Wisata Bahari Lamongan, Tempat Rekreasi Keluarga yang Lengkap

Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan (WBL) merupakan destinasi rekreasi keluarga yang sangat lengkap. Memadukan konsep wisata bahari dan wisata modern, WBL ini mampu memberikan pengalaman wisata yang berbeda.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.
Map: Cek Lokasi

Berwisata bersama keluarga di akhir pekan atau ketika liburan tiba tentu menjadi harapan setiap orang. Salah satu tempat wisata yang sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga yaitu Wisata Bahari Lamongan yang ada di Jawa Timur. Destinasi ini merupakan paket komplit, bahkan terdapat kurang lebih 40 wahana seru yang bisa dinikmati di sini.

Mengenal Lebih Dekat Wisata Bahari Lamongan

Mengenal Wisata Bahari Lamongan

Image Credit: Instagram.com @nasiboxwisatajepara

Wisata Bahari Lamongan atau yang lebih sering disebut dengan WBL, adalah salah satu tempat wisata terbesar yang ada di daerah pesisir utara Pantai Jawa. Destinasi ini berada di daerah Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, dan daerah tersebut sebelumnya dikenal dengan nama Tanjung Kodok. Karena adanya batu karang besar di tepi pantai yang menyerupai kodok.

Di daerah itu juga terdapat Menara Rukyat, yaitu tempat yang digunakan pemerintah serta para ulama untuk melihat hilal sebagai tanda awal dan akhir ibadah puasa di bulan ramadhan. Kemudian pada kisaran tahun 1983, Pantai Tanjung Kodok digunakan oleh NASA untuk mengadakan penelitian dan pengamatan gerhana matahari total karena letaknya yang strategis.

Karena berbagai keunikan serta pesonanya tersebut, daerah Pantai Tanjung Kodok menjadi terkenal. Pemerintah daerah setempat yang melihat hal ini, akhirnya mulai memikirkan sebuah proyek wisata. Dan sekitar tahun 2004, pengembangan Wisata Bahari Lamongan pun direalisasikan pada area dengan luas kurang lebih 11 hektar yang ada di sekitar Tanjung Kodok.

Konsep dari Wisata Bahari Lamongan ini yaitu perpaduan antara wisata bahari serta dunia wisata modern. Meski untuk menikmati berbagai olahraga air di bagian pantainya Anda harus membeli tiket tambahan, yang terpisah dari tiket masuk Wisata Bahari Lamongan itu sendiri. Selain itu di sekitar pantai ada juga wahana gratis yang disediakan oleh pihak WBL.

Wahana yang Ada di Wisata Bahari Lamongan

Wahana di Wisata Bahari Lamongan

Image Credit: Twitter.com @bintangtiketid

Semenjak di bangun pada tahun 2004, Wisata Bahari Lamongan terus memperbarui wahana yang dimilikinya. Bahkan setiap tahun ada saja wahana baru yang ditawarkan oleh destinasi satu ini. Untuk saat ini, tercatat kurang lebih ada 40 wahana yang disuguhkan oleh WBL yang termasuk dalam wahana berbayar dan gratis (hanya membayar tiket masuk).

Untuk wahana gratis di antaranya yaitu rumah sakit hantu, rotary coaster, anjungan wali songo, kolam renang, waterboom, goa insektarium, sarang bajak laut, galeri kapal dan kerang, rumah kucing, istana boneka, ranger, speed flip, log flume, permainan air, playground pasir pantai, mini bumper boat, paus dangdut, dan bioskop 3 dimensi.

BACA JUGA:  11 Restoran & Tempat Makan di Mojokerto Paling Enak & Murah

Sedangkan untuk wahana berbayar, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan di luar tiket masuk untuk dapat menikmatinya. Kelompok wahana ini antara lain flying fox, ATV, sepeda air, banana boat, king donut boat, long boat, water ball, go kart, arena panahan, dan aqua shuttle boat,yang semuanya memiliki harga bervariatif.

Dari sekian banyak wahana yang ada di Wisata Bahari Lamongan ini, terdapat sekitar 10 wahana yang menjadi favorit pengunjung baik itu pada kelompok wahana gratis maupun berbayar. Yang pertama ada rumah sakit hantu, wahana itu tidak pernah sekalipun sepi peminatnya sejak WBL mulai beroperasi pertama kali.

Di wahana rumah sakit hantu, Anda bisa melihat penampakan hantu hantu menyeramkan, dimana pada bagian depan Anda akan berjumpa dengan pajangan boneka dokter dan perawat. Sedangkan di bagian dalamnya ada jenis hantu seperti pocong, suster ngesot, kuntilanak, zombie, dracula, mumi, dan lain sebagainya.

Hantu hantu tersebut terbuat dari manekin yang telah dipoles sedemikian rupa, lengkap dengan kostum dan berbagai properti yang mendukung. Ada juga ilustrasi ala dunia hantu yang bisa membuat Anda bergidik ngeri, seperti keranda, kotak mayat, kamar jenazah, kuburan, dan lain lain. Ketika masuk ke wahana ini, dijamin mampu memacu adrenalin.

Selain wahana rumah sakit hantu, ada area anjungan wali songo yang juga sangat banyak peminatnya. Area ini mengenalkan situs situs yang dapat mengingatkan Anda perihal sejarah walisongo dalam bentuk miniatur. Replika miniatur tersebut dibuat persis dengan situasi yang sesungguhnya, agar kesan yang didapat lebih mendalam.

Kemudian ada wahana water boom yang bisa Anda gunakan untuk berenang sepuasnya bersama dengan keluarga. Area water boom ini terdiri atas berbagai model water slide, dengan ketinggian mencapai 20 meter. Tidak ketinggalan juga water bucket, yang wajib ada di setiap tempat wisata waterboom. Rasakan sensasi ditumpahi air berliter liter di water bucket ini.

Wahana di Wisata Bahari

Image Credit: Facebook.com @wisata-bahari-lamongan

Untuk Anda yang datang ke Wisata Bahari Lamongan dengan si kecil, maka tidak boleh ketinggalan wahana playground pasir pantainya yang juga menjadi favorit. Di lokasi ini bahkan sudah disediakan berbagai peralatan, untuk mendukung kegiatan Anda bermain pasir pantai dengan putra dan putri. Melalui permainan pasir ini Anda bisa meningkatkan kreativitas sang buah hati.

Jika Anda ingin wahana yang lebih menantang, maka bisa mencoba wahana seperti paus dangdut, crazy car, ranger, speed flip, flying fox, dan king donut boat yang termasuk ke dalam 10 wahana favorit di WBL ini. Paus dangdut adalah permainan yang berbentuk killer whale. Dengan duduk di atas killer whale tersebut, Anda akan dibawa bergoyang seperti di atas laut.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sampang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Sedangkan crazy car berupa permainan mobil yang memiliki jalur lintasan berkelok kelok dan naik turun, layaknya roller coaster. Yang akan membuat adrenalin Anda terpacu adalah latar belakang dari crazy car tersebut, yaitu laut yang terbentang luas. Jadi pada saat Anda berada di puncak paling atas rel, Anda bisa melihat pemandangan laut dari Pantai Tanjung Kodok.

Wahana ranger lebih menantang lagi, di sini para pengunjung akan dibawa berputar putar hingga 360 derajat dari atas ke bawah dan sebaliknya. Dimulai dengan ayunan perlahan, yang lama kelamaan semakin cepat sehingga mampu membuat jantung Anda berdegup dengan kencang. Jika Anda bernyali, wajib sekali untuk mencoba wahana ranger di WBL ini.

Wahana speed flip sebenarnya juga tidak terlalu jauh berbeda dengan ranger, wahana ini juga akan membuat Anda jungkir balik hingga 360 derajat di angkasa. Bedanya dengan ranger hanya terletak pada bentuk serta tempat duduknya saja. Bila ranger dikelilingi oleh terali besi, speed flip hanya dikelilingi cabang cabang ranting tanpa penutup sama sekali.

Masih ingin yang menantang lainnya ? Maka Anda wajib mencoba wahana flying fox, karena flying fox di WBL sedikit berbeda dari flying fox pada umumnya. Jika biasanya flying fox dinikmati di area pegunungan, bukit, hutan, atau sungai, maka di sini Anda bisa menikmatinya di atas permukaan laut yang berwarna biru jernih.

Titik start dari flying fox ini memang terletak di daratan, namun lintasannya ada di atas laut. Dari atas ketinggian flying fox tersebut Anda bisa menikmati pemandangan yang indah dari laut yang terbentang luas, lengkap dengan angin dan aroma khas laut yang akan menyapa indra penciuman Anda. Wahana ini sudah dijamin keamanannya, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Wahana favorit pengunjung lainnya yaitu king donut boat. Wahana ini bisa Anda nikmati bersama sama, dimana para pengunjung akan dibawa mengapung di atas perairan. Kemudian ditarik dengan speedboat yang memiliki kecepatan tinggi. Anda kan merasa terpental pental di atas donut boat tersebut. Ini tidak berbahaya, malah inilah letak keseruan dari donut boat.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Bahari Lamongan

Fasilitas di Wisata Bahari Lamongan

Image Credit: Google Maps (Aiu Cilphia Revel)

Selain memiliki wahana permainan yang sangat lengkap dan seru, Wisata Bahari Lamongan juga menyediakan fasilitas yang super lengkap. Dengan banyaknya fasilitas yang disediakan, pihak pengelola berharap bisa membuat para pengunjungnya lebih nyaman selama berpetualang dan bermain di Wisata Bahari Lamongan ini.

Mulai dari fasilitas yang paling standar yaitu tempat parkir dan toilet, yang keduanya disediakan cukup luas dan bersih. Jadi Anda bisa datang bersama dengan rombongan, tanpa perlu khawatir tidak bisa memarkirkan kendaraan Anda. Toilet yang ada di WBL juga tersebar di seluruh area penjuru, jadi Anda tidak perlu mengantre lama lama di satu tempat.

BACA JUGA:  15 Minuman & Makanan Khas Mojokerto yang Wajib Anda Coba

Apabila usai bermain main di WBL Anda mulai merasa lapar, maka Anda juga tidak perlu khawatir atau repot membawa bekal. Sebab di WBL sudah tersedia cukup banyak tempat makan, resto, dan cafe. Aneka makanan, minuman, serta camilan sudah lengkap disediakan di berbagai tempat makan tersebut. Yang tentunya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Tidak hanya sampai di situ saja, Anda juga bisa membawa buah tangan untuk sanak saudara di rumah yang tidak bisa ikut berlibur ke WBL. Pada destinasi ini juga terdapat wisata belanja yang menjajakan aneka aksesori, oleh oleh, dan lain sebagainya. Beberapa gerai yang ada di WBL sendiri antara lain Souvenir Shop, WBL Mega Store, Pasar Ikan & Buah, dan Galapagos Store.

Rute Menuju Kawasan Wisata Bahari Lamongan

Rute Menuju Wisata Bahari

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Wisata Bahari Lamongan berada di daerah Kecamatan Paciran, yang terletak tidak jauh dari pusat Lamongan. Berada di pinggir jalan pantai utara membuat destinasi wisata satu ini menjadi sangat strategis, karena dilintasi oleh jalur Surabaya-Cepu-Semarang. Jadi Anda bisa mengakses lokasi tempat wisata dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, baik itu bus atau angkutan kota. Bagi Anda yang ingin naik bus dari Terminal Bungurasih, maka bisa menggunakan bus kota dengan no. P8 jurusan Terminal Wilangon menuju ke Gresik. Dari Gresik Anda bisa menaiki bus menuju Paciran dan turun tepat di depan pintu masuk dari WBL.

Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, bisa melalui jalan tol Surabaya-Gresik ke arah Manyar. Setelah keluar dari Manyar, kemudian ambil jalur ke arah kiri dan ikuti jalur dari pantai utara menuju ke arah Sidayu, Panceng, selanjutnya Paciran. Setelah tiba di Paciran Anda bisa menemukan lokasi dari Wisata Bahari Lamongan dengan mudah.

Bahkan untuk Anda yang berkendara dengan sepeda motor pun tidak perlu khawatir, karena akses menuju lokasi WBL ini sangat mudah untuk dilewati. Jalannya sudah beraspal dan tidak terlalu ekstrem. Jadi tergolong aman dilalui dengan sepeda motor, sehingga Anda pun bisa menikmati perjalanan dengan santai selama menuju ke WBL.

Sebagai salah satu objek wisata terbesar di pantai utara, tentu Wisata Bahari Lamongan ini menjadi sangat populer. Pengunjungnya tidak hanya berasal dari sekitar Jawa Timur saja, bahkan telah lintas provinsi dan pulau. Destinasi ini memang menawarkan fasilitas dan wahana yang super lengkap, sehingga sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.