Harga Tiket: Rp 17.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Maniskidul, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Wisata Cibulan Kuningan menjadi tempat berlibur yang pas sekali untuk rekreasi bersama teman ataupun keluarga Anda. Pemandian ini mempunyai keunikan tersendiri sebab di dalam kolam ada banyak sekali ikan yang disebut “ikan dewa”. Tentu saja wisata ini akan memberikan pengalaman berlibur yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

Keunikan ini pun mampu menjadikannya sebagai tujuan wisata unggulan untuk Jawa Barat, terutama Desa Maniskidul. Wisatawan yang datang ke tempat ini selalu ramai, tak peduli pada hari biasa ataupun hari libur. Apalagi, aktivitas wisata yang dapat Anda lakukan di tempat tersebut cukup beragam dan pastinya seru.

Oleh sebab itu, jangan melewatkan destinasi yang unik ini ketika sedang ada di Kuningan Jawa Barat. Pemandian yang berbeda dengan lainnya ini mampu membuat banyak orang merasa penasaran. Untuk mengetahui secuil informasi mengenai Wisata Cibulan ini, maka Anda dapat membaca sajian di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Cibulan

Daya Tarik Wisata Cibulan
Image Credit: Google Maps Recky Rida Septian

1. Terdapat Wahana Water Park

Supaya wisatawan semakin senang ketika berkunjung ke sana, sekarang ini disediakan seluncuran. Seluncuran tersebut langsung meluncur ke dalam kolam dan dapat digunakan wisatawan khususnya anak kecil. Selain itu, wisatawan dapat pula melompat menuju kolam dari sebuah papan di tempat yang telah tersedia.

Selain seluncuran, ada juga wahana berupa ember tumpah. Ember ini akan diisi oleh air sampai penuh. Lalu, akan tumpah serta membasahi wisatawan yang ada di kolam. Wisata Cibulan pun menawarkan cara main basket yang cukup unik.

Ring basket ada pada salah satu sisi dari kolam. Untuk memainkannya, wisatawan dapat bertanding serta memasukkan bolanya ke dalam ring basket.

2. Sepeda Gantung dan Flying Fox

Sejak tahun 2010 lalu, Wisata Cibulan terus mengalami pembangunan. Salah satunya dengan membangun flying fox dan sepeda gantung. Wahana ini pas bagi wisatawan yang senang memacu adrenalin. Wisatawan dapat menaiki wahana ini dengan membayar tiket. Baik sepada gantung ataupun flying fox hanya dapat digunakan oleh satu orang saja.

Untuk flying fox, wisatawan dapat meluncur dari ketinggian sekitar 7 m. sementara, untuk sepeda gantung, wisatawan perlu menggenjot supaya sepeda gantung berjalan sampai ke ujung.

3. Tersedia Kereta Api Mini

Pada salah satu sudut dari kawasan wisata yang unik tersebut, anak-anak dapat menaiki kereta api dengan ukuran mini. Kereta api yang ada di samping kolam tersebut mempunyai lintasan yang tak terlalu panjang. Sehingga, dapat menjadi pilihan bagi orang tua ketika ingin menyuapi anak maupun ketika anak menangis.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Wisata Cibulan
Image Credit: Google Maps Nomi Devi Yanti

Lokasi dari pemandian atau kolam Cibulan ini berada di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat atau tepatnya adalah di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana. Wisata Cibulan Kuningan tersebut sejak dahulu memang cukup dekat dengan puast Kota Kuningan, yaitu kurang lebih 9,5 km. Sementara, jaraknya dari Kota Cirebon terbilang cukup jauh, yaitu kurang lebih 23,9 km.

Kawasan wisata yang unik ini lokasinya tak terlalu jauh dengan jalan besar. Hanya masuk sejauh beberapa ratus meter saja dan terletak di tengah permukiman warga. Berbicara seputar rute perjalanan yang perlu dilalui, ternyata tak terlalu susah.

Anda yang ingin datang ke tempat wisata ini dapat melewati beragam rute, diantaranya dari arah Jalan Siliwangi sampai menjumpai sebuah tugu yang ada di sampingnya Taman Kunci Bersama. Jika Anda melewati rute ini, maka akan menemui beberapa bangunan yang penting di Kota Kuningan, seperti pasar tradisional dan stadion.

Rute detail untuk menuju ke wisata ini dapat Anda lihat pada aplikasi petunjuk arah yang tersedia pada ponsel, seperti Google Maps. Hal ini akan mengurangi kemungkinan Anda tersesat di tengah jalan.

Harga Tiket Masuk Wisata Cibulan

Harga Tiket Masuk Wisata Cibulan
Image Credit: Google Maps Dessy YuliAnti

Pihak pengelola wisata di sana telah memberikan pengelolaan yang bagus untuk destinasi ini. Saat wisatawan akan masuk, maka telah disediakan loket khusus untuk membayar tiket masuk wisata. Tidak perlu takut karena harga tiket untuk masuk ke wisata ini terbilang cukup murah.

Tarif yang diberikan kepada wisatawan dewasa sebesar 17 ribu rupiah. Sedangkan, wisatawan yang masih anak-anak akan dikenai tarif sebesar 12 ribu rupiah saja. Hanya saja, biaya tiket masuk tersebut hanya akan berlaku untuk masuk gerbang ke pemandian saja. Sementara, untuk menjajal berbagai wahana permainan, Anda kemungkinan akan dimintai biaya tambahan.

Sebelum itu, biasanya wisatawan juga akan dikenakan biaya untuk membayar parkir. Untuk parkir kendaraan roda empat sebesar 5 ribu rupiah, sementara roda dua sebesar 3 ribu rupiah. Setiap wisatawan yang ingin bilas atau mandi pun harus membayar sebesar 5 ribu rupiah.

Wisatawan dapat berkunjung ke Wisata Cibulan Kuningan ini setiap hari mulai pagi sampai sore hari. Pasalnya, kawasan ini akan dibuka mulai jam 7 pagi hingga 5 sore. Berkunjunglah lebih pagi apabila ingin merasakan sensasi sepi dan suasana yang lebih tenang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wisata Cibulan

Kegiatan Menarik Wisata Cibulan
Image Credit: Google Maps Riko Kuntara

1. Berenang & Dicium Oleh Ikan Dewa

Kegiatan yang paling utama ketika berkunjung ke Wisata Cibulan yang menarik ini adalah berenang dan dicium oleh ikan dewa. Ikan dewa mempunyai bentuk yang cukup aneh atau unik dengan postur yang panjang dan mirip dengan ikan arwana.

Akan tetapi, umumnya ikan yang memiliki panjang sekitar 60 cm ini dilengkapi dengan sisik yang besar dan kepala ikan mas. Banyaknya ikan dewa yang tersedia di sana diletakkan pada 3 kolam yang berbeda kedalamannya, yakni pada kedalaman 2.8 m, 2 m, dan 1.5 m.

Wisatawan yang berkunjung ke wisata populer ini dapat berenang bersama ikan jinak yang ada di kolam tertentu. Sembari merasakan kesegaran airnya dengan berenang, wisatawan juga dapat dicium secara langsung oleh segerombolan ikan dewa. Ikan tersebut nantinya akan dipegang oleh petugas langsung sebelum menciumkannya kepada wisatawan.

2. Merasakan Terapi Ikan

Terapi ikan menjadi kegiatan favorit bagi wisatawan yang ada di Wisata Cibulan. Apalagi, di kawasan wisata tersebut juga ada ikan dari Jepang yang umumnya dimanfaatkan untuk terapi. Ikan dari Jepang yang ditempatkan pada tempat khusus tersebut akan membantu untuk membersihkan sel kulit Anda yang mati.

Sesudah membayar biaya untuk bisa merasakan terapi ikan ini, maka wisatawan dapat memasukkan kakinya secara perlahan. Terapi semacam ini akan memberikan sensasi geli namun nikmat. Selain itu, tubuh Anda akan semakin rileks dan pikiran semakin tenang.

3. Bermain Sepeda Air

Kegiatan menarik selanjutnya yang kerap dilakukan wisatawan adalah bermain sepeda air di Wisata Cibulan. Bermain sepeda air ini tidak kalah seru dengan bermain sepeda gantung. Wahana berupa sepeda air ini cukup unik karena memiliki bentuk angsa dan dapat dinaiki oleh dua orang dewasa.

Wisatawan dapat menaiki wahana tersebut untuk mengelilingi kolam. Selain itu, ada pula sepeda air yang dibuat dari sepeda yang asli. Untuk dapat digerakkan, maka sepeda tersebut tentunya perlu Anda kayuh. Akan tetapi, sepeda tersebut hanya dapat dipakai oleh satu orang saja.

4. Memberi Makan Ikan Dewa

Apabila Anda takut untuk berenang bersama ikan dewa, maka alternatif kegiatan yang tak kalah menyenangkan di Wisata Cibulan adalah memberi makan ikan dewa. Biasanya kegiatan ini juga banyak dilakukan wisatawan yang membawa anak kecil.

Akan tetapi, tak sembarangan pakan dapat Anda berikan ke ikan dewa. Ikan ini hanya boleh diberi pakan berupa apel merah yang menjadi kesukaan bagi ikan dewa. Pakan tersebut sudah tersedia di sana dengan membelinya sebesar 5 ribu rupiah saja.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Wisata Cibulan
Image Credit: Google Maps bernike adiwidjaja

Wisata Cibulan yang ada di Jawa Barat ini bisa dikatakan sebagai tempat rekreasi air yang mempunyai beragam akan fasilitas maupun pelayanan yang cukup baik. Fasilitas utama yang ada di sini tentu saja kolam yang dipenuhi dengan ikan terapi. Untuk fasilitas pendukung lainnya pun tak kalah memadai.

Ketika baru tiba di lokasi wisata ini, wisatawan yang mengendarai kendaraan pribadi, baik motor atau mobil dapat menggunakan area parkir kendaraan yang begitu luas dan aman. Di kawasan wisata tersebut juga telah terdapat mushola. Dengan begitu, wisatawan yang beragama muslim dapat melakukan ibadah 5 waktunya dengan nyaman.

Untuk kamar mandi pun dapat Anda jumpai ketika berlibur di tempat wisata ini. Pihak pengelola wisata juga menjaga atau merawat kamar mandi di sana dengan baik. Bahkan, di sekitar kawasan tersebut ada beberapa penginapan dengan fasilitas yang berbeda-beda. Sehingga, wisatawan tak perlu bingung tempat apabila ingin menginap.

Demikianlah beberapa informasi yang berkaitan dengan Wisata Cibulan Kuningan yang sudah sangat hits. Walaupun tempat wisata ini sudah tua, tetapi di sana Anda juga dapat merasakan serunya berlibur layaknya di tempat wisata lainnya yang lebih modern. Anda dijamin tak akan menyesal jika sudah datang ke pemandian tersebut.

REKOMENDASI DESTINASI