.com @gurilaps_id

Liburan sambil belajar dengan mempelajari dunia fauna Indonesia melalui museum Zoologi. Museum ini terdiri dari koleksi satwa unik sejak tahun 1894, sehingga tak heran jika bangunannya bergaya Eropa dan patut dijadikan background foto. Terdiri dari 24 ruangan yang dipenuhi dengan jutaan ekor fosil berbagai jenis fauna yang ada di Indonesia.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.9, RT.04/RW.02, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

18. Water Kingdom Mekarsari

Water Kingdom Mekarsari
Image Credit: Facebook.com @waterkingdommekarsari

Bermain kebut-kebutan di dalam air dapat dinikmati melalui Water Kingdom Mekarsari. Tempat liburan keluarga yang akan mengajak berpetualang, berolahraga, bersantai dan bersenang-senang dengan ragam wahana air. Mulai dari adu cepat dengan berseluncur atau boomerang slide yang membawa wisatawan terjun dari ketinggian.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Jonggol-Cileungsi No.KM.3, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Kota Bogor, Jawa Barat.

19. Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng
Image Credit: Facebook.com @kpwisatacinangneng

Di tempat wisata kali ini, Anda dan buah hati akan diajak belajar menjadi anak kampung kekinian. Si kecil akan merasakan bagaimana rasanya menjadi anak desa di masa lalu dengan berbagai keterampilan mahir seperti orang tua zaman dahulu. Contohnya kegiatan bertani, beternak, menari, melukis di caping, bermain angklung, dan membuat jamu.

Harga Tiket: Rp 12.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Babakan Kemang RT.01/02, Kec. Cihideung Udik, Kota Bogor, Jawa Barat.

20. Hiking Bocah

Hiking Bocah
Image Credit: Google Maps (Hiking Bocah)

Jangan khawatir dengan kegiatan mendaki bersama si kecil, sebab Hiking Bocah menawarkan petualangan yang seru sambil mengenal alam. Kegiatan outdoor khusus anak-anak agar mereka bisa lebih dekat dengan alam. Mulai dari melewati pedesaan dan melihat aktivitas warga, menyusuri tepi sungai, serta melintasi kebun dan perbukitan di kawasan Katulampa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Katulampa, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Itulah rekomendasi tempat wisata hits di Bogor yang dapat menjadi referensi liburan Anda bersama keluarga. Ingin anak-anak menghabiskan akhir pekan dengan cara yang berbeda sekaligus bermanfaat? Silahkan coba berkunjung ke salah satu destinasi wisata di atas dan rasakan keseruannya berpetualang bersama si kecil.