20 Tempat Wisata Anak & Keluarga di Jakarta yang Paling Hits

Wisata Anak Keluarga Jakarta

Butuh Liburan yang Seru? Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Jakarta. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Edukatif, Populer & Paling Hits yang Menarik Anda Kunjungi Saat Liburan Besama Keluarga.

Jakarta adalah salah satu daerah terbesar di Indonesia, sehingga membuatnya menjadi ibu kota tanah air ini. Selain itu, banyak sekali berbagai sektor industri yang telah berdiri di kota padat penduduk ini. Tidak hanya itu, terdapat juga berbagai tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama anak dan keluarga. Berikut beberapa tempat wisata keluarga hits di Jakarta yang paling direkomendasikan.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Image Credit: Traveloka.com

Destinasi wisata yang satu ini tentunya sudah tidak asing bagi para masyarakat Indonesia khususnya penduduk Jakarta sendiri. Hal ini karena Taman Impian Jaya Ancol ini merupakan salah satu tempat wisata andalan dari Jakarta yang sangat populer hingga ke mancanegara. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berlibur ke wisata terkenal tersebut bersama si kecil dan keluarga lainnya.

Taman Impian Jaya Ancol sendiri memiliki beberapa kategori yang bisa Anda nikmati. Pertama, Pantai Ancol dengan kolam airnya dan juga wahana seluncuran air. Kedua, Dunia Fantasi dengan berbagai macam wahana permainan untuk orang dewasa hingga anak kecil. Yang terakhir, Seaworld yang memiliki aquarium ikan berukuran raksasa.

Bukan hanya itu, namun masih ada satu kategori terbarunya yaitu Ocean Ecopark Ancol. Pada kategori tersebut, Anda dapat mengajak si kecil untuk mulai mengenali tanaman, belajar menanam, beternak, dan juga memanen. Dengan begitu, anak akan menyaring segala informasi yang ia dapat dari Ocean Ecopark ini.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

2. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi

Image Credit: Google Maps (Rustandi)

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa dunia fantasi ini merupakan salah satu bagian dari Taman Impian Jaya Ancol. Dunia fantasi sendiri mempunyai banyak sekali wahana yang bisa dimainkan oleh buah hati Anda. Seperti halnya petualangan wahana air, komedi putar, badut-badutan, dan juga masih tersedia banyak wahana permainan anak yang lainnya.

Disamping itu, ada juga wahana pemacu adrenalin yang bisa dicoba oleh orang-orang dewasa yaitu halilintar, hysterian, dan wahana-wahana yang lainnya. Dengan adanya berbagai jenis wahana yang bisa dinikmati oleh anak dan keluarga, tentu saja mereka akan merasa senang dan juga betah untuk berlama-lama disana.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

3. Seaworld Ancol

Seaworld Ancol

Image Credit: Facebook.com @ancolseaworld

Masih berbicara mengenai salah satu kategori Taman Impian Jaya Ancol yang Lainnya yakni Seaworld Ancol. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Seaworld Ancol ini dibuat dengan aquarium raksasa yang ternyata akuarium tersebut terbesar di Indonesia. Dengan mengunjungi tempat ini, maka si kecil akan bisa belajar mengenai kehidupan di dasar laut yang sangat mengagumkan.

Harga Tiket: Rp 115.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

4. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Image Credit: Twitter.com @shafkdh

Tempat wisata Jakarta yang tidak boleh Anda lewatkan selanjutnya adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pad ataman ini, anak-anak bisa mulai untuk belajar mengenai alam sekitar. TMII sendiri diketahui mempunyai area yang sangat luas yaitu sekitar kurang lebih 150 hektar. Dengan begitu, Anda dan keluarga akan merasa puas untuk berkeliling di taman tersebut.

BACA JUGA:  10 Pulau Cantik di Jakarta Menarik untuk Dijelajahi

Terdapat berbagai macam replika dari bagunanan nusantara yang bisa Anda temukan di TMII. Replika bangunan tersebut terdiri dari beragam agama, budaya, dan juga suku yang ada di tanah air. Selain replikasi bangunan nusantara, ada juga sekitar 15 museum, 10 taman, wahana permainan anak, dan juga teater yang bisa Anda nikmati disini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

5. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Image Credit: Wikipedia.org

Kebun Binatang Ragunan juga merupakan salah satu destinasi wisata Jakarta yang bisa Anda datangi bersama keluarga tercinta. Tempat wisata yang satu ini mempunyai luas wilayah sekitar 140 hektar. Di dalam kebun binatang ini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai jenis flora dan fauna. Jadi, anak-anak akan mulai mempelajari banyak jenis satwa seperti unggas, reptil, mamalia, dan lain-lain.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

6. WoWzonia

WoWzonia

Image Credit: Google Maps (Riky Gs)

WoWzonia merupakan salah satu wisata indoor Jakarta yang sangat menarik dan juga seru. Wahana permainan yang ada di dalamnya sangat beragam seperti kapal bajak laut dengan konsep glow in the darknya, mini golf yang mempunyai replika dinosaurus, seluncuran, trampolin, ruang balon, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 55.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lippo Kemang Mall, Level 3 Unit L3-01B, Jl. Pangeran Antasari No.36, Kemang, Kec. Mampang Prapat, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

7. Waterboom Jakarta

Waterboom Jakarta Utara

Image Credit: Bukalapak.com

Destinasi wisata berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan tepat di musim panas adalah Waterboom Jakarta. Pastinya, anak-anak akan merasa sangat senang untuk bermain air di waterboom yang mempunyai tema taman tropis indah. Terdapat banyak sekali seluncuran air yang bisa dimainkan oleh anak kecil dan juga orang dewasa.

Harga Tiket: Rp 150.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

8. Museum Layang-Layang

Museum Layang-Layang

Image Credit: Facebook.com @komunitasmamaproduktif

Hal-hal yang dimainkan pada masa kecil Anda tentu tidak bisa dilupakan dengan begitu saja seperti bermain layang-layang. Akan tetapi, sangat disayangkan sekali anak-anak di zaman modern ini sudah sangat jarang memainkannya. Oleh karena itu, Anda bisa mengajak buah hati Anda ke museum layang-layang yang ada di Jakarta ini.

Hal ini agar Anda bersama keluarga juga bisa bernostalgia akan kenangan bermain layang-layang saat masih kecil. Meseum ini sendiri didirikan oleh salah satu kolektor layang-layang yang mempunyai berbagai jenis koleksi layang-layang. Disamping itu, anak-anak juga bisa membuat kreasi layang-layangnya sendiri disini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. H. Kamang No.38, RT.8/RW.10, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

9. Planetarium

Planetarium

Image Credit: Google Maps (Rani Syafrila)

Planetarium merupakan salah satu tempat wisata Jakarta yang menawarkan keindahan alam semesta menakjubkan. Destinasi wisata ini terletak di Taman Ismail Marzuki. Dengan mendatangi Planetarium ini, maka Anda dan keluarga akan bisa berpetualang untuk mempelajari tata surya, bintang-bintang, dan juga meteor yang turun ke bumi.

BACA JUGA:  Menikmati Liburan Seru ke Ocean Dream Samudra Jakarta
Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

10. Atmostfear

Atmostfear

Image Credit: Facebook.com @traveliciousid

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa anak kecil sangat menyukai sebuah perosotan yang ada di kolam renang maupun taman bermain. Adapun perosotan yang bisa Anda temukan di pusat perbelanjaan yaitu Atmostfear. Perosotan yang satu ini mempunyai panjang sekitar 40 meter. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan keamanannya karena sudah ada kaca penutup transparannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

11. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Image Credit: Twitter.com @sbimanggabesar

Destinasi yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga dan juga anak selanjutnya adalah museum Bank Indonesia. Pada museum yang satu ini, Anda dan sang buah hati akan bisa mengetahui sejarah perbankan di tanah air. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat berbagai koleksi mata uang Indonesia dari tahun ke tahun.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

12. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Image Credit: Facebook.com @indonesiatravel

Salah satu museum yang terletak dekat dengan Bank Indonesia dan bisa Anda datangi adalah Museum Fatahillah. Museum tersebut dilengkapi dengan pelajaran mengenai sejarah dan seluk beluk dari kota Jakarta itu sendiri. Anda dan keluarga juga akan merasakan suasana jaman dulu dari kota Batavia pada masa kejayaannya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanah Pasir Raya, RT.5/RW.8, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

13. Miniapolis

Miniapolis

Image Credit: Google Maps (Oemar Ichsan)

Meskipun tempat wisata yang satu ini berada di dalam area mall, akan tetapi Miniapolis sangat cocok untuk Anda kunjungi dengan keluarga tersayang. Terdapat banyak sekali wahana anak-anak yang ada di Miniapolisi ini. Sambil menunggu si kecil bermain, maka keluarga yang lainnya bisa berbelanja di mall tersebut. Pastikan tetap ada satu anggota keluarga yang menjaga si kecil.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kembang Kerep No.29, RT.3/RW.2, Kembangan Selatan, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

14. Bounce Street Asia

Bounce Street Asia

Image Credit: Twitter.com @vemaledotcom

Bounce Street Asia merupakan salah satu wahana wisata yang menyuguhkan sebuah taman trampolin yang sangat menantang dan juga seru. Pada destinasi wisata tersebut, Anda dan juga keluarga akan bisa melompat di atas trampolinnya dengan gaya yang melawan gravitasi. Disamping itu, Anda juga beberapa petualangan lainnya yang sangat menegangkan.

Harga Tiket: Rp 200.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Artha Gading Selatan No.Kav 8, RT.18/RW.8, Kelapa Gading Barat, Kec. Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

15. Laser Game Indonesia

Laser Game Indonesia

Image Credit: Google Maps (Yossie Yoshua)

Destinasi yang juga bisa Anda kunjungi bersama buah hati dan keluarga lainnya adalah Laser Game Indonesia. Tempat wisata Jakarta yang satu ini adalah sebuah arena bermain yang menegangkan dan seru karena Anda akan bisa beradu perang dengan menggunakan sebuah senjata dan kostum layaknya tentara perang. Senjata tersebut juga telah dilengkapi dengan sinar inframerah.

Harga Tiket: Rp 85.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kemang Raya No.16A, RT.9/RW.1, Bangka, Kec. Mampang Prapat, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

16. Escape Game

Escape Game

Image Credit: Google Maps (Suri)

Tempat wisata Escape Game ini sudah sangat populer di Jakarta sehingga tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Pasalnya, Escape Game ini menawarkan sebuah petualangan misteri yang harus dipecahkan oleh Anda dan juga keluarga. Terdapat sekitar lebih dari 10 venue yang harus dimainkan secara bersama-sama. Jadi, bisa membuat ikatan keluarga semakin erat.

BACA JUGA:  15 Taman di Jakarta yang Cocok untuk Refreshing
Harga Tiket: Rp 130.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kemang Raya No.15, RT.1/RW.7, Bangka, Kec. Mampang Prapat, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

17. Pinisi Science and Edutaiment Park

Pinisi Science and Edutaiment Park

Image Credit: Google Maps (Andy Decor)

Pinisi Science and Edutaiment Park mungkin masih belum banyak dikenal oleh orang-orang. Akan tetapi, tempat wisata ini menyediakan sebuah taman bermain dan belajar yang sangat lengkap. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda dan keluarga mengunjungi Pinisi Science and Edutaiment Park saat sedang berlibur ke Jakarta.

Berbagai macam kegiatan bisa Anda lakukan disana seperti kegiatan seni, budaya, teknologi, fisik, lingkungan, dan masih ada banyak kegiatan yang lainnya. Tidak hanya itu, ada sebuah tempat untuk mengapresiasikan seni dan budaya tanah air dan juga science center dengan berbagai macam uji coba sungguhan.

Harga Tiket: Rp 75.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Hasanudin, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

18. Sky Ring

Sky Ring

Image Credit: Google Maps (Aditya Sonihaya)

Destinasi wisata Jakarta yang bisa Anda coba selanjutnya adalah Sky Ring. Anda bisa mengajak buah hati dan juga keluarga yang lainnya ke wisata yang satu ini. Sky Ring sendiri didesain dengan lapangan es buatan agar orang-orang bisa bermain sky layaknya di luar negeri yang memiliki musim salju. Maka dari itu, jangan lewatkan kesempatan untuk bermain sky ini.

Tanpa harus jauh-jauh ke negara Eropa, Anda sudah bisa menikmati permainan sky di Jakarta ini. Tentunya, anak dan anggota keluarga yang lainnya akan merasa sangat senang bisa merasakan pengalaman berseluncur di atas lapangan es yang telah disediakan. Anda dan keluarga bisa bermain sky bersama dengan sepuasnya disini.

Harga Tiket: Rp 85.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mall Taman Anggrek, Lantai 3, RT.12/RW.1, Tanjung Duren Selatan, Kec. Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

19. Cibubur Garden Diary

Cibubur Garden Diary

Image Credit: Google Maps (Dimaz Permana)

Cibubur Garden Diary juga merupakan salah satu pilihan tepat untuk dijadikan tempat wisata anak dan juga keluarga. Dengan berkunjung ke tempat ini, Anda akan disuguhkan pengalaman berlibur dengan bercengkrama secara langsung bersama hewan-hewan ternak yang ada. Jadi, sang buah hati juga bisa berinteraksi dengan hewan tersebut.

Si kecil juga bisa melakukan kegiatan memerah susu sapi dan juga bermain taman yang telah didesain khusus untuk anak-anak. Bukan hanya itu saja, melainkan Anda dan keluarga juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang telah tersedia di Cibubur Garden Diary. Anda bisa sembari bersantai dan menikmati indahnya taman tersebut.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Peternakan Raya Blok.C No.12, Pondok Ranggon, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

20. Istana Anak-Anak Jakarta

Istana Anak-Anak Jakarta

Image Credit: Google Maps (Supri Yadi)

Tempat wisata terakhir yang bisa Anda datangi adalah Istana Anak-Anak Jakarta. Destinasi wisata yang satu ini mengusung konsep negeri dongeng yang sangat disukai oleh anak-anak. Anda juga akan dikenalkan dengan seni dan budaya yang ada di Indonesia. Selain itu, terdapat banyak sekali permainan tradisional dan pertunjukkan pameran wayang yang bisa Anda nikmati.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Itulah beberapa tempat wisata yang menarik dikunjungi saat berlibur ke Jakarta bersama sang buah hati dan keluarga. Anda bisa menjadikannya sebagai rekomendasi yang tepat, untuk memilih tempat wisata Jakarta agar tidak bingung lagi. Dapatkanlah pengalaman berlibur bersama yang berharga dengan mengunjungi wisata-wisata tersebut.