19 Tempat Wisata di Garut

19 Tempat Wisata di Garut

Garut merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Garut ini identik dengan jajanan dodol, tetapi di Garut juga memiliki tempat-tempat wisata yang memiliki pemandangan yang tak kalah indahnya.

Di sini banyak sekali tempat wisata seperti air terjun, pantai, wahana permainan, wisata kuliner dan lain-lain. Ada banyak sekali Tempat Wisata di Garut yang seru jika dikunjungi bersama keluarga, teman atau pun kerabat.

1. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa

Lokasi: Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya, Garut, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @arsakhanuroh

Kebun Mawar Situhapa ini terletak di Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasi Kebun Mawar ini pun tidak jauh dari kampung Sampireun.

Di tempat ini Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan kebun yang indah. Suasana di kebun ini juga menyegarkan dan menenangkan. Pada saat bunga-bunga mawar sedang bermekaran pemandangan di tempat ini akan sangat indah sekali.

2. Kolam Air Panas Cikarees

Kolam Air Panas Cikarees

Lokasi: Sukasono, Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @danz.93

Apabila Anda sedang ingin pergi ke pemandian air panas, mungkin tempat yang satu ini akan cocok untuk Anda tempat ini bernama Kolam Air Panas Cikarees. Lokasi kolam ini berada di Kampung Tegal Nyanda, Desa Sukasono, Kecamatan Sukawening, Garut, Jawa Barat. Kolam renang ini buka setiap hari pada pukul 07:00 sampai dengan 19:00.

Di sini juga sudah di sediakan 3 buah kolam renang. Pertama kolam renang khusus dewasa, kedua kolam renang khusus anak-anak, dan ketiga kolam ikan. Harga tiket masuk ke kolam ini juga cukup murah yaitu Rp 6000 untuk anak, dan Rp 10.000 untuk dewasa.

3. Pantai Taman Manalusu

Pantai Taman Manalusu

Lokasi: Indian Ocean, Kabupaten Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatalengkap.com

Lokasi Pantai Taman Manalusu ini terletak di Kecamatan Cilekelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempat ini di Anda bisa menemukan keindahan yang mempesona dari pantai yang satu ini. Banyak spot-spot yang bagus untuk mengambil foto.

Di pantai ini Anda juga bisa berenang, diving, snorkeling dan olahraga pantai lainnya, kerena gelombang di pantai ini tidak begitu besar. Hijaunya lumbung dan hamparan pasir pantai berwarna hitam membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini.

4. Bukit Pilar Angin

Bukit Pilar Angin Garut

Lokasi: Belakang Bukit Cikajar, Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @herculesega

Bukit Pilar Angin adalah salah satu bukit yang memiliki pemandangan yang eksotis dan sangat indah. Bukit ini terletak di belakang Bukit Cikajar, Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat.

Bukit ini juga terkenal pemandangan yang menakjubkan dan latar belakang perbukitan yang sangat indah. Harga tiket masuknya pun murah dan terjangkau sekitar Rp 8.000 per orang nya.

5. Situ Bagendit

Situ Bagendit

Lokasi: Desa Bagendit, Kec. Banyuresmi, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Pergidulu.com

Situ Bagendit ini terletak di Kecamatan Banyuresmi, Garut, Jawa Barat. Tempat ini cocok dikunjungi saat di hari libur. Lokasi Objek Wisata di Garut ini cukup dekat dengan terminal Garut hanya berjarak 4-5 Kilometer.

Di tempat ini juga terdapat fasilitas yang bisa Anda coba. Ada fasilitas rakit dan juga perahu bebek-bebekan untuk berkeliling di sekitar tempat ini.

6. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang

Lokasi: Leuwigoong, Karanganyar, Cangkuang, Leles, Cangkuang, Leles, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Mediaindonesia.com

Candi Cakuang ini terletak di Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat. Sebelum menuju ke Candi ini Anda terlebih dahulu menyebrang dengan menggunakan perahu yang sudah di sediakan.

Candi ini memiliki panorama yang indah dan juga desain yang bagus. Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

7. Leuweung Oko D’Great

Leuweung Oko D’Great

Lokasi: Cirapuhan, Selaawi, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @tammy_ayu

Leuweung Oko D’Great terletak di Desa Cirapuhan, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Leuweung Oko D’Great ini terletak di daerah pegunungan. Sehingga tempat ini memiliki udara yang sejuk dan juga pemandangan yang indah.

Hal itulah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Harga tiket masuknya pun murah hanya Rp 5000 per orang. Tempat ini juga memiliki spot yang bagus untuk di jadikan sebagai background Anda saat berfoto. Tempat ini buka pada pukul 08:00 hingga 17:00.

8. Puncak Guha

Puncak Guha

Lokasi: Sinarjaya, Bungbulang, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @whooooaa

Puncak Guha ini berada di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempat ini di sebut Puncak Guha karena di bawah tempat ini ada Gua Kelelawar dan juga menghadap tepat ke Samudera Hindia.

Di tempat ini Anda bisa bersantai atau nongkrong bersama teman atau keluarga. Anda juga bisa menyaksikan indahnya sunset saat sore hari. Harga tiket masuknya hanya Rp 5000 saja per orang.

9. Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong

Lokasi: Jayamukti, Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Ngadem.com

Leuwi Tonjong berlokasi di Kampung Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Suasana tempat yang menenangkan, sejuk dan juga segar. Harga tiket masuknya hanya Rp 15.000 per orang.

Terdapat juga spot-spot yang bagus yang bisa Anda lihat. Spot tersebut juga dapat Anda jadikan sebagai background foto yang keren. Tempat wisata ini buka mulai pukul 07:00 sampai 17:30.

10. Bukit Palahlar

Bukit Palahlar

Lokasi: Jl. St. K.A. Bumi Waluya, Desa Cikarag, Kec. Malangbong, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @luthfirafiff_

Bukit Palahlar terletak di Jalan St. K.A. Bumi Waluya, Desa Cikarag, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Bukit ini di selimuti hamparan hijau dan juga udara yang sejuk dan segar membuat tempat ini banyak diminati oleh orang-orang.

Di bukit ini Anda juga bisa menikmati keindahan kebun bunga dan juga kebun buah yang bisa Anda kunjungi. Bukit Palahlar ini buka pada pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore. Ada juga fasilitas gazebo untuk beristirahat atau bersantai sambil menikmati pemandangan. Ada juga fasilitas seperti mushola, tempat parkir dan lain lain.

11. Bukit Nangklak

Bukit Nangklak

Lokasi: Sirnajaya, Cisurupan, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Twitter @bukitnangklak

Destinasi Wisata di Garut ini Anda bisa menghabiskan waktu atau bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah dan juga suasana yang segar. Lokasi bukit nangklak ini berada di Sirnajaya, Cisurupan, Garut, Jawa Barat. Di sini Anda juga ada wahana permainan seru yang cukup beragam.

Banyak juga spot-spot bagus dan bisa dijadikan sebagai objek berfoto yang keren. Harga tiketnya pun juga murah yaitu sekitar Rp 10.000 per orang. Ada juga beraneka makanan, seperti jagung bakar, nasi liwet, ubi bakar dan lainnya.

12. Pusat Konservasi Elang Kamojang

Pusat Konservasi Elang Kamojang

Lokasi: Jl. Raya Kamojang, Sukakarya, Samarang, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Blj.co.id

Tempat ini berada di Jalan Raya Kamojang, Sukakarya, Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Anda bisa berjalan jalan sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Ketika Anda datang ke tempat ini Anda akan mendapatkan edukasi dan informasi lengkap mengenai elang. Tempat ini buka pada jam 9 pagi sampai dengan jam 4 sore. Lebih mengasyikan jika Anda berkunjung bersama keluarga dan juga kerabat.

13. Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk

Lokasi: Desa Sagara, Kec. Cibalong, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @fuzasa_

Pantai ini memiliki paronama yang sangat indah. Pantai ini berlokasi di Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tiket masuknya juga murah harganya sebesar Rp 6.000 per orang.

Anda bisa menikmati udara yang segar sambil melihat pemandangan pantai yang menenangkan. Pantai ini juga memiliki pasir yang unik karena memiliki pasir yang berwarna jingga seakan seperti sedang di padang pasir. Pantai ini buka pada pukul 7 pagi sampai jam 5 sore.

14. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Lokasi: Desa Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Purbayani, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @juniawan101

Jika Anda ingin melihat indah nya matahari terbenam sambil menikmati suasana pantai yang indah, segar dan menenangkan Anda bisa berkunjung ke pantai rancabuaya ini. Lokasi pantai ini berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Purbayani, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pantai ini memiliki bebatuan karang yang bagus dan indah, spot yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai objek foto. Anda juga bisa menyaksikan sunset dan juga hembusan angin pantai yang sejuk. Harga tiket masuk menuju pantai rancabuaya ini sebesar Rp 5.000 per orang.

15. Curug Cikawung

Curug Cikawung

Lokasi: Desa Girimukti, Kec. Cisewu, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @jelajah_garut

Curug Cikawung ini terletak di Desa Girimukti, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pada saat Anda mengunjungi curug ini saat musim hujan, Anda akan melihat pemandangan yang sangat indah.

Air di curug ini sangat deras, jadi Anda tidak dibolehkan berenang di curug ini. Jika soal harga jangan khawatir karena harga tiket masuknya masih terbilang murah. Harganya hanya Rp 7.000 per orang.

16. Curug Cibadak

Curug Cibadak

Lokasi: Cisangkal, Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Travel.detik.com

Nama Cibadak ini di ambil dari kata Cai Badag yang memiliki arti Air Besar. Ketinggian curug ini mencapai 100 meter. Sebelum mencapai ke Curug ini Anda terlebih dahulu harus menjelajahi hutan, perkebunan dan juga trekking selama beberapa menit. Memiliki pemandangan yang natural dan juga segar.

Air di Curug ini sangat jernih dan juga dingin. Anda bisa merasakan kesegaran dari air di Curug ini. Curug ini terletak di Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempat ini di buka mulai pukul 8 pagi sampai 6 sore.

17. Batu Patapaan

Batu Patapaan

Lokasi: Cipangramatan, Kec. Cikajang, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @zems_muzaki

Lokasi Batu Patapaan ini berada di Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jika Anda sedang berkunjung ke tempat ini cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga dan teman-teman. Tebing di tempat ini sangat unik dan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Tebing-tebing ini menjadi daya tarik bagi fotografi. Anda juga bisa mencoba wall climber dengan 8 jalur pemanjatan. Jalur-jalur tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

18. Gunung Piramida Sadahurip

Gunung Piramida Sadahurip

Lokasi: Sindanggalih, Karangtengah, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @hafiz_parahyangan05

Gunung Piramida yang satu ini terletak di Kampung Cicapar, Desa Sukahurip Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Piramida Sadahurip ini memiliki cerita misteri yang sampai saat ini tidak ada yang tahu pasti mengenai misteri tersebut. Yaitu tentang keberadaan harta karun dan juga piramida di bawah gunung tersebut.

Gunung ini juga memiliki keunikan dan keindahan yang menjadikannya mempunyai daya tarik tersendiri. Pemandangan alam di sekitar gunung ini juga sangat indah dan bagus terdapat hamparan pohon-pohon yang segar dan juga asri. Banyak spot-spot untuk mengambil foto yang bagus dan keren.

19. Curug Nyogong

Lokasi: Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @omeescooterman14760

Apabila Anda sedang ingin ke air terjun yang alami, tempat yanng satu ini recommended untuk Anda yaitu Curug Nyogong. Untuk mencapai Curug ini Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu Anda akan melihat keindahan yang luar biasa.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Curug Nyogong, tempat ini berada di Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Anda bisa menikmati kesejukan dan kesegaran air dan udara di Curug ini. Anda bisa mengagumi keindahan Curug ini dari kejauhan. Harga tiket masuk menuju Curug Nyogong ini sebesar Rp 5000 per orang.