21 Tempat Wisata di Cirebon

21 Tempat Wisata di Cirebon

Cirebon merupakan salah satu kota di Indonesia yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kota ini juga merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam oleh sunan-sunan di masa lalu. Ada banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah di kota Cirebon ini.

Di Cirebon ini juga banyak sekali tempat-tempat wisata yang unik dan menarik untuk Anda kunjungi. Misalnya seperti waterboom, kraton, taman, tempat wisata kuliner dan masih banyak lagi. Cirebon ini juga terkenal sebagai penghasil batik.

1. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong

Lokasi: Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @apitaresort

Bukit Gronggong ini berlokasi di Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat. Bukit ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Suasana disana juga sejuk dan segar, sehingga membuat tempat ini diminati oleh para wisatawan.

Saat sore hari Anda bisa menyaksikan sunset yang indah. Dan saat malam hari Anda dapat melihat keindahan lampu-lampu kota Cirebon dari atas Bukit Gronggong ini.

2. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan

Lokasi: Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Saegaleri.com

Pantai kejawaan ini terletak di Pegambiran, Lemah wungkuk, kota Cirebon, Jawa Barat. Anda bisa menghabiskan waktu dan bersantai di pantai ini dengan keluarga maupun teman-teman. Anda bisa menikmati semilir angin yang sejuk dan hamparan air laut yang menenangkan sambil meikmati makanan dan minuman.

Banyak tempat-tempat yang menarik untuk dijadikan sebagai objek foto Anda. Anda juga bisa menyewa perahu motor untuk mengelilingi area pantai keJawanan ini. Harga sewanya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

3. Telaga Nilam

Telaga Nilam

Lokasi: Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @okivirazonia

Telaga Nilam ini berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Jawa Barat. Telaga Nilam ini memiliki suasana yang sejuk serta memberikan pemandangan yang indah. Telaga Nilam ini di kelilingi oleh pohon-pohon yang membuat suasana menjadi rindang dan damai.

Letak telaga nilam ini juga tidak jauh dari telaga remis. Di sini juga menyediakan fasilitas gazebo untuk tempat beristirahat.

4. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Lokasi: Jl. Kasepuhan, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Gragepost.blogspot.com

Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini merupakan Masjid tertua di Cirebon. Masjid ini berlokasi di Jl. Kasepuhan, Lemah wungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Masjid ini memiliki ciri khas yaitu atap Masjid ini tidak memiliki kemuncak seperti Masjid pada umumnya.

Desain arsitektur masjid ini juga banyak di dominasi pengaruh dari kerajaan Islam di masa lampau. Pembangunan Masjid ini konon mengaitkan ratusan tokoh-tokoh penting dari kerajaan majapahit, Cirebon dan juga Demak.

5. Desa Cikalahang

Desa Cikalahang

Lokasi: Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @aldi_fajar_fardiansyah

Bagi Anda yang mempunyai hobi memancing, Anda bisa berkunjung ke tempat yang satu ini yaitu Desa Cikalahang. Desa ini terletak di kaki gunung ceremai, Desa Cikalahang, kecamatan dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat. Di desa ini mempunyai kolam pemancingan ikan dan di dalamnya terdapat beragam jenis ikan air tawar yang bisa Anda pancing.

Anda juga bisa membawa pulang ikan hasil mancing Anda dengan harga yang telah ditentukan. Desa ini juga memiliki pemandangan pedesaan yang indah, pas untuk Anda bersantai sambil menikmati hidangan disana.

6. Danau Setu Patok

Danau Setu Patok

Lokasi: Setupatok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Mamansoleman.net

Danau Setu Patok berada di kecamatan mundu, kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Tempat ini ramai di kunjungi oleh wisatawan saat hari-hari libur. Danau ini memiliki keindahan panorama yang menarik dan mengagumkan.

Banyak juga spot-spot bagus yang bisa di jadikan sebagai objek Anda dalam mengambil foto. Anda juga bisa melalui jalur Perumahan Argasunya dan pantura mundu untuk mencapai tempat ini.

7. Wahana Outbound Siwalk

Wahana Outbound Siwalk

Lokasi: Setupatok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatasiwalk.blogspot.com

Wahana Outbound Siwalk ini merupakan salah satu wahana yang berada di Cirebon. Di tempat ini ada banyak sekali wahana permainan yang bisa Anda coba.

Contohnya seperti flying fox, memancing, ATV, speed boat dan masih banyak lagi yang dijamin seru. Anda juga bisa jalan-jalan sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

8. Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi

Lokasi: Plered, Cirebon, 4 KM Sebelah Barat Kota Cirebon. – Image Credit by Familytravellingblog.com

Saat Anda berkunjung ke Tempat Wisata di Cirebon yang satu ini Anda bisa membeli beragam jenis batik dengan beragam motif yang cantik. Kampung Batik Trusmi ini berada di desa weru lor, kecamatan weru Cirebon. Harga kain-kain batik di tempat ini juga cukup terjangkau.

Di tempat ini juga menyediakan fasilitas workshop membatik bagi para pengunjung. Jadi Anda bisa belajar membatik di tempat ini. Kemampuan membatik masyarakat di kampung ini juga sangat bagus. Karena salah satu murid Sunan gunung jati yang bernama Ki Gede Trusmi yang mengajari para warga untuk membatik.

9. Plangon

Plangon

Lokasi: Babakan, Sumber, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatacirebon.blogspot.com

Plangon ini merupakan salah satu tempat di Cirebon yang terletak di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Cirebon, Jawa Barat. Suasana alam di tempat ini juga damai dan tentram. Udara di tempat ini juga sejuk dan segar, sehingga tempat ini Anda bisa menenangkan pikiran sambil bersantai.

Di Plangon ini juga identik dengan keberadaan kera yang unik dan seru. Maka dari itu taman ini juga biasa di sebut dengan Taman Kera. Selain itu juga terdapat dua makam yang cukup di sakralkan oleh warga, yaitu makam Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan. Lokasi makam ini selalu ramai di kunjungi oleh peziarah dari berbagai tempat pada saat malam 2 syawal.

10. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan

Lokasi: Raya Cirebon-Paliman, Palimanan Barat, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Ophiziadah.com

Tempat wisata Banyu Panas Palimanan ini terletak di Jalan raya Cirebon, Desa Palimanan Barat, Jawa Barat. Di tempat ini terdapat sumber air panas yang di percaya dapat mengatasi rasa letih. Harga tiket masuknya pun juga cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 7.000 per orang.

Tempat wisata Banyu Panas Palimanan ini buka pada jam 6 pagi sampai jam 8 malam. Suasana di tempat ini juga sejuk dan memiliki pemandangan yang indah.

11. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi

Lokasi: Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @yukiannisa

Taman Sari Gua Sunyaragi ini terletak di Sunyaragi, Kesambi, kota Cirebon, Jawa Barat. Dahulunya tempat ini merupakan sebuah tempat pertapaan dan juga tempat untuk melatih tentara kesultanan Cirebon.

Tempat ini juga mempunyai nilai seni yang indah dan mengagumkan. Sehingga tempat ini bisa untuk di jadikan objek Anda untuk berfoto.

12. Jempol Waterboom

Jempol Waterboom

Lokasi: Jl. Merdeka Utara KM 233 (Pintu Keluar Tol, Jl. Tol Kanci – Pejagan, Ciledug Lor, Ciledug, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @hendrypatra

Jempol Waterboom ini merupakan tempat wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat dan wisatawan. Jempol Waterboom ini terletak di Jl. Merdeka Utara, Cileduk, Cirebon, Jawa Barat.

Fasilitas di tempat ini juga cukup lengkap. Harga tiket masuknya pun juga cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 25.000 per orang nya. Terdapat banyak wahana permainan yang seru juga di tempat ini.

13. Situ Sedong

Situ Sedong

Lokasi: Sedong Lor, Sedong, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @ocietatmaza

Objek Wisata di Cirebon Situ Sedong ini berada di Desa sedong lor, Kecamatan sedong, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Danau ini menyajikan pemandangan alam yang begitu indah dan menenangkan. Di danau ini Anda juga bisa bersantai dan memancing ikan.

Adapun fasilitas yang disediakan oleh danau ini yaitu bebek air. Anda bisa bersantai sambil mengayuh bebek air ini mengelilingi danau.

14. Apita Waterboom

Apita Waterboom

Lokasi: Jalan Tuparev, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Mapio.net

Apita Waterboom ini berokasi di Jl. Kedawung, Cirebon, Jawa Barat. Apabila Anda sedang merencanakan liburan ke Cirebon bersama dengan keluarga. Tempat yang satu ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat liburan Anda.

Ditempat ini banyak sekali wahana permainan air yang bisa Anda coba. Harga tiket masuk waterboom ini juga murah dan terjangkau mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per orang.

15. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No. 1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Bobocantik.com

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani ini merupakan salah satu tempat yang populer di Cirebon. Di sini ada juga spot-spot yang bagus untuk mengambil foto. Cirebon Waterland ini berlokasi di Jl. Yos Sudarso, Desa Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Timur.

Harga tiket masuknya pun juga terjangkau yaitu Rp 50.000 pada hari biasa dan Rp 65.000 di hari libur atau akhir pekan. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani ini buka pada jam 7 pagi sampai jam 9 malam.

16. Wisata Kura Kura Belawa

Wisata Kura Kura Belawa

Lokasi: Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Indomedianewsc.blogspot.co.id

Wisata Kura Kura Belawa ini berada di Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat. Anda bisa berwisata sambil belajar tentang satwa lebih tepatnya tentang Kura Kura. Kura Kura Belawa ini hidup di air tawar pegunungan dan usianya bisa mencapai 150 tahun.

Dengan berwisata ke tempat ini Anda akan di berikan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan. Anda juga di ajak untuk mencintai satwa dan alam. Pemandangan alam di sekitar Destinasi Wisata di Cirebon ini juga sangat indah dan asri.

17. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan

Lokasi: Jl. Kasepuhan No. 43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Jawapos.com

Keraton Kasepuhan ini merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Cirebon. Keraton ini di bangun sejak tahun 1529 yang didirikan oleh Pangeran Mas Mohammad Arifin. Tempat ini berlokasi di Jl. Kasepuhan No. 43 Desa Kanoman, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

Di tempat ini Anda bisa melihat benda-benda bersejarah. Seperti gamelan degung, kereta kuda, rebana peninggalan Sunan Kalijaga, lukisan antik Prabu Siliwangi dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk menuju tempat ini yaitu sebesar Rp 15.000an saja.

18. Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan

Lokasi: Pulasaren, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @rendynho

Keraton kecirebonan ini merupakan salah satu tempat sejarah yang didirikan oleh Sultan Cirebon 1 pada tahun 1800an. Di keraton ini juga terdapat banyak benda benda bersejarah yang unik dan menarik. Mulai dari benda pusaka contohnya keris, peralatan perang, koleksi wayang kulit, gamelan dan lain-lain.

Bangunan keraton ini memiliki desain artistik yang di padukan dengan gaya Belanda, tradisional, dan juga Cina. Spot ini sangat bagus apabila Anda jadikan sebagai objek berfoto. Tempat ini adalah tempat yang bersejarah yang identik dengan unsur kebudayaan.

19. Telaga Remis

Telaga Remis

Lokasi: Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Telaga Remis ini terletak di Desa Kaduela, Kuningan, Cirebon, Jawa Barat. Nama dari telaga ini berasal dari kerang air tawar yang tumbuh cantik dan indah yang menghiasi area sekitar telaga ini.

Telaga ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatan dan juga kalangan anak muda. Harga masuk ke telaga ini juga murah yaitu sekitar Rp 10.000 per orang. Tempat ini cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam.

20. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman

Lokasi: Jl. Kanoman No. 40, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Situsbudaya.id

Keraton Kanoman ini berllokasi di Jl. Pulasaren, Desa Pekalipan, Kecamatan Pulasaren, Cirebon, Jawa Barat. Keraton Kanoman ini didirikan oleh Pangeran Kertawijaya. Banyak benda-benda peninggalan sejarah yang ada di tempat ini.

Keraton Kanoman ada kaitannya dengan Agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati, yang dikenal sebagai Syarif Hidayatullah. Anda bisa mengetahui sejarah-sejarah yang ada di Keraton Kanoman ini pada zaman dahulu.

21. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang

Lokasi: Jl. Cangkring 2 No. 34, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat. – Image Credit by Catperku.com

Jika Anda sedang berkunjung ke Cirebon ini, Anda bisa mampir untuk menikmati Nasi Jamblang khas Cirebon ini. Nasi Jamblang ini di sajikan dengan di bungkus daun jati.

Mengapa di bungkus daun jati? Karena daun jati membantu menjaga kualitas nasi meskipun di simpan dalam waktu yang cukup lama. Lauknya juga beragam, ada ikan asin, tahu, tempe, perkedel, sambal goreng dan lain-lain.